SORTING (PENGURUTAN) Sorting adalah proses mengatur sekumpulan objek menurut aturan atau susunan tertentu. Urutan objek tersebut dapat menaik (ascending.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
BAB III – ARRAY STATIS II
Advertisements

Algoritma Sorting Alpro-2.
- PERTEMUAN 11 - SORTING (PENGURUTAN)
STRUKTUR DATA (3) sorting array
Sorting (Pengurutan).
ARRAY 1 DIMENSI #10 STIKOM Searching Pengantar Manfaat Inisialisasi
PENGURUTAN ( SORTING ) Fajrizal.
STRUKTUR DATA sorting array
PENGURUTAN (SORTING).
SORTING.
SORTING (PENGURUTAN).
ARRAY SESI 2.
SORT (pengurutan) M. Ajir Muzakki, S.Si.
STRUKTUR DATA (3) sorting array
SORTING.
Algoritma & Struktur Data Sorting Evangs Mailoa.
Pertemuan – 14 Sorting (Bab 8) Informatics Engineering Department
Sorted = terurut menurut kaidah/aturan tertentu
Sorting Pertemuan ke 14..
Algoritma dan Struktur Data
BAB 6 S O R T I R Sebelum mengetahui lebih jauh tentang sorting, sebaiknya kita ingat kembali pengertian file dan record. File adalah kumpulan record,
BAB III PENGURUTAN DATA (SORTING) Tertia Avini, S. Kom tertiaavini
BAB III PENGURUTAN DATA (SORTING) Tertia Avini, S. Kom tertiaavini
STRUKTUR DATA (4) Sorting dan Searching Array
Matakuliah : T0456 ~ Algoritma dan Metode Object Oriented Programming
Algoritma Sorting Tenia Wahyuningrum.
Pengurutan (Sorting) Diperlukan untuk mempercepat pencaharian suatu target dalam suatu daftar (list). Jenis Pengurutan:  Ascending Pengurutan dilakukan.
Sorting (Pengurutan).
Metode Pengurutan (Sorting)
LANJUTAN DARI SHORTING
PENGURUTAN (SORTING).
STRUKTUR DATA Chapt 07 : Sorting Oleh : Yuli Praptomo PHS, S.Kom.
Algoritma dan Struktur Data
Bubble Sort Metode pengurutan gelembung diinspirasikan oleh gelembung sabun yang berada dipermukaan air. Karena berat jenis gelembung sabun lebih ringan.
Sorting Pengurutan data dalam struktur data sangat penting terutama untuk data yang beripe data numerik ataupun karakter. Pengurutan dapat dilakukan secara.
Pertemuan 10 SORTING.
Algoritma dan Pemrograman Sorting
Struktur Data Prio Handoko, S. Kom., M.T.I.
PENGURUTAN (SORTING) Pengurutan adalah proses mengatur sekumpulan objek menurut urutan atau susunan tertentu. Urutan objek tersebut dapat dilakukan secara.
PENGURUTAN (SORTING).
SORTING (Lanjut).
STRUKTUR DATA (3) sorting array
P.MARPAUNG SORTING(PENGURUTAN)
Sorting.
STRUKTUR DATA (3) sorting array
SORTING (PENGURUTAN) Sorting adalah proses mengatur sekumpulan objek menurut aturan atau susunan tertentu. Urutan objek tersebut dapat menaik (ascending.
STRUKTUR DATA sorting array
Imam Gunawan, M. Kom STMIK-AMIK Jayanusa Padang
Nama : Siti Hajar Unit : B Nim : No.Hp : 0852 – 2000 – 3786.
STRUKTUR DATA Array Statis.
Pengurutan Rekaman SUB Pengurutan Gelembung.
SORTING (PENGURUTAN) Sorting adalah proses mengatur sekumpulan objek menurut aturan atau susunan tertentu. Urutan objek tersebut dapat menaik (ascending.
Algoritma dan Pemrograman Sorting
Sorting.
STRUKTUR DATA (3) sorting array
Algoritma & Pemrograman II STT Wastukancana Purwakarta
SORTING ARRAY SESI 2.
ALGORITMA PENGURUTAN (SORTING)
SORTING (PENGURUTAN) Sorting adalah proses mengatur sekumpulan objek menurut aturan atau susunan tertentu. Urutan objek tersebut dapat menaik (ascending.
SORTING (PENGURUTAN).
IT234 Algoritma dan Struktur Data
Sorting Dasar Pemrograman
STRUKTUR DATA (3) sorting array
IT234 Algoritma dan Struktur Data
STRUKTUR DATA (3) sorting array
IT234 Algoritma dan Struktur Data
SORTING Sorting adalah proses mengatur sekumpulan objek menurut aturan atau susunan tertentu. Urutan objek tersebut dapat menaik (ascending = dari data.
MODEL SORTING Kelompok V Rahmawati ( )
Sorting.
SORTING.
Transcript presentasi:

