Mata Kuliah HUKUM DAN MASYARAKAT Fakultas Hukum HUKUM DAN MASYARAKAT.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Topik : Struktur Sosial dan Hukum
Advertisements

PANCASILA SEBAGAI TATA NILAI HIDUP BANGSA INDONESIA
Dr. Anwar Ma’ruf, M.Kes., drh Fakultas Kedokteran Hewan Unair
GEOSTRATEGI INDONESIA
Interaksi sebagai proses sosial
Materi kuliah Pemilu dan Perilaku Politik
DASAR NEGARA DAN KONSTITUSI
Hubungan Timbal Balik Antara Lingkungan Pendidikan
BAB VI Negara Hukum TIK: Setelah pertemuan ini, mhs diharapkan dapat:
Masyarakat Madani (Civil Society)
SEJARAH, KEBUDAYAAN, IPTEK DAN MASALAH SOSIAL
Pertemuan 2 Etika Profesi.
METODE DAN PENDEKATAN DALAM STUDI FILSAFAT POLITIK
A. Orientasi Umum : 1. Pelayanan 2. Pelayanan Pendidikan 3
DEMOKRASI PANCASILA Oleh : firdaus sianipar.
KONSEPSI DAN STRATEGI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS NASIONAL
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
BUDAYA DEMOKRASI STANDAR KOMPETENSI :
RULE OF LAW.
Kelompok 2 Nama anggota : Ajeng Bella P. (02) Amalia Utami (03)
DEMOKRASI DAN DEMOKRASI DI INDONESIA
Pancasila sebagai ideologi negara
PANCASILA DALAM KONTEKS KETATANEGARAAN REPUBLIK INDONESIA
Pertemuan ke – 4 HUKUM ADAT DALAM HUKUM TANAH NASIONAL
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
DEMOKRASI ANTARA TEORI DAN PELAKSANAANNYA
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN
Kelompok 5 : Bernandhika Kusuma Putri (08) Dhiana Indah Lestari (13)
Pancasila sebagai ideologi negara
PERANCANGAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN
Sistem Tertutup (Closed System) dan Sistem Terbuka (open System)
NAMA KELOMPOK : Okti Panca Istihanah Ola Desilia Puji Ananda
PANCASILA DALAM KONTEKS KETATANEGARAAN REPUBLIK INDONESIA
PANCASILA DALAM KONTEKS KETATANEGARAAN REPUBLIK INDONESIA
ETIKA BISNIS “Perspektif Etika Bisnis dalam Ajaran Islam (Sudut Pandang) dan Barat, dan Etika Profesi” Nurdesri Wahyu Ningtyas 4EA Fakultas.
“STRUKTUR SOSIAL & HUKUM”
KONSEPSI DAN STRATEGI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS NASIONAL
Dr. Anwar Ma’ruf, M.Kes., drh Fakultas Kedokteran Hewan Unair
PENGERTIAN PARADIGMA Definisi paradigma
Prof. Jawahir Thontowi, SH., Ph.D.
DISIPLIN HUKUM DISIPLIN adalah sistem ajaran mengenai kenyataan dan gejala-gejala yang dihadapi. Disiplin secara umum dapat dibedakan menjadi : Disiplin.
Pancasila sebagai PARADIGMA KEHIDUPAN BERBANGSA & BERNEGARA
Kejahatan di bidang Pasar Modal (Insider Trading)
Demokrasi.
PANDANGAN FILSAFAT TENTANG PENDIDIKAN
TEORI BELAJAR HUMANISTIK
Sosiologi Hukum: Pengantar
BLOK I PROSES BELAJAR & HUMANIORA
BIMBINGAN KONSELING.
MASHAB HUKUM YANG BERPENGARUH TERHADAP SOSIOLOGI HUKUM
KONSTITUSI Pokok Bahasan : Pengertian konstitusi
Hubungan Timbal Balik Antara Lingkungan Pendidikan
etika Fahrobby adnan S.KOM., MMSI
BAB VI Negara Hukum TIK: Setelah pertemuan ini, mhs diharapkan dapat:
KEKUASAAN/ KEDAULATAN
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
DEMOKRASI Antara KONSEP DAN REALITA.
Definisi dan Konsep (Pertemuan Perkuliahan ke 11)
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
KONSEP DASAR “KLAB”.
Substansi Konstitusi Substansi Konstitusi Secara Umum, Negara Indonesia, Negara Liberal dan Negara Komunis.
OTONOMI DAERAH by Dr. Ardiyan Saptawan
Hubungan Timbal Balik Antara Lingkungan Pendidikan
Kedudukan dan Peran Pancasila bagi Bangsa Indonesia
Pancasila sebagai Ideologi Nasional
Bab 6 Pancasila sebagai Etika
KEPRIBADIAN, KONSEP & CITRA DIRI
KONSTITUSI INDONESIA MATA KULIAH KEWARGANEGARAAN.
PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH.
Desentralisasi atau otonomi daerah dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Transcript presentasi:

