Filologus, Olympus dan Rhodion Materi KAM GPIB JEMAAT IMMANUEL BEKASI 18 juni 2012.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sabda Kehidupan Sabda Kehidupan Januari 2012 Januari 2012.
Advertisements

‘ BERSYUKUR DALAM KEBENARAN ‘
Sosialisasi Bahan Adven Bulan Keluarga 2013
WE ARE FAMILY PDT. ALEX LETLORA GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI.
KRISTUS, HUKUM DAN INJIL
Berjalan Bersama Dengan Allah Jemaat adalah Pengantin Kristus
Kebaktian Minggu, 11 Agustus 2013 GKDI Jambi. Kebun Handil. 10:00 – selesai Roma 16:1-16.
Tujuan Pelayanan Setiap peserta pelatihan ini dipersiapkan untuk mengambil bagian dalam perintisan satu jemaat setempat atau jaringan jemaat setempat yang.
KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA SIKAP DAN TANGGAPAN GEREJA
MATERI BINA SUAMI-ISTRI GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
SUAMI-ISTRI YANG BERBUDAYA
teks oleh Chiara Lubich
Sabda Kehidupan Januari 2013 Dari tanggal 18 s/d 25 Januari di berbagai tempat di dunia dirayakan Pekan Doa Sedunia untuk Persatuan Umat Kristiani, sementara.
SURAT RASUL PAULUS KEPADA JEMAAT DI ROMA
Penikahan: Antara Janji dan Kenyataan? (When we said “I do”)
Berjalan Bersama Dengan Allah
ARISTOBOLUS DAN NARKISUS KAM GPIB IMMANUEL JEMAAT BEKASI
GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
4 FEBRUARI 2013 GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI Pdt. Alex Letlora.
MATERI KAM - GPIB JEMAAT IMMANUEL BEKASI 04 OKTOBER 2010
VERBUM DOMINI MANET IN AETERNUM
MUSIK GEREJA.
ANANIAS DAN POTIFAR KELAS ALKITAB MALAM GPIB IMMANUEL BEKASI
MOBILITAS PELAYANAN IBADAH SYUKUR AWAL TAHUN 2013 GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI PF. Pdt. A. Letlora 9 Jan 2013.
Kebaktian Minggu, 6 Jan 2013 Kebun Handil, Jambi 10 wib - selesai Bacaan: Roma 1:1-16.
Surat Yakobus Pdt. Alex Letlora
Roma 16: Salam dan Waspada. 2A.Perhatian terhadap Pelayanan Kaum Perempuan 1B.Febe Pelayan Tuhan yang setia di Kengkrea 2B.Priscila dan Aquila di Korintus.
Baptisan Roh Kudus Bacaan: Kis 2:1-13.
‘APAKAH ENGKAU MENGASIHI AKU ?‘
BERPIKIR IDEALIS DAN BERTINDAK REALISTIS.
EVODUS, ZENAS KAM GPIB Immanuel Bekasi. 16 Juli Pdt. Alex Letlora.
MARILAH MEMENANGKAN PERTANDINGAN FILIPI 3: 12-16
Serial Tokoh Alkitab SILAS
GPIB JEMAAT IMMANUEL, BEKASI
Barnabas, uskup di Heraclea Phygellus, uskup di Efesus.
KITAB FILIPI 28 OKTOBER 2012 GPIB IMMANUEL DI BEKASI
PERAN ALLAH DALAM KELUARGA
MARIA MAGDALENA DAN LIDIA
GPIB JEMAAT IMMANUEL BEKASI
TERTIUS, ERASTUS MATERI KAM Tokoh dalam Perjanjian Baru.
TITUS GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI Pdt. Alex Letlora.
GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
DORKAS DAN ELISABETH Kelas Alkitab Malam 26 November 2012
KITAB 1, 2, 3 YOHANES Pdt. Alexius Letlora. MATERI KELAS ALKITAB MALAM
MATERI KAM GPIB JEMAAT IMMANUEL BEKASI 16 AGUSTUS 2010
IMAN YANG BERAKAR,BERTUMBUH DAN BERBUAH
PELAYANAN SETIAP ANGGOTA
ORDINATION Pdp. Adriano darmawan November 30, 2008.
RUFUS GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI. Rufus Salam kepada Rufus, orang pilihan dalam Tuhan, dan salam kepada ibunya, yang bagiku adalah juga ibu. (Rom.
KARUNIA-KARUNIA ROHANI UNTUK PENGINJILAN DAN KESAKSIAN
HERMOGENES, DEMAS DAN APELLES.
DIDALAM YESUS TIDAK ADA PENGHUKUMAN
Surat Paulus kepada Filemon
PENEUMATOLOGI Pertemuan ke 6.
JADILAH PEMENANG HIDUP YANG BENAR
Ekaristi Sumber Berkat Dalam Keluarga
BERMEGAH DALAM SALIB Lesson 14 for September 30, 2017.
Kasih Kristus.
MELESTARIKAN HUBUNGAN
BIARLAH GEREJA MENGETAHUINYA
RASA MEMILIKI DALAM GEREJA
RASUL PAULUS DI ROMA Lesson 1 for October 7, 2017.
INJIL DATANG KE TESALONIKA
BERSUKACITA DAN BERSYUKUR
MEMELIHARA JEMAAT AGAR SETIA
SIAPAKAH MANUSIA DALAM ROMA 7?
KUNCI KEPADA PERSATUAN
PERSATUAN DALAM IMAN Lesson 8 for November 24, 2018.
KELUARGA - KELUARGA BERIMAN
PELAYANAN DALAM JEMAAT PERJANJIAN BARU
Transcript presentasi:

