I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kategori Desain Grafis
Advertisements

animasi dan multimedia
Bab 6 Multimedia.
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
MULTIMEDIA ISLAMI Mista Hadi Permana DEFINISI MULTIMEDIA DDalam dunia elektronika, multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996).
P ENGANTAR M ULTIMEDIA ASEP DEDEN RAHMAT S., ST..
TEKNIK MULTIMEDIA.
TEKNOLOGI MULTIMEDIA.
Animasi.
1 Pertemuan 12 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY. 2 Multimedia Kebutuhan Perangkat Keras Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling.
MULTIMEDIA.
TEKNOLOGI MULTIMEDIA.
MULTIMEDIA.
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
Memahami etimologi multimedia
MULTIMEDIA Kelompok 3 Fika Novika ( ) Ikka Rihhadatul Aisy( ) Ratna Yunita( ) Rina Rohmawati ( )
Sistem Multimedia.
Pemrograman multimedia
Pertemuan 1 Pengenalan Multimedia
MULTIMEDIA MENCIPTAKAN INFORMASI INTERAKTIF
MULTIMEDIA PEMBUATAN APLIKASI TATA CARA SHOLAT BERBASIS
Pengantar Multimedia Nurochman.
PI. Manajemen Informatika, Direktorat Program Diploma Tiga Manajemen Cara belajar Modifikasi Motor Matic Lowrider for further detail, please visit
Produksi Multimedia (KMN 504)
Pemrograman Multimedia
Storyboard.
Mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital
Sistem Operasi - Multimedia
Pertemuan I Multimedia (Teori)
Produksi Konten Multimedia
Memahami etimologi multimedia
Fakultas Teknologi Industri JurusanTeknik Informatika
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
M2. Produksi konten Multimedia 1
Storyboard Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
Dosen : Bella Hardiyana S. Kom
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
Pendahuluan Multimedia
OBYEK-OBYEK MULTIMEDIA (Lanjutan)
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK UKM BERBASIS MULTIMEDIA
PEMANFAATAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Pengenalan multimedia
Komputer Sebagai Alat Pemecahan Masalah
KOMPUTER ANIMASI & PRODUKSI MULTIMEDIA
Multimedia dan Pemanfaatannya dalam proses pendidikan
Sri Anardani, S.Kom STT Dharma Iswara
Pentingnya Pengembangan Media Kesehatan
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
Memahami etimologi multimedia
PEMBUATAN CD INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA Nuryadin
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
Animasi dan Suara Pertemuan 02
Memahami Etimologi Multimedia
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
desain multimedia dasar
PENGEMBANGAN MEDIA ICT
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
MEDIA PENDIDIKAN KESEHATAN
Pengantar Multimedia Tujuan Khusus Pelatihan :
This presentation uses a free template provided by FPPT.com ETIMOLOGI MULTIMEDIA Oleh : Putrie Fortuna RGP.
Teknik Aplikasi Multimedia Marcello Singadji, S.Kom, M.T
Pemrograman Multimedia
Kumpulan Materi Kuliah
Pemrograman Multimedia Dede heru. s.kom. OVERVIEW Position : Contact Address: Phone: - Handphone : dedeheru Homepage:
TEKNOLOGI MULTIMEDIA. SEJARAH MULTIMEDIA Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium.
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Transcript presentasi:

I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.

PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukkan Multimedia mencakup: Monitor Video, Synthesized Band dan Karya seni manusia  Sistem Multimedia dimulai pada akhir 1980-an, dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple tahun 1987 dan Pengumuman IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak Audio Visual Connection (AVC) dan Video Adapter Card badi PS/2.  Sejak permulaan tersebut, hampir setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke Multimedia

DIFINISI MULTIMEDIA  Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)  Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 3l3m3n, yaitu: Suara, Gambar dan Teks( MCCromick, 1996).  Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data, media ini dapt audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk., 2002)  Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)

MENGAPA MULTIMEDIA PENTING?  Karena digunakan sebagai salah satu alat untuk bersaing bagi peruhaaan.  Pada Abad ke-21 ini multimedia segera menjadi ketrampilan dasar yang sama pentingnya dengan ketrampilan membaca.  Multimedia memiliki kelebihan dapat menarik indera dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan.  Multimedia akan membantu meratakan zaman informasi kejutaan orang yang belum memakai komputer.

KARIR DALAM BIDANG MULTIMEDIA  Bidang pemasaran  Animasi  Perekaman CD/DVD  Perencanaan Kunstruksi Multimedia  Disain Isi Multimedia  Front Ending  Disain game, grafik, instruksional, interface, kios, presentasi  DisPelayanan Online  Scientifik Modeling  Penulis Naskah, Storyboard, simulasi, sound track  Produksi Video

MULTIMEDIA PC  Merupakan standar sistem komputer yang menyediakan fasilitas multimedia.  Sistem komputer ini harus mamu mengontrol pemakaian dari beberapa media sehingga memenuhi kriteria penyajian tampilan gambar dan suara yang cukup memadai.  Multimedia PC terdiri dari sebuah komputer yang memiliki CD-ROM Drive atau DVD Drive, dan menjalankan 8 bit dan 16 bit waveform audio recording dan play back, sistesis suara MIDI, MPEG movie watching, dengan prosessor berkecapat cukup dan RAM cukup besar agar dapat memainkan dan berinteraksi dengan media ini secara real time serta harddiak cukup besar

Obyek Teks  Merupakan bentuk multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan.  Paling dekat dengan kita dan paling banyak dilihat  Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa kita  Kebutuhan teks bergantung pada kegunaan aplikasi multimedia, misalnya: Game membutuhkan teks lebih sedikit dibandingkan dengan Ensiklopedi

Enam (6) Jenis Obyek Multimedia 1. Teks 2. Grafis 3. Bunyi 4. Video 5. Animasi 6. Software

ANIMASI  Merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar  Macam-Macam Animasi Animasi Sel: merupakan material yang digunakan untuk membuat Film gambar bergerak pada saat awal. (Sekarang material fil dibuat dari asetat bukan celluloid) Animasi Frame: Bentuk animasi yang paling sederhana dengan menampilkan gambar yang berbeda-beda dalam waktu yang cepat sehingga kelihatan bergerak, contohnya untuk film: 24 frame per dertik Animasi Sprite:serupa dengan teknik animasi tradisional yaitu: obyek yang diletakkan dan dianimasikan pada bagian puncak grafik dengan latar belakang diam

Macam-Macam Animasi(lanjutan)  Aanimasi Lintasan (Path Animation): adalah animasi yang bergerak sepanjang garis Kurva yang anda tentukan sebagai lintasan.  Animasi Spline: adalah representasi matematis dari Kurva, bila obyek bergerak biasanya tidak mengikuti garis lurus, misalnya berbentuk Kurva.  Aniamasi Vector: Serupa dengan animasi sprite tetapi menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite  Animasi Karakter: merupakan sebuah cabang khusus animasi seperti dalam film kartun dimana gerakannya serempak misalnya kaki mulut dan mata bergerak dalam waktu bersamaan  Computation Animation:Menggerakkan Obyek di layar dengan memvariasikan koordinat x dan y-nya  Morphing: Animasi yang mengubah bentuk dari bentuk satu ke bentuk lainnya. Contoh Iklan Simba mengubah Singa menjadi Obyek Tape`

Sofware Multimedia  Ada banyak aplikasi yang dibuat khusus untuk pengolahan dan memproduksi obyek multimedia  Software ini dapat temukan di Internet misalnya di website: