Matakuliah : W0502 | SEJARAH SENI RUPA INDONESIA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SISTEM PEMERTINTAHAN INDONESIA PADA MASA ORDE LAMA
Advertisements

Perkembangan Masyarakat Indonesia Pada Masa Orde Baru
Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia
Pengaruh Budaya Islam Pertemuan 9
5 JULI AGENDA-AGENDA MENDASAR PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI DIY WURYADI KETUA DEWAN PENDIDIKAN DIY.
DEMOKRASI TEORI DAN AKSI
Budaya Massa di Indonesia. Telah timbul penentangan terhadap budaya massa populer di Indonesia sejak orde lama. Munculnya pandangan negatif tentang fil-film.
PETA ORIENTASI POLITIK INDONESIA
Seni rupa & desain Indonesia dalam industri kreatif Pertemuan 13
Pengantar Toko Survei Data Literatur Toko Pertemuan 1-3
SOAL ESSAY KELAS XI IPS.
MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH Kelas IX Semester II
DEMOKRASI INDONESIA 0LEH Ir Sutopo MP
Frank Jefkins disempurnakan oleh Daniel Yadin
The Group of Twenty Afrika Selatan Amerika Serikat Arab Saudi
MASA PERGOLAKAN SASTRA INDONESIA TAHUN
PERISTIWA G30S/PKI 1965 GERAKAN SEKELOMPOK MILITER MENCULIK DAN
PERISTIWA PKI MADIUN, 18 September 1948
17 Agustus R. ARYO IMAN B X – B 28.
SEJARAH BAHASA INDONESIA
A. Pengertian Pergerakan Nasional
Matakuliah : W0502 | SEJARAH SENI RUPA INDONESIA
Konsep Dasar Entitas PERTEMUAN: 1 bab 1
Hakikat PKn.
BAGAN PENYERAHAN KEKUASAAN CIVIL AFFAIRS AGREEMENT
SEJARAH PERS INDONESIA Masa Penjajahan Belanda – Orde Lama ( )
SEJARAH PERKEMBANGAN, status, dan fungsi BAHASA INDONESIA
KEPEMIMPINAN STRATEGIS DAN VISIONER
Bung Tomo Tidak banyak orang Indonesia yang mampu menggerakkan massa melalui pidato-pidatonya. Selain Soekarno yang terkenal dengan julukan Penyambung.
Perubahan Sosial dan Teori Pembangunan (Cara Pandang Modernisasi)
PROSES LAHIRNYA SUPERSEMAR
BAB V. PANCASILA DALAM KONTEKS SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA
Wewenang, Kewajiban, dan Hak
BAB I CARA BERPIKIR KRONOLOGIS DAN SINKRONIK DALAM MEMPELAJARI SEJARAH
Arti pentingnya Pers dalam sistem komunikasi
Disajikan oleh Usman Yatim
Pandangan Agama Terhadap Politik
Matakuliah : U0032 | SEJARAH SENI RUPA DAN
Matakuliah : U0032 | SEJARAH SENI RUPA DAN
Gaya Seni Rupa Indonesia Modern Pertemuan 10
Matakuliah : U0032 | SEJARAH SENI RUPA DAN
Matakuliah : W0502 | SEJARAH SENI RUPA INDONESIA Tahun : 2009/2010
Seni rupa Indonesia pada masa pendudukan Jepang Pertemuan 10
PERIODISASI SASTRA MENURUT NURSINAH SUPARDO
Sastra Korea dapat dibagi menjadi :
SENI RUPA INDONESIA MODERN
Sejarah Seni Rupa Indonesia
Konsep dasar Politik dan pemerintahan
Seniman Masa Revolusi Kemerdekaan Pertemuan 8
Seni Lukis Indonesia Modern PraNasionalisme Pertemuan 6
3. Kebijakan Pemerintah dalam bidang keagamaan
Matakuliah : U0032 | SEJARAH SENI RUPA DAN
PERKEMBANGAN PEMERINTAHAN INDONESIA
MASA DEMOKRASI TERPIMPIN 5 Juli
BAB 9 TERBENTUKNYA NEGARA DAN PEMERINTAHAN REPUBLIK INDONESIA
Hartanto, S.IP.,MA Kelas PLNRI-2015
LANDASAN PENDIDIKAN PANCASILA
MULTIPARTAI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETAHANAN NASIONAL
Presented By: Lailatul Hikmah
MASA DEMOKRASI TERPIMPIN 5 Juli
Sejarah Ilmu Pertanian di Cina
Gagasan Nasionalisme dalam Karya Pramoedya Ananta Toer “Tetralogi Buru” A n g i e P e r m a t a S a r i FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS.
Summative Assessment Unit 3
PAHLAWAN INDONESIA OLEH: RAFLI DAN RICHIE.
PAHLAWANKU BY: pasha 5D AKBAR 5D.
Militer dan Budaya Politik Indonesia
RENTETAN PERJALANAN HIDUP SOEKARNO HINGGA MENJADI PRESIDEN RENTETAN PERJALANAN HIDUP SOEKARNO HINGGA MENJADI PRESIDEN.
Di susun oleh: Diding Suhendi NPM:  Isitilah “demokrasi” berasal dari Yunani Kuno yang diutarakan di Athena kuno pada abad ke-5 SM. Negara.
EKONOMI POLITIK ORDE LAMA M. Husni Mubaraq, S.Sos.I, MAP Oleh : 18 Agustus 1945 – 11 Maret 1967.
MAPABA Rayon Sunan Gunung Jati IAIN Surakarta. ORDE LAMA ORDE BARU REFORMASI MILLENIAL/ MODERN SEJARAH PRA KEMERDEKAAN.
Transcript presentasi:

