PENDAHULUAN Pertemuan 1.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
The Product and the Process CHAPTER 2 The Process Software engineering: a practitioner’s approach / Roger S. Pressman.—5th ed.
Advertisements

Muhammad Taufik Syastra 2 Pengujian dan Implementasi Sistem Informasi Proses.
Rekayasa Perangkat Lunak dan Proses Software
Perencanaan Perangkat Lunak
PROYEK SISTEM INFORMASI
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Aturan dan Tanggung Jawab Tim Pilihan-pilihan berikut dapat diambil untuk menerapkan sumber daya manusia kepada sebuah proyek yang akan membutuhkan n manusia.
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak 1
PERENCANAAN PROSES PERANGKAT LUNAK
BAB I DASAR – DASAR TEKNIK PERANGKAT LUNAK
Testing dan Implementasi Sistem
1 Pendahuluan Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I.
Perancangan Perangkat Lunak
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Methods for Software Engineering
PROSES Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Methods for Software Engineering CHAPTER 5 Software Project Planning Software engineering: a practitioner’s approach / Roger S. Pressman.—5th ed.
Dasar Pemrograman 4 SKS Dosen Pengajar : Della Oktaviany, S.Kom.
Diadopsi dari presentasi Ian Sommeriville, Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak.
Managing Software Requirement 1
Rekayasa Perangkat Lunak (Lanjut)
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PEMAHAMAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
PROCESS MODELS.
Perangkat Lunak 1.
Pendhahuluan Software engineering BY: Y. PALOPAK S.Si., MT.
Rekayasa Perangkat Lunak
Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Aspek Penilaian Prosentase Tugas Mandiri--20 %
PENGENALAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak 1
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pendahuluan Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I..
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
Oleh : Dewi Sartika, M.Kom
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Rekayasa Perangkat Lunak
RPL & Analisis Sistem Oleh : Tim Pembina MK Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Kontrak Kuliah Algoritma Pemograman
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak Pertemuan 1 Pengenalan Rekayasa Perangkat Lunak Oleh : Yudha Dwi Putra negara, S.Kom
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat Lunak
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) 2017.
SOFTWARE ENGGINERING Software LIFE CYCLE
R.S. Pressman & Associates, Inc
Pengenalan Perangkat lunaK
Pengenalan Perangkat lunaK
REKAYASA PERANGKAT LUNAK PROGRAM STUDI D3
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Pengantar Perangkat Lunak
Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak
Transcript presentasi:

PENDAHULUAN Pertemuan 1

Peraturan Datang terlambat Maks 15 Menit Dilarang pakai sandal Berpakaian Sopan Matikan Handphone Dilarang Makan

Bobot Penilaian Harian Tugas =20% UTS = 30% UAS =50% Quis

Pendahuluan Defenisi Software Defenisi Rekayasa Perangkat Lunak Pengenalan Proses Rekayasa perangkat Lunak Faktor sosial berkaitan Teknologi Informasi

Pengertian Software Program komputer yang terasosiasi dengan dokumentasi perangkat lunak Seperti dokumentasi kebutuhan, model desain, cara penggunaan Sistem adalah kumpulan komponen yang saling terkait dan mempunya satu tujuan yang ingin dicapai

Karakter Perangkat Lunak Perangkat lunak dibangun dengan rekayasa bukan diproduksi secara manufaktur atau pabrikan Perangkat Lunak tidak pernah usang Barang produksi pabrikan biasanya komponen barunya akan terus diproduksi, sedangkan perangkat lunak biasanya terus diperbaiki seiring bertambahnya kebutuhan

Aplikasi Perangkat Lunak Kumpulan program dimana program yang satu ditulis untuk memenuhi kebutuhan program lainnya Perangkat lunak sistem  Perangkat Lunak Waktu nyata  Perangkat Lunak Bisnis Perangkat Lunak untuk keperluan rekayasa dan Keilmuan Perangkat lunak tambahan utk membantu mengerjakan suatu fungsi PL lainnya Perangkat lunak komputer personal Perangkat lunak berbasis web PL yang memonitor, menganalisis, mengontrol sesuatu secara waktu nyata (real time) Digunakan untuk mengolah bisnsi (inventori, kasis, dst) mengimplementasi algoritma yg terkait dgn keilmuan Mis :astronomi, Matematika

PL dibuat Pengembang Produk Generik Produk Pesanan

Rekayasa Perangkat Lunak Pembangunan dengan menggunakan prinsip atau konsep rekayasa dengan tujuan menghasilkan perangkat lunak yang bernilai ekonomi yang dipercaya dan bekerja secara efisien menggunakan mesin.

RPL VS Ilmu Komputer RPL lebih fokus pada praktik pengembangan perangkat lunak dan mengirimkan PL yang bermanfaat kepada pelanggan Ilmu komputer fokus pada teori dan konsep dasar perangkat komputer.

Lanjutan RPL lebih fokus bagaimana membuat perangkat lunak yang memenuhi kriteria berikut : Dapat terus dipelihara setelah perangkat lunak selesai dibuat Dapat diandalkan dengan proses bisnis yang dijalankan dan perubahan yang terjadi Efesiensi dari segi sumber daya dan penggunaan Kemampuan untuk dipakai sesuai dengan kebutuhan (usability)

3 fase terkait proyek RPL Fase defenisi “what” Fase pengembangan “how” Fase pendukung

Fase pendukung Koreksi Adaptasi Perbaikan Pencegahan(Prevention)

Tantangan Proses Rekayasa Perangkat Lunak Tantangan Warisan PL dikembangkan oleh orang-orang yang berbeda-beda Tantangan Heterogenesis Tantangan pengiriman dimana perangkat lunak dgn skala besar dan komplek dapat sampai ke tangan pelanggan dgn cepat dan kualitas tetap terjaga

Ada pertanyaan?

Proses Rekayasa Perangkat Lunak Sekumpulan aktifitas yang memiliki tujuan untuk mengembangkan atau mengubah perangkat lunak Pengumpulan spesifikasi Pengembangan Validasi Evolusi

TeknologiInformasi Sosial Pengetahuan lingkungan tentang teknologi informasi dan komputer Social knowlegde dan local knowlegde Batasan pengembangan perangkat lunak

Konversi RPL Konversi Pararel Konversi Langsung Konversi per fase Konversi pilot

Soal Latihan Mengapa RPL sebaiknya fokus pada pelanggan? Mengapa faktor sosial dari Teknologi informasi sering sekali diabaikan oleh pengembang? Bid. Rekayasa perangkat Lunak apakah bagian dari seni atau bagian dari teknik? Jelaskan alasanya