Struktur Pemilihan Pertemuan ke-3.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DASAR-DASAR ALGORITMA
Advertisements

Algoritma dan Pemrograman
Pengendalian Proses : Seleksi (Conditional)
Pertemuan Ke-3 STRUKTUR PEMILIHAN.
DASAR-DASAR ALGORITMA
Kasus 1 Buat algoritma untuk menghitung gaji pegawai. Gaji pegawai didapat dari gaji pokok ditambah tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan. Tunjangan.
Minggu V Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 1.
- PERTEMUAN 5 & 6 – PERULANGAN
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
STRUKTUR PERULANGAN Perulangan adalah instruksi yang dapat mengulang sederetan Instruksi secara berulang-ulang sesuai persyaratan yang ditetapkan. Struktur.
Konsep Pemrograman Oleh Tita Karlita
MATERI 8 CHOICE / PILIHAN.
PERTEMUAN 6 Algoritma Presented by : Sity Aisyah, M.Kom
M.K. Pemrograman Web (AK )
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Minggu 4 – Runtunan & Pemilihan
Pengantar Algoritma.
ALGORITMA Lecture Pengulangan.
Variabel dan Ekspresi Struktur Percabangan dan Struktur Perulangan
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
Sumber Kepustakaan : akatellearn.weebly.com/.../pert_3_struktur_pemili... 1 Struktur Pemilihan atau Pencabangan.
Kondisi (Pemilihan).
LOGIKA ALGORITMA Pertemuan 6.
STRUKTUR KENDALI PROSES
Instruksi Runtutan Instruksi Pemilihan dan Instruksi Perulangan dalam Pascal Minggu XII.
STATEMENT PENGENDALIAN (PEMILIHAN)
Pemrograman Terstruktur
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
Pemprograman Terstruktur 1
By Tenia Wahyuningrum, MT
Algoritma & Pemrograman Chapter 6
Algoritma dan Struktur Data
Algoritma dan Struktur Data
NOTASI ALGORITMIK dan BAHASA C++
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Contoh Pemecahan Masalah
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Contoh Pemecahan Masalah
Pengulangan Bambang Irawan.
Materi 9 LOGIKA & ALGORITMA.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Algoritma Pemrograman
Prodi S1-Sistem Komputer, F Teknik Elektro
Algoritma dan Pemrograman I
Algoritma Pemrograman I
Algoritma & Pemrograman
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Pemilihan / Pencabangan
PERTEMUAN 7 STATEMENT PEMILIHAN
Materi 10 LOGIKA & ALGORITMA.
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Penyeleksian
Algoritma & Pemrograman 1
Pengulangan Bambang Irawan.
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Contoh Pemecahan Masalah
PERULANGAN.
Pengulangan.
Struktur Dasar Algoritma dan Runtunan
Algoritma & Pemrograman 1
STATEMENT PENGENDALIAN (PEMILIHAN)
Seleksi Kondisi merupakan perintah yang memungkinkan pemilihan atas perintah yang akan dijalankan sesuai dengan kondisi tertentu. Operator yang digunakan.
Seleksi.
Algoritma & Pemrograman 1
Matakuliah : Algoritma & Struktur Data Versi Materi
Algoritma Pemrograman
Struktur Pemilihan atau Pencabangan
NOTASI ALGORITMA dan BAHASA C++
Algoritma dan Pemrograman STRUKTUR ALGORITMA (3)
Dasar-Dasar Pemrograman
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Algoritma Pemrograman
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Pengulangan FOR - DO Temu 9.
Transcript presentasi:

Struktur Pemilihan Pertemuan ke-3

IF … THEN … IF cuaca mendung THEN saya membawa payung ENDIF IF mengantuk THEN Tidur IF lampu merah menyala THEN Berhenti IF kenyang THEN berhenti makan Input (x,y) IF x > y THEN Output (‘x lebih besar dari y’)

IF … THEN … IF cuaca mendung AND harus keluar rumah THEN saya membawa payung ENDIF IF mengantuk OR hari sudah malam THEN tidur IF lampu merah menyala THEN BEGIN injak rem berhenti END

IF … THEN … ELSE … IF cuaca mendung THEN saya membawa payung ELSE saya membawa jaket ENDIF IF mengantuk THEN tidur mengerjakan tugas

IF … THEN … ELSE … IF kenyang THEN berhenti makan ELSE BEGIN Tambah nasi Tambah sayur Tambah lauk END ENDIF

PEMILIHAN BERSARANG IF cuaca mendung THEN IF saya harus keluar rumah THEN saya membawa payung ELSE saya memasukkan sepatu ENDIF saya membawa jaket

Kasus Buatlah sebuah algoritma bulan dimana inputannya berupa bilangan bulan (1-12) dan outputannya berupa nama bulan (januari-desember) ! Contoh : Input : 12 Output : Bulan Desember

Struktur Pemilihan : Case CASE ekspresi nilai1 : aksi1 nilai2 : aksi2 ... nilaiN : aksiN OTHERWISE : aksiX ENDCASE

Struktur Pemilihan : Case CASE lampu menyala ‘merah’ : berhenti ‘kuning’ : memperlambat laju kendaraan ‘hijau’ : jalan terus ENDCASE

