Algoritma dan Flowchart

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pengertian Dasar Logika dan Algoritma
Advertisements

1 MATA KULIAH : “LOGIKA DAN ALGORITMA” PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA DAN PROGRAM CREATED BY: AYU ANGGRIANI H PTIK A 2009 PRODI PENDIDIKAN TEKNIK.
Dosen : Rinci Kembang Hapsari, S.Si
Algoritma dan Flowchart
Algoritma Pemograman 1 A
Pengenalan Algoritma Ardian Maretta Prastiawan, Ssi
ALGORITMA NOTASI 2 FLOWCHART.
Pemrograman Rahmat D.R. Dako, ST, M.Eng.
Materi Flowchart/Bagan Alur.
Flowchart (Diagram Alur)
Pengenalan Algoritma dan Pemrograman
Pengenalan Algoritma dan Pemrograman
Algoritma dan Flowchart
Algoritma dan Pemrograman
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
MODUL 2 STRUKTUR DATA DIAGRAM ALIR DAN ALGORITMA
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Algoritma dan Pemograman 1A
Struktur Data dan Algoritma
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Algoritma dan Flowchart
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Algoritma dan Flowchart
Diagram Alur (Flowhart)
Algoritma Pemrograman
M1. Konsep dasar algoritma & pemrograman
Flowchart (Diagram Alur)
Algoritma dan Pemrograman 1
Algoritma merupakan pondasi yang harus dikuasai mahasiswa yang ingin menyelesaikan masalah secara terstruktur, efektif, dan efisien, khususnya untuk.
Start.
FLOWCHARTING Pertemuan 3 & 4 Muhamad Haikal, S.Kom., MT.
Algortima dan Pemrograman
penyusunan algoritma (flowchart)
MODUL 2.
Dasar Pemrograman dan Komputer
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
SYSTEM FLOWCHART.
LOGIKA & ALGORITMA Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Algoritma.
Flowchart.
Kontrak Perkuliahan Grace L.A. Sihombing
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
SYSTEM FLOWCHART.
PENGENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN
I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Pertemuan 2-3 Bandung Create by Hery Dwi Y
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Algoritma & Pemrograman 1
Pertemuan-I ALGORITMA & PEMROGRAMAN-I.
ALGORITMA DAN FLOWCHART
Pemrograman Terstruktur
LOGIKA & ALGORITMA -Algoritma & Pengenalan Flow Chart
Algoritma & Pemrograman 1
Pertemuan ke 6 Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom
Algoritma dan Flowchart
Pertemuan ke-2 KONSEP ALGORITMA
Algoritma dan Flowchart
Algoritma pemrogaman komputer
Oleh : Pramesthi Handaru
Algoritma Pemrograman
LOGIKA & ALGORITMA KONSEP ALGORITMA & FLOWCHART M. Febriansyah, ST., MT.
Pengertian Dasar Logika dan Algoritma. LOGIKA Pertama kali diperkenalkan oleh Aristoteles (384 – 322 SM) Logika berasal dari kata Yunani kuno λόγος (logos)
FLOWCHARTING Temu 3 dan 4.
LOGIKA & ALGORITMA A LGORITMA & P ENGENALAN F LOW C HART 1.
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
Flowchart (Diagram Alur)
PENGERTIAN DASAR FLOWCHART
PEMROGRAMAN DASAR 3.1 & 4.1 KONSEP, STRUKTUR, PENULISAN ALGORITMA DHARU WIHARTASIH, S.PD SMK PALAPA SEMARANG.
Diagram Alur (Flowhart)
Transcript presentasi:

Algoritma dan Flowchart Diberikan Pada Kuliah Perdana Universitas Gunadarma Lily Wulandari

Objectives Setelah menyelesaikan bab ini, anda diharapkan dapat: • Mengerti tentang algoritma. • Membuat algoritma dari suatu permasalahan. • Mengerti tentang flowchart. • Membuat flowchart dari suatu permasalahan.

Algoritma Adalah inti dari ilmu komputer. Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.

Algoritma Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma. Algoritma adalah urutan-urutan dari instruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah.

Algoritma Langkah-langkah dalam algoritma harus dapat ditentukan bernilai benar atau salah.

Algoritma Algoritma adalah blueprint dari program. Sebaiknya disusun sebelum membuat program. Kriteria suatu algoritma: – Ada input dan output – Efektif dan efisien – Terstruktur

Algoritma Dalam Kehidupan Algoritma adalah jantung ilmu komputer atau informatika. Banyak cabang ilmu komputer yang diacu dalam terminologi algoritma. Algoritma juga digunakan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya resep makanan. Di dalam resep makanan terdapat langkah-langkah yang merupakan algoritma.