Matakuliah : W0502 | SEJARAH SENI RUPA INDONESIA Tahun : 2009/2010 Seni rupa Indonesia seputar masa revolusi kemerdekaan Indonesia Pertemuan 11

SENI MASA REVOLUSI KEMERDEKAAN Pada awal Kemerdekaan Republik Indonesia, kontribusi para perupa di dalam perjuangan juga dibuktikan pada sejumlah poster yang diproduksi pada masa itu. Kebanyakan merupakan poster-poster politik dan propaganda perjuangan. Salah satu poster yang cukup populer saat itu berbunyi: “Boeng Ayo Boeng”, merupakan karya kolaborasi Affandi dan Chairil Anwar. 3

SENI MASA REVOLUSI KEMERDEKAAN Bila pada masa pendudukan Jepang para seniman dilanda ketakutan untuk mengekspresikan keinginan merdekanya melalui karya seni mereka karena tentara Jepang sewaktu-waktu akan menciduk mereka, maka di masa ini mereka lebih bebas berekspresi. Henk Ngantung | Mengungsi 4

SENI MASA REVOLUSI KEMERDEKAAN Pada masa Revolusi fisik memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan antara 1945-1950 seniman-seniman terkemuka dari Jakarta dan Bandung banyak pindah ke Yogyakarta. Pada masa ini walaupun mengalami gejolak sosial dan politik, seniman modern Indonesia mulai menemukan identitas profesinya. Organisasi dan sanggar seni budaya bermunculan di berbagai wilayah di Jawa, seperti: Yogya, Surakarta, Bandung, Jakarta, serta di Sumatera, seperti di Medan dan Bukittinggi. Hendra Gunawan |Menjaga Kehendak Rakyat|1948 5

SENI MASA REVOLUSI KEMERDEKAAN Situasi politik selama memperjuangkan kemerdekaan dan kedekatan dengan para pemimpin perjuangan memaksa kebanyakan seniman untuk menyatu dalam cita-cita kemerdekaan. Hal ini tercermin dari tujuan organisasi maupun sanggar seni yang muncul serta dari karya mereka. Diskusi dan perbincangan mengenai seni tidak lepas dari usaha perjuangan kemerdekaan. Tema kehidupan perjuangan dan keinginan mendokumentasikannya melalui karya seni banyak ditemukan pada masa ini. Hendra Gunawan |Pengantin Revolusi|1955 6