Struktur Pemilihan : Case Input (bulan) CASE bulan ‘1’ : Output (‘bulan Januari’) ‘2’ : Output (‘bulan Februari’) ... ‘12’ : Output (‘bulan Desember’) OTHERWISE : Output (‘Angka harus 1-12’) ENDCASE

TRANSLASI KE C Algoritma C IF...THEN dengan 1 aksi IF kondisi THEN ENDIF if (kondisi) aksi; IF...THEN dengan n aksi Aksi1 Aksi2 ... { aksi1; aksi2; }

Algoritma C IF...THEN...ELSE ,dengan masing-masing 1 aksi IF kondisi THEN Aksi1 ELSE Aksi2 ENDIF if (kondisi) aksi1; else aksi2; IF...THEN...ELSE ,dengan n aksi Aksi1a Aksi1b ... Aksi2a Aksi2b { aksi1a; aksi1b; }else{ aksi2a; aksi2b; }

Algoritma C struktur case CASE ekspresi BEGIN nilai1 : aksi1 ... nilaiN : aksiN OTHERWISE : aksiX END switch ekspresi { case nilai1 : aksi1; break; case nilai2 : aksi2; case nilaiN : aksiN; default : aksiX; }

Latihan 1 Buatlah sebuah algoritma dan program pascal dengan spesifikasi sebagai berikut : Menampilkan tulisan ’Hello, siapa namamu ?’ Meminta user memasukkan namanya Menuliskan pesan ’Senang berteman denganmu, <nama>’ dimana <nama> adalah hasil masukan dari b

Latihan 2 Buatlah program untuk menentukan grade nilai mahasiswa dengan ketentuan nilai : A : 80 - 100 B : 61 - 80 C : 41 - 60 D : 21 - 40 E : 0 - 20

Latihan 3 Buatlah sebuah program aritmatika dengan menu sebagai berikut : Penjumlahan Pengurangan contoh : pilih menu : 1 bilangan 1 : 5 bilangan 2 : 4 hasil : 9

Latihan 4 Dibaca nama karyawan dan gaji pokok bulanannya. Gaji bersih yang diterima adalah : Gaji bersih = gaji pokok + tunjangan – pajak Tunjangan karyawan dihitung 20% dari gaji pokok, sedangkan pajak adalah 15% dari gaji pokok ditambah tunjangan. Nama karyawan dan gaji bersihnya dicetak ke piranti keluaran. Tuliskan algoritmanya dan programnya ke Pascal!

Pengulangan

Komponen Pengendali Inisialisasi; menentukan kondisi awal dilakukannya pengulangan. Jumlah iterasi; menunjukkan berapa kali pengulangan akan dilakukan. Kondisi berhenti; menentukan kondisi yang dapat mengakhiri pengulangan.

WHILE … DO … ... {inisialisasi} WHILE (condition) DO aksi ubah pencacah ENDWHILE ...

Kupas Kentang ... kentang = 0 {inisialisasi; jumlah kentang yang sudah dikupas} WHILE kentang < 10 DO {jumlah iterasi} Ambil sebuah kentang Kupas kulit kentang Kentang = kentang + 1 ENDWHILE

Algoritma C WHILE (condition) DO aksi ubah pencacah ENDWHILE ... i  0 WHILE i < 5 DO Output(‘*’) i  i + 1 i=0; while i < 5 { printf(“*”); i++; }

REPEAT … UNTIL … ... {inisialisasi} REPEAT aksi ubah pencacah UNTIL (kondisi) ...

Kupas Kentang ... kentang = 0 {inisialisasi; jumlah kentang yang sudah dikupas} REPEAT Ambil sebuah kentang {aksi} Kupas kulit kentang kentang = kentang + 1 UNTIL kentang = 10 {kondisi berhenti}

Algoritma C REPEAT aksi ubah pencacah UNTIL (condition) do { aksi; }while (!kondisi)

FOR … TO … DO … FOR pencacah = nilai_awal TO nilai_akhir DO aksi ENDFOR

Kupas Kentang FOR kentang = 1 TO 10 DO Ambil sebuah kentang {aksi} Kupas kulit kentang ENDFOR ...

For...to...do menaik Algoritma : FOR pencacah  nilai_awal TO nilai_akhir DO Aksi ENDFOR C : for(a=nilai_awal;a<=nilai_akhir;a++) aksi; For...to...do menurun FOR pencacah  nilai_awal DOWNTO nilai_akhir DO for(a=nilai_akhir;a>=nilai_awal;a--)

Latihan 1 Buatlah program untuk menampilkan bilangan-bilangan sebelum bilangan n. Dimana n diinputkan oleh user! Inputan : n=5 Output : 1 2 3 4

Pengulangan Bersarang

Latihan 2 Buatlah sebuah program untuk menghitung penjumlahan deret angka 1+2+3+...+n. Dimana n adalah inputan dari user ! Inputan : N=5 Output : Hasil penjumlahan deret = 15

Latihan 3 Buatlah sebuah program yang akan menampilkan bilangan ganjil sebelum bilangan n. Dimana n diinputkan oleh user ! Inputan : n=8 Outputan : 1 3 5 7

Latihan 4 Buatlah program untuk menampilkan output sbb : Inputan : n=5 * ** *** **** *****