Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OBYEK-OBYEK MULTIMEDIA (Lanjutan)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OBYEK-OBYEK MULTIMEDIA (Lanjutan)"— Transcript presentasi:

1 OBYEK-OBYEK MULTIMEDIA (Lanjutan)
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.

2 Video Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi aplikasi multimedia. Ada 4 macam Video yang dapat digunakan sebagai Obyek link dalam aplikawsi multimedia: Live Video Feeds Videotape Videodisc Digital Video

3 Live Video Feed Menyediakan Obyek-Obyek Link Multimedia yang menarik dan realtime. Saluran Televisi atau Live Camera feed menjadi Obyek sebuah Link Jika kita mengajarkan sebuah subyek yang memerlukan materi dari Event yang tengah berlangsung, maka software multimedia dapat membantu kita dengan klik ke CNN, saluran berita 24 jam meringkas berita 24 jam setiap 30 menit. Webcam memungkinkan kita melihat Video Feed dari Seluruh Dunia

4 Videotape Ada beberapa Format dari Viedotape: VHS, 88 mm, Hi 8 mm, VHS-C, Super VHS dan Betacam. VHS merupakan format yang paling banyak di pasaran. Betacam merupakan format untuk broadcast, yang mempunyai kualitas tertinggi dari Videotape Keterbatasan Videotape: Bersifat Linier: Informasi tersimpan dalam gulungan untuk mentgakses kita harus menunggu Kebanyakan Videotape Player tidak dikontrol lewat komputer

5 Video Disc Ada 2 format videodisc yang paling banyak diproduksi yaitu:
CAV : menyimpan hingga stillframe atau setara dengan 50 stillframe atau setara dengan 30 m3nit motion video dengan stereo soundtrack CLV: dapat menyimpan hingga 1 jam video pada setiap sisi disc, yang berarti dua kali kemampuan CAV Karena Videodisk meiliki random access sangat cepat dan hanya menempati sedikit saja sumberdaya komputer multimedia, maka di abad duapuluh video disk menjadi salahsatu sarana terpopuler untuk menyediakan berbagai aplikasi multimedia.

6 Digital Video Merupakan medium penyimpan video yang paling menjanjikan. Pasar konsumen terbesar Digital Video mempunyai 2 format yaitu : MiniDV dab Digital8 MiniDV sering disebut DV video format digital yang paling populer di pasar saat ini. Ukuran pitanya kecil, hanya sekitar 2,5 inchi menyimpan 60 menit standar play (SP) dan 90 menit long play (LP) Digital8 menggunakan DV Codec sama mini DV ataupun DV Cam, hanya saja berbeda dalam ukuran pitanya. Camcorder Digital8 dapat merekam pada pita 8mm dan Hi-8mm dengan kualitasnya sama dengan miniDV

7 DVD & Hypervideo DVD (Digital Versatile Disc/Digital Video Disc): Menggunakan MPEG-2 untuk memadatkan sebuah film panjang menjadi cakram 4,7 inchi berdiameter 12 cm). Film akan tampak sangat bagus dengan suround sound dan full color Hypervideo: melakukan timing munculnya obyek-obyek multimedia untuk mensinskronkan dengan video. Standar Video ada beberapa standar yang dipakai sekarang: NTSC (National Television Standar Committee) dikembangkan tahun 1950 yang mendifinisikan standar video sampai 525 gambar garis horisontal setiap 1/30 detik. PAL (Phase Alternate Line): standar yang digunakan negara eropa dan negara lainnya, merupakan metode terintegrasi penambahan warna sinyal televisi hitam putih yang mengandung 625 garis pada sebuah frame rate (25 Frame Per Second) masing-masing membutuhkan 1/50 detik untuk menggambar 50 HZ

