G AME S IMULASI M ENGHADAPI G EMPA B UMI Kelompok 18 NIMNAMA Gino Sunarto Fitri Amalia Hadi Fandry Indrayadi
P ERUMUSAN MASALAH Masalah yang akan ditemui pada tugas besar ini adalah: Bagaimana cara memasukkan unsur-unsur edukasi pada game gempa bumi? Bagaimana penerapan teknik berorientasi objek pada pembuatan game gempa bumi?
T UJUAN Tujuan dari tugas besar ini adalah: Membuat sebuah aplikasi game yang memasukkan unsur-unsur edukasi pada gempa bumi. Menerapkan teknik berorientasi objek pada pengembangan proyek aplikasi game tersebut.
B ATASAN MASALAH Batasan Masalah dari tugas besar ini adalah: Aplikasi Game memiliki minimal 5 fungsionalitas. Aplikasi Game memiliki minimal 8 entity. Aplikasi Game dibuat pada platform Flash (*.swf), menggunakan AS3.0.
A NALISIS S ISTEM
F UNGSIONALITAS S ISTEM Jalan : pemain dapat berlari sepanjang jalan permainan. Lompat : pemain dapat menaiki atau menghindari sesuatu dengan aksi melompat. Menunduk : pemain dapat melindungi diri dari sesuatu dengan aksi menunduk. Naik lift : pemain dapat menaiki lift Menggunakan tangga : pemain dapat menaiki dan menuruni tangga. Kena batu : pemain bisa terkena batu saat permainan berlangsung.
A NALISIS K EBUTUHAN Perangkat Keras: Satu set PC. Mobile device (touch screen) dengan OS Android. Perangkat Lunak: Developer: IBM Rational Software Architecture ver Flash Develop Adobe Photoshop Pengguna: Operating System Android (minimum API 13, maksimum 19) Fitur Flash untuk OS Android.
U SE CASE
U SE C ASE S CENARIO – MAIN _ GAME
U SE C ASE S CENARIO – LOMPAT
U SE C ASE S CENARIO – JALAN
U SE CASE S CENARIO - M ENUNDUK
U SE CASE S CENARIO – NAIK _ LIFT
U SE CASE S CENARIO – KENA _ BATU
C LASS DIAGRAM
S EQUENCE DIAGRAM : J ALAN
S EQUENCE DIAGRAM : L OMPAT
S EQUENCE DIAGRAM : M ENUNDUK
S EQUENCE DIAGRAM : N AIK LIFT
S EQUENCE DIAGRAM : K ENA BATU
C OMMUNICATION DIAGRAM : J ALAN
C OMMUNICATION DIAGRAM : L OMPAT
C OMMUNICATION DIAGRAM : M ENUNDUK
C OMMUNICATION DIAGRAM : N AIK LIFT
C OMMUNICATION DIAGRAM : K ENA B ATU
A CTIVITY DIAGRAM
S TATE MACHINE
S ASARAN USER Sasaran/ target pengguna Sasaran pengguna dari aplikasi game ini adalah semua orang mulai dari usia 10 tahun.
I MPLEMENTASI ANTARMUKA
K ESIMPULAN Simulasi menghadapi gempa bumi dapat dibuat dalam bentuk aplikasi permainan. Aplikasi permainan dibuat dengan Flash yang berbasis objek dalam format *.swf sehingga dapat dimainkan di PC dan di mobile device dengan layar touchscreen yang terpasang OS Android dan fitur Flash di dalamnya. Dengan menerapkan unsur edukasi pada aplikasi game ini, user selain terhibur dengan permainan juga bisa mendapatkan pengetahuan untuk menghadapi bencana gempa bumi.
S ARAN Untuk menghindari banyaknya jumlah korban gempa bumi, dalah satu caranya adalah dengan membuat simulasi sebagai antisipasi dalam menghadapi bencana yang dapat terjadi kapanpun. Pada aplikasi permainan yang kami buat berlatar pada sebuah gedung bertingkat, pembaca dapat mengembangkan apliaksi game ini dengan latar yang lain.