Algoritma dalam Kehidupan

Algoritma dalam Kehidupan

Contoh Algoritma 1 Mengirim surat kepada teman: 1. Tulis surat pada secarik kertas surat. 2. Ambil sampul surat. 3. Masukkan surat ke dalam sampul. 4. Tutup sampul surat menggunakan perekat. 5. Jika kita ingat alamat teman tersebut, maka tulis alamat pada sampul surat. 6. Jika tidak ingat, lihat buku alamat, kemudian 7. Tempel perangko pada surat. 8. Bawa surat ke kantor pos untuk diposkan.

Contoh Algoritma 2 Mengupas Kentang untuk Makan Malam 􀂄Ibu Tati mengambil kantong kentang dari rak 􀂄Ibu Tati mengambil panci dari almari 􀂄Ibu Tati mengupas kentang 􀂄Ibu Tati mengembalikan kantong kentang dari rak

Contoh Algoritma 2 (lanjt) Ada hal yang “tergantung”pada sesuatu: 􀂄Ibu Tati mengambil kantong kentang dari rak 􀂄Ibu Tati mengambil panci dari almari 􀂄Lakukan persiapan, gunakan celemek, pakaian tergantung hari 􀂄Ibu Tati mengupas kentang 􀂄Ibu Tati mengembalikan kantong kentang dari rak

Kondisi – dari Alg. 2 Hari Sabtu : 􀂄“Ibu Tati melihat bahwa bajunya tidak berwarna muda karena itu ia tidak memakai celemek”(berarti tidak ada aksi memakai celemek) Hari Minggu: 􀂄“Ibu Tati melihat bahwa bajunya berwarna muda karena itu ia memakai celemek”

Kondisi – dari Alg. 2 Jadi: 􀂄Ambil kantong kentang dari rak 􀂄Ambil panci dari almari 􀂄Depend on warna baju 􀂇berwarna muda : Pakai celemek 􀂇tidak berwarna muda : Tidak pakai celemek 􀂄Kupas kentang 􀂄Kembalikan kantong kentang ke rak

Kondisi – dari Alg. 2 Karena dapat pesanan, maka kentang yg harus dikupas 500 buah 􀂄tergantung pada jumlah kentang yang sudah dikupas 􀂇belum cukup : Kupas 1 kentang 􀂇cukup : selesai Atau: 􀂄while jumlah kentang terkupas belum cukup do 􀂇Kupas 1 kentang

Kondisi – dari Alg. 2 Bisa jadi pada saat mengupas kentang tergantung pada kentangnya, jika rusak / busuk, buang, tidak dikupas Jadi: 􀂄Jika jumlah kentang terkupas belum cukup do 􀂇Tergantung pada kondisi kentang 􀂃Busuk: buang dan cari kentang berikutnya, tidak dihitung 􀂃Tidak Busuk: kupas 1 kentang

Contoh Algoritma 3 Menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap. Masukkan sebuah bilangan sembarang Bagi bilangan tersebut dengan bilangan 2 Hitung sisa hasil bagi pada langkah 2. Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.

Flowchart Bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Merupakan cara penyajian dari suatu algoritma. Ada 2 macam Flowchart : – System Flowchart  urutan proses dalam system dengan menunjukkan alat media input, output serta jenis media penyimpanan dalam proses pengolahan data. – Program Flowchart  urutan instruksi yang digambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program.

Simbol-simbol Flowchart Flow Direction Symbols (Simbol penghubung alur) Processing Symbols (Simbol proses). Input-output Symbols (Simbol input-output)

Simbol-simbol Flowchart

Simbol-simbol Flowchart – Cont.

Pembuatan Flowchart Tidak ada kaidah yang baku. Flowchart = gambaran hasil analisa suatu masalah Flowchart dapat bervariasi antara satu pemrogram dengan pemrogram lainnya. Secara garis besar ada 3 bagian utama: – Input – Proses – Output

Pembuatan Flowchart – cont. Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat. Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.

Pembuatan Flowchart – cont. Selalu dimulai dengan BEGIN: Begin Jangan lupa menggambar garis End

Pembuatan Flowchart – cont. Input / Output Begin Jangan lupa garis Input/output Mungkin anda ingin berkomunikasi dengan pemakai

Pembuatan Flowchart – cont. Proses Begin Input Anda dpt melakukan perhitungan di dlm proses Proses

Pembuatan Flowchart – cont. Begin Input Anda dapat menampilkan hasil di output Proses Output End

Contoh Flowchart

Exercise Bagaimana algoritma untuk menukar isi dari dua gelas? Menghitung usia berdasarkan tahun (saja) lahir dan tahun (saja) sekarang 􀂄Input: Tahun lahir (tl), Tahun sekarang (ts) 􀂄Proses : Umur = ts –tl 􀂄Output : Cetak Umur

Exercise Buatlah flowchart untuk menampilkan deret bilangan berikut : 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13 Buatlah flowchart untuk menghitung konversi suhu dari fahrenheit ke celcius dan reamur dengan nilai fahrenheit diinput.