Mata Kuliah HUKUM DAN MASYARAKAT Fakultas Hukum HUKUM DAN MASYARAKAT

ADA sebuah filosofi hukum yang bunyinya: the rule is made for the people artinya peraturan itu dibuat untuk masyarakat; dalam arti peraturan itu dibuat untuk menjamin keseimbangan antara hak dan kewajiban masyarakat

Perlu diketahui bahwa rule-nya mempunyai watak tetap, sedang people-nya mempunyai watak dinamis. Maka setiap peraturan (termasuk UUD) pada suatu saat akan mengalami gap (tidak cocok lagi). Lagi pula setiap peraturan itu mempunyai sifat seteris paribus, artinya hanya berlaku sejauh/ selama dimaui masyarakat. Kalau masyarakat sudah tidak mau menerima, maka peraturan tersebut, harus diubah. Kalau masyarakatnya telah berubah, maka peraturannya harus juga disesuaikan dengan kebutuhan hukum dan sosial masyarakat.

Menurut Satjipto Raharjo, hukum dan masyarakat tidak bisa dipisahkan, bagi hukum, masyarakat merupakan sumber daya yang memberi hidup (to nature) dan menggerakkan hukum tersebut. Masyarakat menghidupi hukum dengan nilai-nilai, gagasan, konsep, disamping itu masyarakat juga menghidupi hukum dengan cara menyumbangkan masyarakat untuk menjalankan hukum. Kita mengetahui bahwa hukum itu hanya bisa dijalankan melalui campur tangan manusia, sebagai golongan yang menyelenggarakan hukum, maupun mereka yang wajib menjalankan ketentuan hukum. Dengan demikian masuklah aspek perilaku manusia ke dalam hukum.

Dalam karyanya yang lain Satjipto Raharjo berpendapat bahwa hukum bekerja dengan cara memancangi perbuatan seseorang atau hubungan antara orang-orang dalam masyrakat. Untuk keperluan pemancangan tersebut, maka hukum menjabarkan pekerjaannya dalam berbagai fungsi, yaitu: Pembuatan norma-norma, baik yang memberikan peruntukan maupun yang menentukan hubungan antara orang dengan orang Penyelesaian sengketa-sengketa Menjamin keberlangsungan kehidupan masyarakat, yaitu dalam hal terjadi perubahan-perubahan sosial Dari tiga pekerjaan hukum sebagaimana disinggung di atas dapat digolongkan sebagai sarana untuk melakukan kontrol sosial, yaitu suatu proses mempengaruhi orang-orang untuk bertingkah laku sesuai dengan harapan masyarakat. Lebih lanjut Satjipto Raharjo mengemukakan bahwa apabila proses pengontrolan sosial tersebut dihubungkan dengan bagan hubungan sibernetik dari parsons, maka tampak bahwa pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh hukum itu tidak sama sekali otonom, melainkan kait-berkait dengan proses-proses lain yang berlangsung dalam masyarakat. Kait-berkait dalam arti, baik hukum itu mengontrol maupun dikontrol oleh berbagai proses dalam masyarakat ituserta bekerjanya hukum itu dikondisikan pula oleh proses-proses yang memuat energi lebih yang besar.

