Pembuatan Prototipe Perangkat Lunak

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pembuatan Prototipe Perangkat Lunak HARJANTO SUTEDJO 8/19/20141HARJANTO SUTEDJO - UNIVERSITAS GUNADARMA.
Advertisements

Proses-proses Perangkat Lunak
Rapid software development
Pemrograman Generasi Ke 4
Algoritma & Pemrograman 2 B M1 1 ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 B Created by.Winda Widya A.
Pengkodean Perangkat Lunak
Oleh Ardian M. Prastiawan 9/12/2014 2:00:42 PM1. Materi 9/12/2014 2:00:42 PM2 1. Mangenal Delphi – 2 x Pertemuan 2. Mengenal IDE – 3 x Pertemuan 3. Object.
Interaksi Manusia dan Komputer
Sasaran Menjelaskan apa yang dimaksud model proses
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Rekayasa Web Ch. 5 Pendekatan Pengembangan Aplikasi Web
Protyping IMK-M5.
PERENCANAAN PROSES PERANGKAT LUNAK
PEMROGRAMAN APLIKASI BISNIS I (VISUAL STUDIO 2010)
Pengertian Microsoft Access
Nama Kelompok JUNIAR AJI SAPUTRA IFANKA AJI SAPUTRO HABIBUL hAKIM.
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
Minggu 1…… Page 1 MINGGU Ke Satu Pemrograman Visual 2 Pokok Bahasan: Mengenal Web dengan ASP Tujuan Instruksional Khusus: Mahasiswa akan dapat menjelaskan.
Perancangan Perangkat Lunak
PROSES-PROSES PERANGKAT LUNAK
KEBUTUHAN APLIKASI WEB
Spesifikasi Perangkat Lunak
Interaksi Manusia Dan Komputer
Perangkat Lunak 1.
Model Proses Perangkat Lunak
proses PERANGKAT LUNAK
Pemrograman Visual I Outline: Pengenalan bahasa C#
Rekayasa Perangkat Lunak Model Proses PL
PENDEKATAN PADA PENGEMBANGAN APLIKASI WEB
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
PERANCANGAN INTERFACE USER
Interaksi Manusia & Komputer Prototyping
Louis Bertrand Secondra
Pengkodean Perangkat Lunak
Prototyping
Tahapan Proyek Pembuatan Situs Web
Manajemen Konfigurasi Perangkat Lunak
Dasar Komputer dan Pemrograman 2B Latifaturrachmaniah
PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
Latihan Soal 1. Dalam membagun aplikasi tidak lepas dari SDLC(System Development Life Cycle), yang tidak masuk dalam kategori tahapan SDLC adalah a. Analisa.
PROSES REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pemrograman Visual (Borland Delphi 7.0)
Prescriptive Process Models
Tinjauan Ringkas Konsep Basis Data
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1 B
PERTEMUAN 2 Proses Pengembangan Perangkat Lunak
Pemrograman Generasi Ke 4
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 B
Pertemuan 1 PENDAHULUAN.
KONSEP BAHASA PEMROGRAMAN GENERASI KEEMPAT
Pertemuan 1 Pemrograman Visual Intro ‘n Delphi Intro
SDLC Pertemuan 1 Dosen Pengampu: Sandfreni
Pemrograman Generasi Ke 4
Pengenalan Borland Delphi 7.0
REKAYASA WEB Development Process
Pertemuan Kedelapan Proses desain
Dwi apri wahyu prayogo NIM ;
Interaksi Manusia dan Komputer (Proses Desain)
Prototyping Deskripsi Desain  Bagaimana kita menyatakan dengan cepat gagasan-gagasan desain ?  Tidak ada koding.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 B
Rekayasa Perangkat Lunak
Paradigma Rekayasa Perangkat Lunak
MODEL PROSES PERANGKAT LUNAK
Pengkodean Perangkat Lunak
Pengkodean Perangkat Lunak
Pengkodean Perangkat Lunak
SAPUTRA MAY SANDI TANDIALI  4GT INI ADALAH METODE PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK GENERASI KEEMPAT.  PERANGKAT SOFTWARE YANG DAPAT MEMPERMUDAH.
Transcript presentasi:

Pembuatan Prototipe Perangkat Lunak

Prototipe mendukung dua kegiatan proses rekayasa persyaratan Elisitasi persyaratan: user bereksperimen untuk melihat bagaimana sistem dapat mendukung pekerjaan mereka dan memberikan usulan atau ide-ide baru. Validasi persyaratan: Prototipe dapat menunjukkan kesalahan-kesalahan atau ketidak-sesuaian yang mungkin terjadi.

Keuntungan Prototipe Mengurangi kesalahpahaman antara pengembang dan user Menemukan persyaratan yang tidak lengkap Sudah dapat ditunjukkan bahwa sistem sudah bekerja Digunakan sebagai dasar penulisan spesifikasi untuk kualitas produksi

Proses Pengembangan Prototipe Tentukan Tujuan Prototipe Definisi Fungsionalitas Prototipe Pengembangan Prototipe Evaluasi Prototipe Rencana Pembuatan Prototipe Definisi Outline Prototipe Yang Dapat Digunakan Laporan Evaluasi

Prototipe Pada Proses Perangkat Lunak Pembuatan Prototipe Evolusioner System yang diserahkan Persyaratan Outline Pembuatan Prototipe Throw-Away Prototipe yang dapat dijalankan + spesifikasi sistem

Tujuan Pemrograman Evolusioner dan Throw-away Menyerahkan sistem kepada user untuk menjalankan semua prioritas utama. Throw-Away: Mem-validasi dan menurunkan persyaratan sistem.

