INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kategori Desain Grafis
Advertisements

Dasar-dasar Web Design
Teknologi Informasi dan Komputasi Multimedia
Pemrograman Visual Isa Rosita, S.Kom Hp :
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
TEKNIK MULTIMEDIA.
1 Chapter 1 Introduction to Human Computer Interaction Mgs. Afriyan Firdaus Fakultas Ilmu Komputer UNSRI.
Technologies of Information: HCI and the Digital Library
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Interaksi Manusia dan Komputer Pendahuluan Oleh : ANISYA, S.KOM Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informatika ITP 2013 Pertemuan 01 Oleh : Anisya,
FERIYANTO MOHI Alamat: Perum Sleman Permai 2 Blok C No Kelas D 2009 Usang Joko : 2010 Ferry.
Grafika Komputer (TIZ10)
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
Pengantar Content Pertemuan 1.
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer – Part 1
Pertemuan 5 Manipulasi langsung.
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Pertemuan 1 Pengenalan Multimedia
MULTIMEDIA PEMBUATAN APLIKASI TATA CARA SHOLAT BERBASIS
Human Computer Interaction
Interaksi Manusia Dan Komputer (Interaksi)
Interaksi Manusia dengan Komputer
Materi Pertemuan 5 Manipulasi langsung. Perasaan positif yang timbul pada user yg puas dengan sistem interaktif :  Penguasaan atas sistem  Kompetensi.
1 Pertemuan 12 Manajemen Dialog (02) Matakuliah: M0154 / Management Support Systems Tahun: 2005 Versi: 1/1.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
HUMAN COMPUTER INTERACTION
Interaksi Manusia & Komputer Pendahuluan
Perancangan antarmuka (design interface)
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
KONSEP INTERFACE
Interaksi Manusia Dan Komputer
Pengenalan Konsep Interaksi Manusia dan Komputer
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Interaksi Manusia Dan Komputer
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Evaluasi Interaksi Manusia dan Komputer Oleh : SRI HERAWATI, S.KOM
Interaksi Manusia dan Komputer
INTERAKSI MANUSI DAN KOMPUTER
Pertemuan Kedua Pendahuluan
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Grafika komputer 1.
PENGENALAN KONSEP IMK Dahlan Abdullah
IMK.
Tujuan instruksional umum:
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PENGENALAN KONSEP IMK Pertemuan 2.
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
MODEL DAN TEKNIK INTERAKSI
Technologies of Information: HCI and the Digital Library
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
Technologies of Information: HCI and the Digital Library
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
Pendahuluan IMK-2010 Definisi IMK:
Pengertian IMK Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling mempengaruhi satu sama lain.
PENGENALAN KONSEP IMK.
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)
Konsep Interaksi manusia dan komputer Ahmad Sujana IF STT MANDALA.
Pengantar Perangkat Lunak
Pengenalan Dasar Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Dan Komputer
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
PENGENALAN KONSEP Interaksi Manusia Komputer (IMK) Oleh :Nofriadiman, ST., Mkom Program Studi Sistem Informasi STTIND Padang.
Transcript presentasi:

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER Pertemuan 2 – Pengantar IMK Erwien Christiant S.Kom - Interaksi Manusia dan Komputer www.erwinchristiant.my1.ru.

Antar Muka (Interface) Manusia dan Komputer www.erwinchristiant.my1.ru Pernahkah anda menggunakan aplikasi seperti handphone, komputer, televisi, mesin ATM, web,aplikasi berbasis desktop? Kegunaan? Kenyamanan? Keamanannya? Jaman dulu? Jaman Sekarang? Salah satu contoh kesuksesan penelitian tentang interaksimanusia dan komputer adalah grafik interface yang digunakan pada Microsoft Windows, yang dipakai diberbagai belahan dunia sampai saat ini. Grafik interface ini dikembangkan dari Xerox PARC, yang mulanya merupakan salah satu penelitian di Stanford Research Laboratory dan Massachusetts Institute of Technology Erwien Christiant S.Kom - Interaksi Manusia dan Komputer

