MIDlet User Interface (3) As’ad Djamalilleil

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
GUI MENGGUNAKAN HANDPHONE BERFASILITAS J2ME
Advertisements

Dosen: Zakki Falani, S.Kom Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama
MIDP, MIDLet & Antar Muka J2ME
Konsep Abstract Windowing Toolkit (AWT)
Package As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
Inheritance (Pewarisan) As’ad Djamalilleil
WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.
Struktur Kode Aplikasi Java (2) As’ad Djamalilleil
GUI Design Event-Driven Programming Basic Windows Controls
Antarmuka Tingkat Bawah (Canvas)
Abstract & Interface As’ad Djamalilleil
Looping (perulangan) As’ad Djamalilleil
Web Teknologi 3 (MKB721C) Minggu 2 Page 1 MINGGU 2 Web Teknologi 3 (MKB721C) Pokok Bahasan: –Midlet –User Interface Tujuan Instruksional Khusus: Agar.
Komponen Class Item (3) As’ad Djamalilleil
Membuat Data Base Kemahasiswaan
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
Instalasi JME & Uji Coba As’ad Djamalilleil
Modul 9: antarmuka grafis (GUI) dalam window
Java2 Micro Editon (J2ME)
Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
Graphic User Interface
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 3.
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Cookies As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Function (method) As’ad Djamalilleil
Pemrograman Aplikasi Bergerak
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
WITH FANDI SUSANTO S.SI. Pemrograman Aplikasi Bergerak By Fandi Susanto S.Si.
Struktur Data List Linear : Linked List (Double Linkedlist)
Graphical User Interface (GUI)
Komponen-Komponen dalam J2ME
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) “Skill to do comes of doing. “ (Ralph Waldo Emerson)
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
MIDP (MIDlet) dan Tools
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 5 (18 APRIL 2011)
Pertemuan 4 Pemrograman Berorientasi Objek 1 Triana Elizabeth, S.Kom, M.T.I.
Struktur Data List Linear : Linked List (Single Linkedlist)
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
Company LOGO PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME) Nyimas Artina.
LABEL Sesuai dengan namanya, object yang biasanya menampilkan teks tertentu seperti: judul,keterangan, dan Iain-Iain. Label tidak memiliki data source,
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 2.
Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur
PROGRAM APLIKASI MOBILE EMHA TAUFIQ LUTHFI PERTEMUAN 4 (12 APRIL 2011)
Graphical User Interface
Algoritma dan Struktur Data
LABEL VB.NET menyebut komponen pada Form seperti tombol, Textbox dan lainnya sebagai control yang ditemukan pada class : System.Windows.Foems.Control Label.
Pemrograman Aplikasi Bergerak
Pemrograman Berorientasi Obyek
PERTEMUAN 5 TextField merupakan turunan Item yang bisa menampung teks dan mengedit teks tersebut. TextField mempunyai ukuran maksimum, label dan format.
High Level User Interface
SQL (Structure Query Language)
MIDP High-Level User Interface
Java User Interface (Swing)
Form & Item Oleh : Oman Somantri S.Kom
MIDlet User Interface (2)
Struktur Kode Program MIDlet
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Membangun User Interface
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Komponen Class Item (3) As’ad Djamalilleil
As’ad Djamalilleil Class List As’ad Djamalilleil
MIDlet User Interface (3)
Mobile Teknologi Pertemuan 3
Instalasi JME & Uji Coba
Pemrograman Berorientasi Obyek
antarmuka grafis (GUI) dalam window
Pemrograman Berorientasi Obyek
Transcript presentasi:

MIDlet User Interface (3) As’ad Djamalilleil

Class Form Class Form adalah salah satu subclass dari Screen yang dapat digunakan untuk membuat user interface dari element sederhana seperti textfield, string dan label. Seperti TextBox, Form ditampilkan memenuhi layar dan mewarisi kemampuan dari superclass- nya untuk menampilkan judul, ticker, dan dihubungkan dengan Command

Elemen yang dapat ditambahkan ke dalam Form adalah semua berasal dari class abstrak Item: public abstract class Item { public String getLabel( ); public void setLabel(String label); }