Pembuatan Prototipe Evolusioner Pengembangan Spesifikasi Abstrak Pembuatan Sistem Prototipe Penggunaan Sistem Prototipe TIDAK Sistem Memenuhi Syarat? Penyerahan Sistem YA

Keuntungan Prototipe Evolusioner Penyerahan sistem yang dipercepat, sehingga dapat diantisipasi keterlambatan karena perubahan sistem. Keterlibatan user dengan sistem lebih awal dan lebih lama, sehingga menumbuhkan kepercayaan user.

Spesifikasi Prototipe Evolusioner Proses spesifikasi, perancangan dan implementasi yang tumpang tindih. Sistem dikembangkan dalam inkremental Teknik-teknik pengembangan sistem yang cepat User Interface dikembangkan menggunakan pengembangan interaktif.

Masalah Utama Dalam Pembuatan Prototipe Evolusioner Masalah manajemen, khususnya dalam ketersediaan tenaga Masalah pemeliharaan menjadi lebih sulit Masalah kontrak.

Pembuatan Prototipe Throw-Away Persyaratan Outline Pengembangan Prototipe Evaluasi Prototipe Spesifikasi Sistem Komponen yang dapat dipakai Pengembangan Perangkat lunak Validasi Sistem Penyerahan Sistem Perangkat Lunak

Masalah Dalam Pembuatan Prototipe Throw-away Fitur-fitur penting bisa dihilangkan dari prototipe untuk menyederhanakan implementasi yang cepat Implementasi tidak mempunyai kedudukan legal sebagai kontrak Persyaratan non-fungsional seperti keandalan, ketahanan dan keselamatan tidak dapat diuji dengan memadai.

Manfaat lain dari Prototipe Throw-away Prototipe tidak harus perangkat lunak yang dapat berguna pada proses rekayasa persyaratan Tiruan interface user dari sistem menggunakan kertas terbukti membantu user menyempurnakan desain interface dan skenario pemakaian (Rettig, 1994). Perluasan dari teknik ini adalah prototipe “Wizard of Oz” (Sommervile & Sawyer 1997).

Teknik Pembuatan Prototipe Yang Cepat Pengembangan bahasa tingkat tinggi dinamik (Java dan .NET mengarah ke sini). Pemrograman Database Perakitan komponen dan aplikasi

Pengembangan Bahasa Tingkat Tinggi Dinamik Bahasa pemrograman yang mencakup fasilitas manajemen data run-time yang sangat ampuh. Penggunaan bahasa campuran (lebih dari satu bahasa pemrograman) terkadang dibutuhkan untuk sistem yang besar.

Pertanyaan-pertanyaan Dalam Memilih Bahasa Pemrograman Apa domain aplikasi yang akan dibangun? (Object Oriented, Logic. List Based, Database…) Interaksi User apa yang dibutuhkan? (teks based, graphics based, aplikasi windows, aplikasi web …) Lingkungan pendukung apa yang disediakan dengan bahasa tersebut? (komponen, object/class, library …)

Pemrograman Database Semua sistem manajemen komersial menggunakan pemrograman database. Pemrograman database beserta pendukungnya dikenal dengan istilah bahasa generasi keempat (4GL)

Komponen Pemrograman Database Generator Interface Spreadsheet Bahasa Pemrograman Database Generator Laporan Sistem Manajemen Database

Alat Bantu Dalam Bahasa Pemrograman Database SQL sebagai bahasa query Generator interface untuk membuat form Spreadsheet untuk analisis dan manipulasi informasi Generator laporan untuk membuat laporan

Perakitan Komponen dan Aplikasi Salah satu hal penting di dalam melakukan rekayasa perangkat lunak adalah ketersediaan komponen yang memadai. Prototipe dapat dibangun dengan cepat bila tersedia komponen dan aplikasi yang dibutuhkan. Komponen dan aplikasi dibuat untuk bisa dipakai ulang

Komposisi Komponen Yang Bisa Dipakai Ulang Kerangka Kerja Komposisi Komponen Prototipe yang dapat dijalankan Kode kontrol dan integrasi

Dua hal penting pengembangan prototipe dengan pemakaian ulang Tingkat aplikasi, dimana seluruh sistem diintegrasikan dengan prototipe sehingga fungsionalitasnya dapat dipakai bersama. Tingkat komponen, dimana komponen-komponen secara individu diintegrasikan dalam kerangka kerja standard untuk implementasi sistem

Contoh Pentingnya komponen Buatlah form berikut ini: Bila Anda harus memilih, bahasa pemrograman apa yang Anda pilih dari bahasa pemrograman C++, Java, Visual Basic, Borland Delphi atau PHP agar prototipe dapat dibuat dengan cepat? Jelaskan mengapa anda memilih bahasa tersebut (selain karena Anda lebih menguasai salah satu bahasa tersebut) ?

Jawaban Pilihan bahasa pemrograman yang Anda sudah pilih memiliki hal-hal berikut ini: Komponen dasar seperti form generator, report generator dan koneksi database Pembuatan form yang mudah dan cepat Komponen-komponen yang dapat diintegrasikan dengan mudah Aplikasi dapat dengan mudah diproduksi.

Pemrograman Visual Dengan Pemakaian Ulang File Edit View Layout Option Help General Index 12 th January 2005 Komponen tanggal 3,875 Skrip Pemeriksaan range Komponen Gambar Kanvas Display Hypertext Komponen Display tree Prompt User + script

Question? End of Session