METODE PENGEMBANGAN TEHNIK INFORMATIKA UNTUK AUD Disusun Oleh: NURDIYAH NPM : 09260629 REGULER A/ SEMESTER 6 JURUSAN S1 PAUD IKIP VETERAN
PENERAPAN PRINSIP PAUD Enam hal kunci yang harus diperhatikan: Dampak belajar Perkembangan kinerja intelektual Rentang perhatian Perangkat/sensor belajar Faktor sikap, Nilai dan Karakter Kondisi Nyata dan Ketepatan Respon
STANDAR ISI, PROSES DAN PENILAIAN Standar yang perlu diikuti dalam pengembangan program kegiatan, bentuk kegiatan layanan, alokasi waktu, rombongan belajar, serta pengaturan waktu kegiatan (kalender pendidikan) STANDAR PROSES Standar yang perlu diikuti dalam pengembangan rencana pembelajaran selaras dengan prinsip-prinsip dan cara pengorganisasian, serta standar dalam pelaksanaannya terutama yang berkaitan dengan penataan lingkungan bermain dan pengorganisasian kegiatan. STANDAR PENILAIAN Standar yang perlu diikuti dalam penilaian, baik teknik, lingkup, proses pengelolaan hasil, maupun tindak lanjut.
STANDAR ISI Standar Isi Meliputi 5 Hal Struktur Program Lingkup Pengembangan STANDAR ISI Bentuk Kegiatan Layanan Rombongan Belajar Kalender Pendidikan
STANDAR ISI Struktur Program Berisi Bidang Pengembangan Pembetukan Perilaku Bidang Pengembangan Kemampuan Dasar. B. Lingkup Pengembangan Nilai-Nilai Agama dan Moral Fisik Kognitif Bahasa dan Sosial-emosional
STANDAR ISI C. Cara Penanaman Kegiatan Bermain Kegiatan Pembiasaan Kegiatan Terpadu Pendekatan Tematik
STANDAR ISI D. Bentuk Kegiatan Layanan Usia 0 - <2 Tahun (120 menit = 1 x/minggu) Usia 2 - <4 Tahun (180 menit = 2 x/minggu) Usia 4 - ≤6 Tahun (F:150 – 180 menit = 5-6 x/minggu NF: 180 menit = 3 x/minggu) Usia 0 - <6 Tahun (Pengasuhan/Penitipan, dikurangi kegiatan terstruktur)
STANDAR ISI E. Rombongan Belajar Formal : TK/RA = 1:20 (guru:anak), A: 4-5 th, B: 5-6 Th Non Formal : Guru : Anak Usia 0- ≤ 1 tahun 1 : 4 anak; Usia 1- < 2 tahun 1 : 6 anak; Usia 2- ≤ 3 tahun 1 : 8 anak; Usia 3- ≤ 4 tahun 1 : 10 anak; Usia 4- ≤ 5 tahun 1 : 12 anak; Usia 5- ≤ 6 tahun 1 : 15 anak;
Standar isi F. Kalender Pendidikan Pengaturan waktu kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran sesuai kondisi daerah; Permulaan tahun ajaran Minggu efektif pembelajaran Waktu pembelajaran efektif Hari libur
STANDAR PROSES Perencanaan Bentuk Perencanaan Semester Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) Rencana Kegiatan harian (RKH) Rencana Kegiatan Usia 0-2 th bersifat individual
STANDAR PROSES Perencanaan b. Prinsip Memperhatikan tingkat perkembangan kebutuhan, minat dan karakteristik anak Mengintegrasikan kesehatan, gizi, pendidikan, pengasuhan dan perlindungan Pembelajaran dilaksanakan melalui bermain Kegiatan pembelajaran dilakukan secara bertahap, berkesinambugan dan bbersifat pembiasaan Proses pembelajaran bersifat aktif, kreatif, interaktif, efektif dan menyenangkan Proses pembelajaran berpusat pada anak
STANDAR PROSES Perencanaan c. Pengorganisasian Pemilihan metode yang tepat dan bervariasi Pemilihan alat bermain dan sumber belajar yang ada dilingkungan Pemilihan teknik dan alat penilaian sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan
STANDAR PROSES B Pelaksanaan a. Penataan Lingkungan bermain Menciptakan suasana bermain yang aman, nyaman, bersih, sehat dan menarik. Penggunaan alat permainan edukatif memenuhi standar keamanan, kesehatan dan sesuai dengan fungsi stimulasi yang telah direncanakan Memanfaatkan lingkungan
STANDAR PROSES B Pelaksanaan b. Pengorganisasian Kegiatan Kegiatan dilaksanakan di dalam ruang/kelas dan di luar ruang/kelas Kegiatan dilaksanakan dalam suasana yang menyenangkan Kegiatan untuk anak usia 0-< 2tahun, bersifat individual. Pengelolaan kegiatan pembelajaran pada usia 2-<4 tahun dalam kelompok besar, kelompok kecil dan individu meliputi inti dan penutup. Pengelolaan kegiatan pembelajaran pada usia 4-<6 tahun dilakukan dalam individu, kelompok kecil, dan kelompok besar meliputi tiga kegiatan pokok, yaitu pembukaan, inti dan penutup. Melibatkan orang tua/keluarga
Kalau aku angka berapa ya? Contoh Pembelajaran Mengenal Angka Anak Usia Dini Aku mirip angka berapa??? Angka 1 Angka 2 Kalau aku angka berapa ya?
Angka 3 Angka 4
Angka 5 Angka 6
Ada ular melingkar mirip angka berapa ya??? Aku seperti piala ….. Angka 8
10 ya kira-kira seperti apa ya???? Angka 9 Angka 10 Kalau 9 mirip apa ya???? 10 ya kira-kira seperti apa ya????
Semoga Mudah dipahami Terima Kasih