Materi 13 Pengenalan Perancangan Berorientasi Obyek Disusun Oleh : Yulyani Arifin,S.Kom, MMSI.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Advertisements

Pemrograman Berorientasi Objek Chapter 03 Meizano Ardhi M., S.T.
21-Aug-14 OO Concept E. Haodudin Nurkifli Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Kuliah 3 : Administrative dan Introduction 8 Oktober 2010.
Pemrograman Berorientasi Objek
Object and All Things Related to It Viska Mutiawani, M.Sc.
PBO - PERTEMUAN 1- CLASS.
Pengujian Berorientasi Obyek
By : Rizky Yuniar Hakun. Konsep Pemrograman Berorientasi Object.
Object Oriented Programming
OBJECT ORIENTED PROGRAMMING in JAVA
BAB III – CLASS (1) DIKTAT PBO Oleh: Adam Mukharil B. S.Kom.
Pengantar Berorientasi Obyek
Pemrograman Lanjut Ratnokustiawan.wordpress.com.
di OBJECT ORIENTED PROGRAMMING [OOP] Oleh H. SUMIJAN, Ir, M.Sc
7 Rekayasa Sistem Konsep Utama OOP Dedy Alamsyah, S.Kom.
Konsep Pemrograman Berorientasi Objek
Materi 7 ARRAY Processing
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
BAB 1 KONSEP OOP.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2C MATERI MINGGU KE-2 Pengenalan Teknik-teknik Bahasa Pemrograman Henny Medyawati.
Object Oriented Struktur Data.
Langkah Awal Modularisasi
REPETITION CONTROL STRUCTURES
OOP pada pemrograman Web
Review Modularisasi, Algoritma Bisnis, dan Object Oriented
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
1 Pertemuan 3 Unified Modeling language (UML) Matakuliah: T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming Tahun: 2005 Versi: 5.
Pengantar Perancangan Berorintasi Objek
Materi 1 Perancangan Program
Rekayasa Perangkat Lunak Konsep Orientasi Objek
Perancangan dan Pemrograman Web
Materi 1: Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Kelas dan Objek
Pengujian Berorientasi Obyek
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Intro to OOP Yesi Novia, S.Kom.
BAB 1 KONSEP OOP.
Testing dan Implementasi
Enkapsulasi, Accessor Method, Mutator Method
Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek
Metode Perancangan Program
Pemrograman Berorientasi Objek
KELAS & OBJEK SUSSI.
Membuat Kelas.
PBO - PERTEMUAN 1- CLASS.
Konsep Object Oriented
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
Pengenalan Perancangan
Praktikum 02 konstruksi class
Bina Sarana Informatika
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJECT 4 SKS 2 TEORI DAN 2 PRAKTEK
Pemrograman Berorientasi Objek
Object Oriented Programming
Pemrograman Berorientasi Objek
Algoritma dan Struktur Data
Algoritma Pemrograman 3
ISTILAH-ISTILAH PENTING PEMROGRAMAN BERBASIS OBYEK
Pengujian Berorientasi Obyek
Pemrograman Berorientasi Objek
Pengujian Berorientasi Obyek
ANALISA BERORIENTASI OBJEK
ANALISA BERORIENTASI OBJEK
- PERTEMUAN 1- CLASS Mustazzihim Suhaidi,M.Kom
(OBJECT ORIENTED PROGRAMMING) Pem rograman berorientasi objek
Perkembangan Teknik Pemrograman
Encapsulation / Visibility, Getter Setter, Pewarisan, Overloading dan Overriding PBO.
Pengujian Berorientasi Obyek
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Transcript presentasi:

Materi 13 Pengenalan Perancangan Berorientasi Obyek Disusun Oleh : Yulyani Arifin,S.Kom, MMSI

Agenda Pendahuluan Metode Akses Public dan Private Langkah-langkah membuat solusi dengan pendekatan berorientasi obyek Latihan

Mahasiswa mampu mengenali konsep berorientasi obyek. Mahasiswa mampu menentukan obyek, class, atribut dan operasinya. Mahasiswa mampu menyelesaikan masalah dengan pendekatan berorientasi obyek. Kemampuan Akhir yang Diharapkan

MATERI BELAJAR Pendahuluan Program berorientasi obyek adalah : sekumpulan obyek yang saling berinteraksi, masing masing bertanggung jawab atas kegiatan dan data sendiri. Ada dua pertimbangan dalam menyelesaikan masalah dengan pendekatan berorientasi obyek : 1.Analisa obyek dalam program dan tugas obyek. 2.Mengirimkan pesan pada obyek untuk menentukan aksi yang dilakukan.

