PERTEMUAN 9 Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI1.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
© 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan Utara Jakarta Selatan Website:
Advertisements

© 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan Utara Jakarta Selatan Website:
MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
KELOMPOK 5 MOH. ALI ROZIKIN FAUZI ( ) LUTFI ALMANFALUTI ( ) LIDWINA ROMAULI AFRILIA SINAGA ( ) GIGIH PUDYO ESVAN.
7 Habit of Efective People
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK
Deny A. Kwary Airlangga University
Menjadi Manusia EFEKTIF Dan PRODUKTIF menurut Stephen Covey.
PERTEMUAN – 10 Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI1.
PERENCANAAN MANAJEMEN MUTU
MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Kepemimpinan dan Sumber Daya Manusia dalam Proyek
MOTIVASI PERTEMUAN 8 4/12/2017.
PENGELOLAAN PROYEK SISTEM INFORMASI
Irman Hariman, MT. LPKIA Lecture - Sessi 9 -
PERENCANAAN MANAJEMEN MUTU
Komunikasi AntarPribadi
Irman Hariman, MT. LPKIA Lecture - Sessi 10 -
Irman Hariman, MT. LPKIA Lecture - Sessi 8 -
Manajemen Proyek Perangkat Lunak
MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
PENGANTAR MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
PENGANTAR MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
MANAJEMEN PROYEK SISTEM INFORMASI
Pertemuan 9 Motivasi Karyawan
MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
Manajemen Proyek Perangkat Lunak
SEVEN HABITS OF HIGHLY EFFECTIVE PEOPLE (STEPHEN R COVEY)
PERENCANAAN dalam MANAJEMEN RESIKO PROYEK
Lecture Note: Trisnadi Wijaya, S.E., S.Kom
Manajemen SDM: Mengelola Karyawan
M O T I V A S I By. Dian Kurniawan, SE.
MOTIVASI MOTIVASI  keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan.
Sharpen The Saw Kelompok 12.
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
AQWAM ROSADI KARDIAN.
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
PERENCANAAN MANAJEMEN MUTU
MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
PERTEMUAN – 2 MEMULAI PROYEK. PERTEMUAN – 2 MEMULAI PROYEK.
MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
PMBOK (Project Management Body of Knowledge)
Konsep Perilaku Kesehatan
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
KUNCI KEBERHASILAN PENERAPAN GCG (GOOD COORPORATE GOVERNANCE)
Irman Hariman, MT. LPKIA Lecture - Sessi 7 -
Lecture Note: Trisnadi Wijaya, S.E., S.Kom
Seek First to Understand and Then to be Understood
KELOMPOK 6 Rofida Leo Badrawati ( )
SEJARAH MANAJEMEN Perspektif sejarah atas manajemen menunjukkanperspektif atau lingkungan untuk mengintepretasikan peluang dan masalah yang ada. Ada 3.
Task of the Philosophy Of Vocational Education Thanks To : Prof. Jalius Jama,M.Ed., Phd By : M. SABIR RAMADHAN
Manajemen Proyek Perangkat Lunak
Dasar-Dasar Manajemen
Sistem Bisnis Terintegrasi (Integrated Business System)
MOTIVASI PERTEMUAN 8 9/9/2018 Ratna Juwita.
METODOLOGI MANAJEMEN PROYEK PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Bab 7 Mengelola Karyawan.
Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I.
Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I.
Perilaku da-lam menen-tukan sasaran
THINK WIN - WIN Nama Kelompok : 1.Mentari Noni P
PERTEMUAN – 6 MANAJEMEN MUTU 2. PERTEMUAN – 6 MANAJEMEN MUTU 2.
Transcript presentasi:

PERTEMUAN 9 Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI1

 Karyawan adalah sumberdaya perusahaan  Sebagai sumberdaya:  Digunakan secara efisien  Penggunaannya harus efektif  Hal-hal penting dalam manajemen SDM  Motivasi  Daya / kekuatan dan pengaruh  Peningkatan efektivitas Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI2

 Pemenuhan terhadap kebutuhan karyawan dipakai sebagai motivator  Hirarki kebutuhan menurut Maslow: (dari yang terendah) 1. Kebutuhan fisiologis 2. Kebutuhan keamanan 3. Kebutuhan sosial 4. Kebutuhan dihargai 5. Kebutuhan aktualisasi diri Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI3

 Faktor higiene menurut Herzberg: 1. Pencapaian dan penghargaan 2. Tanggung jawab 3. Kemajuan 4. Pertumbuhan Faktor tersebut diatas, bila tidak ada, menimbulkan ketidakpuasan, bila ada, menjadi motivator Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI4

 Karyawan tidak menyukai dan berusaha menghindari kerja.  Manajer harus memaksa, mengancam dan mengawasi dengan ketat Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI5

 Karyawan bukannya tidak menyukai kerja, tetapi memandang kerja sebagai sesuatu hal yang alami, sebagaimana halnya bermain dan beristirahat.  Hal yang paling memuaskan adalah: 1.Dihargai 2.Aktualisasi diri Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI6

