Grafika Komputer (TIZ10) Grafik 3D Disusun oleh Teady Matius Prodi Teknik Informatika – Universitas Bunda Mulia.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERSAMAAN GERAK LURUS smanda giri.
Advertisements

Bentuk Koordinat Koordinat Kartesius, Koordinat Polar, Koordinat Tabung, Koordinat Bola Desember 2011.
Grafika Komputer (TIZ10)
Materi Kuliah Kalkulus II
Polygon Grafika Komputer.
Grafika Komputer PS Teknik Informatika
Transformasi geometri.  Pemindahan objek (titik, garis, bidang datar) pada bidang.  Perubahan yang (mungkin) terjadi: Kedudukan / letak Arah Ukuran.
Hidden Surface Removal (HSR)
by Ratna Herdiana Koordinat Polar (Ch )
Grafika Komputer (TIZ10)
Grafika Komputer (TIZ10)
Koordinat Kartesius, Koordinat Tabung & Koordinat Bola
D3 Manajemen Informatika 2 DB23
Grafika Komputer (TIZ10)
Grafika Komputer (TIZ10)
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
Koordinat Kartesius, Koordinat Tabung & Koordinat Bola
Grafika Komputer (Defiana Arnaldy, M.Si)
Tujuan Instruksional Umum : Tujuan Instruksional Khusus :
ALJABAR LINIER & MATRIKS
KONSEP DASAR ALJABAR LINEAR
Integral Lipat Dua.
KOORDINAT KUTUB (POLAR) III. Hubungan koordinat kartesius dan kutub
Grafika Komputer PS Teknik Informatika
Koordinat Kartesius, Koordinat Bola, dan Koordinat Tabung
Selamat Bertemu Kembali
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 3D (KONSEP 3 DIMENSI)
Pertemuan 16 Geometri Projektif Sasaran Pengkajian tentang Koordinat-koordinat Luas.
Clipping Edy Mulyanto.
TRANSFORMASI 2D.
PENERAPAN INTEGRAL Menghitung luas suatu daerah yang dibatasi oleh kurva dan sumbu-sumbu koordinat.
Transformasi Geometri Sederhana
Transformasi Geometri Sederhana
※ KOORDINAT KARTESIUS & KOORDINAT KUTUB
Transformasi geometri
Hidden Surface Removal (HSR)
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
Dasar teori dan algoritma grafika komputer
Teknologi Dan Rekayasa TECHNOLOGY AND ENGINERRING
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
3D Elisabeth, S.kom.
Proyeksi.
Matematika Dasar 3 “Trigonometri”
Dasar Matematika untuk Komputer grafik
MENERAPKAN DASAR-DASAR GAMBAR TEKNIK
PENGUKURAN POLIGOON by Salmani, ST.,MS.,MT.
Matakuliah : R0262/Matematika Tahun : September 2005 Versi : 1/1
Sistem Koordinat dan Bentuk Dasar Geometri (Output Primitif)
Matakuliah : R0124 / Teknik Komunikasi Arsitektur
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
ALJABAR LINIER & MATRIKS
SISTEM KOORDINAT SILINDER
M-03 SISTEM KOORDINAT kartesius dan kutub
※ KOORDINAT KARTESIUS & KOORDINAT KUTUB
Pertemuan ke-7 FUNGSI LINIER.
Grafika Komputer Cliping 2 D.
Grafika Komputer Transformasi 2 Dimensi.
Program Studi S-1 Teknik Informatika FMIPA Universitas Padjadjaran
※ KOORDINAT KARTESIUS & KOORDINAT KUTUB
VEKTOR.
Konsep 3D dan Representasi Objek 3D
Ihr Logo Dasar teori dan algoritma grafika komputer.
3D Viewing & Projection.
Koordinat Polar Dalam beberapa hal, lebih mudah mencari lokasi/posisi suatu titik dengan menggunakan koordinat polar. Koordinat polar menunjukkan posisi.
※ KOORDINAT KARTESIUS & KOORDINAT KUTUB
Vektor Proyeksi dari
Pertemuan 17 Proyeksi Parallel dan proyeksi perspective
MODUL.1 DATA SPASIAL DAN DATA NON SPASIAL
※ KOORDINAT KARTESIUS & KOORDINAT KUTUB
Transcript presentasi:

Grafika Komputer (TIZ10) Grafik 3D Disusun oleh Teady Matius Prodi Teknik Informatika – Universitas Bunda Mulia

Definisi 3D Sekumpulan titik-titik 3D yang membentuk bidang muka – bidang muka yang digabungkan menjadi satu.

Sistem Koordinat Titik P(x,y,z) dinyatakan dalam bentuk 3D terdiri dari koordinat x, y dan z

Representasi Obyek 3D dalam layar 2D Titik-titik dinyatakan dalam struktur 3D, sedangkan layar komputer dalam struktur 2D. Sehingga diperlukan konversi dari 3D menjadi 2D. Langkah-langkah: –Ambil vektor dari setiap titik pada face tersebut –Konversikan setiap vektor 3D menjadi titik 2D –Hasil konversi digambarkan polygon Ada dua macam proyeksi untuk menyatakan 3D dalam bentuk 2D: –Proyeksi Paralel –Proyeksi Perspektif

Proyeksi 3D

Proyeksi Paralel

Jika Xp dan Yp adalah koordinat pada proyeksi Garis proyeksi dari (x,y,z) ke (xp,yp) membentuk sudut  dengan garis pada bidang proyeksi  adalah sudut yang terbentuk dari garis proyeksi dengan arah horisontal pada bidang proyeksi Garis proyeksi dinyatakan dengan L Titik P(x,y,z) pada obyek 3D diproyeksikan ke titik P(Xp,Yp) pada bidang 2D –Xp = X + L cos  –Yp = Y + L sin  Dimana –tan  = z / L  L = z / tan  –L 1 = 1 / tan   L = z.L 1 Maka –Xp = X + z.L 1 cos  –Yp = Y + z.L 1 sin 

Matriks untuk Proyeksi Paralel

Proyeksi Perspektif

Prp  Project Reference Point Zvp  view point pada sumbu Zv atau sumbu z pada bidang pandang Parameter u  nilai 0 s/d 1; Jika u=0, maka (x’,y’,z’) = (x,y,z) Jika u = 1 maka (x’,y’,z’) = (0,0,z prp )

Proyeksi Perspektif d p adalah jarak prp dari titik pengamat pada sumbu z. z p = z vp

Visible - Invisible Visible  bidang yang terlihat langsung oleh pengamat Invisible  bidang yang tertutup oleh bidang yang visible Untuk menerapkan Visible dan Invisible dapat dilakukan dg cara sbb –Gambar dahulu bidang yang invisible –Kemudian gambar bidang yang visible

Depth Cuing / pengenalan kedalaman Dengan mengetahui kedalaman suatu bangun kita dapat menentukan bidang visible dan bidang invisible