PERADABAN.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Seminar Pendidikan Agama Islam
Advertisements

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
PERKEMBANGAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DI INDONESIA
Pancasila sebagai Sistem Etika
MASYARAKAT MADANI.
MASYARAKAT MADANI NURUL RIZKY AMALIA
BUDAYA DEMOKRASI MENUJU MASYARAKAT MADANI
MANUSIA SEBAGAI MAHLUK INDIVIDU DAN SOSIAL
3. MANUSIA DAN PERABADAN.
Masyarakat Sipil sebagai Ruang Publik
Pendahuluan Wawasan Budi Luhur
Masyarakat Madani (Civil Society)
PERAN CIVIL SOCIETY DALAM MENEGAKKAN DEMOKRASI DI INDONESIA
Nama Dosen : Bpk Mujiyono
BAB 13 CIVIL SOCIETY.
KAITAN ANTARA KEBUDAYAAN DAN PENDIDIKAN
Manusia dan Peradaban.
TEORI ANTROPOLOGI POSITIVISTIK
DAN KESEJAHTERAAN UMAT
Manusia dan Peradaban I kuliah 4
Kuliah ke-6 Kebudayaan.
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
MPK PEND AGAMA ISLAM UNIV BRAWIJAYA PERT 10
MANUSIA DAN PERADABAN PENGERTIAN PERADABAN HAKIKAT HIDUP MANUSIA
Manusia dan Peradaban.
ILMU SOSIAL dan BUDAYA ABBI NIZAR MUHAMMAD
Pengantar Ilmu SOSIAL KEBUDAYAAN PERTEMUAN 5.
SELAMAT DATANG MAHASISWA BARU UNJ 2016
MASYARAKAT MADANI (CIVIL SOCIETY)
BAB 4 MANUSIA DAN PERADABAN
Manusia dan Peradaban.
MANUSIA DAN PERADABAN.
Manusia & Peradaban.
Manusia dan peradaban.
KONSEP DAN KARAKTERISTIK KOTA SERTA PROSES PEMBENTUKANNYA
KEBUDAYAAN Antarin Prasanthi.
Kebudayaan Minggu 4.
Ilmu Sosial Budaya Dasar KEBUDAYAAN, PERADABAN, DAN SISTEM NILAI BUDAYA Oleh: Iswadi, M. Pd Pendidikan Guru Sekolah Dasar Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu.
WHY KOENTJORONINGRAT PERUBAHAN KEBUDAYAAN ??
Perubahan yang Terjadi pada Masyarakat
Aspek sosial budaya yang berhubungan dengan kesehatan
H.Ghazaly Ama La Nora,S.Ip,M.Si Mercu Buana University
MANUSIA DAN PERADABAN PERTEMUAN KE-4.
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
Masyarakat madani.
Peradaban Awal Indonesia dan Dunia
Pertemuan ke-6 KEBUDAYAAN
WHY KOENTJORONINGRAT PERUBAHAN KEBUDAYAAN ??
Etika Pancasila.
TEORI ANTROPOLOGI POSITIVISTIK
Pertemuan ke-6 KEBUDAYAAN
1. Latar Belakang Manusia disebut sebagai makhluk yang berbudaya tidak lain adalah makhluk yang senantiasa mendayagunakan akal budinya untuk menciptakan.
WHY KOENTJORONINGRAT PERUBAHAN KEBUDAYAAN ??
Matakuliah : O0012 / Pengantar Antropologi Sosial
Agustinus Giyanti Wanda Lioni Pini Septiana Cristy
Manusia dan Peradaban.
Masyarakat Madani Anggota Kelompok : Cholidatul Hasan (06)
ASSALAMMU’ALAIKUM wr.wb
MANUSIA DAN PERADABAN Disusun oleh : Kelompok II Elfiana Ibrahim Wica Nurkasih Nur Asia M Sari Putri Kadevi Wira Amaz Gahari Pascal Adventra.
MASYARAKAT MADANI. WANCAN MASYARKAT MADANI Dalam konsepsi Islam masyarakat madani merujuk pada aktualisasi niilai- nilai Islam dalam al-Qur’an yang diterjemahkan.
Manusia, peradaban, modernisasi dan globalisasi
Manusia dan Peradaban.
ANTROPOLOGI Afmi Fuad.
PENDIDIKAN UNTUK MASYARAKAT MADANI INDONESIA
1 Disampaikan Pada : Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah SMK Muhammadiyah Palu Palu, Juli 2018 ETIKA PERGAULAN DAN KOMUNIKASI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
MANUSIA DAN PERADABAN BAB 4 ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR IIS DEWI LESTARI.
Pertemuan 2 DINAMIKA KEBUDAYAAN
Masyarakat Madani BY Istikomah.
DEMOKRASI (2) MASYARAKAT MADANI.
MANUSIA DAN PERADABAN. KOENTJARANINGRAT : PERADABAN ADALAH BAGIAN2 KEBUDAYAAN YANG HALUS DAN INDAH SEPERTI KESENIAN. PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN YANG.
Transcript presentasi:

PERADABAN

PENGERTIAN PERADABAN Istilah peradaban dalam bahasa Inggris disebut Civilization. Istilah peradaban sering dipakai untuk menunjukkan pendapat dan penilaian kita terhadap perkembangan kebudayaan. Pada waktu perkembangan kebudayaan mencapai puncaknya berwujud unsur-unsur budaya yang bersifat halus, indah, tinggi, sopan, luhur dan sebagainya, maka masyarakat pemilik kebudayaan tersebut dikatakan telah memiliki peradaban

PENGERTIAN PERADABAN Dengan demikian peradaban tidak lain adalah perkembangan kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu yang diperoleh manusia pendukungnya. Dengan batasan-batasan pengertian di atas maka istilah peradaban sering dipakai untuk hasil-hasil kebudayaan (unsur) yang bernilai tinggi dan maju Tinggi rendahnya peradaban suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh faktor: Pendidikan, Kemajuan teknologi dan Ilmu pengetahuan.