8 Standar Video Standar Video ada beberapa standar yang dipakai sekarang: NTSC (National Television Standar Committee) dikembangkan tahun 1950 yang mendifinisikan standar video sampai 525 gambar garis horisontal setiap 1/30 detik. PAL (Phase Alternate Line): standar yang digunakan negara eropa dan negara lainnya, merupakan metode terintegrasi penambahan warna sinyal televisi hitam putih yang mengandung 625 garis pada sebuah frame rate (25 Frame Per Second) masing-masing membutuhkan 1/50 detik untuk menggambar 50 HZ SECAM (Sequential Colour And Memory System) merupakan standar yang digunakan di Perancis HDTV(High Definition TV): merupakan standar baru dalam teknologi televisi menyediakan kualitas layar lebar serupa film 3,5 mm dengan kualitas suara sekualaitas CD.

9 Format File Video Quick Time (MOV) : merupakan sebuah sistem multimedia tambahan komputer Macintosh dan Windows yang menediakan lintas platform, sinkronisasi waktu video digital, audio digital dan lingkungan 3D Virtual Reality. MPEG(Motion Picture Experts Group): skema kompresi dan spesifikasi format video digital yang dikembangkan oleh group ini. Mendukung Web AVI(Audio Video Interleave): format video dan animasi yang digunakan untuk windows berekstensi .avi Real Video: dikembangkan oleh Real Media (format .rm atau .ram Shockwave (Flash): dikembangkan oleh Macromedia, membutuhkan sebuah komponen tambahan untuk memainkannya yaitu Flash Player (ekstensi .swf)

10 Digitalisasi Video dan Kompresi Video
Digitaalisasi: Proses pengubahan video menjadi format digital, misalnya transfer dari kaset handycam ke file komputer Kompresi Video: Untuk membuat ukuran file video menjadi lebih kecil dengan menggunakan CODEC CODEC merupakan perangkat lunak kecil yang ada dalam perangkat lunak sistem yang dapat melakukan kompresi dan dekompresi dengan cara berbeda-beda pada tipe-tipe media digital Dekompresi CODEC untuk versi Macintosh dan Window dari Quick Time: Animation Cineplak Graphic None Photo-JPEG Video Photo CD Intel Indeo MPEG

11 ANIMASI Merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar Macam-Macam Animasi Animasi Sel: merupakan material yang digunakan untuk membuat Film gambar bergerak pada saat awal. (Sekarang material fil dibuat dari asetat bukan celluloid) Animasi Frame: Bentuk animasi yang paling sederhana dengan menampilkan gambar yang berbeda-beda dalam waktu yang cepat sehingga kelihatan bergerak, contohnya untuk film: 24 frame per dertik Animasi Sprite:serupa dengan teknik animasi tradisional yaitu: obyek yang diletakkan dan dianimasikan pada bagian puncak grafik dengan latar belakang diam

12 Macam-Macam Animasi(lanjutan)
Aanimasi Lintasan (Path Animation): adalah animasi yang bergerak sepanjang garis Kurva yang anda tentukan sebagai lintasan. Animasi Spline: adalah representasi matematis dari Kurva, bila obyek bergerak biasanya tidak mengikuti garis lurus, misalnya berbentuk Kurva. Aniamasi Vector: Serupa dengan animasi sprite tetapi menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite Animasi Karakter: merupakan sebuah cabang khusus animasi seperti dalam film kartun dimana gerakannya serempak misalnya kaki mulut dan mata bergerak dalam waktu bersamaan Computation Animation:Menggerakkan Obyek di layar dengan memvariasikan koordinat x dan y-nya Morphing: Animasi yang mengubah bentuk dari bentuk satu ke bentuk lainnya. Contoh Iklan Simba mengubah Singa menjadi Obyek Tape`

13 Sofware Multimedia Ada banyak aplikasi yang dibuat khusus untuk pengolahan dan memproduksi obyek multimedia Software ini dapat temukan di Internet misalnya di website:

14 THE END


Download ppt "OBYEK-OBYEK MULTIMEDIA (Lanjutan)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google