SORTING (PENGURUTAN) Sorting adalah proses mengatur sekumpulan objek menurut aturan atau susunan tertentu. Urutan objek tersebut dapat menaik (ascending = dari data kecil ke data lebih besar) atau menurun (descending = dari data besar ke data lebih kecil).

Algoritma pengurutan (sorting) : Bubble sort (gelembung) Selection sort (maksimum/minimun) Insertion sort (sisip) Heap sort Shell sort Quick sort Merge sort Radix sort Tree sort

PENGURUTAN GELEMBUNG Metode pengurutan gelembung (bubble sort) diinspirasi oleh gelembung sabun yang ada di permukaan air. Karena berat jenis gelembung sabun lebih ringan daripada berat jenis air maka gelembung sabun akan selalu mengapung. Prinsip pengapungan ini juga dipakai pada pengurutan gelembung. Elemen yang berharga paling kecil “diapungkan”, artinya diangkat ke atas (atau ke ujung paling kiri) melalui pertukaran. Proses pengapungan ini dilakukan N kali langkah. Pada langkah ke-I, Larik[1..N] akan terdiri dari 2 bagian yaitu: Bagian yang sudah terurut yaitu L[1]..L[i]. Bagian yang belum terurut L[i+1]..L[n].

ALGORITMA PENGURUTAN GELEMBUNG (naik /ascending) Langkah 1: Mulai dari elemen K=N,N-1,N-2,..2 bandingkan L[K] jika L[K] < L[K-1], pertukarkan L[K] dengan L[K-1]. Pada akhir langkah 1, elemen L[1] berisi harga minimum pertama. Langkah 2: Mulai dari elemen K=N,N-1,N-2,..3 bandingkan L[K] jika L[K] < L[K-1], pertukarkan L[K] dengan L[K-1]. Pada akhir langkah 2, elemen L[2] berisi harga minimum kedua dan L[1]..L[2] terurut.. Langkah 3: Mulai dari elemen K=N,N-1,N-2,..4 bandingkan L[K] jika L[K] < L[K-1], pertukarkan L[K] dengan L[K-1]. Pada akhir langkah 3, elemen L[3] berisi harga minimum ketiga dan L[1]..L[3] terurut ... Langkah N-1: Mulai dari elemen K=N,N-1,N-2,..4 bandingkan L[K] jika L[K] < L[K-1], pertukarkan L[K] dengan L[K-1].

Contoh: tinjau larik dengan N=6 buah elemen dibawahini Contoh: tinjau larik dengan N=6 buah elemen dibawahini. Larik ini akan diurutkan menaik. 25 27 10 8 76 21 1 2 3 4 5 6 Langkah 1: K=N=6 21 76 K=5 8 K=4 10 K=3 27 K=2 25 Hasil akhir langkah 1 : 8 25 27 10 21 76 1 2 3 4 5 6

