MOBILITAS PELAYANAN IBADAH SYUKUR AWAL TAHUN 2013 GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI PF. Pdt. A. Letlora 9 Jan 2013.
KPR 2: Mobilitas merujuk kepada ‘ kesiapsiagaan untuk bergerak’. Ini berarti ada gerakan, ada perubahan. Istilah yang sering kita dengar sekarang adalah ‘BLUSUKAN’ – mengunjungi wilayah/tempat yang tidak layak, tidak pantas.
KPR 2:41 Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri di baptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira 3 ribu jiwa. Gladly Receive, apodechomai- menunjuk pada menerima apa yang ditawarkan. Ciri khas Gereja yang bergerak dan berubah adalah menerima apa yang ditawarkan dengan sukacita.
Menerima Injil Dengan sukacita berujung pada : 1. bertekun dalam pengajaran, (ay.42) - "Commited to apostolic teachings. Ada banyak ajaran yang tidak benar dewasa ini. Kelihatan rohani tetapi tidak terpaut pada ajaran rasuli.
Amsal 19:27 berbunyi: "Hai anakku, jangan lagi mendengarkan didikan, kalau engkau menyimpang juga dari perkataan-perkataan yang memberi pengetahuan". Tetapi ini kurang tepat terjemahannya. NIV: "Stop listening to instruction, my son, and you will stray from the words of knowledge" (= berhentilah mendengar instruksi, anakku, dan engkau akan tersesat dari kata-kata pengetahuan). NASB: "Cease listening, my son, to discipline, and you will stray from the words of knowledge" (= berhentilah mendengar, anakku, pada disiplin, dan engkau akan tersesat dari kata-kata pengetahuan). Ayat ini menjamin, bagaimanapun hebatnya saudara belajar Firman Tuhan, masuk sekolah theologia sekalipun, kalau saudara berhenti, saudara akan tersesat! belajarlah Firman Tuhan secara rutin, jangan hanya kadang-kadang!
Ada 2 orang anak, yang pertama diberi makan biasa secara rutin (3 x sehari), yang kedua diberi makanan istimewa (di restoran yang termahal) tetapi hanya 3 bulan sekali. Yang mana yang bertumbuh? DEMIKIAN JUGA FIRMAN TUHAN SEBAGAI SANTAPAN HARIAN BUKAN SANTAPAN TRIWULAN ATAU SEMESTER.
INI BERARTI MOBILITAS PELAYANAN HANYA TERJADI KETIKA DASARNYA ADALAH AJARAN YANG BENAR YANG BERSIFAT CRISTOCENTRIS YAITU : KURBAN DAN BUKAN KORBAN.
2. Terkait & terhubung dalam kelompok (ay. 42, 36) - Connected PERSEKUTUAN-KOINONIA: ITU BERARTI KONTRIBUSI, PARTISIPASI. ITU BERARTI MOBILITAS PELAYANAN DIWUJUDKAN JUGA DALAM PARTISIPASI SEMUA ANGGOTA.
Bagaimanakah caranya berpartisipasi ? BANYAK DAN TERBAIK. BANYAK – SEBAB BANYAK YANG SUDAH KITA TERIMA DARI TUHAN. TERBAIK – SEBAB YANG TERBAIK SUDAH KITA TERIMA DARI TUHAN.
Semua partisipasi itu membuat umat terhubung, connected. Mereka terhubung dalam kekudusan. Mereka berdoa: jika doa adalah gaya hidup maka umat yang bersekutu adalah gaya hidup. Ini berarti ke gereja bukan kewajiban. Ke KRT bukan kewajiban.
3. Ayat Rasul-rasul mengadakan banyak mujisat-confirmation and caring. Pada jemaat mula-mula selalu ada kesaksian hidup. Berita, visi, dan misi dari gereja perdana diteguhkan dengan (confirmed by) hadirnya tanda-tanda dan mujizat. Pada jemaat mula-mula selalu ada kepedulian yang sifatnya eksternal. Kehadiran mereka bukan untuk mereka sendiri tetapi juga di ‘ruang publik’.
Itu berarti MOBILTAS PELAYANAN SELALU MENGALAMI PENEGUHAN ALLAH DAN HADIR BAGI BANYAK ORANG. ALLAH MENEGUHKAN PELAYANAN GEREJA SEHINGGA BANYAK ORANG MENGALAMI MANFAAT KEHADIRAN GEREJA.
DISUKAI SEMUA ORANG – CHARIS : THANKS FOR BENEFITS, SERVICES, FAVOURS. Akibat aktivitas mereka itu. 1) Mereka disukai semua orang (ay 47). Pada waktu menafsirkan ayat seperti ini, kita juga harus memperhatikan ayat-ayat seperti: Mat 10:34-36 Yoh 15: Tim 3:12. Jadi, kata-kata ‘semua orang’ dalam ay 47 tidak boleh dimutlakkan. Harus diartikan ‘banyak orang’, karena pasti ada juga yang membenci mereka. 2) Gereja bertumbuh (ay 47). Ini merupakan pekerjaan Tuhan (ay 47 bdk. 1Kor 3:6-7).
KESIMPULAN APAKAH KITA MAU GEREJA INI MENGALAMI PERTUMBUHAN ? KALAU YA MAKA ……..Gereja ‘merah’ gpib immanuel probolinggo. KALAU TIDAK MAKA ………. AMIN