Antar Muka (Interface) Manusia dan Komputer www.erwinchristiant.my1.ru Interaksi manusia dan komputer secara umum adalah bidang studi yang mempelajari manusia, teknologi komputer dan interaksi dari kedua belah pihak. Interaksi manusia dan komputer bisa didefinisikan sebagai ‘disiplin ilmu yang mempelajari desain, evaluasi, implementasi dari sistem komputer interaktif untuk dipakai oleh manusia, beserta studi tentang faktor-faktor utama dalam lingkungan interaksinya.’ (ACM SIGCHI,1992,p.6) Erwien Christiant S.Kom - Interaksi Manusia dan Komputer

Perkembangan Penelitian Interaksi Manusia dan Komputer www.erwinchristiant.my1.ru Perkembangan penelitian interaksi manusia dan komputer di universitas dan industri Erwien Christiant S.Kom - Interaksi Manusia dan Komputer

Antar Muka (Interface) Manusia dan Komputer www.erwinchristiant.my1.ru Konsep user interface yang baik penting untuk semua jenis sistem, misalnya : monitoring proses industri, navigasi, e-commerce, Sistem Informasi Geografis (SIG) dan lain-lain. Interface yang baik sangat membantu dalam penggunaan dan pemanfaatan suatu sistem. Seringkali kecepatan, keamanan, dan bahkan kahandalan sistem sangat tergantung pada interface yang baik. Erwien Christiant S.Kom - Interaksi Manusia dan Komputer

Antar Muka (Interface) Manusia dan Komputer www.erwinchristiant.my1.ru Interaksi manusia dan komputer mempelajari bagaimana mendesain interface yang baik dan bagaimana suatu interface dikatakan baik. Dalam mendesain interface, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu : Setiap aplikasi memiliki keunikan Pengguna komputer memiliki tingkat pemahaman yang berbeda-beda Desainer memiliki sudut pandang yang berbeda dengan penggunanya sehingga Seringkali tidak memahami betul apa yang dibutuhkan pengguna. Pengguna akan lebih banyak menghabiskan waktu dalam memanfaatkan sistem Komputer, bukan desainernya. Sistem komputer dinilai dari user interfcenya. Pada umumnya user interface menghabiskan 50%-80% bagian dari application code. Erwien Christiant S.Kom - Interaksi Manusia dan Komputer

Antar Muka (Interface) Manusia dan Komputer www.erwinchristiant.my1.ru

Metode Interaksi Interaksi dasar www.erwinchristiant.my1.ru Interaksi dasar Manipulasi langsung objek grafik : manipulasi langsung dengan mengubah objek menggunakan pointer. Pertama kali di demonstrasikan oleh Ivan Sutherland (1963). Mouse : mouse pada awalnya dikembangkan di laboratorium Stanford pada tahun 1965 sebagai bagian dari proyek NLS untuk menggantikan light-pen. Pada tahun 1968, Ken Pulfer dan Grant Bechthold membuat rangka mouse dari kayu dan menggunakannya untuk membuat animasi dengan membuat semua frame filmnya. Windows : multiple windows didemonstrasikandi Engelbart’s NLS tahun 1968. Erwien Christiant S.Kom - Interaksi Manusia dan Komputer

Metode Interaksi www.erwinchristiant.my1.ru Tipe aplikasi Program menggambar : sebagian besar program menggambar yang ada sekarang ini merupakan pengembangan program menggambar (Sketchpad) yang didemonstrasikan di Sutherland pada tahun1963. Sketchpad menggunakan lightpen untuk menggambar objek. Teks editor : program teks editor pada awalnya dikembangkan di Stanford Research Lab pada tahun 1963. program ini mampu mencari dan menggantikan kata, menggulung (scrolling) teks, memindahkan teks, mengkopi, menghapus dan mem-blok kata atau karakter. Spreadsheet : VisiCalc merupaka spreadsheet paling awal yang dikembangkanoleh Frankston dan Bricklin (1977-1978), mahasiswa MIT dan Harvard, untuk komputer Apple II. HyperText : ide dari hypertext (dokument dihubungkan dengan dokumen lain) merupakan pengembangan dari ide MEMEX yang diprakarsai oleh Vannevar Bush’s sejak tahun 1945. Nama hypertext di cetuskan oleh Ted Nelson pada tahun 1965. Computer Aided Design (CAD) : CAD merupakan program bantu untuk para desainer. CAD dipresentasikan pada tahun 1963. Video games : video games grafis pertama adalah SpaceWar yang di buat oleh Slug Russel pada tahun 1962. Games ini menggunakan komputer joystick pertama. Erwien Christiant S.Kom - Interaksi Manusia dan Komputer