 Motivasi sangat dipengaruhi oleh:  Kepercayaan atasan terhadap karyawan  Karyawan ingin hasil kerjanya bermutu  Pendapat karyawan dihargai dengan pengambilan keputusan secara kolektif  Nilai-nilai budaya diindahkan  Ada :  Rotasi kerja  Perluasan ketrampilan  Generalisasi  Pelatihan berkelanjutan Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI7

5 daya utama dalam organisasi: 1. Daya untuk memaksakan 2. Daya yang berlegitimasi 3. Daya berdasar keahlian 4. Daya berdasar penghargaan 5. Daya referen (berbasis karisma) Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI8

1. Kewenangan (otoritas), sesuai hirarkhi 2. Penugasan: kemampuan untuk menentukan penugasan 3. Anggaran: punya otoritas menentukan alokasi dana 4. Promosi: punya pengaruh dalam kenaikan jabatan 5. Dana: menentukan penghasilan Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI9

6. Penalti: menentukan konsekuensi tindakan 7. Tantangan kerja: menentukan pekerjaan yg menantang 8. Keahlian: memiliki pengetahuan khusus 9. Keakraban: memiliki hubungan yang akrab Manajer jangan hanya mengandalkan kewenangan, dana, penalti Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI10

1. Be proactive: Take initiative, be responsible 2. Put first things first: Use discipline to put off today's pleasures for greater future pleasures. 3. Begin with the end in mind: Develop a mental image of how projects, including your life, will turn out. 4. Think win/win: There's plenty for all. Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI11 COVEY’S 8 HABITS: PENINGKATAN EFEKTIVITAS

5. Seek first to understand, then to be understood: Listen more, speak less. 6. Synergize: The whole is greater than the parts. 7. Sharpen the saw: Improve physically, mentally, emotionally and spiritually. 8. Find your voice, and inspire others to find theirs: Don't ignore that longing to make a difference. Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI12 COVEY’S 8 HABITS: PENINGKATAN EFEKTIVITAS

Kegiatan untuk mendapatkan manfaat/ efektivitas tertinggi dlm penggunaan personil proyek Waspadai:  Sifat sementara pada proyek: o Hubungan antar personal bisa beda pada proyek yang berbeda o Sifat dan jumlah stakeholder bisa berbeda pada fase/tahap yang berbeda  Kegiatan administrasi perlu untuk mendukung penilaian kesesuaian hasil proyek Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI13

9 BIDANG PENGETAHUAN YANG PERLU DIKUASAI MANAJER PROYEK (SUMBER: SCHWALBE, I.T.PROJECT MANAGEMENT, THOMSON LEARNING,2006 dengan modifikasi) Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI14 PIRANTI&TEKNIK MANAJEMEN INTEGRASI PROYEK MANAJMCAKUPANPROYEKMANAJMWAKTUPROYEKMANAJMBIAYAPROYEKMANAJMMUTUPROYEK MANAJMSDMPROYEKMANAJMKOMUNI-KASIPROYEKMANAJMRESIKOPROYEKMANAJMPEMBE-LIANPROYEK KEBU- TUHAN & HARAP- AN STAKE- HOLDER PROYEKBERHASIL BAHASAN

Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI15 LAHIRNYA PROYEK MEMULAI PROYEK PERENCANAAN PROYEK PENGAWASAN PROYEK PENUTUPAN PROYEK WAKTU PELAKSANAAN PROYEK BAHASAN

KLP PROSES PERENCANAAN Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI16 KLP PROSES PELAKSANAAN KLP PROSES MONITORING & PENGAWASAN 2 Penerimaan anggota tim proyek 1 Perencanaan SDM proyek 4 Mengelola Tim proyek 3 Membangun tim proyek

PENGERTIAN UMUM Mengidentifikasi dan mendokumentasikan,  Peran dalam proyek,  Tanggung jawab,  Hubungan pelaporan  Membuat rencana manajemen penentuan staf Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI17

1. Faktor lingkungan perusahaan seperti budaya dan struktur organisasi 2. Aset proses organisasi (template, daftar pengecekan misalnya tentang kompetensi, pelatihan, dll) 3. Kebutuhan sumberdayamisalnya tentang persyaratan sumberdaya untuk melaksanakan kegiatan proyek. Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI18

1. Struktur organisasi dan deskripsi masing-masing posisi 2. Jejaring (networking): formal dan informal komunikasi 3. Teori organisasi: teknik menyusun organisasi, membagi pekerjaan, dll Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI19

1. Rencana SDM: 1. Organisasi dan uraian tugas 2. Akuisisi, jadwal tugas, pemutusan hubungan, kebutuhan pelatihan, penilaian & penghargaan, kesesuaian dengan aturan pemerintah dll, perlindungan keamanan Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI20

Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI21

Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI22

Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI23

Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI24

Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI25 R = responsibility, only one R per task A = accountability C = consultation I = informed

Teknologi dan DesainMANAJEMEN PROYEK TI26

Ke materi selanjutnya Teknologi dan Desain27MANAJEMEN PROYEK TI