Apresiasi Wayang Orang

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DASAR-DASAR SENI BUDAYA. Adaptif Pengertian Kebudayaan dan Seni.
Advertisements

Seni Rupa Kelas X Semester 1 Loading … Finish.
Assalamualaikum Wr.Wb. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم.
Sekolah Standar Nasional (SSN) Mata Pelajaran : Bahasa &stra Indonesia Selamat Datang di SMP Negeri 7 Jakarta Sekolah Standar Nasional (SSN) Mata.
TEATER RAKYAT INDONESIA
MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ASING DALAM MICROSOFF OFFICE POWER POINT
unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik hikayat
Presentasi Seni Budaya
WAYANG DALAM PENDIDIKAN FORMAL
LAPORAN HASIL PEKSIMINAS X 24 s/d 29 Juli 2010 di Universitas Tanjungpura PENGDA BPSMI JAWA TENGAH.
Sultan Keraton adalah berumur dua ratus tahun keraton dan ditemukan di pusat Yogyakarta. Istana adalah jantung dan jiwa kota Yogyakarta. Tidak adalah.
Seni Tari Kelas XII IPS/Bhs
MATERI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
SENI TEATER.
B. MAKNA DAN PERANAN TEATER DALAM KONTEKS BUDAYA DAERAH.
OKTI ROSIANA, Struktur Dramatik Wayang Dalam Lakon Gathotkaca Wisuda oleh Ki Mantep Soedarsono.
Randai sebagai konsep teater
HERI ROHMADANI, Heroisme Dalam Serat Menak Dewi Soja.
Seni Tari Kreasi - Kelompok
APRESIASI KARYA Seni Rupa Indonesia SMA Kelas XII Semester 2
PERBANDINGAN NOVEL (DE WINST dan GLONGGONG) Novel Historigrafi
Media Pembelajaran Tujuan Kompetensi Topik Topik Topik Topik Materi Belajar Materi Belajar Materi Belajar Materi Belajar Proses Berkarya Proses Berkarya.
APRESIASI SENI TARI Mata Pelajaran: Seni Budaya Kelas : X Semester : 2.
Program : IPA/IPS/Bahasa
Kesenian Tradisional Ketoprak
Wayang Golek Kebudayaan Asli Indonesia
SARANA UNTUK MEMBAHAGIAKAN PANGERAN SIDDHARTA
PERKEMBANGAN TARI KLASIK GAYA YOGYAKARTA
SAINAH, Tokoh dan Fungsi Punakawan dalam Pertunjukan Wayang Orang Ngesti Pandawa di Semarang.
CARITA WAYANG STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR TUJUAN PEMBELAJARAN
Membudayakan Seni Budaya Daerah Banjar
JOKO WURYANTO, Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Lakon Dewa Ruci Versi Ki Anom Suroto dan Kemungkinannya sebagai Bahan Ajar bagi Siswa.
DEWI INDAH LESTARI, Struktur Dramatik Lakon Wayang Karna Tandhing Oleh Ki Enthus Susmono.
NOVIA FITRIANI, Kepahlawan Dalam Serat Pedhalangan Arjuna Wiwaha.
Pusat Sumber Belajar
APRESIASI KARYA SENI TEATER
FEBRIANA BUDHI PALUPI, BENTUK PERTUNJUKAN DAN MAKNA SIMBOLIS KESENIAN BABALU DI KABUPATEN BATANG.
HENITA RAHAYU, PERBANDINGAN PERTUNJUKAN KESENIAN PUPPET TRADISIONAL BUNRAKU DENGAN WAYANG GOLEK.
POTENSI WISATA PROPINSI D.I.YOGYAKARTA
Sastra Indonesia kelas XII bahasa Seni Drama Nurhadi,S.Pd.
AKULTURASI BUDAYA LOKAL,HINDU-BUDDHA DAN ISLAM
Oleh : Hana Pertiwi, M.Pd SELAMAT DATANG
Pengantar Apresiasi Seni
SENI TEATER.
A. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
Ragam Kesenian Tradisional JOGJA
Menjelaskan mengenai kesenian mamanda
Ondel-ondel.
Cerita & Figur Panji Cerita Panji adalah harta karun terpendam yang dimiliki Jawa Timur. Lahir di Kediri, berkembang sejak zaman Majapahit, kemudian menyebar.
BERAPRESIASI SENI TARI
APRESEASI SENI BUDAYA.
TUGAS TEKKOM “SENI TARI SALAH SATU BAGIAN DARI KEBUDAYAAN INDONESIA”
ETNOGRAFI.
Analisis Eksistensi Wayang Sebagai Identitas Nasional
Membudayakan Seni Budaya Daerah Banjar
Tari Golek Manak Warisan Seni dan Budaya Yogyakarta
MERANCANG KARYA SENI TEATER
Teori Kinetik Gas Thermodinamika Media Pembelajaran Berbasis TIK
Diskripsi Keberagaman Bangsa Indonesia
Assalamualaikum Wr.Wb.
Egrang Permainan egrang adalah salah satu dari permainan tradisional, yang pada saat sekarang sangat jarang ditemui lagi. Selain dimainkan oleh masyarakat.
Nama : Luqman Tri N No : 15 Kelas :XII.Ips6
 NAMA KELOMPOK : ANGGA NOFRIADY MUHAMMAD BAIHAQI XII IPA 1.
Kelompok 12 Sinta Dwi Lestari Iftaturrohmah
Robiatul adawiyah XI IPS 2.
REVIU FILM OLEH KELOMPOK 8.
Sejarah tari sajojo Asal usul Tari Sajojo ini masih belum bisa diketahui secara pasti. Namun beberapa sumber banyak yang menyebutkan ba hwa tarian ini.
TEKS EKSPOSISI BAHASA INDONESIA Sri Wahyuni, M.Pd
Seni Tari Seni Budaya Afdian Wijaya, S.Pd
PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA N. AINI PUSPITASARI.
Transcript presentasi:

