TEHNIK BERFIKIR KREATIF

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGGALI KREATIVITAS MENULIS
Advertisements

USUL PENELITIAN KOMPETITIF
TF 308 Etika Profesi dan Pengembangan Diri
S K M INFORMATIKA PELITA NUSANTARA.
KREATIVITAS DAN IDE BISNIS
Peran Guru Dalam Membangun Budaya Sekolah
PERTEMUAN II RUANG LINGKUP OBJEK STUDI KEWIRAUSAHAAN.
Keterampilan Dasar Mengajar
Konsep Dasar Kewirausahaan
PERTEMUAN 6 Pemecahan Masalah & Pengambilan Keputusan
PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
SIFAT-SIFAT WIRAUSAHA
Karakteristik Entrepereneur
By kelompok 10 : Ryan Giantara Elia Yohanes Fendi Muhamad Effendi
BAHAN KULIAH PENDIDIKAN ANAK BERBAKAT (2)
Steven V. DelGrosso, PMP IBM Business Consulting Services
Steven V. DelGrosso, PMP IBM Business Consulting Services
Pedoman Wawancara Oleh : Hety Setiawaty G
Karakteristik Entrepereneur
BAB V KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF, DELEGASI DAN PEMBERDAYAAN
Karakteristik Entrepereneur
Penggalian Ide (Brainstorming)
PERENCANAAN BISNIS KEWIRAUSAHAAN
UDINUS Entrepreneurship Center “inov A si TI A D A HENTI” creativity skills for entrepreneurs UDINUS Entrepreneurship Center.
PENGEMBANGAN KREATIVITAS DI SMK
Pertemuan 12 : “ MANDIRI, KREATIF, DAN INOVATIF “
KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR
Keberhasilan belajar dan mengajar
HUMAS.
BAB 2 PROSES KEWIRAUSAHAAN
Berpikir Kreatif dan inovaTIF
Pengertian dan Teknik Kreatif dan Inovatif
PERTEMUAN 4 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
KREATIVITAS DAN IDE BISNIS
PROSES KOMUNIKASI PERTEMUAN 11.
Kreatifitas Pertemuan ke 3.
Kepemimpinan Proses mengarahkan dan mempengaruhi aktivitas yang berkaitan dengan tugas dari para anggota kelompok. Ada tiga implikasi penting dari defenisi.
SEPULUH TIPS MENGEMBANGKAN BUDAYA INOVASI
Psikologi Anak Berbakat Olivia Tjandra W., M. Si., Psi
KEWIRAUSAHAAN (Entrepreneurship)
“inovAsi TIADA HENTI” creativity skills for entrepreneurs
MAKUL : MBS 2 sks Dr. Ratnawati Susanto, M.M.,M.Pd
Pendekatan Andragogi dalam Guru Pembelajar Waktu: 2 JP
Kewirausahaan Zimmerer : suatu proses penerapan kreatifitas dan inovasi dalam menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan Savary dalam buku kamus dagang.
INOVASI DAN KREATIF DALAM
PENILAIAN POTENSI DIRI WIRAUSAHA
Pengambilan Keputusan sebagai ilmu dan seni
PENGEMBANGAN KREATIVITAS
JABATAN PROFESIONAL DAN TANTANGAN GURU DALAM PEMBELAJARAN
INOVASI DAN KREATIF DALAM
STIKES SEBELAS APRIL SUMEDANG
Keterampilan Dasar Mengajar
Muhammad Irawan Saputra, S.I.Kom., M.I.Kom
Administrasi Efektif.
Kewirausahaan Zimmerer : suatu proses penerapan kreatifitas dan inovasi dalam menemukan peluang untuk memperbaiki kehidupan Savary dalam buku kamus dagang.
Decision Making Process
Keterampilan Dasar Mengajar
KREATIVITAS SMK SWADAYA SEMARANG OLEH IKA UMAYA YASINTA
PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MELALUI KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS
Irma Damayantie, S.Ds., M.Ds. Prodi Desain Interior - FDIK
KEPERCAYAAN DIRI.
PERKEMBANGAN KREATIVITAS
Pengaruh Faktor-Faktor Non-Rasional Dalam Pengambilan Keputusan
© 2002 IBM Corporation Disiapkan oleh: Suharyadi, Arissetyanto N, Purwanto, & Maman F. Hak Milik Universitas Mercu Buana Kreativitas dan Inovasi Dalam.
Mindset, Kreativitas dan Inovasi
Prakarya dan Kewirausahaan Kelas X
“inovAsi TIADA HENTI” creativity skills for entrepreneurs
“inovAsi TIADA HENTI” creativity skills for entrepreneurs
“inovAsi TIADA HENTI” creativity skills for entrepreneurs
Kreatifitas dan Inovasi
Transcript presentasi:

