REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Advertisements

PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Pengembangan Sistem Informasi
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
Muhammad Taufik Syastra 2 Pengujian dan Implementasi Sistem Informasi Proses.
Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
Proses Perangkat Lunak
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK SPIRAL MODEL & COMPONENT ASSEMBLY
Proses Software Bab 2.
Software Process Model
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
01 WINTER ANALISIS DAN DESAIND SISTEM Template RPL – P2.
PERENCANAAN PROSES PERANGKAT LUNAK
PENGEMBANGAN SISTEM.
Perancangan Perangkat Lunak
Methods for Software Engineering
Nama : Shadrach Jabonir / Matthew Marcelinus / Leonardus Handoko / Hendry Sunardi / Carles/ OVERVIEW OF SOFTWARE PROCESS MODEL.
 Communication  Planning  Modeling  Contruction  Deployment.
Metodologi Pengembangan Sistem Informasi
Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)
DEDED RAMAD KAMDA, S. KOM. Untuk menyelesaikan masalah aktual didalam sebuah setting industri, rekayasa perangkat lunak atau tim perekayasa harus menggabungkan.
Rapid Application Development & Incremental Development
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak
Metode rpl BY: Y. PALOPAK S.Si., MT..
PEMODELAN PERANGKAT LUNAK
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
PROCESS MODELS.
SIKLUS HIDUP SISTEM INFORMASI
Pengembangan Siklus Hidup Sistem
PENGEMBANGAN APLIKASI
proses PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
Rekayasa perangkat lunak (rpl)
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Anna dara andriana., M.kom
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI
RPL.
Metode Rekayasa Perangkat Lunak
SISTEM INFORMASI PEMASARAN
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Materi Habis Uts IMK Prototyping
RPL.
Prescriptive Process Models
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
PENGEMBANGAN SISTEM Muhammad Hidayat, SE.
Analisa Perancangan Sistem
BAB 2 KONSTRUKSI & BISINS PROSES
METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
PERTEMUAN 1 Konsep Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
KELOMPOK FARHATULLAILA ( )
PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
ANALISIS DAN PEMODELAN
PENGEMBANGAN SISTEM.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pengembangan Sistem Informasi
Pengembangan Sistem Informasi
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Software Development Life Cycle (SDLC)
Kelompok 3 | Rekayasa Sistem Informasi : Ahmad Rifai Eplin Mimi Susanti [ ] Fitriya Dewi Damayanti [ ] Ulfa Yuliana [ ] Kelompok.
System Development Life Cycle
Transcript presentasi:

REKAYASA PERANGKAT LUNAK (Software Engineering) Eka Ismantohadi

Model Proses Waterfall Analisa dan spesifikasi kebutuhan o Permasalahan apa yang dipecahkan? o Apa yang dibutuhkan/diinginkan Pelanggan? Integrasi dan System Testing o Integrasi komponen/modul ke dalam sub sistem. o Integrasi sub sistem ke dalam program akhir. Desain dan spesifikasi o Bagaimana permasalahan dipecahkan o Desain High-Level o Menentukan komponen/modul Delivery dan Maintenance o Memberikan sistem ke Konsumen/Market. o Memperbaiki kesalahan dan version release sepanjang waktu. Coding dan Testing Modul o Menulis kode sesuai spesifikasi desain komponen/modul

Kekurangan dari model waterfall adalah kesulitan. untuk Kekurangan dari model waterfall adalah kesulitan untuk mengakomodasi perubahan setelah proses berjalan. Permasalahan Model Waterfall adalah : 􀂉 Sulit untuk merespon perubahan kebutuhan konsumen. Sehingga model ini hanya cocok jika kebutuhan sudah dimengerti dengan baik

Model Prototipe Model prototipe ini dimulai dengan pengumpulan kebutuhan. Pengembang dan pelanggan bertemu dan mendefinisikan obyektif keseluruhan dari perangkat lunak,dan mengidentifikasi segala kebutuhan yang diketahui. Prototipe bisa menjadi paradigma yang efektif bagi rekayasa perangkat lunak. Kuncinya adalah mendefinisikan aturan-aturan main pada saat awal, yaitu pelanggan dan pengembang keduanya harus setuju bahwa prototype dibangun untuk berfungsi sebagai mekanisme pendefinisian kebutuhan.

Model RAD Rapid Application Development (RAD) adalah sebuah model proses perkembangan perangkat lunak sekuensial linier/model waterfall yang menekankan siklus perkembangan yang sangat pendek. Model RAD ini merupakan sebuah adaptasi “kecepatan tinggi” dari model sekuensial linier/model waterfall dimana perkembangan cepat dicapai dengan menggunakan pendekatan konstruksi berbasis komponen. Jika kebutuhan dipahami dengan baik, proses RAD memungkinkan tim pengembangan menciptakan “sistem fungsional yang utuh”.

Model Spiral Model spiral (spiral model) yang pada awalnya diusulkan oleh Boehm adalah model proses perangkat lunak evolusioner yang merangkai sifat iteratif dari prototipe dengan cara kontrol dan aspek sistematis dari model sekuensial linier/model waterfall.

Komunikasi pelanggan, tugas-tugas yang dibutuhkan utnuk membangun Komunikasi pelanggan, tugas-tugas yang dibutuhkan utnuk membangun komunikasi yang efektif diantara pengembang dan pelanggan. Perencanaan, tugas-tugas yang dibutuhkan untuk mendefinisikan sumber daya, ketepatan waktu, dan proyek informasi lain yang berhubungan. Analisis resiko, tugas-tugas yang dibutuhkan untuk menaksir resiko-resiko, baik manajemen maupun teknis. Perekayasaan, tugas-tugas yang dibutuhkan untuk membangun satu atau lebih representasi dari aplikasi tersebut. Konstruksi dan peluncuran, tugas-tugas yang dibutuhkan untuk mengkonstruksi, menguji, memasang (install) dan memberikan pelayanan kepada pemakai (contohnya pelatihan dan dokumentasi). Evaluasi pelanggan, tugas-tugas yang dibutuhkan untuk memperoleh umpan balik dari pelanggan dengan didasarkan pada evaluasi representasi perangkat lunak, yang dibuat selama masa perekayasaan, dan diimplementasikan selama pemasangan.