ASAS TAMANSISWA 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BAB V PERGAULAN DAN KEWIBAWAAN
Advertisements

SOSIALISASI 4 PILAR KEBANGSAAN
PANCASILA SEBAGAI TATA NILAI HIDUP BANGSA INDONESIA
Assalamu’alaikum Wr Wb
PANCASILA 6 MAKNA DAN POKOK-POKOK PIKIRAN YANG TERKANDUNG DALAM PEMBUKAAN UUD 1945 UUD 1945 MERUPAKAN SUMBER HUKUM DARI HUKUM YANG BERLAKU DI INDONESIA.
Oleh : Drs. Kus Eddy Sartono, M.Si. Dosen FIP UNY
HAKEKAT PANCASILA HAKIKAT SILA I :
PANCASILA 4 HAKIKAT PANCASILA
MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB Oleh: Antarin Prasanthi.
SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
PENDIDIKAN PANCASILA OLEH PRIYO SULARSO HP :
PENTINGNYA PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
strategi pembelajaran pkN
Filsafat Pancasila.
Anggota kelompok : Heri Fatkhurrokhim Sri Mila Lestari Danik Lestari
TAMANSISWA Taman Siswa adalah nama sekolah yang didirikan oleh Ki Hadjar Dewantara pada tanggal 3 Juli tahun 1922 di Yogyakarta. Taman berarti tempat bermain.
ALIRAN-ALIRAN PENDIDIKAN
“ dua aLiran pokok Pendidikan di Indonesia”
Panca Darma KODRAT ALAM KEMERDEKAAN KEBUDAYAAN KEBANGSAAN KEMANUSIAAN.
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
FILSAFAT PANCASILA.
PEMBUKAAN UUD 1945.
WAWASAN NUSANTARA Oleh : Aditya Hendra Moh. Khoirul Anwar
PENDIDIKAN PANCASILA PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT Kelompok 3 :
bagi suatu bangsa dan negara
Manusia dan pandangan hidup
BAB 3 Berkomitmen Terhadap Kaedah Pokok Fundamental

PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN. Tujuan Pembelajaran Siswa mampu mendeskripsikan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan.
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Pertemuan ke – 4 HUKUM ADAT DALAM HUKUM TANAH NASIONAL
Wawasan nusantara (Lecture 5 & 6)
Oleh : Achmad Farisi Aziz, M.Pd.I
CITA-CITA, TUJUAN DAN VISI NEGARA INDONESIA
NAMA KELOMPOK : Okti Panca Istihanah Ola Desilia Puji Ananda
AKTUALISASI PANCASILA DALAM BIDANG POLITIK
MATERI FROFIL TES. MATERI FROFIL TES A. Makna Semangat Persatuan dan Kesatuan Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa bukanlah hal yang mudah. Banyak.
PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK
PENGERTIAN PARADIGMA Definisi paradigma
Ilmu Sosial Budaya Dasar TANGGUNG JAWAB dan KESADARAN
2. Pengaruh Aspek Politik
HUBUNGAN DASAR NEGARA DAN KONSTITUSI
4.3.Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 NKRI
Tugas Media & Tekhnologi Pembelajaran PKn
Pancasila Sebagai Sumber Nilai Dan Paradigma Pembangunan
Wawasan nusantara (Lecture 5 & 6)
IMAN PADA ALLAH SWT SMKN 22 JAKARTA Oleh : Miswan, S.Ag.S.Kom.
UUD 1945 Konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia ialah Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945) sebelum diamandemen yang terdiri dari : Pembukaan UUD.
MENU UTAMA referensi kompetensi materi latihan.
Masyarakat, Norma dan Hukum
Pemahaman Pancasila & Tanya Jawab
beserta rakyat Indonesia
Teori konstitusi.
NILAI-NILAI SILA PANCASILA.
Dosen ; Tatik Rohmawati, S.IP.,M.Si.
KESEJAHTERAAN PENDAHULUAN
Nilai persatuan dalam bermasyarakat dan bernegara
HUKUM DASAR TERTULIS DAN HUKUM DASAR TIDAK TERTULIS
Kelompok 3 : FIRMANSYAH FAJAR SASI SAMUDRA ANGGITA AYU
Militer dan Budaya Politik Indonesia
Kedudukan dan Peran Pancasila bagi Bangsa Indonesia
4.3.Menganalisis kedudukan Pembukaan UUD 1945 NKRI Materi pembelajaran: –P–P–P–Pembukaan UUD 1945 Negara Kesatuan Republik Indonesia –P–P–P–Pokok pikiran.
UNDANG-UNDANG DASAR REPUBLIK INDONESIA 1945 Pembukaan
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Oleh DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
“PANCASILA SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL”
PEMBUKAAN UUD 1945 Disampaikan Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila
Agama Bahá’i.
BAB 1 BELA NEGARA. Pengertian Bela Negara Lingkungan sekitar kita adalah tempat kita mencari nafkah, sumber kehidupan kita bersama. Seandainya lingkungan.
KEWARGANEGARAAN Ary Handayani 1. Menggali sumber sosiologis & politis tentang pendidikan kewarganegaraan di Indonesia Membangun argumen tentang dinamika.
Transcript presentasi:

