Teknik Pemrograman (TEKPRO)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERCABANGAN # IF…THEN IF…THEN…ELSE SELECTION STIKOM
Advertisements

Pertemuan Ke-3 STRUKTUR PEMILIHAN.
TUGAS Buatlah program menghitung luas persegi panjang!
Introduction to Algorithm evaluation Soal Matrikulasi Buka Buku
Teknik Pemrograman (TEKPRO)
CONDITION I (Tunggal – Ganda) IF - Then
TEORI ALGORITMA.
Soal-Soal Latihan Mandiri
- PERTEMUAN 5 & 6 – PERULANGAN
MATERI 8 CHOICE / PILIHAN.
PERTEMUAN 6 Algoritma Presented by : Sity Aisyah, M.Kom
 Struktur ini digunakan jika menghadapi suatu pilihan dimana harus memilih  Pilihan dapat terdiri dari: ◦ Satu pilihan (pilih A atau tidak) ◦ Dua pilihan.
Struktur Dasar Algoritma
Algoritma & Pemrograman Chapter 2
CS1023 Pemrograman Komputer
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Minggu 4 – Runtunan & Pemilihan
PENYELEKSIAN KONDISI (PEMILIHAN)
Teknik Pemrograman (TEKPRO)
REVIEW Buatlah Flowchart program untuk menampilkan bilangan 100 s.d 1
- PERTEMUAN 4 – PERCABANGAN
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
Identitas dosen Suherman, ST Address: Cilegon Mobile : Ym: leeput Blog:
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Oleh Nila Feby Puspitasari
STRUKTUR DASAR ALGORITMA KOMPETENSI DASAR Mahasiswa mengerti dan memahami berbagai struktur dalam penyajian algoritma Indikator 1.Mahasiswa dapat menjelaskan.
Struktur Kontrol: Keputusan
Struktur seleksi.
*Operator - ARITMATIKA
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
Pertemuan Pengembangan Algoritma
PERCABANGAN By Adnan Purwanto, S.Kom.
Algoritma dan Struktur Data
SELECTION STATEMEN KENDALI / PERCABANGAN
{Pertemuan 4 Struktur Kondisi IF}
Bahasa Pemrograman Dasar Pertemuan 6
MODUL KE-9 PEMILIHAN.
Algortima Pemrograman I
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Algoritma Pemrograman
Prodi S1-Sistem Komputer, F Teknik Elektro
{Pertemuan 4 Struktur Kondisi IF}
Algoritma dan Pemrograman STRUKTUR PEMILIHAN (SELECTION) lanjutan
IF … THEN …, IF … THEN … ELSE … CASE … OF …
Struktur Kendali Sri nurhayati, mt.
{Pertemuan 4 Struktur Kondisi IF}
Flowchart.
Dasar – dasar Algoritma dan Pemrograman
Matakuliah : Algoritma & Struktur Data Versi Materi
03.8 Soal-Soal Pekerjaan Rumah.
Algoritma & Pemrograman 1
Algoritma dan Pemrograman STRUKTUR PEMILIHAN (SELECTION) lanjutan
Instruksi IF Alur program dapat dikendalikan oleh kondisi, dimana kondisi tersebut menentukan alur program selanjutnya. Kondisi ini dinyatakan dalam bentuk.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Struktur Algoritma
Algoritma Percabangan
Struktur Dasar Algoritma dan Runtunan
Algoritma & Pemrograman 1
Instruksi IF Alur program dapat dikendalikan oleh kondisi, dimana kondisi tersebut menentukan alur program selanjutnya. Kondisi ini dinyatakan dalam bentuk.
Seleksi.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Latihan Pertemuan Operasi Seleksi
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
PERTEMUAN KE 4 PROSES BERSYARAT.
Algoritma dan Pemrograman STRUKTUR PEMILIHAN (SELECTION) lanjutan
Algoritma Pemrograman
Dosen Pengasuh : Fatoni, MM.,M.Kom
Nested if 164.
Sesi-3 Algoritma dan Pemrograman
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Dosen Pengasuh : Fatoni, MM.,M.Kom
CONDITION I (Tunggal – Ganda) IF - Then. Seleksi kondisi adalah proses penentuan langkah berikutnya berdasarkan proses yang terjadi sebelumnya. Bila kondisi.
Transcript presentasi:

Teknik Pemrograman (TEKPRO) Oleh: Achmad Zakki Falani, S.Kom.,M.Kom. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Narotama

Selection Teknik Pemrograman instruksi boleh dijalankan jika kondisi tertentu terpenuhi. Contohnya saat kita menerima raport atau nilai semester, disana akan ada kondisi yang menyatakan jika nilai kita lebih besar dari 80 maka kita mendapat A, jika nilai lebih besar dari 70 maka kita mendapat B, dan seterusnya. 

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection)

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Symbol Keterangan 1. Start & Finish Begin & End Mulai & Selesai 2. Inisialisasi 3. Input & Output

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Symbol Keterangan 4. Proses 5. Penghubung 6. Pengecekan 7. Sambungan / Lanjutan

Selection (If Model 1) Teknik Pemrograman Pengecekan if ….(kondisi)…. then ….(aksi).... end if

Contoh Selection (If Model 1) Teknik Pemrograman Contoh Selection (If Model 1) fakultas=Ilmu Komputer If fakultas=Ilmu Komputer then BENAR End if

Selection (If Model 2) Teknik Pemrograman Pengecekan If ….(kondisi)…. then …(aksi TRUE)… else ….(aksi FALSE).... end if

Contoh Selection (If Model 2) Teknik Pemrograman Contoh Selection (If Model 2) fakultas=Ilmu Komputer If fakultas=Ilmu Komputer then BENAR Else SALAH End if

