GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
©2006 TBBMI SEKARANG DATANGLAH GAGASAN BESAR “LALU APA SIGNIFIKANSI NYA!” 01 1.
Advertisements

HUKUM ALLAH DAN HUKUM KRISTUS
WE ARE FAMILY PDT. ALEX LETLORA GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI.
KEMAMPUANKU TERBATAS Kelas VII Oleh: L. Atrik Wibawa.
KRISTUS DAN HUKUM DALAM KHOTBAH DI ATAS BUKIT
KERAJAAN SERIBU TAHUN PASAL 20.
Berjalan Bersama Dengan Allah Jemaat adalah Pengantin Kristus
Teologi Alkitab Perjanjian Lama
Lesson 1 for April 5, Yesus dan para rasul hidup pada abad ke-1. Ada beberapa jenis hukum yang mengatur bangsa Yahudi pada saat itu: 1.Hukum manusia:
Tujuan Pelayanan Setiap peserta pelatihan ini dipersiapkan untuk mengambil bagian dalam perintisan satu jemaat setempat atau jaringan jemaat setempat yang.
MATERI BINA SUAMI-ISTRI GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
ANAK Lesson 2 for July 12, 2014.
LANGIT YANG BARU DAN BUMI YAN BARU
BAGAIMANA SUPAYA DISELAMATKAN
WAHYU 7 ORANG-ORANG YANG DIMETERAIKAN DARI BANGSA ISRAEL DAN
Tugas Praktikum 1 Dani Firdaus  1,12,23,34 Amanda  2,13,24,35 Dede  3,14,25,36 Gregorius  4,15,26,37 Mirza  5,16,27,38 M. Ari  6,17,28,39 Mughni.
“Kuutus kau mengabdi bagi-Ku...” Yehezkiel 3 : 4-21
“I Care !” PA Interaktif GKI Cinere Selasa, 2 April 2013.
BAGAIMANA MENGENAL ALLAH
A Presentation of The Bible…Basically Ministries International Inc. Fort Worth, Texas 01 ©2003 TBBMI
THE REAL FREEDOM IN GOD’S KINGDOM
©2003 TBBMI SEKARANG DATANGLAH GAGASAN BESAR “LALU APA!” 01 1.
Perjalanan ke Emaus.
“UCAPAN BAHAGIA” Matius 5 :
GEREJA.
GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
JANJI DOA Pelajaran 10 Maret 10, 2012.
‘LAKUKAN KEHENDAK-NYA, JANGAN TUNDA’.
TUHAN ATAS HARI SABAT Pelajaran 7 untuk February 18, 2012.
Materi KAM GPIB JEMAAT IMMANUEL, BEKASI.
ANAK DOMBA BERDIRI DI BUKIT SION Dan TUAIAN DI BUMI
Surat Yakobus Pdt. Alex Letlora
MENJADI DAN MELAKUKAN Lesson 4 for October 25, 2014.
Baptisan Roh Kudus Bacaan: Kis 2:1-13.
Menghadapi masa sukar dalam kehidupan
PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN(PAK) Kelas X Semester Ganjil 2007/2008
Luas Daerah ( Integral ).
BERPIKIR IDEALIS DAN BERTINDAK REALISTIS.
Kualitas Penginjilan Jemaat Pertama
PASAL 19 NYANYIAN ATAS JATUHNYA BABEL, PERJAMUAN KAWIN ANAK DOMBA,
PEMINDAHAN HAK DENGAN INBRENG
Fungsi Invers, Eksponensial, Logaritma, dan Trigonometri
GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI
Selamat Datang Dalam Kuliah Terbuka Ini
14 MEI GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI Oleh : Pdt. A. Letlora
GPIB Immanuel Bekasi, 22 APRIL 2013 PDT. ALEX LETLORA.
Serial Tokoh Alkitab SILAS
TRITUNGGAL MAHA KUDUS ALLAH BAPA ALLAH PUTERA ALLAH ROH KUDUS.
BULAN KITAB SUCI NASIONAL 2011 “MENDENGARKAN TUHAN BERCERITA” "Aku mau membuka mulut-Ku mengatakan perumpamaan, Aku mau mengucapkan hal yang tersembunyi.
BERDOA LEWAT PARA KUDUS
Kasih kristus sebagai motivasi dan inspirasi
GPIB JEMAAT IMMANUEL BEKASI
DIBEBASKAN OLEH KEBENARAN
MARIA Kitab Suci sama sekali tidak memberikan informasi mengenai siapa sesungguhnya ayah kandung Maria. Hanya Proto Injil Yakobus (Injil apokrip dari abad.
NILAI-NILAI KRISTIANI
“Immanuel” Metode Pembelajaran Yesus Sang Guru Agung Oleh:
Materi “Kelas Alkitab Malam” KITAB DANIEL
MATERI KAM GPIB JEMAAT IMMANUEL BEKASI 16 AGUSTUS 2010
Presentasi dari The Bible…Basically Ministries International Inc. Fort Worth, Texas 01 ©2006 TBBMI
Injil Lukas Pendahuluan Daftar isi. Injil Lukas Pendahuluan Daftar isi.
Bab VI MASYARAKAT.
RUFUS GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI. Rufus Salam kepada Rufus, orang pilihan dalam Tuhan, dan salam kepada ibunya, yang bagiku adalah juga ibu. (Rom.
KISAH PARA RASUL Kazebo, 3 September 2012 Pdt. A. Letlora.
09 JULI 2012 GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI Pdt. Alex Letlora
HERMOGENES, DEMAS DAN APELLES.
Komisi Kesejahteraan Keluarga
PENDAFTARAN TANAH Pendaftaran Tanah (Pasal 1 angka 1 PP No.24 Th 1997)
Kebangkitan dan Transformasi
ALKITAB/KITAB SUCI (LANJUTAN)
YESUS MEWARTAKAN KERAJAAN ALLAH
Transcript presentasi:

GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI KITAB MATIUS GPIB JEMAAT IMMANUEL DI BEKASI

Matthew’s Gospel portrays a powerful and living person – Jesus Christ the Messiah…… we are invited to become a part of the story of Jesus, Son of Man and Son of God

Kitab ini ditulis dalam bahasa Yunani rakyat (koine), yang menunjukkan bahwa sekalipun ditujukan kepada orang Yahudi, saat Yesus hidup bahasa Yunanilah yang berlaku sebagai bahasa percakapan rakyat di Palestina disamping tentu saja bahasa 'dialek lokal' Aram. Isinya sangat sistematis dan paling lengkap . Ini menunjukkan kebiasaan seorang administrator yang cermat dan menunjuk pada seorang pemungut cukai (?).

Tema Injil Matius yang utama adalah Kerajaan Surga Tema Injil Matius yang utama adalah Kerajaan Surga. Tema ini merupakan pengejawantahan Kedaulatan Allah atas orang percaya. Di dalam Yesus, Kerajaan Surga sudah hadir dan berdiam di tengah-tengah dunia ini. Dengan demikian, setiap orang yang percaya kepada Yesus adalah anggota Kerajaan Surga. Kitab ini sering disebut sebagai kitab Injil Kerajaan, sebab ditemui 33X istilah Kerajaan Sorga, dan 4X Kerajaan Allah.

Injil Matius disusun sedemikian rupa sehingga tema Kerajaan Surga ini menjadi fokus utama. Lima pokok bahasan di sekitar tema ini menjadi pilar utama struktur Injil Matius. Sedangkan, kisah-kisah di seputar kehidupan dan karya Tuhan Yesus menjadi narasi yang berpuncak pada tema tersebut

Siapakah para murid ? Mereka yang mengakui mengikut Dia di depan publik (10:32-33) Melakukan hal baik di depan publik (5:13-16) Mendengar dan mengerti perkataan Yesus (13:13-15, 19, 23, 51) Memahami dan taat pada perkataan Yesus dan mengalami pertumbuhan kearah yang sempurna ( 5:48, 17 : 13 )

Bahasa yang dipakai adalah bahasa Aram. Matius  Etnis: yahudi Bahasa yang dipakai adalah bahasa Aram.

INJIL MENURUT MATIUS Injil Matius sangat berbeda dengan Markus maupun Lukas dan terdapat sejumlah ciri khas yang dipengaruhi oleh waktu penulisan maupun penulisnya. A. Beberapa ciri khas Matius ialah: Struktur. Injil ini tersusun rapi dan terbagi atas beberapa pokok. Setiap bagian injil ini memiliki gabungan bahan cerita dan pengajaran secara seimbang.

Matius membagi kitabnya dalam 5 bagian besar seperti 5 Kitab Musa. Bagaimana Matius berusaha meyakinkan orang Yahudi bahwa Yesus adalah Mesia yang dijanjikan dalam Perjanjian Lama ? Matius membagi kitabnya dalam 5 bagian besar seperti 5 Kitab Musa.

