Kecerdasan Buatan Lecture 1 Introduction to Artificial Intelligence Joan Santoso, S. Kom. Disesuaikan oleh Erick Pranata, S. Kom. © Sekolah Tinggi Teknik.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KECERDASAN BUATAN VISKA ARMALINA, S.T., M.Eng..
Advertisements

Pengenalan Kecerdasan Buatan Oleh : Saatul Ihsan.
AI CONCEPTS PRESENTASI PART ONE.
SISTEM PAKAR Ari Eko Wardoyo, ST.
Artificial Intelligence
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN atau ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI)
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
HO-0 KTL401 Kecerdasan Buatan
ALJABAR.
Pengantar Intelijensia Buatan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Sistem Pendukung Keputusan (SPK)
KECERDASAN BUATAN PENDAHULUAN.
Pengenalan Logika Informatika
SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER
Topik Khusus 1 Pertemuan I Oleh: Achmad Zakki Falani, S.Kom, M.Kom.
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
Sejarah & Perkembangan Kecerdasan Buatan
Mendefinisikan masalah dalam ruang sistem informasi berbasis kecerdasan buatan Pertemuan 2 Sumarsono, S.Si, M.MT -- Poltek NSC Surabaya.
Pertemuan 5 P.D. Tak Eksak Dieksakkan
Artificial Intelligence
Definisi dan Pengantar Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegent)
Assalamu’ Alaikum Wr. Wb. Ricky Novrica. AD(098) Andika Noviantoro(126) Wahyu Iman. E(101) Qhoirul Wibisono(143) Zulfrizal F(119)
Sistem Pakar (3 SKS) By Eka Dyar W, S.Kom..
PENDAHULUAN.
Artificial Intelligence
Kuliah Pengantar Intelijensia Buatan
Game Playing Stmik mdp Pengantar Games adalah fasilitas yang sangat menarik dalam komputer Ide games pertama kali dimunculkan oleh Calude Shannon.
WISNU HENDRO MARTONO,M.Sc
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Pengantar Intelegensia Buatan (IB)
Pengertian Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Artificial Intelligence
Qomariyah.  Artificial intelligence  Dari beberapa perspektif, AI dapat di pandang sebagai : 1. Perspektif kecerdasan : bagaimana membuat mesin yang.
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
Satuan Acara Perkuliahan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELEGENT)
INTELEGENSI BUATAN DAN TES TURING Ir. Abdul Wahid, MT.
Teknologi terkini D. Sinaga, M.Kom.
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) dan SISTEM PAKAR
Artificial Intelligence
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
Kecerdasan buatan.
Sejarah Psikologi Kognitif Sains
Sejarah Psikologi Kognitif Sains
KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
Artificial Intelligence
KECERDASAN BUATAN (Artificial Intelligence)
Fakultas Ilmu Komputer
Artificial Intelegence
Sejarah & Perkembangan Kecerdasan Buatan
Praktikum pengantar kecerdasan buatan (pkb)
KONSEP KECERDASAN BUATAN
Pengenalan AI (Artificial Intelligent)
Sejarah Psikologi Kognitif Sains
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
KECERDASAN BUATAN.
PENGANTAR PENGANTAR KECERDASAN BUATAN Artificial intelligence
ARTIFICIAL INTELEGENCE
PENGERTIAN KECERDASAN BUATAN
KECERDASAN BUATAN By Serdiwansyah N. A..