SENI MASA REVOLUSI KEMERDEKAAN Beberapa organisasi seni yang muncul antara lain: TAHUN KELOMPOK TEMPAT TOKOH ASPIRASI & AKTIVITAS 1945 Pelukis Front Bandung Sudjono Kerton, Affandi, Hendra Gunawan Menggambarkan situasi perang kemerdekaan 1946-1950 Gelanggang Jakarta Mochtar Apin , Henk Ngantung , Chairil Anwar , Asrul Sani (disebut juga Generasi ’45) Menemukan identitas budaya Indonesia. Memasyarakatkan perkembangan terkini, terutama di kalangan penyair, penulis dan seniman Mengeluarkan Manifesto Surat Kepercayaan Gelanggang yang intinya berisi ’Kita mewarisi budaya dunia, dan kita akan membangun warisan ini dengan cara kita sendiri’. 7

SENI MASA REVOLUSI KEMERDEKAAN TAHUN KELOMPOK TEMPAT TOKOH ASPIRASI & AKTIVITAS 1946 Seniman Indonesia Muda (SIM) Yogya Hendra Gunawan Zaini, Srihadi, Oesman Effendi, Surono Membuat poster nasionalis anti Belanda 1947-1950 Pelukis Rakjat Affandi, Kusnadi, Sudarso, Trubus, Sasongko Menstimulasi moral masyarakat selama perjuangan melawan Belanda. Membuat poster dan lukisan yang mendokumentasikan peristiwa revolusi kemerdekaan. Merupakan sempalan SIM dan menjadi cikal bakal LEKRA 1948 Gabungan Pelukis Indonesia Jakarta Affandi, Zaini, Oesman Effendi Seni seharusnya dipisahkan dari politik. 8

SENI MASA REVOLUSI KEMERDEKAAN Otto Djaja |Pagelaran Wayang Kulit Affandi |Laskar Mengatur Siasat 9

SENI MASA REVOLUSI KEMERDEKAAN S. Sudjojono|Gerilya Hendra Gunawan |Gerilyawan berbelanja 10

PERKEMBANGAN SENI PASCA KEMERDEKAAN Setelah perjuangan kemerdekaan tercapai dan revolusi fisik yang menyertainya telah terlampaui. Kondisi sosial politik rakyat Indonesia kembali bergejolak terutama untuk mencari stabilitas dan untuk memenuhi segala kebutuhan yang porak-poranda akibat revolusi. Pemerintahan masih mengalami perubahan-perubahan, dan rakyat kadang terabaikan. Berdasarkan kebijakan politik saat itu muncullah banyak partai. Salah satunya adalah Partai Komunis Indonesia, dengan Joebaar Ajoeb sebagai Sekretaris Umum nya. Djoko Pekik 11

PERKEMBANGAN SENI PASCA KEMERDEKAAN Sebagai salah satu partai politik yang cukup kuat pada masa itu, PKI memiliki beberapa organisasi yang berafiliasi di bawahnya. Untuk bidang kebudayaan berdirilah Lembaga Kebudayaan Rakyat (Lekra) pada 17 Agustur 1950. Lekra berkembang sangat pesat dan menjadi organisasi yang populer di antara organisasi-organisasi budaya lain yang berafiliasi pada organisasi politik pada masa itu, seperti : Lembaga Kebudayaan Nasional (afiliasi Partai Nasional Indonesia) Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (afiliasi Partai Nadhatul Ulama) Lembaga Kebudayaan Kristen Indonesia (afiliasi Partai Kristen Indonesia) Henk Ngantung | Dua Gadis bercaping |1975 12

PERKEMBANGAN SENI PASCA KEMERDEKAAN Prinsip Lekra : Seni berpusat pada politik Seni harus merefleksikan image yang realistis dari rakyat jelata dan harus dapat dengan mudah dipahami masyarakat. Seni untuk rakyat (seni yang berpusat pada masyarakat). Konsep ini didasari oleh pemikiran sosial-realisme. Konsep di atas menjadikan seni sebagai alat kampanye politik, dan menghambat perkembangan konsep seni lain di Indonesia. Konsep seperti ini mendapat pengaruh dari ajaran Marxist dan Mao Tse Tung. Hendra Gunawan| Cicak Kering|1977 13

PERKEMBANGAN SENI PASCA KEMERDEKAAN Beberapa seniman terkenal yang menjadi anggota Lekra antara lain : Pramoedya Ananta Toer, Joebaar Ajoeb, Basuki Resbowo, Bakri Siregar, Boejoeng Saleh, Djoko Pekik, Hendra Gunawan, Amrus Natalsya, Henk Ngantung, dll. Djoko Pekik 14