HUBUNGAN PERADABAN DAN BUDAYA Fairchild, 1980:41, menyatakan peradaban adalah perkembangan kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu yang diperoleh manusia pendukungnya.

HUBUNGAN PERADABAN DAN BUDAYA Kontjaranigrat (1990 : 182) menyatakan peradaban untuk menyebut bagian dan unsur kebudayaan yang halus, maju, dan indah seperti misalnya kesenian, ilmu pengetahuan, adat sopan santun pergaulan, kepandaian menulis, organisasi kenegaraan, kebudayaan yang mempunyai system teknologi dan masyarakat kota yang maju dan kompleks.

Contoh Peradaban Peradaban Mesir/ Peradaban Sungai Nil 5000-3000 SM Simtem kemasyarakatan/ organisasi sosial Ilmu Pengetahuan Kesenian Bahasa Kepercayaan dsb

PENGERTIAN PERADABAN “Adab” adalah kata asal dari “peradaban” yang artinya akhlak, kesopanan, moral, dan kehalusan budi/ budi luhur (Damono, 2001).

HAKEKAT MANUSIA TERHADAP PERADABAN Manusia memiliki beberapa sifat hakekat kodrati, yaitu sebagai makhluk individu, social (bermasyarakat), dan agamis, sebagai dari bagian dari unsur-unsur adab. Oleh karena itu manusia boleh dikatakan sebagai manusia beradab (memiliki adab) Manusia sebagai makhluk beradab, maka manusia tidak akan lepas dari unsur-unsur yang baik, yang berupa budi pekerti luhur, sebagai ciri-ciri makhuk beradab.

HAKEKAT MANUSIA TERHADAP PERADABAN Manusia beradap yaitu manusia yang memiliki akhlak yang mulia yang berbudi pekerti luhur, memiliki moral yang tinggi. Kebalikannya adalah manusia yang “biadab”. Manusia yang tidak bermoral, kejam keji berperilaku kasar dan tidak berbudi pekerti, jahat.

HAKEKAT MASYARAKAT TERHADAP PERADABAN Masyarakat beradab adalah masyarakat berpendidikan tinggi, sopan dan bebudi pekerti luhur, berakhlak dan berkesopanan serta memiliki rasa toleransi yang tinggi.

Evolusi Peradaban dan Tahapan-Tahapannya The Third Wave Alvin Tofler (1981 : 10-14) 1. peradaban pertanian, dimana dimulai kehidupan baru dari budaya meramu ke bercocok tanam. ( revolusi agraris)

Evolusi Peradaban dan Tahapan-Tahapannya The Third Wave Alvin Tofler (1981 : 10-14) 2. peradaban industri penemuan mesin uap, energi listrik, mesin untuk mobil dan pesawat terbang. (revolusi industri)

Evolusi Peradaban dan Tahapan-Tahapannya The Third Wave Alvin Tofler (1981 : 10-14) 3. peradaban informasi. Penemuan TI dan komunikasi dengan computer atau alat komunikasi digital.

TRADISI DenHann suatu perilaku peradapan yang menyangkut seluruh kehidupan  social,politik ekonomi dan teknik serta ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kegunaan praktis,berperilaku secara tuturun temurun yang diikat oleh adanya hukum ( norma ) adat selalu dipertahankan. Contoh : Orang muda lebih sopan berbicara dengan orang tua menunduk kepalanya Perilaku gotong royong,kuat karena masyarakat basis ekonominya agraris Semboyan biar lambat asal selamat, berakibat kurang bekerja keras

MODERNISASI Prof. Koentjaraningrat (1990:140-141) menyatakan: Modernisasi adalah usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan konstelasi dunia sekarang. Modernisasi yaitu suatu bentuk upaya untuk mengubah masyarakat dan kebudayaannya menuju masyarakat budaya baru ,dari masyarakat tradisional.

MODERNISASI Menurut Gyril Black modernisasi tidak terletak pada watak masyarakat, tetapi pada watak perorangan dan di tandai oleh tumbuh dan berkembangnya ilmu pengetahuan dengan baik, serta pemahaman manusia terhadap rahasia alam  yang di aplikasikan dalam berbagai kegiatan manusia.

MASYARAKAT MADANI Dari penerjemahan kata ‘Civil society’ dikenal di Indonesia sebagai masyarakat sipil, masyarakat warga, masyarakat madani, atau masyarakat adab (Wirutomo,2002). Penekanan konsep ini lebih kepada hubungan antara pemerintah dan rakyat, Negara dan masyarakat. Mayarakat madani (civil society) dapat diartikan sebagai suatu masyarakat yang beradab dalam membangun, menjalani, dan mamaknai kehidupannya

MASYARAKAT MADANI Karakteristik masyarakat madani adalah : Free public sphere (ruang publik yang bebas) Demokratisasi Toleransi Pluralisme Keadilan sosial (social justice) Partisipasi sosial Supremasi hukum