Artificial Intelligence
Pengantar Intelegensi Buatan
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
PENGANTAR KECERDASAN BUATAN (ARTIFICIAL INTELLIGENCE)
ARTIFICIAL BAB I INTELLIGENCE MATA KULIAH KECERDASAN BUATAN Close
KONSEP KECERDASAN BUATAN
Pengenalan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence / AI )
Transcript presentasi:

Kecerdasan Buatan Lecture 1 Introduction to Artificial Intelligence Joan Santoso, S. Kom. Disesuaikan oleh Erick Pranata, S. Kom. © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Penilaian Penilaian dari mata kuliah ini adalah : UTS 30% UAS 40% Proyek 20% Quiz dan/atau Tugas 10% © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Content Kenapa kita belajar AI ? Definisi dari AI Sejarah AI 3 Kelompok besar AI Teknologi AI saat Ini Apa yang akan kita pelajari ? Persiapan yang perlu dilakukan © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Kenapa kita belajar AI ? Manusia diciptakan dengan kecerdasan yang luar biasa. Ilustrasi yang cukup mudah dapat dilihat dengan memperhatikan kedua gambar berikut. Dapatkah Anda mengenali gambar apakah di atas? © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Kenapa kita belajar AI ? Bagi komputer hal tersebut mungkin sulit untuk dikenali disebabkan kecerdasan yang dimiliki oleh manusia jauh lebih pintar dari komputer. Para peneliti bertahun-tahun berusaha mempelajari kecerdasan dari manusia. Latar belakang inilah yang melatarbelakangi ilmu AI tersebut muncul. Dengan adanya perkembangan teknologi yang maju maka hal ini juga mendorong perkembangan dari ilmu AI © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Definisi AI Artificial Intelegence adalah sub bidang computer science yang mencurahkan perhatiannya pada usaha untuk menciptakan hardware dan software komputer untuk melakukan segala sesuatu seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa ahli juga mengatakan definisi yang berbeda-beda tentang AI, yaitu fokus pada logika berpikir manusia dan ada yang mendefinisikan yang lebih luas yaitu pada tingkah laku manusia. © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Definisi AI Tetapi ahli AI seperti Stuart Russel dan Peter Norvig mengelompokkan definisi dari AI menjadi 4 kategori yaitu : Thinking Humanly Acting Humanly Thinking Rationally Acting Rationally © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Definisi AI Thinking Humanly : cognitive modeling approach Pendekatan yang dilakukan terbagi menjadi 2 cara : Introspeksi : berusaha menangkap pemikiran-pemikiran kita saat berpikir. Eksperimen-eksperimen psikologi Acting Humanly : Turing Test Approach Tahun 1950 Alan Turing merancang tes untuk menguji kecerdasan komputer. © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Definisi AI Thinking rationally : the laws of thought approach 2 masalah dalam pendekatan ini: Tidak mudah merepresentasikan sebuah pengetahuan Adanya perbedaan besar antara memecahkan masalah dalam prinsip dan dunia nyata. Acting rationally : relational agent approach © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Sejarah AI Istilah AI muncul pertama pada tahun 1956 di konferensi Darthmouth Perkembangan AI secara detail dapat dijabarkan pada beberapa era sebagai berikut : Prehistoric Times (sebelum 1956) Dawn Age (1956-1965) Dark Age (1965-1970) Renaissance (1970-1975) Age of Partnership (1975-1980) Age of Entrepreneurs (mulai 1980) © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Sejarah AI (Prehistoric Times) Augusta Ada, Countess of Lovelace (Programmer Pertama di Dunia) menjadi sponsor Charles Babbage, ahli matematika Inggris, untuk melakukan percobaan pada kalkulator numerik kompleks disebut Analytical Engine yang diharapkan dapat menunjukkan beberapa kecerdasan. Tahun 1914, Leonardo Torres y Quevedo (1852-1936), direktur dari sebuah institut teknik di Madrid, Spanyol mendisain device elektromekanik supaya dapat bermain catur. Tahun 1942 mengungkapkan teori tentang bagaimana otak manusia bekerja. Hal ini yang mendasari R&D pada NN yang terus berkembang sampai saat ini. © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Sejarah AI (Prehistoric Times) Tahun 1950 Dr. Claude Shannon dari Laboratorium Bell menunjukkan bahwa komputer dapat digunakan untuk bermain catur. Tahun 1950 Alan Turing mengembangkan suatu pengujian kecerdasan mesin. Tidak boleh dilupakan juga Norbert Weirner genius tersohor Amerika yang masuk college saat berusia 11 tahun yang menyodorkan cybernetics (sibernetika) dengan menunjuk pada sejumlah persamaan fungsi antara manusia dan mesin. © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Sejarah AI (Dawn Age) Revolusi AI dimulai pada tahun 1956 dengan digelarnya konferensi "The Darthmouth Summer Research Project on Artificial Intelligence“ yang diprakarsai oleh Darthmouth College dan IBM. Dua