TEHNIK BERFIKIR KREATIF

Definisi KREATIFITAS Proses menghasilkan sesuatu yang baru yang memiliki nilai Kemampuan untuk menghasilkan sesuatu yang baru, bermanfaat, dan dapat dihasilkan kembali. Kemampuan menghubungkan benda atau gagasan yang sebelumnya tak berhubungan. Dalam pemecahan masalah adalah kemampuan mendobrak hambatan-hambatan yang terbentuk oleh kebiasaan-kebiasaan dan tradisi untuk memperoleh pemecahan masalah. Menemukan atau menciptakan sesuatu yang imajinatif dan orisinil. Kemampuan menghadirkan informasi yang berbeda dari yang sebelumnya (baik informasi atau cara menyajikannya)sehingga menambah nilai informasi yang sudah ada. IOHIOH

Definisi INOVASI Proses menghasilkan sesuatu yang baru yang memiliki nilai tinggi / signifikan bagi individu, group atau organisasi, industri atau masyarakat. IOHIOH

Mengapa Kreativitas itu Perlu ? Perubahan yang cepat dalam bisnis Kompetisi meningkat tajam Bisnis semakin mengglobal Tehnologi baru muncul Semakin berkurangnya sumber daya Pasar dan ekonomi dunia semakin tidak setabil Tuntutan tinggi dari pemilik, pemegang saham, LSM Bisnis semakin kompleks. IOHIOH

Otak Kiri dan Otak Kanan Berfikir kreatif Kreatifitas Imajinasi Divergen Lateral Proses Bebas Sasaran Kuantitas Hasil Banyak Alternatif Otak Kiri Pemecahan masalah Analitis Logika Konvergen Vertikal Proses Terpola Sasaran Kualitas Hasil Alternatif Terbaik IOHIOH

Fungsi Kreativitas Bagi Individu Membantu anda mendayagunakan secara maksimal talenta dan kemampuan Menambah rasa nyaman dalam bekerja Menambah rasa percaya diri Menambah rasa karyawan yang lebih berarti Memperkuat pandangan diri sendiri sebagai seorang yang mampu memecahkan masalah Membuat anda semakin termotivasi Membantu anda merasa semakin inovatif dan berjiwa ‘entrepreneur’ Secara maksimum meningkatkan pendapatan anda Memberi anda sekap untuk semakin kuat dalam pengendalian dan penguasaan pekerjaan anda sendiri. IOHIOH

Karakteristik Orang Kreatif Peka terhadap masalah Mampu melihat masalah dimana orang lain tidak/belum melihatnya Lancar dalam berfikir Mampu mencetuskan banyak gagasan Fleksibel dalam berfikir Mampu memberikan gagasan-gagasan yang berfariasi Orisinal dalam berfikir Mampu memberikan gagasan/jawaban yang tidak biasa Bebas dalam memberi pertimbangan Mempertimbangkan gagasannya, bukan sumbernya. IOHIOH