Hasil Akhir dari langkah 2: K=N=6 21 76 K=5 10 K=4 27 K=3 25 8 10 25 27 21 76 1 2 3 4 5 6 Hasil Akhir dari langkah 2: Langkah 3: K=N=6 21 76 K=5 27 K=4 25 8 10 21 25 27 76 1 2 3 4 5 6 Hasil Akhir dari langkah 3:

Hasil Akhir dari langkah 4: K=N=6 27 76 K=5 25 8 10 21 25 27 76 1 2 3 4 5 6 Hasil Akhir dari langkah 4: Langkah 5: K=N=6 27 76 8 10 21 25 27 76 1 2 3 4 5 6 Hasil Akhir dari langkah 5: Selesai. Larik sudah terurutkan !

Contoh Ascending : #include <stdio.h> #include <conio.h> #include <iostream.h> main(){ int i,k,temp; int L[5]; //Jumlah elemen dalam array ada 5 L[0]=1; L[1]=50; L[2]=10; L[3]=3; L[4]=2; //Proses secara Ascending(naik) for(i=0;i<=4;i++) for(k=0;k<=4;k++) if (L[k]>L[k+1]) {temp=L[k]; L[k]=L[k+1]; L[k+1]=temp; } cout<<L[i]<<endl; getch();}

Contoh Descending : #include <stdio.h> #include <conio.h> #include <iostream.h> main(){ int i,k,temp; int L[5]; //Jumlah elemen dalam array ada 5 L[0]=1; L[1]=50; L[2]=10; L[3]=3; L[4]=2; //Proses secara Descending(menurun) for(i=4;i>=0;i--) for(k=5;k>1;k--) if (L[k]>L[k--]) {temp=L[k]; L[k]=L[k--]; L[k--]=temp; } for(i=5;i>=1;i--) cout<<L[i]<<endl; getch();}

Kesimpulan : Pengurutan dengan metode bubble sort ini kurang efisien karena terlalu banyak penukaran yang dilakukan pada setiap langkah dan membutuhkan banyak waktu serta proses lebih lama, sehingga tidak direkomendasikan untuk dipakai. Namun metode ini mudah dipahami dan sederhana.

Kuis : Urutkan larik berikut menggunakan metode bubble sort dengan ascending dan descending 5 2 10 50 70 6 1 3 4

PENGURUTAN MAKSIMUM/MINIMUM Metode pengurutan ini disebut pengurutan maksimum / minimum karena didasarkan pada pemilihan elemen maksimum atau minimum kemudian mempertukarkan elemen maksimum/minimum tersebut dengan elemen terujung larik (elemen ujung kiri atau elemen ujung kanan). Selanjutnya elemen terujung itu kita “isolasi” dan tidak diikut sertakan pada proses selanjutnya. Karena proses utama dalam pengurutan adalah pemilihan elemen maksimum / minimum, maka metode ini disebut metode pemilihan (selection sort).

Algoritma Pengurutan Maksimum (naik /ascending) Langkah 1: Tentukan Harga Maksimum didalam L1[1..N] Pertukarkan harga maksimum dng L[N] Langkah 2: Tentukan Harga Maksimum didalam L1[1..N-1] Pertukarkan harga maksimum dng L[N-1] Langkah 3: Tentukan Harga Maksimum didalam L1[1..N-2] Pertukarkan harga maksimum dng L[N-2] …….. Langkah N-1: Tentukan Harga Maksimum didalam L1[1..2] Pertukarkan harga maksimum dng L[2].

Contoh : Tinjau larik dengan N=6 buah elemen dibawah Contoh : Tinjau larik dengan N=6 buah elemen dibawah ini yang belum terurut menjadi diurut naik. 29 27 10 8 76 21 1 2 3 4 5 6 Langkah 1: Cari elemen maksimum di dalam larik L[1..6] maks = L[5] = 76 Tukar maks dengan L[N],hasil akhir langkah 1: 29 27 10 8 21 76 1 2 3 4 5 6