Filologus, Olympus dan Rhodion Materi KAM GPIB JEMAAT IMMANUEL BEKASI 18 juni 2012.

Salam kepada Filologus, dan Yulia, Nereus dan saudaranya perempuan, dan Olimpas, dan juga kepada segala orang kudus yang bersama-sama dengan mereka. (Rom 16:15) Filologus Filologus adalah nama Yunani, [phileo logos] nama seorang laki laki yang suka belajar, suka membaca dan suka akan firman Tuhan. Orang ini dikenal sebagai salah satu dari ketujuh puluh murid dan dikatakan bahwa dia adalah uskup di Sinope.

Olimpas, Olimpas sama dengan Olimpus, yang dikatakan sebagai salah satu dari ketujuh puluh murid, dan martir di Roma. Setiap orang-orang kudus yang disebutkan terakhir ini sangatlah spesial bagi Paulus, cukup spesial untuk menyebutkan nama-nama mereka secara khusus.

“Olimpas, dan juga kepada segala orang kudus yang bersama-sama dengan mereka.” Olimpas (Olumpān) adalah singkatan dari Olympiodorus. Dr. Gill menafsirkan bahwa Olimpas sama dengan Olimpus yang adalah salah satu dari ke-70 murid Kristus dan menjadi seorang martir di Roma.

Semua orang kudus di sini sama dengan yang dimaksud Paulus dengan “saudara-saudara” di ayat 14. Berarti saudara-saudara rohani di dalam Kristus juga adalah orang-orang kudus (bdk. 1Ptr. 1:2)

Yulia, adalah nama perempuan, dan orang Romawi, kemungkinan dia adalah istri Filologus. Salah satu copy yang dibuat oleh Stephen menyebutnya sebagai “Yunia”. Sulit untuk menentukan apakah dia adalah orang yang sama yang disebutkan dalam Roma 16:7

Suami – istri Persekutuan suami – istri yang mendapat perhatian dari Paulus sebagai orang kudus. Dan semua orang yang tinggal bersama sebagai satu keluarga; menjadi kudus karena dikhususkan dan dipanggil. Mereka disebut sebagai orang-orang kudus dan hidup sebagai orang-orang kudus juga. Setiap mereka ada dalam hati Paulus untuk dikasihi oleh karena iman mereka di dalam Kristus.