MATERI BELAJAR Pendahuluan Object : terdiri dari karakteristik dan tugas yang dilakukan. Contoh : Mobil Karakteristik : - Roda - pintu - stir - jok Tugas : - Rem - Jalan - Belok

MATERI BELAJAR Pendahuluan Obyek : Mobil HummerObyek : Mobil Sedan Obyek : Mobil Balap Properties yang sama : -Punya roda -Punya pintu -Punya stir -Punya tempat duduk Class : Mobil Class : Sekumpulan obyek yang berbagi karakteristik yang sama

MATERI BELAJAR Pendahuluan Hubungan antara Obyek & Class a.Obyek sebuah kontainer yang terdiri dari sekumpulan karakteristik dan operasi yang dilakukan. Properti Obyek : - unik - data berupa atribut - operasi atau method - instance atau contoh dari class

MATERI BELAJAR Pendahuluan Contoh : Mobil -Properti : pintu, warna, jok, -Method : rem, jalan, berbalik -Instance : mobil balap b. Class : kategori dari sebuah obyek - karakteristik atau atribute dasar - method dasar yang dilakukan - properti dari class : - nama unik - data berupa atribut - method

MATERI BELAJAR Pendahuluan c. Atribute : sekumpulan properti atau karakteristik yang mengambarkan sebagian obyek. Obyek dari class yang sama mempunyai atribute yang sama tetapi atribut dari satu obyek mungkin terdiri dari nilai data yang berbeda. contoh : Mobil balap dan sedan atribute sama yaitu pintu mobil nilai beda yaitu : pintu mobil balap :2 pintu mobil sedan : 4

MATERI BELAJAR Pendahuluan d. Methods - obyek dapat menerima pesan dari obyek lain, meminta obyek lain melakukan service atau operasi. Sekumpulan operasi disebut method. e. Inheritance Pemograman berbasis obyek mengunakan konsep Inheritance yang mengizinkan obyek baru mewarisi atribut dari obyek yang sudah ada. Contoh : - anak mewarisi atribute dari ayah dan ibu.

MATERI BELAJAR Pendahuluan f. Class Diagram - Diagram untuk mengambarkan atribut dan method yang dimiliki class. - terdiri dari 3 bagian yaitu : 1. nama class 2. atribute 3. method

MATERI BELAJAR Pendahuluan Contoh : Car make Model Doors Bodylength Enginesize Colour Speed Acelerate() Stop () Brake() Turn(directionn) RVJ635 : Car make = “ford” Model = “Falcon” Doors = 4 Bodylength = 300 Engizesize = 6 Colour = “blue” Speed = 0 Accelerate() Stop () Brake() Turn(direction) SVU478 : Car make = “toyota” Model = “Corolla” Doors = 5 Bodylength = 200 Engizesize = 4 Colour = “red” Speed = 60 Accelerate() Stop () Brake() Turn(direction)

MATERI BELAJAR Pendahuluan g. Encapsulation & Information hiding Encapsulation : - mengabungkan semua dalam sebuah unit seperti capsul - sebagai contoh : pada saat menjalankan method turn (), kita tidak perlu tahu proses apa di dalamnya, yang kita tahu hanya mobil berputar. Information hiding : - seperti black box, dimana proses di dalam tidak diketahui dari obyek lain. - tujuan : agar obyek lebih solid dan independen.

MATERI BELAJAR Metode Akses Public dan Private Properties dan method dari sebuah obyek dapat memiliki akses public atau private. Akses private : Atribut dan method sebuah obyek tidak terlihat oleh obyek lain. Biasanya atribut sebuah obyek mempunyai akses private. Akses public : Atribut dan method sebuah obyek dapat digunakan oleh obyek lain.

MATERI BELAJAR Metode Akses Public dan Private Bank account - accountbalance +displaybalance () +deposit() +withdraw() - calculateinterest() -verifysufficientunds ()

MATERI BELAJAR Langkah-langkah Membuat Solusi Berorientasi Obyek Ada tiga tahap dalam membuat solusi berorientasi obyek : 1.Identifikasi obyek dan atribut, responsibiliti, dan operasi 2. Desain algoritma untuk operasi atau method 3. Kembangkan test untuk algoritma ClassAtributtesResponsibilitiesOperations Class nameAttribute 1Operation1() Attribute 2Operation2() Tabel Class

MATERI BELAJAR Latihan Process Exam Score Design a class that will receive four scores from a mathematic test, calculate the total and average scores and display the total and average scores to the screen. ClassAtributtesResponsibilitiesOperations MathsTestScore1Receive 4 scores+setscores() Score2Calculate total score+displayscores() Score3Calculate average score-calculateTotalscore() Score4Display final score- calculateaveragescore ()

MATERI BELAJAR Q & A