(berdasarkan susunan larik hasil langkah 1) Cari elemen maksimum di dalam larik L[1..5] maks = L[1] = 29 Tukar maks dengan L[5],hasil akhir langkah 2: 21 27 10 8 29 76 1 2 3 4 5 6 Langkah 3: (berdasarkan susunan larik hasil langkah 2) Cari elemen maksimum di dalam larik L[1..4] maks = L[2] = 27 Tukar maks dengan L[4],hasil akhir langkah 3: 21 8 10 27 29 76 1 2 3 4 5 6

Selesai. Larik sudah terurutkan ! Langkah 4: (berdasarkan susunan larik hasil langkah 3) Cari elemen maksimum di dalam larik L[1..3] maks = L[1] = 21 Tukar maks dengan L[3],hasil akhir langkah 4: 10 8 21 27 29 76 1 2 3 4 5 6 Langkah 5: (berdasarkan susunan larik hasil langkah 4) Cari elemen maksimum di dalam larik L[1..2] maks = L[1] = 10 Tukar maks dengan L[2],hasil akhir langkah 5: 8 10 21 27 29 76 1 2 3 4 5 6 Selesai. Larik sudah terurutkan !

Contoh ascending : #include <iostream.h> #include <conio.h> #include <iomanip.h> int main(){ //deklarasi array dengan 7 elemen int A[7]; int j,k,i,temp; int jmax,u=6; //memasukkan nilai sebelum diurutkan cout<<"Masukkan nilai pada elemen array :"<<endl; for(i=0;i<7;i++) { cout<<"A["<<i<<"]="; cin>>A[i]; }

//Proses pengurutan secara menaik (Ascending) for(j=0;j<7;j++) { jmax=0; for(k=1;k<=u;k++) if (A[k] > A[jmax]) jmax=k; temp=A[u]; A[u]=A[jmax]; A[jmax]=temp; u--; } //menampilkan nilai setelah diurutkan cout<<"\nNilai setelah diurutkan ="<<endl; for(i=0;i<7;i++) cout<<A[i]<<" "; getch();}

Contoh descending : #include <iostream.h> #include <conio.h> #include <iomanip.h> int main(){ //deklarasi array dengan 7 elemen int A[7]; int j,k,i,temp; int jmax,u=6; //memasukkan nilai sebelum diurutkan cout<<"Masukkan nilai pada elemen array :"<<endl; for(i=0;i<7;i++) { cout<<"A["<<i<<"]="; cin>>A[i]; }

//Proses pengurutan secara turun (descending) for(j=0;j<7;j++) { jmax=0; for(k=u;k>=1;k--) if (A[k] < A[jmax]) jmax=k; temp=A[u]; A[u]=A[jmax]; A[jmax]=temp; u--; } //menampilkan nilai setelah diurutkan cout<<"\nNilai setelah diurutkan ="<<endl; for(i=0;i<7;i++) cout<<A[i]<<" "; getch();}

Untuk algoritma Pengurutan Minimum caranya sama persis dengan maksimum hanya saja yang ditukar adalah nilai yang minimum bukan maksimum.

Kesimpulan : dibandingkan dengan pengurutan gelembung (bubble sort) pengurutan dengan metode selection sort (maksimum/minimum) ini memiliki kinerja yang lebih baik. Operasinya pertukaran hanya sekali saja dilakukan pada setiap langkah sehingga waktu pengurutan dapat lebih ditekan. Metode ini direkomendasikan untuk dipakai.

Kuis : Urutkan larik berikut menggunakan metode selection sort (maksimum/minimum) dengan ascending dan descending 2 10 5 70 16 1 3 4 6

PENGURUTAN Sisip (Insertion sort) Dari namanya, pengurutan sisip (insertion sort) adalah metode pengurutan dengan cara menyisipkan elemen larik pada posisi yang tepat. Pencarian posisi yang tepat dilakukan dengan pencarian beruntun. Selama pencarian posisi yang tepat dilakukan pergeseran elemen larik.