ASAS TAMANSISWA 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Asas Tamansiswa 1922 Hak seseorang akan mengatur dirinya sendiri (selfbeschikkingsrecht) dengan mengingat tertib damainya persatuan dlm.perikehidupan umum (maatschappelijke saamhoorigheid) itulah tujuan kita yang setinggi-tingginya.Tidak adalah ketertiban terdapat, kalau tak bersandar pada perdamaian. Sebaliknya tak akan ada orang hidup damai, jika ia dirintangi dalam segala syarat kehidupannya. Bertumbuh menurut kodrat (natuurlijke groed) itulah perlu sekali utk.segala kemajuan (evolutie) dan harus dimerdekakan seluas-luasnya. Maka dari itu pendidikan yang beralaskan syarat “paksaan-hukuman-ketertiban” (“regering-tucht en orde”, inilah perkataan opvoedkunde)itulah kita anggap memperkosa kebatinan anak. Yang kita pakai sbg.alat pend.yaitu pemeliharaan dng.sebesar perhatian untuk mendapat tumbuhnya hidup anak, lahir dan batin menurut kodratnya sendiri. Itulah yang kita namakan “Among Methode” 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Dalam sistem ini, maka pelajaran berarti mendidik anak-anak menjadi manusia yang merdeka batinnya, merdeka pikirannya dan merdeka tenaganya. Guru jangan hanya memberi pengetahuan yang perlu dan baik saja, akan tetapi harus juga mendidik si murid mencari sendiri pengetahuan itu dan memakainya guna amal keperluan umum. Pengetahuan yang baik dan perlu yaitu yang manfaat untuk keperluan lahir dan batin dalam hidup bersama (social belang) 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Tentang zaman yang akan datang, maka rakyat kita ada di dalam kebingungan. Seringkali kita tertipu oleh keadaan, yang kita pandang perlu dan laras untuk hidup kita padahal itu adalah keperluan bangsa asing yang sukar didapatnya dengan alat penghidupan kita sendiri. Demikianlah kita acapkali merusak sendiri kedamaian hidup kita. Lagi pula kita sering juga mementingkan pengajaran yang hanya menuju terlepasnya fikiran (intelektualisme), padahal pengajaran itu membawa kita pada gelombang penghidupan yang tidak merdeka (economishch afhankelijk) dan memisahkan orang-orang yang terpelajar dengan rakyatnya. Di dalam zaman kebingungan ini seharusnyalah keadaban kita sendiri (cultuurhistorie) kita pakai sbg.penunjuk jalan utk.mencari penghidupan baru yang selaras dng.kodrat kita dan akan memberi kedamaian dalam hidup kita. Dengan keadaban bangsa kita sendiri kita lalu pantas berhubungan bersama-sama dengan keadaan bangsa asing. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Oleh karena pengajaran yang hanya didapat oleh sebagian kecil dari rakyat kita itu tidak berfaedah untuk bangsa, maka haruslah golongan rakyat yang terbesar dapat pengajaran secukupnya. Kekuatan bangsa dan negara itu jumlahnya kekuatan orang –orangnya. Maka dari itu lebih baik memajukan pengajaran untuk rakyat umum daripada meninggikan pengajaran kalau usaha meninggikan ini seolah-olah mengurangi tersebarnya pengajaran. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Oleh karena itu kita bersandar pada kekuatan kita sendiri, maka haruslah segala belanja dari usaha kita itu dipikul sendiri dengan uang pendapatan biasa. Inilah yang kita namakan “zelfbedruipings systeem” yang jadi alatnya semua usaha yang hendak hidup tetap dengan berdiri sendiri. Dengan tidak terikat lahir dan batin, serta dengan suci hati berniatlah kita berdekatan dengan sang anak. Kita tidak meminta sesuatu hak, akan tetapi menyerahkan diri akan berhamba kepada sang anak. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Ciri khas: Panca Dharma Kodrat alam sbg.perwujudan kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa mengandung arti bahwa pada hakikatnya manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa adalah satu dengan alam semesta ini. Karena itu manusia akan mengalami kebahagiaan jika ia menyelaraskan diri dengan kodrat alam yang mengandung segala hukum kemajuan Kemerdekaan mengandung arti bahwa kemerdekaan sbg.karunia Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia yang memberikan kepadanya hak untuk mengatur dirinya hidupnya sendiri (zelfbeshikkingsrecht) dengan selalu mengingat syarat tertib damainya hidup bermasyarakat. Kemerdekaan diri harus diartikan sbg.swa disiplin atas dasar nilai hidup yang luhur baik sbg. ind. dan anggt. masy. 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Kebudayaan mengandung arti keharusan untuk memelihara nilai dan bentuk kebudayaan nasional. Dalam memelihara kebudayaan nasional itu yang pertama dan terutama adalah membawa kebudayaan nasional kearah kemajuan dunia untuk kepentingan hidup rakyat lahir dan batin sesuai dengan perkembangan alam dan zamannya 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Kebangsaan mengandung arti adanya rasa satu bangsa dalam suka dan duka, serta kehendak untuk mencapai kebahagiaan hidup lahir batin seluruh bangsa. Dasar kebangsaan tidak boleh bertentangan dengan dasar kemanusiaan, bahkan harus menjadi sifat, bentuk, dan laku kemanusiaan yang nyata, dan karena itu tidak mengandung rasa permusuhan terhadap bangsa-bangsa lain 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Kemanusiaan mengandung arti bahwa kemanusiaan itu adalah darma tiap manusia yang timbul dari keluhuran akal budinya. Keluhuran akal budi menimbulkan rasa dan laku cinta kasih terhadap sesama manusia dan terhadap makhluk Tuhan Yang Maha Esa seluruhnya, yang bersifat keyakinan akan adanya hukum kemajuan yang meliputi alam semesta. Karena itu, rasa dan laku cinta kasih harus tampak pula sebagai tekad untuk berjuang melawan segala sesuatu yang merintangi kemajuan yang selaras dengan kehendak alam