Selection (If Model 3) Teknik Pemrograman Pengecekan If ….(kondisi-TRUE-1)…. then …(aksi-TRUE-1)… elseif (kondisi-TRUE-2) then ….(aksi-TRUE-2).... elseif (kondisi-3) then ….(aksi-TRUE-3).... else ….(aksi-FALSE)…. end if

Contoh Selection (If Model 3) Teknik Pemrograman Contoh Selection (If Model 3) fakultas=Ilmu Komputer If fakultas=Ilmu Komputer then BENAR Elseif fakultas=Ekonomi then Elseif fakultas=Hukum then Else SALAH End if

Selection (If Bersarang Model 1) Teknik Pemrograman Selection (If Bersarang Model 1) Pengecekan If ….(kondisi-TRUE-1)…. then …(aksi-TRUE-1)… else if ….(kondisi-TRUE-2)…. then ….(aksi-TRUE-2)…. ….(aksi-FALSE)…. end if

Contoh Selection (If Bersarang Model 1) Teknik Pemrograman Contoh Selection (If Bersarang Model 1) fakultas=Ilmu Komputer If fakultas=Ilmu Komputer then BENAR Else if fakultas=Ekonomi then SALAH End if

Selection (If Bersarang Model 2) Teknik Pemrograman Selection (If Bersarang Model 2) Pengecekan If ….(kondisi-TRUE-1)…. then …(aksi-TRUE-1)… else if ….(kondisi-TRUE-2)…. then ….(aksi-TRUE-2)…. elseif ….(kondisi-TRUE-3)…. Then ….(aksi-TRUE-3)…. ….(aksi-FALSE)…. end if

Contoh Selection (If Bersarang Model 2) Teknik Pemrograman Contoh Selection (If Bersarang Model 2) fakultas=Ilmu Komputer If fakultas=Ilmu Komputer then BENAR Else if fakultas=Ekonomi then elseif fakultas=Hukum then SALAH End if

Selection (If Bersarang Model 3) Teknik Pemrograman Selection (If Bersarang Model 3) Pengecekan If ….(kondisi-TRUE-1)…. then if …(kondisi-TRUE-2)… then if …(kondisi-TRUE-3)… then ……………dst…….………. end if

Contoh Selection (If Bersarang Model 3) Teknik Pemrograman Contoh Selection (If Bersarang Model 3) If fakultas=Ilmu Komputer then if prodi=Sistem Informasi then if tiga digit nim dari depan=042 then MAHASISWA PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS ILMU KOMPUTER end if End if

Pengecekan 2 (dua) kondisi Teknik Pemrograman Pengecekan 2 (dua) kondisi Contoh: fakultas = Ilmu Komputer prodi=sistem komputer If fakultas = Ilmu Komputer (TRUE) and prodi = sistem komputer (TRUE) then TRUE End if If fakultas = Ilmu Komputer (TRUE) or prodi = sistem komputer (TRUE) then If fakultas = Ilmu Komputer (TRUE) xor prodi = sistem komputer (TRUE) then FALSE ....dan seterusnya sesuaikan dengan rumus pada tabel kebenaran.....

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Pengecekan Select Case Case …(kondisi-1)… ………….(aksi-TRUE-1) …………. Case …(kondisi-2)… ………….(aksi-TRUE-2) …………. .…………(aksi-TRUE-3) ………… …………………………………………………. Case Else ……………(aksi-FALSE) …………… End Select

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Studi Kasus (1) Masukkan sebuah bilangan melalui keyboard, kemudian tampilkan keterangan pada layar komputer, apakah bilangan tersebut adalah gasal atau genap. (Tulis Flowchart & Program)

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Studi Kasus (2) Masukkan 2 (dua) buah bilangan A & B, kemudian cetak keterangan apakah A>B, B>A atau A=B. (Tulis Flowchart & Program)

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Studi Kasus (3) Buatlah Kalkulator Sederhana, untuk melakukan Penjumlahan (+), Pengurangan (-), Perkalian (*), Pembagian (/) serta Pangkat (^) dari 2 (dua) buah bilangan A & B. (Tulis Flowchart & Program)

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Soal (1) Masukkan sebuah bilangan melalui keyboard, kemudian tampilkan keterangan pada layar komputer, apakah bilangan tersebut adalah Positif, Negatif, atau Nol. (Tulis Flowchart & Program)

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Soal (2) Gambarlah flowchart unuk membantu seorang kasir menentukan jumlah uang yang harus dibayar pembeli pada suatu penjualan berdiscount. Pembelian di bawah Rp. 100.000,-- tidak diberikan discount. Discount 7,5% akan diberikan untuk pembelian Rp. 100.000,-- s.d. 200.000,--. Discount 10% akan diberikan untuk pembelian Rp. 200.000,-- s.d. 350.000,--. Discount 15% akan diberikan untuk pembelian di atas Rp. 350.000,- Sebagai data input adalah total nilai penjualan, sedangkan output adalah uang yang harus dibayar pembeli setelah discount (jika ada) diberikan.

Konstruksi Fundamental (Selection) Teknik Pemrograman Konstruksi Fundamental (Selection) Soal (3) Masukkan N, dimana N adalah deteksi warna yang sesuai pada table berikut: Tulis Flowchart & Program Nilai N Warna Merah Kuning Hijau

Tugas2 (Selection) Teknik Pemrograman Buatlah 3 Soal lagi tentang Selection (tidak termasuk dalam modul). Jawab soal tersebut dengan menulis: Flowchart & Programnya. Jika Copy-Paste, maka tugas akan dikembalikan keduanya (baik yg.Copy, maupun yg Paste) Waktu 1 minggu dari sekarang Tuliskan pada Blog Mahasiswa Anda, dan linkkan di bagian Comments Blog Dosen: zakki.dosen.narotama.ac.id