ALGORITMA PENGURUTAN SISIP (naik /ascending) Andaikan: L[1] dianggap sudah pada tempatnya. Langkah 2: L[2] harus dicari tempatnya yang tepat pada L[1..2] dengan cara menggeser elemen L[1] ke kanan bila L[1] lebih besar dari L[2]. Misalkan posisi elemen yang tepat adalah K sisipkan L[2] pada K. Langkah 3: L[3] harus dicari tempatnya yang tepat pada L[1..3] dengan cara menggeser elemen L[1..2] ke kanan bila L[1..2 lebih besar dari L[3]. Misalkan posisi elemen yang tepat adalah K sisipkan L[3] pada K.

Langkah 4: L[4] harus dicari tempatnya yang tepat pada L[1. 4] Langkah 4: L[4] harus dicari tempatnya yang tepat pada L[1..4] dengan cara menggeser elemen L[1..4] ke kanan bila L[1..4] lebih besar dari L[4]. Misalkan posisi elemen yang tepat adalah K sisipkan L[4] pada K. Langkah N: L[N] harus dicari tempatnya yang tepat pada L[1..N] dengan cara menggeser elemen L[1..N ke kanan bila L[1..N] lebih besar dari L[N]. Misalkan posisi elemen yang tepat adalah K sisipkan L[N] pada K.

Contoh : Tinjau larik dengan N=6 buah elemen dibawah ini Contoh : Tinjau larik dengan N=6 buah elemen dibawah ini yang belum terurut menjadi diurut naik. 29 27 10 8 76 21 1 2 3 4 5 6 Langkah 1: Elemen L[1] dianggap sudah terurut 29 27 10 8 76 21 1 2 3 4 5 6 Langkah 2: (berdasarkan susunan larik pada langkah 1) Cari posisi yang tepat untuk L[2] pada L[1..2],diperoleh : 29 27 10 8 76 21 1 2 3 4 5 6

(berdasarkan susunan larik pada langkah 2) Cari posisi yang tepat untuk L[3] pada L[1..3],diperoleh : 10 27 29 8 76 21 1 2 3 4 5 6 Langkah 4: (berdasarkan susunan larik pada langkah 3) Cari posisi yang tepat untuk L[4] pada L[1..4],diperoleh : 8 10 27 29 76 21 1 2 3 4 5 6

Selesai. Larik sudah terurutkan ! Langkah 5: (berdasarkan susunan larik pada langkah 4) Cari posisi yang tepat untuk L[5] pada L[1..5],diperoleh : 8 10 27 29 76 21 1 2 3 4 5 6 Langkah 6: (berdasarkan susunan larik pada langkah 5) Cari posisi yang tepat untuk L[6] pada L[1..6],diperoleh : 8 10 21 27 29 76 1 2 3 4 5 6 Selesai. Larik sudah terurutkan !

Contoh : #include <stdio.h> #include <conio.h> #include <iostream.h> main(){ int j,k, temp; int L[5]; L[1]=1; L[2]=25; L[3]=10; L[4]=30; L[5]=2; for(k=2;k<=5;k++){ temp=L[k];/* ambil elemen L[k] supaya tidak tertimpa penggeseran*/ /* Cari Posisi Yang tepat dalam L[1..k-1] sambil menggeser*/ j=k-1; while(temp<=L[j]) { L[j+1]=L[j]; j--; }

if((temp >= L[j])|| ( j=1)) L[j+1]=temp; /*posisi yg tepat untuk L[k] ditemukan*/ else { L[j+1]=L[j]; L[j]=temp; } for(k=1;k<=5;k++) cout<< L[k]<<" "; getch();}

Kesimpulan : Kelemahan metode sisip terletak pada banyaknya operasi yang diperlukan dalam mencari posisi yang tepat untuk elemen larik. Untuk larik yang jumlahnya besar ini tidak praktis. Dari ketiga metode tersebut, pengurutan maksimum/minimum memiliki kinerja yang terbaik.

Kuis : Urutkan larik berikut menggunakan metode sisip dengan ascending dan descending 12 100 5 70 3 1 2 4 6