Editor Kursor Mouse
PENDAHULUAN Pada pertemuan sebelumnya sudah dijelaskan bahwa dalam interupsi yang digunakan untuk mengoperasikan mouse, yakni parameter M1, terdapat 1 layanan yang dapat digunakan untuk mengubah bentuk kursor mouse Kursor mouse standar pada mode grafik adalah berbentuk anak panah yang mengarah ke pojok kiri atas
PENDAHULUAN (Lanjutan…) Kursor mouse standar pada mode grafik adalah berbentuk anak panah makin lama akan terlihat membosankan Sehingga banyak disajikan cara membuat dan mengubah bentuk kursor mouse
Spesifikasi Editor Sebelum merancang editor kursor mouse, terlebih dahulu harus melihat pada spesifikasi program yang akan dibuat Adapun spesifikasi program editor yang akan dibuat dan disajikan, biasanya adalah : Dapat digunakan untuk menghidupkanmatikan piksel pada kursor mause secara interaktif Dapat digunakan untuk mengubah posisi hotspot secara interaktif
Spesifikasi Editor (Lanjutan…) Mempunyai kemampuan untuk langsung menguji coba bentuk kursor mouse yang dirancang, sehingga pengguna dapat langsung melihat hasil rancangan kursor mousenya Mempunyai kemampuan untuk mengembalikan bentuk kursor mouse yang dipakai ke bentuk kursor standar yang berupa anak panah yang mengarah ke kiri atas
Spesifikasi Editor (Lanjutan…) Sebelum menyusun program yang sesuai dengan spesifikasi di atas, terlebih dahulu perlu diperhatikan kembali struktur data yang digunakan untuk menyimpan data kursor mouse, yaitu: Dalam struktur data tersebut, TopengKursor dan TopengLayar sebenarnya berupa suatu citra yang perukuran 16 piksel x 16 piksel
Spesifikasi Editor (Lanjutan…) Berdasarkan struktur data tersebut , maka dibutuhkan 2 buah editor Editor pertama: digunakan sebagai editor topeng kursor (yang akan disimpan sebagai nilai dari medan TopengKursor) Editor kedua: digunakan sebagai editor topeng layar (yang akan disimpan sebagai nilai dari medan TopengLayar) Dapat disimpulkan: editor kursor mouse mempunyai 2 buah editor topeng, yaitu editor topeng kursor & editor toprng layar
Editor Topeng Editor kursor mouse memerlukan 2 editor topeng yang terpisah, karena setiap topeng yakni topeng kursor dan topeng layar, merupakan citra berukuran 16 piksel x 16 piksel Maka editor topengnya pun juga harus berbentuk kisi-kisi yang berukuran 16 kotak x 16 kotak (setiap kotak mewakili 1 piksel)
Editor Topeng (Lanjutan..) Dengan demikian setiap editor topeng memerlukan struktur data sebagai berikut: Medan Status pada tipe data AtrTombol digunakan untuk menyatakan status piksel pada suatu topeng Jika nilai Status adalah true, maka bit piksel bernilai 1, dan jika Status bernilai false, maka bit piksel bernilai 0
Penentuan Nilai Citra Kursor Struktur data topeng mendefinisikan format penyimpanan data yang digunakan untuk menyimpan nilai bit piksel yang dinyatakan dalam betuk nilai true atau false Contoh: Konfigurasi piksel pada kursor mouse adalah $DE5C untuk baris pertama dan $77C6 untuk baris kedua
Apabila nilai heksadesimal di atas dikonversi menjadi bilangan biner, maka: DE5C16 = 1101 1110 0101 11002 = 5692410, dan 77C616 = 0111 0111 1100 01102 = 3066210 Contoh konfigurasi piksel yang sama, jika diungkapkan dalam struktur data yang disajikan akan membentuk konfigurasi: Baris pertama: TTFT TTTF FTFT TTFF Baris kedua: FTTT FTTT TTFF FTTF Contoh Konfigurasi piksel pada kursor mouse