Item yang dapat ditambahkan ke dalam Form ItemKeterangan StringItemDigunakan hanya untuk atau menampilkan teks TextFieldBerupa field yang dapat digunakan untuk diisi dengan satu baris teks DateFieldDigunakan khusus untuk menginput tanggal GaugeKomponen yang dapat digunakan untuk menampilkan progress dari suatu proses atau memilih sebuah nilai dari sebuah range nilai ChoiceGroupKomponen yang menyediakan serangkaian pilihan layaknya checkbox atau radio button ImageItemDigunakan untuk menampilkan gambar pada user interface

Class Form memiliki dua constructor: public Form(String title); public Form(String title, Item[] items); title –judul dari form, dapat dikosongkan dengan memberikan argumen null items –array dari komponen-komponen yang akan ditampilkan di dalam form, berurut sesuai urutan peletakannya pada form

Form memiliki tiga metode yang membolehkan item untuk ditambahkan ke dalam form tersebut: public void append(Item item); public void append(Image image); public void append(String string);

Form memiliki aturan untuk menentukan tata letak komponen di dalam form: Item yang berkaitan dengan dengan input user (seperti TextField, DateField, Gauge, dan ChoiceGroup) diurutkan secara vertikal dari item pertama hingga item terakhir StringItem dan ImageItem yang berdekatan dan memiliki label kosong ditempatkan secara horizontal. Jika tidak ada ruang yang cukup untuk menampilkan StringItem, maka sisa teks dipindahkan ke baris di bawahnya dan ditambahkan spasi kosong jika memungkinkan. Jika tidak ada ruang yang cukup untuk menampilkan ImageItem, maka gambarnya terpotong

StringItem dan ImageItem yang memiliki label menyebabkan perpindahan baris sebelum label ditampilkan Karakter newline pada StringItem menyebabkan perpindahan baris Lebar Form selalu sama dengan lebar layar. Jika Form lebih tinggi dibandingkan tinggi layar, maka Form tersebut dapat di-scroll secara vertikal. Scroll secara horizontal tidak diperbolehkan

Aplikasi Demo Form 1 import javax.microedition.midlet.MIDlet; import javax.microedition.lcdui.Form; import javax.microedition.lcdui.TextField; import javax.microedition.lcdui.Display; public class CobaForm extends MIDlet { private Display layar; private Form formKu; public CobaForm() { layar = Display.getDisplay(this); }

public void startApp() { formKu = new Form("Ini judul form"); layar.setCurrent(formKu); formKu.append("Halo"); formKu.append("Dunia"); formKu.append("\nMari kita\nmemulai baris\nyang baru\n"); formKu.append("Tulisan ini mungkin tidak akan cukup dalam satu baris"); formKu.append(new TextField("Nama :", "John Smith", 32, TextField.ANY)); formKu.append("Alamat :"); formKu.append(new TextField(null, null, 32, TextField.ANY)); }

public void destroyApp(boolean unconditional) { } public void pauseApp() { } }

Form memiliki beberapa metode lain yang dapat memanipulasi item-item yang berada di dalam Form: public void delete(int index); public Item get(int index); public void insert(int index, Item item); public void set(int index, Item item); public int size( );

Beberapa metode di atas menggunakan index sebagai argumen untuk menentukan Item mana yang akan dioperasikan, dimana Item pertama memiliki index 0 (nol). Metode delete() menghilangkan Item pada index tertentu Metode get() memberikan nama Item pada index tertentu Metode insert() menyisipkan item pada index tertentu, sehingga memindahkan posisi Item pada index tersebut beserta Item di bawahnya satu posisi ke bawah Metode set() mengganti item pada index tertentu dengan item yang baru Metode size() memberikan jumlah Item pada Form

Sebuah Command atau Ticker dapat ditempatkan pada beberapa layar sekaligus Sebuah Item hanya diperbolehkan untuk ditempatkan pada satu Form pada satu waktu Sebelum Item tersebut ditempatkan pada Form lain, maka sebelumnya harus dihilangkan dulu dari dalam Form yang digunakan sebelumnya Karena Form secara tidak langsung merupakan subclass dari Displayable, maka dapat menambahkan Command ke dalam Form untuk membaca input dari user untuk diproses