Metode Interaksi Interaksi modern www.erwinchristiant.my1.ru Interaksi modern Pengenalan isyarat : sistem pengenalan isyarat pertama kali didemonstrasikan oleh Tom Ellis pada tahun 1964. Multi-Media : proyek interaktive dokumen grafik yang dikembangkan dalam proyek FRESS pada tahun 1968 merupakan sistem hypermedia pertama dan menggunakan teks serta grafik raster (belum menggunakan video). Pada tahun 1982, BBN mengembangkan kombinasi informasi multimedia (teks, spreadsheet,grafik dan suara). Tahun 1983, film manual dari Architecture Machine (MIT) menjadi demonstrasi antara video dan komputer grafik yang pertama. 3 D : sistem 3 D yang pertama adalah ”Timothy Johnson’s 3 D CAD”. Bahasa alami dan percakapan : metode interaksi yang menggunakan bahasa penghubung yang biasa dipakai manusia. Erwien Christiant S.Kom - Interaksi Manusia dan Komputer

Disiplin Ilmu Yang Mendukung IMK www.erwinchristiant.my1.ru a. ilmu komputer b. ekonomi c. psikologi d. seni dan desain e. sosiologi f. komunikasi g. filsafat h. bahasa i. Kecerdasan buatan Erwien Christiant S.Kom - Interaksi Manusia dan Komputer

Tujuan Interaksi Manusia dan Komputer www.erwinchristiant.my1.ru Daya guna (usable) : dilihat dari seberapa besar manfaat yang bisa didapatkan dari sistem yang dipakai, ada 5 karakter desain yang memperhatikan aspek daya guna yaitu : a. Desain berpusat pada pengguna : sejak awal desain sudah berfokus pada pengguna dan fungsi dari sistem b. Desain yang partisipatif : dalam mendesain melibatkan pengguna sebagai tim desain. Seringkali desainer tidak mengerti benar apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh pengguna. c. Desain eksperimental : ada tahap percoabaan yang dilakukan oleh user untuk mengetahui apakah sistem yang dibuat sudah cocok dengan pola kerja dan keinginan pengguna d. Desain iteratif : sistem yang telah di coba diperbaiki secara berkelanjutan sampai sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan. e. Desain yang mensupport pengguna : dalam sistem di beri fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna mendukung aplikasi sistem tersebut. Fungsionalitas : berhubungan dengan fungsi-fungsi yang ada di dalam sistem itu sendiri, apakah sesuai dengan yang direncanakankan atau belum. Keamanan : keamanan meliputi keamanan data dan keamanan penggunanya (biasanya dari sisi kesehatan) ketika sistem tersebut digunakan. Adakah efek samping yang dialami pengguna ketika menggunakan sistem tersebut. Efektifitas dan efisiensi : dilihat dari seberapa besar pengaruh sistem tersebut terhadap produktivitas keja pengunanya. Erwien Christiant S.Kom - Interaksi Manusia dan Komputer

Ruang Lingkup Interaksi Manusia dan Komputer www.erwinchristiant.my1.ru Manusia Komputer Interaksi Antara Komputer dan Manusia Erwien Christiant S.Kom - Interaksi Manusia dan Komputer

Cognitive Ergonomics dan Human Computer Interaction www.erwinchristiant.my1.ru Faktor kenyamanan, yang dalam istilah teknis disebut ergonomik, dalam bidang apapun mempunyai pengaruh yang nyata dalam peningkatan maupun penurunan efisiensi dan efektifitas kerja. Ergonomics bertujuan untuk mengoptimisasikan hubungan antara manusia dan pekerjaannya. Erwien Christiant S.Kom - Interaksi Manusia dan Komputer

Cognitive Ergonomics dan Human Computer Interaction www.erwinchristiant.my1.ru Aspek yang perlu dipertimbangkan dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman antara lain : 1. Aspek ergonomik dari tempat kerja 2. Pencahayaan 3. Suhu dan kualitas udara 4. Gangguan suara 5. Kesehatan dan keamanan kerja 6. Kebiasaan bekerja Erwien Christiant S.Kom - Interaksi Manusia dan Komputer

Ada Pertanyaan ? www.erwinchristiant.my1.ru Erwien Christiant S.Kom - Interaksi Manusia dan Komputer