Hambatan Berfikir Kreatif Hambatan mental yang diciptakannya sendiri Terpola untuk puas dengan satu jawaban Kesesuaian Tidak menantang hal-hal nyata Kebiasaan menilai terlalu cepat Takut terlihat bodoh IOHIOH

Kata-kata Pembunuh … Itu tidak akan bekerja Saya tidak menyangka mendengar hal itu darimu ! Itu bukanlah ide yang baru Apakah pernah ada yang mencobanya ? Apakah anda dapat menjamin bahwa hal itu dapat bekerja ? Kami telah mencoba ide seperti itu sebelumnya dan hal tersebut tidak jalan ! Kami tidak cukup siap untuk menjalankan itu ! Idemu tidak masuk diakal ! Idemu tidak praktis Itu menunjukan kurangnya pengalamanmu ! Idemu tidak realistik ! Itu adalah ide yang paling bodoh yang saya pernah saya dengar ! Boss tidak akan setuju, saya pastikan itu ! ………….. IOHIOH

Tahapan Proses Berfikir Kreatif KEGIATAN Persiapan Formulasi dan reformulasi masalah, mencari informasi, mambangun dan mempertanyakan kembali asumsi-asumsi Inkubasi Melarikan diri dari masalah yang sedang ditekuni Iluminasi Mangalami “Horeeee…, kutemukan….!!” Verifikasi Berusaha meyakinkan para pengambil keputusan, riset pasar, produksi. IOHIOH

Alat-alat Berfikir Kreatif Tujuan semua alat relatif sama : Ciptakan ide-ide sebanyak mungkin Sumbang Saran (Brainstorming) Free Association Analogi Manfaat Sifat (Attribute Listing) Hubungan Yang Dipaksakan (Forced Relationship) Morpologi IOHIOH

1. Sumbang Saran Definisi : Suatu cara untuk mendapatkan sejumlah besar ide dari sekelompok orang dalam waktu yang singkat 3 hal pokok 1. Jumlah ide yang banyak 2. Sekelompok orang 3. Waktu yang singkat IOHIOH

Petunjuk Melaksanakan Sumbang Saran Persiapan Jelaskan secara ringkas latar belakang masalah dan tempelkan pernyataan masalah Tekankan pentingnya mengikuti aturan sumbang saran Jelaskan prosedur sumbang saran yang akan digunakan Lakukan pemanasan sumbang saran Akhiri sesi, kumpulkan semua ide-ide Ucapkan terima kasih kepada peserta dan bubar. IOHIOH

Hukum Pokok Sumbang Saran Yang penting kuantitas bukan kualitas Jangan ada evaluasi Gunakan ide orang lain Ide gila diterima IOHIOH

DO and DON’T DO DON’T Ciptakan suasana ramai Jangan direkam Ciptakan ketawa Terimalah ide ‘aneh’ Tulis ide / saran Display dari semua ide Display 4 pedoman umum Identifikasi hambatan Adakan warming-up session DON’T Jangan direkam Jangan membuat malu Jangan ada pengamat Jangan ada intrupsi Diskusi awal jangan lama IOHIOH

Hambatan Sumbang Saran Seorang anggota berkomentar terhadap suatu ide yang dilontarkan Dalam satu putaran seorang anggota melontarkan lebih dari satu ide Seorang anggota belum sampai pada gilirannya sdh melontarkan ide Penulis mengubah ide yang dilontarkan anggota Ada yang bertanya saat sumbang saran Ada anggota yang mendominasi Ada anggota yang sering memotong pembicaraan Sulit berempati Lebih suka menilai Takut salah Menganggap sumbang saran sbg pekerjaan yang membuang waktu Kurang ada kerjasama IOHIOH

