Algoritma Pemrograman D3 - TEKNIK KOMPUTER ‘N JARINGAN Universitas Trunojoyo Bangkalan
Materi Perkuliahan Pengenalan Program dan Pemrograman Seleksi kondisi Perulangan (looping) Fungsi Array
Pengenalan Program dan Pemrograman Modul 1 Pengenalan Algoritma ‘n bhs pemrograman
Langkah penyelesaian masalah dalam dunia pemrograman penyelesaian masalah dalam dunia pemrograman = penyelesaian masalaha secara umum Anasis masalah, bertujuan menemukan ide-ide kemungkinan solusi terhadap permasalahan. Merancang algoritma Membuat program komputer atau software, dalam pemrograman dikenal sebagai coding Menguji hasil program komputer (debugging) Membuat dokumentasi (documentation)
1. Analisis Masalah Programmer mendapat bahan2 mengenai suatu persoalan dari program specification. Program specification berisi: Job description System flowchart Input layout Processing information Output layout
2. Merancang algoritma penyelesaian Disusun suatu cara menyelesaikan persoalan yang dihadapi. Proses apa yang yang harus dilakukan, langkah mana yang harus diambil. Disusun dalam sebuah flowchart atau algoritma
Pengenalan Algoritma Algoritma: langkah atau prosedur-prosedur logika yang harus dilaksanakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang berorientasi pada pemrograman komputer Tujuan: memberikan petunjuk tentang langkah-langkah logika penyelesaian masalah dalam bentuk yang mudah dipahami nalar manusia sebagai acuan yang membantu dalam mengembangkan program komputer
5 Syarat Algoritma Logika prosedur pada algoritma harus cukup mudah dipahami nalar manusia Validitas prosedur pada algoritma dapat ditelusuri dengan mudah Tidak menimbulkan kerancuan interpretasi bagi orang lain Prosedur pada algoritma harus cukup mudah dikonversi ke program komputer Prosedur pada algoritma tidak terpengaruh atau tergantung pada bahasa pemrograman apa pun
Flowchart menghitung z = x + y Macam Algoritma Flowchart Algoritma yang berupa skema atau gambar diagram alir. Pseudocode Algoritma yang berupa uraian deskriptif Masukkan nilai x dan y Flowchart menghitung z = x + y Proses x + y Hasil Keluaran nilai z
Simbol flowchart (1) SIMBOL KEGUNAAN 1. proses perhitungan/pengubahan harga 2. Operasi input/output 3. Penghubung dalam satu halaman 4. Penghubung antar halaman 5. Tanda panah utk menunjukkan arah
Simbol flowchart (2) SIMBOL KEGUNAAN 6. Decision utk penentuan keputusan 7. Perulangan (looping) 8. Terminal utk akhir/awal dari proses
Simbol Flowchart (3) SIMBOL KEGUNAAN 1. Kartu 2. Magnetic tape 3. Dokumen 4. Stored Data
Example Algoritma menghitung keliling persegi panjang ?? Algoritma u/ menyebrangkan 4 penumpang, if : kelinci makan sayuran anjing makan kelinci
Pengenalan Program Program komputer : serangkaian instruksi yang disusun untuk menyelesaikan suatu permasalahan dengan menggunakan komputer
Pengenalan Bahasa Pemrograman bahasa yang digunakan suatu pemrogram (programer) untuk membuat suatu program komputer Intepreter atau Compiler berfungsi untuk menterjemahkan bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin Tujuan: adalah mengolah data yang di-input-kan dan menghasilkan output berupa informasi yang bermanfaat
Macam Bahasa Pemrograman Bahasa tingkat rendah (low level): bahasa mesin menyatu di dalam processor (CPU), assembly (antara tinggi dan rendah). Bahasa tingkat tinggi: Pascal, C, C++, Perl, Python, dll. Bahasa tingkat sangat tinggi (Query)
Tugas (1) Jelaskan apa yang dimaksud dengan: - algoritma - pemrograman - program - bahasa pemrograman - programmer - flowchart - pseudocode 2. Algoritma fc u/ menghitung nilai terbesar dari 3 bilangan x, y dan z