Tugas Besar Input & Transformasi

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Komponen Antarmuka Grafis. Indrawani S/SPK/ GRAFIS • Grafis menjadikan presentasi informasi lebih jelas dalam mengungkapkan arti dari data dan dapat.
Advertisements

Mengoperasikan Perangkat Lunak Presentasi
Pengenalan Program Macromedia Flash
PERBEDAAN PIXEL DAN VEKTOR
SEDERHANA MENCAKUP KONEKSI KE DATABASE
MENGETIK DOKUMEN SEDERHANA
DASAR-DASAR MICROSOFT WORD
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
Matrik dan Ruang Vektor
IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI
Pokok Bahasan Pertemuan 3:
Grafika Komputer (TIZ10)
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
GRAFIKA KOMPUTER (Computer Graphics) Dosen : Abdullah Basuki R.,S.Si, M.T. Web blog : abdullabasukiumsida.wordpress.com
VISUAL BASIC.NET Apa Itu VB.NET ?
Komponen Antarmuka Grafis
Merancang User Interface
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 4 SKS
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
Identitas dosen Suherman, ST Address: Cilegon Mobile : Ym: leeput Blog:
PEMBUATAN TABEL DENGAN STAROFFICE DISUSUN OLEH : M.S. HERAWATI, Skom
Komponen Antarmuka Grafis
Grafika Komputer PS Teknik Informatika
Koordinat Kartesius, Koordinat Bola, dan Koordinat Tabung
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
PIXEL VS VEKTOR.
Pertemuan 11 Interaksi User Diadaptasi dari paint.c E. Angel.
Pendahuluan Microsoft Excel (MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan.
1 Pertemuan 08 Diagram / Chart Matakuliah: F0562 / Lab Pengantar Aplikasi Komputer Tahun: 2005 Versi: 1 / 0.
Pengantar Grafika Komputer
Graphical User Interface (GUI)
Mengubah Jenis, Ukuran, Cetak Tebal-Miring, dan Warna pada Huruf
TRANSFORMASI 2D.
MICROSOFT EXCEL 2003 UNTUK KELAS VIII SEMESTER GENAP ( KD 1 )
Pengantar Komputer Grafik
Transformasi Geometri Sederhana
Transformasi Geometri Sederhana
Penataan Lay Out Pertemuan 26
VISUAL BASIC.NET Apa Itu VB.NET ?
KOMPUTER GRAFIS VIDEO TOPIK 4 MENGGAMBAR BENTUK DUA DIMENSI
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
MENAMBAH ANIMASI, SOUND, MOVIE
ANALISIS DAN IMPLEMENTASI TRANSFORMASI TIGA DIMENSI Siti Aminah,
Grafika Komputer Edy Santoso, S.Si., M.Kom
Dasar Matematika untuk Komputer grafik
Microsoft Power Point.
Aljabar Linier dan Matriks
Aljabar Linear Elementer
Dasar Komputer & Pemrog. 2B
IF37325P - Grafika Komputer Silabus dan Rencana Perkuliahan
Algoritma dan Pemrograman 2A
Graphical User Interface (GUI)
KOMPUTER GRAFIKA TRANSFORMASI 2D (ROTASI DAN SHEARING)
Materi Praktikum Algoritma dan Pemrograman 2A PJ : Darmadi 14 Mei 2010
KOMPUTER GRAFI KEHUMASAN TOPIK 4 TRANSFORM DAN MODIFIKASI OBYEK
Matakuliah : T0074 / Grafika Komputer
Mahasiswa mampu memecahkan persoalan
Digital Image Processing
Aljabar Linier dan Matriks
TUJUAN INSTRUKSIONAL MATERI PERKULIAHAN BUKU REFERENSI QUIZ
DIMENSI DUA transformasi TRANSLASI.
SEMESTER PENDEK INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta, 11650
Kelas 1.C Nina Ariani Juarna Ghia Mugia Wilujeng Faujiah Lulu Kamilah.
ANALISIS ALGORITMA DALAM PENERAPAN GAMBAR
Pengantar Kuliah: Grafika Komputer
TRANSFORMASI OBYEK Menggunakan Program Corel Draw 11 9/17/2018.
ULANGAN SELAMAT BEKERJA Mata Pelajaran : Matematika
MENGGUNAKAN SISTEM OPERASI ( OPERATING SYSTEM )
Transcript presentasi:

Tugas Besar Input & Transformasi Pertemuan 11 Hand out Komputer Grafik

Mahasiswa mampu menghasilkan aplikasi Komputer Grafik sederhana TIU: Mahasiswa mampu menghasilkan aplikasi Komputer Grafik sederhana (2) Mampu menggunakan aplikasi pengolah grafis 3D untuk membuat animasi 3 dimensi sederhana (C3,P3) (1) Mampu menjelaskan konsep dasar grafika di komputer (C2) Entry Behaviour Memahami konsep pemrograman berorientasi Obyek (3) Mampu menganalisa aplikasi pengolah grafis yang menampilkan gambar 2 dimensi (C4,P3) (4) Mampu menghasilkan aplikasi pengolah grafis yang memiliki kemampuan mentransformasi obyek vektor dan berinteraksi dengan pengguna (C5,P3) (5) Mampu menghasilkan aplikasi pengolah grafis yang memiliki kemampuan mengatur viewing dan shading (C5,P3) Memahami konsep Vektor, Persamaan Linier, Matrik, dan Determinan

Bahasan Pokok: Konsep transformasi dan input pada Open GL API Sub: Tugas Besar 3

Tugas Besar 3 Buat program Spinning Checkerboard: Checkerboard hasil Tugas Besar 2 diputar searah jarum jam. Sumbu putar ada di titik tengah kotak

Tugas Besar 3 Ketika tombol mouse kanan ditekan, muncul menu pop-up Size +  ukuran checkerboard bertambah besar -  ukuran checkerboard mengecil Speed Increase  kecepatan putar bertambah Decrease  kecepatan putar berkurang Exit  terminasi program

Tugas Besar 3 Ketika tombol mouse tengah ditekan, muncul menu pop-up X  Checkerboard berputar pada sumbu X Y  Checkerboard berputar pada sumbu Y Z  Checkerboard berputar pada sumbu Z

Penilaian Tampil checkerboard 10 Checkerboard berputar searah jarum jam pada tengah kotak 25 Muncul menu ketika tombol mouse kanan ditekan 5 Menu size berfungsi dengan baik 10 Menu speed berfungsi dengan baik 10 Menu exit berfungsi dengan baik 5 Muncul Menu ketika tombol mouse tengah ditekan 5 Menu x berfungsi dengan baik 10 Menu y berfungsi dengan baik 10 Menu z berfungsi dengan baik 10

Referensi Edward Angel, “Interactive Computer Graphics Fourth Edition”, Pearson, 2006, ch 3, p 99 – 156, ch 4, p 157 – 231 F. S. Hill, Jr., “Computer Graphics Using OpenGL Second Edition”, Prentice Hall, 2001, ch 2, p 63 – 67, ch 5, p 209 - 258