Apresiasi Wayang Orang SENI BUDAYA Apresiasi Wayang Orang

7. Mengapresiasi karya seni teater

7.2. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis pertunjukan teater tradisional daerah setempat

Mendeskripsikan pengertian seni teater tradisional wayang orang Menjelaskan sejarah wayang orang Menjelaskan kelestarian budaya seni tradisional wayang orang Menjelaskan beberapa adegan seni tradisonal wayang orang Mengapresiasi pertunjukan seni tardisional wayang orang

WAYANG ORANG 1 2 3 4 5 Wayang Orang Wayang orang adalah wayang yang dimainkan dengan menggunakan orang sebagai tokoh dalam cerita wayang tersebut. Wayang orang disebut juga dengan istilah wayang wong (bahasa Jawa).

WAYANG ORANG 1 2 3 4 5 Wayang Orang Sesuai dengan sebutannya, wayang tersebut tidak lagi digelar dengan memainkan boneka-boneka wayang (wayang kulit), akan tetapi menampilkan manusia sebagai pengganti boneka tersebut. Mereka memakai pakaina sama seperti hiasan-hiasan yang dipakai pada wayang kulit.

WAYANG ORANG 1 2 3 4 5 Wayang Orang Bentuk kesenian wayang diperankan oleh manusia (wong / orang), ceritanya sama dengan wayang kulit purwa. Wayang wong dibangun di Yogyakarta oleh Sultan Hamangkubuwono I dan di Surakarta dibangun oleh Pangeran Adipati Mangkunegoro I.

Umur : keberadaan wayang wong itu sendiri WAYANG ORANG 1 2 3 4 5 Diantara jenis wayang yang ada, wayang wong masih lestari sampai saat ini baik di Yogyakarta maupun di Surakarta (Gedung Sriwedari). Masih lestari dikarenakan : Umur : keberadaan wayang wong itu sendiri Perlindungan : selalu dapat perlindungan dari masyarakat jawa atau pemerintah Menyenangkan : terdapat beberapa aspek dalam pertunjukan wayang wong, aspek tersebut mencakup hiburan, budaya, media masa, pendidikan, penerangan, pengenjawantahan, filsafat, seni rupa, dll.

WAYANG ORANG 1 2 3 4 5 Wayang Orang Berkaitan dengan hal tersebut, wayang wong adalah bentuk kesenian bangsa Indonesia (Jawa) yang tinggi martabatnya dan adiluhung. Karena itu perlulah kita melestarikan, jangan sampai hilang dari pengetahuan generasi muda, apalagi sampai terkalahkan oleh budaya kesenian asing.