2. Free Association Pemikiran terhadap sesuatu / Persamaan IOHIOH

3. Analogi IOHIOH

4. Mendaftar Sifat (Attribut Listing) Suatu tehnik berfikir kreatif yang menggunakan elemen-elemen sifat dari suatu hal yang lebih bersifat TANGIBLE (nyata) Manfaat Mendapatkan gagasan-gagasan perubahan atas dasar elemen-elemen suatu benda (tangible) ataupun situasi nyata. IOHIOH

Langkah-langkah Attribute Listing Daftarkan semua sifat / karakteristik dari suatu benda / situasi yang akan dibahas, misal ; panjang, lebar, warna, berat, fungsi, apa, siapa, dimana, kapan dan lain-lain Gunakan sifat-sifat / karakteristik tersebut satu per satu sebagai dasar pemacu munculnya gagasan-gagasan baru Kaji hasil attribute listing untuk mendapatkan solusi terbaik. IOHIOH

Contoh Attribute Listing Perubahan yang mungkin Lead – Penghitam Gunakan bahan kimia mungkin mengarah pada alat tulis yang tidak perlu diraut atau siisi ulang Kayu Metal, plastik atau dari graphit Penghapus Tanpa penghapus Warna Warna apa saja, gunakan sebagai iklan, design gambar wanita sesuai dgn pakaian mereka IOHIOH

5. Hubungan Yang Dipaksakan Suatu tehnik berfikir kreatif yang merangsang kreativitas atas dasar asosiasi bebas yang dipaksakan Manfaat Mengembangkan gagasan-gagasan baru atas dasar kombinasi 2 gagasan lama yang independen dengan cara dipaksakan. IOHIOH

Langkah-langkah Isolasi elemen-elemen problem yang akan dibahas Temukan pola hubungan keterkaitan antar elemen tersebut Visualisasikan hubungan keterkaitan tersebut Analisis dan catat hubungan keterkaitan sebagai ‘pola saat ini’ Mulailah mengembangkan gagasan-gagasan berawal dari ‘pola saatini’ tersebut. IOHIOH

6. Morphology (membangun suatu cerita) No Aktor Keinginan Rintangan Dimana Bagaimana 1 2 3 Pelukis Nenek Remaja Cinta Kaya Terkenal Kurang keberanian Reputasi jelek Miskin Kota besar Kampung Mall Karawaci Koperasi Berkorban Barang-barang IOHIOH

Kesimpulan Berorientasi ke masa depan Tidak menghasilkan sesuatu yang langsung dapat digunakan, tetapi tercapainya gagasan-gagasan baru Tehnik-tehnik tersebut tidak hanya bermanfaat dalam mengembangkan produk (product development) atau R and D, tetapi dalam segala bidang Tehnik tersebut tidak membutuhkan persyaratan-persyaratan profesi/pendidikan/keterampilan tertentu, melainkan lebih bebas dan luwes. IOHIOH

BE CREATIVE or DIE IOHIOH

Tindakan Penghambat Kreativitas Struktur perilaku birokrat Terpaku tradisi & budaya Penekanan SOP Menindas usaha kreatif Kontrol ketat Salah, langsung hukum Sukses tidak dihargai Menolak ‘Risk Taking’ & pertanyaan kritis Evaluasi eksternal Jadwal terlalu ketat Cenderung specialisasi IOHIOH

Tindakan Menunjang Kreativitas Desentralisasi & keterbukaan Mendukung budaya kreatif Mendukung perilaku eksperimen Publikasi kesuksesan karyawan Dukung semangat pemenang Dukung keinginan mencoba Toleransi terhadap ‘trial & error’ Buka jalur komunikasi Sediakan fasilitasberinovasi Tidak mudah membunuh ide Proses alokasi sumber daya sederhana Sediakan imbalan financial dan non financial bagi setiap kesuksesan Budaya perusahaan : ‘risk taking & pertanyaan kritis’ Administrasi minimum Pengawasan kendur & evaluasi internal Realistis ‘deadline’ Delegasi tanggung jawab IOHIOH

TERIMA KASIH IOHIOH