Suatu hal yang mustahil jika hukum bisa terlepas dan otonom dari unsur-unsur yang lain, oleh karena itu dalam hal ini Sabian Ustman melihat hukum sebagai fakta sosial tidaklah dikonsepsikan sebagai suatu gejala normatif yang otonom dan atau mandiri, akan tetapi sebagai suatu institusi sosial yang selalu membumi secara riil dengan pola-pola dan atau variabel-variabel sosial yang senyatanya hidup dan berkembang serta berakar di masyarakat. Lebih lanjut Sabian berpendapat bahwa ada perbedaan mendasar anatara hukum  sebagai fakta hukum dengan hukum sebagai fakta sosial. Hukum sebagai fakta hukum spekulatif teoritis dan normatif, sementara hukum sebagai fakta sosial bersifat sosiologis’empiris,non-doktrinal dan non-normatif.

Dengan demikian dapat dikatakan bahawa hukum dan dinamika sosial adalah dua hal yang saling melengkapi antara satu dengan yang lainnya. Masyarakat memberi hidup hukum sedangkan hukum mengarahkan masyarakat menuju tujunannya. Sebagaimana pandangan sosiological jurisprudence hukum yang baik adalah hukum yang sesuai dengan hukum yang hidup di dalam masyarakat. Lebih jauh aliran ini berpandangan bahwa kaitannya dengan hukum yang positif,dia hanya akan bisa efektif apabila senyatanya selaras dengan hukum yang hidup di masyarakat dan pusat perkembangan dari hukum bukanlah terletak pada badan-badan legislatif,keputusan-keputusan badan yudikatif atau ilmu hukum, tetapi senyatanya adalah justeru terletak di dalam masyrakat itu sendiri.

Awaludin Marwan yang berpendapat bahwa hukum tidak bisa lepas dari masyarakat secara sosial , hukum dilaksanakan dibuat dan diterapkan atas mandat masyarakat. Sehingga mempelajari hukum pertama-tama hendaknya mempelajari masyarakatnya. Tidak ada hukum tampa ada masyarakat. Lebih lanjut Awaludin Marwan berpendapat bahwa hukum yang baik adalah hukum yang memiliki legitimasi moral dan politik dari masyarakat, yang berisikan keinginan, harapan, kebutuhan dan kebudayaan masyarakat. Hukum yang tidak mengandung hati nurani rakyat, maka ia bukanlah hukum yang baik dan hukum yang terkhir inilah yang harus dikritik dan dirobohkan.

Kegagalan gerakan pembangunan hukum di beberapa negara berkembang dalam konteks tertentu baik dalam arus utama tidak dapat menjawab berbagai persoalan kemasyarakatan yang rumit dan tidak bisa dijawab secara tekstual dan mono disiplin dan dalam kondisi seperti itu penjelasan yang lebih mendasar dan mencerahkan bisa didapatkan secara interdisipliner. Oleh karenanya, dibutuhkan suatu pendekatan hukum yang bisa menjelaskan hubungan antara hukum dan masyarakat. Dalam konteks negara yang sedang berkembang. Studi ilmu hukum harus dapat mengkombinasikan antara ilmu sosial dan ilmu hukum.

Menarik untuk disimak pendapat para ahli hukum sebagaimana di atas, hukum tidak lagi sebagai sebuah musium yang terpajang dilembaga-lembaga hukum melainkan merupakan wujud dari dinamika kehidupan sosial. Berangkat dari pendapat Satjipto Raharjo Bahwa hukum adalah untuk manusia dan bukan hukum untuk hukum merupakan sebuah paradigma baru melihat dan menyikapi hukum yang keberadaannya tidak bisa mengabaikan masyarakat begitu saja.