“Saudara-saudara seiman yang ada bersama- sama dengan mereka.” Dan “orang-orang kudus yang bersama-sama dengan mereka.” Apakah itu adalah hal yang berbeda? Saudara- saudara seiman atau orang-orang kudus? Seharusnya itu tidak berbeda. Saudara-saudara seiman seharusnya adalah orang-orang kudus. Ingat bahwa surat Roma berbicara tentang orang- orang berdosa yang menjadi orang-orang kudus. Mereka adalah orang-orang yang sesuai dengan ide Paulus tentang menjadi orang-orang kudus Tuhan. Orang-orang milik Tuhan yang dipisahkan untuk Injil.

Nampak jelas bahwa mereka bertemu bersama-sama di sebuah gereja di rumah seseorang, mencocokkan kehidupannya dengan keselamatan mereka karena mereka dalam rasa ketakutan dan kegentaran [hormat kepada Tuhan]. Kelihatannya Paulus mendapat informasi bahwa mereka adalah bagian dari jemaat yang ada di Roma, yaitu berdasarkan keanggotaan dan aktifitas mereka, kemungkinan dari Priskila dan Akwila.

Dia tahu nama-nama setiap orang, dia tahu kualitas mereka, kekuatan mereka, kelemahan mereka. Inilah gereja yang sesungguhnya. Hal ini tidak dapat terjadi dalam jemaat yang besar. Semua itu bersifat sangat pribadi. Natur orang Kristen adalah mengenal orang lain satu demi satu atau secara kelompok yang memiliki hubungan yang akrab disertai dengan kejujuran dan keterbukaan.

Tidak ada satu namapun yang direndahkan menurut penilain Paulus di depan mata orang lain. Paulus tidak menyebutkan nama-nama orang penting supaya orang lain tahu dia juga penting. Paulus berbeban untuk orang biasa yang direndahkan oleh orang lain dan juga untuk orang yang terkenal dan penting. Semua ini nampak jelas dalam setiap nama-nama yang didaftarkannya di Roma 16 ini.

Dari segi latar belakang sosial jemaat-jemaat di Roma, kebanyakan nama ini, yang dicatat dalam pasal 16:3-15, adalah nama budak atau bekas budak, dan hanya satu nama, yaitu Yulia, yang merupakan nama asli Roma. Hanya tiga dari mereka jelas orang Yahudi, tetapi kemungkinan besar Priska dan Akwila, Maria, Rufus dan ibunya adalah orang Yahudi.16:3-15

Rupanya pada mulanya Injil Kristus lebih cepat berkembang di lapisan masyarakat yang rendah di Roma, tetapi kita dapat menduga bahwa banyak dari mereka sudah sempat mengadakan perjalanan keluar dari Italia, sehingga mereka sempat mengenal Paulus.

Apakah yang dapat dipelajari ? Pemberitaan Injil lebih efektif melalui keluarga. Suami – istri yang membangun kebersamaan dalam pelayanan mengahdirkan pemberitaan Injil yang realistis. ( band. Ananias – Safira ). Injil pada awalnya lebih diterima dikalangan bawah yang melihat kabar sukacita sebagai kabar pembebasan.

Roma 16 : 15 – 16 Salam kepada kamu dari semua jemaat Kristus. Melalui surat dan berita dari teman-teman, Paulus giat mengadakan interaksi antara semua jemaat Kristus, dan dengan menyampaikan salam ini dia meningkatkan perasaan kesatuan dalam Tubuh Kristus. Perintah agar mereka selalu bersalam- salaman... dengan cium kudus (bdg. I Kor. 16:20; II Kor. 13:12, I Tes. 5:26) atau dengan cium kasih (I Ptr. 5:14) menunjukkan bahwa persekutuan kristiani yang hangat merupakan ciri khas gereja ketika itu.I Kor. 16:20II Kor. 13:12I Tes. 5:26I Ptr. 5:14

Tanda apa pun yang di dalam kebudayaan modern mengungkapkan rasa kasih kristiani yang mendalam satu terhadap yang lain cium di pipi, jabatan tangan yang hangat, atau cara yang lain - merupakan ungkapan yang sama dengan perintah sang rasul. Bagaimana ‘ cium kudus ‘ dalam pemberkatan nikah ? Apakah maknanya ?