PERKEMBANGAN SENI PASCA KEMERDEKAAN Meskipun Lekra merupakan organisasi yang dominan, tidak semua seniman menyetujui untuk bergabung dengan Lekra. Meskipun demikian, orientasi mereka untuk dekat dengan rakyat kecil dapat diterima oleh beberapa seniman, seperti : Affandi, S. Soedjojono, etc. Beberapa sanggar non Lekra : Sanggar Bambu (Yogyakarta) Sanggar Angin (Surabaya) Organisasi Seniman Indonesia (Jakarta), etc. Djoko Pekik| Penjaga Malam|1988 15

PERKEMBANGAN SENI PASCA KEMERDEKAAN Manifesto Kebudayaan (1963) Situasi politik menjadi semakin bergejolak dan tidak terkendali. Seniman-seniman independen mulai memprotes Lekra dengan mengeluarkan Manifesto Kebudayaan. Isinya antara lain : “Bagi kami, kebudayaan berarti suatu perjuangan untuk kesempurnaan kehidupan manusia. …. Semua sektor kebudayaan harus berjuang bersama untuk ‘kebudayaan yang ideal’ dengan segala sifatnya masing-masing”. Karikatur ‘Harian Rakyat’ 18 Juli 1965 menyindir penumpasan Menikebu yang dianggap kebarat-baratan oleh Komdak 7 Jaya 16

PERKEMBANGAN SENI PASCA KEMERDEKAAN Gerakan tersebut dikecam oleh Presiden Soekarno, yang menyatakan bahwa Manifesto Kebudayaan akan melemahkan revolusi Indonesia. Soekarno yang mengasumsikan bahwa gerakan ini pro-Barat, juga mengecam semua kebudayaan Barat seperti musik dan tarian. Saat itu banyak seniman merasa terisolasi dan terancam. Hendra Gunawan |Tiga Pelacur | 1978 17

PERKEMBANGAN SENI PASCA KEMERDEKAAN Pada 30 September 1965 terjadi kudeta gagal yang dilakukan PKI terhadap pemerintahan Republik Indonesia. Sebagai akibatnya, PKI dan semua organisasi yang berafiliasi kepada PKI dibredel dan anggota-anggotanya di tangkap, termasuk Lekra. Mengingat saat itu banyak seniman terlibat aktivitas politik, maka banyak juga yang terseret pada persoalan politik yang bergejolak. Walaupun mungkin banyak yang sebenarnya tidak menyadari pemikiran politik organisasinya dan hanya ikut-ikutan saja. Djoko Pekik | Keluarga Saya 18

PERKEMBANGAN SENI PASCA KEMERDEKAAN Jabatan Soekarno sebagai Presiden digantikan oleh Soeharto, yang memulai Orde Baru.   Setelah situasi politik stabil, kemerdekaan dan kreativitas dapat berkembang lebih pesat lagi di Indonesia. Hendra Gunawan |Keluarga Pemusik | 1971 19

PERKEMBANGAN SENI PASCA KEMERDEKAAN Jabatan Soekarno sebagai Presiden digantikan oleh Soeharto, yang memulai Orde Baru.   Setelah situasi politik stabil, kemerdekaan dan kreativitas dapat berkembang lebih pesat lagi di Indonesia. Hendra Gunawan |Wanita Bersantai 20

DAFTAR PUSTAKA Soekmono, R. (1981). Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 1, 2 dan 3. Kanisius. Yogyakarta. Miksic, John (ed) (1998). Indonesian Heritage vol. 1 - Ancient History. Didier Millet. Singapore Reid, Anthony (ed) (1998). Indonesian Heritage vol. 3 - Early Modern History. Didier Millet. Singapore Tjahjono, G. (ed) (1998). Indonesian Heritage vol. 6 - Architecture. Didier Millet. Singapore Soemantri, H. (ed) (1998). Indonesian Heritage vol. 7 - Visual Art. Didier Millet. Singapore. Fox, James (ed) (1998). Indonesian Heritage vol. 9 – Religion and Ritual. Didier Millet. Singapore McGlynn, J.H. (ed)(1998). Indonesian Heritage vol. 10 - Language and literature. Didier Millet, Singapore Katalog Pameran ‘Beyond Faces: Seratus Topeng Indonesia Raya’