Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENALAN ADOBE FLASH Adobe Flash CS3 (dahulu bernama macromedia flash) adalah hasil akuisi dilakukan oleh Adobe yang salah satu perangkat lunak komputer.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENALAN ADOBE FLASH Adobe Flash CS3 (dahulu bernama macromedia flash) adalah hasil akuisi dilakukan oleh Adobe yang salah satu perangkat lunak komputer."— Transcript presentasi:

1

2 PENGENALAN ADOBE FLASH Adobe Flash CS3 (dahulu bernama macromedia flash) adalah hasil akuisi dilakukan oleh Adobe yang salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Sistems. Adobe flash memiliki kemampuan untuk mengolah animasi 2 dimensi dan 3 dimensi yang saat ini paling popular dan telah banyak digunakan untuk membuat konten-konten website, logo, game, film animasi, CD interaktif dan sebagainya. Adobe flash dapat menggabungkan gambar, suara, dan video ke dalam animasi yang dibuat.

3 HASIL AKHIR FLASH Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension.fla. file ini kemudian dapat dipublikasikan sehingga dihasilkan file.swf. File.swf inilah yang menjadi file final berisi animasi. biasanya file yang berekstensi.swf dapat dijalankan melalui web atau browser yang telah dipasangi Adobe Flash Player

4 BAHASA PEMOGRAMAN FLASH Flash menggunakan bahasa pemograman “ActionScript” Jenis “ActionScript” 1. AS 1.0 2. AS 2.0 3. AS 3.0

5 PENEMPATAN ACTION SCRIPT A. Action Script pada Frame B. Action Script pada Button

6 MENJALANKAN PROGRAM ADOBE FLASH 1. Tekan tombol Start  All Program  Adobe  Adobe Flash CS3 Professional sehingga tampil Welcome Screen

7

8 2. Klik Flash File (Action Script 2.0) pada kolom Create New untuk membuka lembar kerja baru seperti berikut:

9

10

11

12

13

14

15

16

17 Frame, Key Frame, Blank Key Frame Insert Key Frame tekan F6 (artinya mengkopy paste semua objek yang berada pada frame sebelumnya) Insert Frame tekan F7 (artinya memperpanjang animasi) Insert Blank Key Frame tekan F8 (artinya membuat frame kosong untuk ditambahkan animasi)

18 STAGE Merupakan lembar kerja yang digunakan untuk membuat dan mendesain objek yang akan dianimasikan. Objek yang dibuat dapat berupa vector, movie clip,Text, Button dan lain-lain. Ukuran, warna derta pengaturan lain pada stage dapat diubah dengan cara klik stage menggunakan selection tool lalu ubah ukurannya pada panel properties.

19 PROPERTIES Berguna untuk menampilkan parameter dari sebuah objek yang terseleksi dalam stage sehingga objek tersebut dapat dimodifikasi serta memaksimalkan fungsi dari objek tersebut

20 Convert To Symbol  Movie Clip  Botton  Graphic

21 MOVIE CLIP Berfungsi untuk membuat animasi yang lebih halus didalam instance symbol. BOTTON Berfungsi untuk mencipta tombol sebagai pengontrol animasi GRAPHIC Berfungsi untuk membuat animasi frame by frame

22 BUTTON 4 Frame dalam Symbol Button:  UP Berfungsi sebagai tampilan tombol pada kondisi awal sebelum ditekan  OVER Berfungsi sebagai tampilan ketika kursor mouse berada tepat di atas tombol  DOWN Berfungsi sebagai tampilan tombol pada kondisi sedang ditekan  HIT Berfungsi sebagai area tekan tombol

23 TEKNIK ANIMASI Frame By Frame Scene By Scene Movie By Movie

24 on (release) { gotoAndStop(frame yang dituju); } on (release) { gotoAndStop(frame yang dituju); } FRAME BY FRAME

25 on (release) { gotoAndStop(“nama scene”); } on (release) { gotoAndStop(“nama scene”); } SCENE BY SCENE

26 on (release) { loadMovieNum(“nama movie.swf”, 0 ); } on (release) { UnloadMovieNum(“nama movie.swf”, 0 ); } MOVIE BY MOVIE

27 QUIT/EXIT on(release){ fscommand("quit",true); }

28 Fullscren fscommand("fullscreen",true);

29 NAMA: ROHANIATUL HUSNA, S.Pd, M.Kom ALAMAT: KEL. TALANG PAYAKUMBUH BARAT HP: 0823-8653-3883


Download ppt "PENGENALAN ADOBE FLASH Adobe Flash CS3 (dahulu bernama macromedia flash) adalah hasil akuisi dilakukan oleh Adobe yang salah satu perangkat lunak komputer."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google