perintis AI hadir dalam pertemuan ini, yaitu John McCarthy(Bapak AI Modern) dan Marvin Minsky(Pendiri laboratorium AI di MIT yang pertama kali menggunakan istilah AI dalam salah satu papernya) selain itu juga dihadiri oleh tokoh-tokoh penting yang lain seperti Claude Shannon, Nathaniel Rochester (IBM), dan Allen Newell. © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Sejarah AI (Dawn Age) Konferensi berfokus pada program Logic Theorist yang dikembangkan di Carniege-Melon University Program yang memanfaatkan heuristics -- ketimbang exhausive -- search untuk dapat membuktikan sejumlah teorema dalam proposional logic ini dikembangkan bersama oleh Allen Newell, Herbert Alexander Simon dan John Cliff Shaw McCarthy sendiri lebih lanjut menawarkan LISP (List Processing) sebagai bahasa pemrograman pertama untuk AI pada tahun 1959. © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Sejarah AI (Dawn Age) Pada era ini dikenal juga MACSYMA(sistem pakar pertama untuk membantu penyelesaian bentuk aljabar), dan DENDRAL(sistem pakar untuk mendapatkan struktur molekul senyawa kimia). NLP mulai dikembangkan pada era ini. Era game playing dimulai dengan adanya program untuk digunakan bermain catur yang ditulis pertama tahun 1957 di IBM oleh Alex Bernstein, Tom Arbuckle, Michael Belsky, dan Michael De V. Roberts. Sedangkan program catur pertama yang dirancang untuk melawan manusia adalah MAC HACK yang ditulis di MIT oleh Richard D. Greenblatt, Steven D. Crocker dan Donald E. Eastlake. Beberapa tahun kemudian (1967) Federasi Catur Amerika Serikat memperkirakan bahwa MAC HACK memiliki elo rating sekitar 1400, yang mana rating ini biasanya baru diperoleh kebanyakan orang setelah bermain catur secara rutin dalam tempo tiga tahun. Babak ini ditutup dengan keberhasilan Arthur L. Samuel untuk mengembangkan program yang dapat belajar main catur pada tingkat master. © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Sejarah AI (Dark Age) Pada era ini merupakan masa kegelapan karena hanya sedikit sekali perkembangan dalam AI. Hal ini didasari oleh anggapan bahwa menciptakan AI melalui komputer adalah pekerjaan mudah. Ditemukan ELIZA yang merupakan program percakan yang didesain oleh Joseph Weizenbaum, professor MIT tahun 1966. © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Sejarah AI (Renaissance) Pada era ini merupakan kebangkitan dari perkembangan AI. Ditemukannya MYCIN yang menarik banyak orang, yaitu sebuah sistem pakar yang lebih unggul secara rata-rata dari seorang dokter muda yang baru lulus. Pada tahun 1973 diciptakan juga bahasa pemrograman AI kedua yaitu Prolog. Pada tahun 1972 diciptakan SHRDLU merupakan program percakapan yang disusun oleh Terry Winograd di MIT. © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Sejarah AI (Age of Partnership) Era dimana peneliti AI menyadari perlu bekerja sama dengan disiplin ilmu yang lain. Pada tahun 1977, ditemukan LIFER sebuah interface bahasa Inggris untuk query sebuah database terdistribusi LADDER yang ada di Stanford Research Institute. Pada tahun yang sama juga 1977, dikembangkan juga ROBOT sebuah interface bahasa Inggris dari query database yang kemudian diganti nama menjadi INTELLECT. Pada tahun 1979 dikembangkan sistem pakar PROSPECTOR Richard O. Duda, Peter E. Hart dan kelompoknya oleh yang dapat memprediksi kandungan molybdenum didekat Mount Tolman, di negara bagian Washington. © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Sejarah AI (Age of Entrepreneurs) Pada era ini AI mulai digunakan untuk kepentingan komersil. Pada era ini juga kemajuan AI mulai meningkat pesat dengan adanya beberapa algoritma AI yang mulai berkembang seperti backpropagation learning. © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Teknologi AI saat ini Berikut ini adalah beberapa contoh teknologi dari AI modern. © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Teknologi AI saat ini © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Teknologi AI saat ini © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Teknologi AI saat ini © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Teknologi AI saat ini © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Teknologi AI saat ini Autonomous Vehicle Live demo putar video Intro to AI part 1 dan part 2 © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Referensi Russel, Stuart and Norvig, Peter, 1995, “Artificial Intelligence: A Modern Approach”. Prentice Hall International, Inc. Suyanto, 2007, “Artificial Intelligence: Searching-Reasoning-Planning-Learning”. Informatika. © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya

Apa yang akan kita pelajari ? Materi AI yang akan kita pelajari antara lain : Introduction To AI State Space Solution Search Game Playing Backtraking using CSP Expert Systems © Sekolah Tinggi Teknik Surabaya