A. Persiapan Perancangan Flash digunakan untuk membuat Movie yang merupakan gabungan objek-objek yang tersusun rapi dan menarik dengan alur cerita yang.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Advertisements

Dasar Penggunaan Flash Macromedia
ACTION SCRIPT.
Mengelola isi halaman web
Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1)
Kategori Desain Grafis
Dasar-dasar Web Design
Metode Animasi & Action Script
Pengenalan Program Macromedia Flash
Variasi Animasi dalam Flash
Pengenalan Action di dalam Movie Flash
Multimedia dengan Power Point 2003 Oleh: Aris Nasuha, MT.
MACROMEDIA FLASH. Pertemuan III Symbol / Library Symbol : Graphic Lesson 3 : Symbol Symbol : Movie Clip.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
PRESENTASI Presenter Audiens Presentasi adalah pertukaran informasi
Langkah membuat gerak planet
Perancangan Sistem Ana Kurniawati.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID MOH. FURQAN, S. Kom.
IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
Mengelola isi halaman web
KONSEP WEB.
APLIKASI MULTIMEDIA AUTISME DENGAN MENGGUNAKAN Desi Fuspitasari Saiz
Pertemuan 6 Alat Bantu Authoring Multimedia
PROGRAM PERMAINAN PUZZLE DENGAN MACROMEDIA FLASH Angga AdiKusumah
Area Kerja Macromedia Flash 8
ANIMASI MOTION SHAPE PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA
CSS (Cascading Style Sheet)
MENU dan navigasi situs
FLASH DAN ACTION SCRIPT Ricky Perdana Riyanto. Action Script  Action Script adalah bahasa pemrograman yang di pakai oleh software Flash untuk mengendalikan.
Mengelola isi halaman web
ANIMASI 3D PADA ARCHICAD
KOMPUTER DALAM PEMB. FISIKA
Teknik Informatika - UDINUS
Animasi Banner dengan Flash
MODUL DASAR ( MODUL 2 ) PERTEMUAN 7.
Multimedia Authoring For Health Information
KONSEP DASAR ANIMASI Persiapan Perancangan
MICROSOFT POWER POINT 2007 APLIKASI KOMPUTER 2.
Analisa & Perancangan sistem
Garis-garis Besar Program E-Learning
Microsoft Word 2007.
PERANCANGAN Arief Budi Setiyono
Mengelola isi halaman web
APLIKASI INTERAKTIF BELAJAR BERHITUNG UNTUK KELAS 1 SD Nyoman Yosafat Sunia, for further detail, please visit
Interaktivitas Katie Salen Unit 1 Chapter 6
PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATA KULIAH PENGANTAR Mohammad Fahrul Rojie,
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
Hyperlink & Form Pertemuan 11
Penulisan Ilmiah.Fakultas Ilmu Komputer.2004 Katalog Masakan Daerah
FLASH WEB LAY OUT AND NAVIGATION
MACROMEDIA FLASH 8 MEMBUAT WEBSITE GAME MENGGUNAKAN JOOMLA
Mengelola isi halaman web
Mengelola isi halaman web
Desain web Good vs bad Dimas wahyu utomo
ANALISA DAN PERANCANGAN
Pembuatan Animasi Kartun Apa itu Animasi ? Mengapa harus kartun ? Jenis Animasi ? Manfaat Animasi ?
Animasi Banner dengan Flash
MENGENAL MACROMEDIA/ADOBE FLASH
Symbol (Movie clip, Button, Graphic)
PENGENALAN ADOBE FLASH Adobe Flash CS3 (dahulu bernama macromedia flash) adalah hasil akuisi dilakukan oleh Adobe yang salah satu perangkat lunak komputer.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
for further detail, please visit
startDrag( ) hitTest( )
Pembuatan Animasi 2 Dimensi SMK Negeri 11 Bandung Sutarsa, S.Pd.
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Pembuatan Obyek Pada Aplikasi Animasi 2 dimensi. Tujuan Pembelajaran. Setelah mengikuti kegiatan belajar ini diharapkan peserta didik dapat: Memahami.
Transcript presentasi:

A. Persiapan Perancangan Flash digunakan untuk membuat Movie yang merupakan gabungan objek-objek yang tersusun rapi dan menarik dengan alur cerita yang mengesankan seperti layaknya sebuah film. Untuk membuat movie yang bermutu, kita harus mempersiapkan segala sesuatunya sebelum mengimplementasikan inspirasi kita kedalam sebuah movie. Berikut beberapa pertanyaan yang dapat membantu kita menentukan persiapannya: 1. Apakah kita menginginkan user atau pengguna memasukkan informasi atau data? Jika benar, apakah jenis informasi atau data yang dimasukkan tersebut? 2. Apakah kita membutuhkan navigasi dalam projek tersebut? Jika benar, bagaimana alur dan bentuk navigasi tersebut? 3. Apa jenis interaktivitas yang akan dimasukkan dalam projek tersebut? 4. Jika projek kita berupa situs, tentukan pengurutan dari informasi yang dimasukkan? KONSEP DASAR ANIMASI

B. Movie Animasi yang kita buat pada flash secara umum disebut movie. Hal ini karena ketika seseorang akan membuat animasi, dia akan merancang alur cerita animasi tersebut, membuat objek-objek dan merangkainya menjadi animasi yang menarik dan menyenangkan. Suatu movie terkadang memiliki kelompok-kelompok animasi yang disebut movie clip. Klip-klip movie dapat dirangkai kembali menjadi sebuah movie klip baru. Setiap animasi/movie klip akan dijalankan pada suatu scane yang dapat dianalogikan sebagai sebuah episode. Jadi animasi dapat terdiri dari beberapa scane yang saling dihubungkan.

c. Objek Animasi merupakan kumpulan objek yang mempunyai berbagai bentuk dan gerak tertentu. Objek dapat berbentuk satu dimensi, 2 dimensi dan 3 dimensi. Pada dasarnya objek yang dibuat dari flash terdiri dari 2 bagian (selain objek garis), yaitu isi objek dan garis tepi(batas objek) Kedua bagian objek tersebut dapat dipisahkan dengan mengeluarkan isi garis dari garis tepinya, dengan cara mendragnya. Isi Garis Tepi (outline)

Jika objek yang kita buat lebih dari satu, maka akan ada tiga pembagian disini : 1. Group : merupakan kumpulan objek yang dikelompokkan menjadi satu. 2. Teks : merupakan kumpulan huruf atau karakter 3. Symbol dalam Flash symbol dibagi menjadi 3 jenis : a. Movie Clip Merupakan movie yang mengandung beberapa elemen seperti button, teks, graphic, ataupun animasi yang berdiri sendiri karena mempunyai timeline yang berbeda dengan time line yang terdapat pada stage. Movie clip dapat digunakan beberapa kali dalam stage sehingga mempermudah pembuatan animasi yang sama. b. Button Button merupakan salah satu jenis symbol yang berfungsi untuk membuat navigasi atau link dan juga sebagai pengontrl movie clip dan sound. Button terdiri dari 4 keadaan, yaitu : - up: keadaan standar dimana buttton belum diberi aksi apapun - over : Keadaan ketika mouse digerakkan diatas button - Down : Keadaan ketika button tersebut dipilih atau diklik. - Hit : Keadaan ketika button sudah diklik dan berfungsi sebagai pembeda antara button yang sudah diklik dengan yang tidak. c. Graphic (symbol berupa gambar diam)

d. Teks Teks dalam Flash dibagi menjadi 4 kategori : 1. Teks statis label 2. Teks statis block 3. Teks Dinamis 4. Teks Input