PENDAHULUAN
Ruang Lingkup Artificial Intellegence (Kecerdasan Tiruan) Computer Vision Salah Satu bagian dari ilmu komputer yang membuat agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia Jaringan Syaraf Robotic Sistem Pakar Pemrograman Otomatis Fuzzy Logic Algoritma Genetic Playing Game
Apa itu Sistem Pakar? Sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang dilakukan oleh para ahli Orang yang memiliki pengetahuan, penilaian, pengalaman dan metode khusus, serta kemampuan untuk menerapkan bakat ini dalam memberi nasehat dan memecahkan masalah Pengetahuan Pakar Sistem Pakar
Konsep Dasar Sistem Pakar Berisi fakta, ide, hubungan dan interaksi suatu domain kecil Knowledge-base Fakta USER keahlian Mesin inferensi Menganalisis pengetahuan dan menarik kesimpulan berdasarkan pengetahuan Sistem Pakar
Perbandingan kemampuan seorang pakar dan sistem pakar Faktor Seorang pakar Sistem Pakar Time Availibility Hari kerja Setiap saat Geografis Lokal/tertentu Dimana saja Keamanan Tidak tergantikan Dapat diganti Perishable/dapat habis Ya Tidak Performansi Variable Konsisten Kecepatan Variabel Biaya Tinggi Terjangkau
Keunggulan sistem pakar di banding seorang pakar Sistem pakar dapat di gunakan setiap hari, seorang pakar tidak Sistem pakar dapat di perbanyak, seorang pakar hanya bekerja pada suatu tempat Sistem pakar lebih aman dengan memberikan hak akses pengguna, seorang pakar ada kemungkinan mendapat tekanan atau ancaman Pengetahuan Sistem pakar tidak akan hilang, seorang pakar suatu saat akan hilang Pemecahan masalah pada sistem pakar tidak di pengaruhi faktor luar, seorang pakar dapat di pengaruhi faktor luar (misal: intimidasi, kejiwaan, ekonomi, perasaan tidak suka) Sistem pakar lebih cepat Biaya menggaji seorang pakar lebih mahal
Yang terlibat dalam lingkungan sistem pakar Knowledge enggineer (perekayasa sistem) Pemakai
Arsitektur sistem pakar Membangun kompoonen dan memasukkan pengetahuan kedalam basis pengetahuan Di gunakan oleh nonpakar untuk memperoleh pengetahuan dan nasihat pakar Berisi pengetahuan untuk memahami, merumuskan, memcahkan masalah Menggambarkan penelaran sistem kepada pemakai Terjadi dialog antara pemakai dengan Sistem pakr Akumulasi, transfer, dan transformasi pengetahuan keahlian dari pakar ke program Mengandung mekanisme pola pikir dan penalaran yang digunakan oleh pakar dalam menelesaikan suatu masalah Untuk perekaman hipotesis dan keputusan sementara
Contoh Aplikasi Sistem Pakar Domain Aplikasi MYCIN Diagnosis medis XCOM Konfigurasi Sistem Expert Tax Perencanaan pajak Loan Probe Evaluasi Pinjaman LA-Courtier Perencanaan keuangan LMOS Manajemen jaringan Fish-Expert Diagnosis penyakit