1
SEGALA SESUATU YANG DULU TIDAK ADA, KEMUDIAN MENJADI ADA, MENJADI ADANYA ITU PASTI ADA YANG MENYEBABKAN SEGALA SESUATU YANG TERIKAT OLEH RUANG DAN WAKTU, MENJADI ADANYA PASTI ADA AWALNYA DAN AKAN ADA AKHIRNYA. SEGALA SESUATU PASTI ADA PENYEBABNYA ATAU ASAL MULANYA.
MENURUT IR. SUKARNO: TANGGAL 19 SEPTEMBER 1951 PADA WAKTU BELIAU MENERIMA ANUGERAH GELAR DR.HC DARI UGM, KARENA DIANGGAP BERHASIL MENCIPTAKAN PANCASILA. TAPI BELIAU MENYATAKAN BAHWA DIRINYA SEKEDAR MENJADI PERUMUS DARI PERASAAN-PERASAAN YANG TELAH LAMA TERKANDUNG DI DALAM KALBU RAKYAT INDONESIA.
KEMUDIAN BELIAU MENYATAKAN LAGI BAHWA DIRINYA SEKEDAR MENJADI PENGUTARA DARI KEINGINAN DAN ISI JIWA BANGSA INDONESIA YANG TELAH ADA SECARA TURUN-TEMURUN.
PADA WAKTU BELIAU MENYAMPAIKAN PIDATO DI SURABAYA, BELIAU MENYATAKAN BAHWA PANCASILA BUKAN CIPTAANNYA. PANCASILA YANG DIKATAKANNYA SEBAGAI LIMA BUTIR MUTIARA YANG CEMERLANG DIGALI DARI BUMI INDONESIA SENDIRI DAN DIPERSEMBAHKAN KEPADA BANGSA INDONESIA UNTUK DIPAKAI SEBAGAI DASAR DARI SUATU WADAH YANG BERISI BERANEKA RAGAM SUKU, ADAT ISTIADAT, KEPERCAYAAN DAN KEBU DAYAAN.
MENURUT ARISTOTELES, BAHWA SEGALA SESUATU YANG DULUNYA TIDAK ADA KEMUDIAN MENJADI ADA, MENJADI ADANYA ITU PASTI DIKARENAKAN OLEH SESUATU YANG LAIN YANG DISEBUT DENGAN SEBAB ATAU ASAL MULA
ADA EMPAT SEBAB, YAITU: SEBAB BAHAN ATAU CAUSA MATERIALIS SEBAB BENTUK ATAU CAUSA FORMALIS SEBAB KARYA ATAU CAUSA EFISIEN SEBAB TUJUAN ATAU CAUSA FINALIS
SEBAB BAHAN ATAU CAUSA MATERIALIS ADALAH HAL-HAL YANG SUDAH ADA PADA BANGSA INDONESIA SENDIRI BERUPA UNGKAPAN / FILSAFAT CERMINAN DARI ADAT ISTIADAT / KEBUDAYAANNYA DAN KEPERCAYAAN AGAMANYA
SEBAB BENTUK ATAU CAUSA FORMALIS ADALAH BENTUK DARI PANCASILA YAITU HIERARCIES PIRAMIDAL. MAKSUDNYA BERTATA URUTAN ATAU BERTATA JENJANG
SEBAB KARYA ATAU CAUSA EFISIEN YAITU KARYA DARI BPUPKI DALAM MENGUSULKAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA DAN KARYA PPKI DALAM MENSAHKAN PEMB. UUD 1945 YANG DI DALAM ALINEA IV TERDAPAT RUMUSAN PANCASILA