John Drane ,Stirling University ,Scotland 1.Hukum Baru – cerita( 3 – 4 ) pengajaran ( 5 – 7 ) 2.Pemuridan Kristen – cerita ( 8:1 – 9 :34 ) pengajaran ( 9:35 – 10:42 ) 3. Makna Kerajaan – cerita ( 11 – 12 ) pengajaran (13: 1 – 52 ) 4. Jemaat – cerita ( 13 : 53 – 17 : 27 ) pengajaran (18 ),tertib. Disiplin, ibadah. 5. Penghakiman – cerita ( 15 – 22 ) pengajaran ( 23 – 25 )

5 Sections of Matthew – Reflect the Torah Khotbah di Bukit (Chapter 5-7) Pengutusan 12 murid. (Chapter 10) Perumpamaan (Chapter13) Perintah kepada setiap orang dalam persekutuan (Chapter 18) Eskatologis (Chapter 24-25)

Alasan utama pembagian secara garis besar di atas adalah : ADANYA PERNYATAAN ‘ DAN SETELAH YESUS MENGAKHIRI PERNYATAAN INI ……’ ditemukan 5 kali dalam Injil Matius pada ayat – ayat yang sesuai dengan akhir dari bagian tersebut ( Mat. 7: 28, 11:1, 13 : 53, 19:1 dan 26:1 ).

B. Perjanjian Lama Mat. Menekankan PL secara khusus sebagai penggenapan janji-janji yang dibuat Allah kepada Israel. Sekalipun tidak tepat tetapi Mat. menyatakan hubungan antara PL dan kitabnya, 2 : 15 bd. Hos.11 : 1 Istilah Kerajaan Allah diganti dengan Kerajaan Sorga ( 3 : 2 ; 4 : 17 – Mark.1:15, 13 : 24,31,33,44,45,47 – Mark 4: 26, 30 )

Dengan menempatkan Yesus sebagai ‘Musa Yang Baru’ maka Matius hendak menjangkau setiap orang yahudi dalam persekutuan yang baru. Sekalipun diseluruh bagian Injil Matius tidak pernah dikatakan bahwa Yesus adalah Musa kedua

C. Ke-Universal-an Injil Di Matius dapat dijumpai kecaman Yesus yang paling keras tentang kemunafikan orang Farisi ( Mat.23 : 1 – 36 ). Hal ini menjadi indikasi bahwa karya Allah tidak dibatasi dalam komunitas tertentu Penyembahan orang majus (non yahudi) pada kelahiran Yesus adalah contoh eksplisit tentang universalitas Matius. Amanat Agung yang diberikan Yesus kepada murid-murid ( 28 : 16 – 20 ) memperlihatkan puncak dari sifat universal kitab Mat.

D. Eskatologi Matius Menyatakan pentingnya penantian kedatangan Yesus kembali sebagai tanggapan atas keraguan umat ( Mat.24 , 25 : 13 ). Perumpamaan tentang 10 gadis penunggu mempelai menekankan bahwa peristiwa kedatangan Yesus kembali adalah masalah serius.

E. Jemaat. Hanya dalam Matius ada istilah ‘jemaat’ – ekklesia ( 16: 18, 18:17 ). ( Christian community, the qahal or ecclesia, “assembly.” Eksistensi jemaat tidak terlepas dari pengakuan yang terjadi secara sukarela ( Petrus, 16 : 16) maupun ‘terpaksa’ (Kepala Pasukan 27 : 54 )

B. Penulis dan Waktu Penulisan. Tradisi gereja berabad-abad meyakini bahwa Matius murid Yesus sang pemungut cukai adalah penulis ( 9:9, 10:3) Mat. 22 : 7 tentang kota yang terbakar dipahami sebagai Yerusalem , sehingga dapat ditafsirkan bahwa Matius ditulis antara th. 72 – 85.

C. Tujuan Penulisan Matius menyatakan kehadiran Yesus sebagai perwujudan janji Allah disini terjadi kontinuitas dan diskontinuitas. Relasi yahudi – yahweh digantikan dengan relasi gereja – Mesias / Kristus Peristiwa perempuan kanaan dalam Mat.15:21-28 menunjukkan adanya perubahan dari pemikiran yang eksklusif menjadi inklusif melebihi berbagai hambatan istilah.

Kematian dan kebangkitan Yesus adalah bentuk keterlibatan Allah disejarah kehidupan manusia yang tidak dieliminasi oleh berbagai atribut ( Yairus 9: 18, penyembuhan hamba perwira 7: 6- 8) Melalui kehadiran Yesus terbukalah suatu gagasan baru tentang taurat yang tidak asing bagi yahudi namun pelaksanaannya tidak secara konsekuen ( mat. 22 : 15 – 22).

Pembaruan yang terjadi tidak hanya dalam formalitas – legalistik namun bertolak dari kesadaran untuk mengasihi ( Mat.22 : 37 – 40 )

Apakah pandangan tentang : Kedatangan Yesus kembali ? Pemuridan ? Universalitas Injil ? Apakah yang perlu kita lakukan ? Tuhan Yesus Memberkati