Golek Menak Putri Rengganis Widaninggar CERITA WAYANG ORANG 1 2 3 4 5 6 7 8 Golek Menak Putri Rengganis Widaninggar Merupakan sebuah petikan dari wayang orang yang dalam teknik tariannya merupakan personifikasi dari wayang golek, yang pada awalnya diciptakan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

CERITA WAYANG ORANG 1 2 3 4 5 6 7 8 Tari Golek Merupakan sebuah bentuk tari yang semula berkembang di luar kraton. Sejak pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII, mobilitas budaya mendorong tari golek ini masuk ke kraton, sehingga bentuk ekspresinya juga mengandung warna struktur budaya keistanaan

CERITA WAYANG ORANG 1 2 3 4 5 6 7 8 Klana Topeng Gagah Mengungkapkan tentang Prabu Klana Suryawasesa yang sedang jatuh cinta dengan Dewi Sekartaji. Begitu besar cintanya sehingga selalu berkhayal dan berimajinasi seakan-akan Dewi Sekartaji berada di hadapannya.

CERITA WAYANG ORANG 1 2 3 4 5 6 7 8 Sekar Pudyastuti Merupakan sebuah tari penyambutan sebagai salam penghormatan, salam selamat datang, dan berbagai sapaan kepada para tamu yang datang.

Anoman Duta 1 2 3 4 5 6 7 8 CERITA WAYANG ORANG Sebuah fragmen kecil yang merupakan cuplikan dari cerita Ramayana, tentang Anoman yang diutus oleh Prabu Ramawijaya untuk menemui Dewi Sinta yang diculik oleh Prabu Rahwana dari kerajaan Alengka. Untuk menguji kesetiaan Dewi Sinta kepada Prabu Rama, diberikanlah cincin dari Prabu Rama melalui Anoman untuk Dewi Sinta yang selalu didampingi dengan setia oleh Dewi Trijatha.

Beksan Anoman Yaksadewa CERITA WAYANG ORANG 1 2 3 4 5 6 7 8 Beksan Anoman Yaksadewa Merupakan sebuah petikan daricerita Ramayana, ketika Anoman diutus menemui Dewi Sinta, Anoman berhasil merusak Taman Soka dan memporak-porandakan kerajaan Alengka.

Beksan Pethilan Gathutkaca Suteja CERITA WAYANG ORANG 1 2 3 4 5 6 7 8 Beksan Pethilan Gathutkaca Suteja Merupakan petikan dari cerita Mahabarata dalam lakon Suteja Takon Bapa. Perselisihan diakhiri dengan saling memaafkan dan ternyata keduanya dalam kerabat keluarga Pandawa. Gatutkaca adalah putra Bima dan Suteja adalah putra Kresna.

CERITA WAYANG ORANG 1 2 3 4 5 6 7 8 Sinta Hilang Merupakan fragmen cerita Ramayana, ketika Dewi Sinta diculik dan dibawa lari oleh Rahwana, di tengah perjalanan bertemu dengan Jathayu, tapi meskipun kalah dalam melawan Rahwana, berhasil melaporkan keberadaan Dwi Sinta kepada Prabu Rama sebagai tanda kesetiaan Jathayu kepada Rama

Apresiasi Wayang Orang

Apresiasi Wayang Orang

Referensi Seni Tari Skelas XII IPS/Bhs Nursantara, Yayat. Seni Budaya untuk KMA Kelas X. Penerbit Erlangga. Jakarta: 2007 Nursantara, Yayat. Seni Budaya untuk KMA Kelas XI. Penerbit Erlangga. Jakarta: 2007 Nursantara, Yayat. Seni Budaya untuk KMA Kelas XII. Penerbit Erlangga. Jakarta: 2007 Ali Rif’an, Buku Pintar Wayang. Penerbit Garailmu. Yogyakarta: 2010 Purwadi, Mengenal Gambar Tokoh Wayang Purwa. Penerbit CV. Cendrawasih. Sukoharjo: 2007

Penyusun Nama : MIFTAKODIN Instansi : SMA Negeri 11 Yogyakarta Email : miftakodin@yahoo.com

Anda yakin akan keluar ? YA TIDAK