KU1287 PENGANTAR TEKNOLOGI INDUSTRI Kuliah 10: Enjinering FakultasTeknologi Industri Institut Teknologi Bandung 2009
KULIAH 10 - Enjineering 2 HASIL PEMBELAJARAN Tujuan: profesi enjineringproses pendidikan enjinering Memahami profesi enjinering dan proses pendidikan enjinering Tugas 9: Tugas Individual Tugas Individual jam 12:00 Tata Usaha Dikumpulkan pada hari Rabu sebelum kuliah minggu depan, paling lambat jam 12:00 di Tata Usaha Fakultas Teknologi Industri.
KULIAH 10 - Enjineering 3 ENJINERING Profesi yang dikenal sejak dahulu Egyptian Engineering: Piramid, dll Mesopotanian Engineering: saluran irigasi, tembok kota, dll Greek Engineering: pembangunan kota Acropolis, militer, dll Roman Engineering: jalan, aquaduct, manuskrip tentang mekanika, penumatik, pengkuran, dll Oriental engineering: Tembok china, amunisi, dll
KULIAH 10 - Enjineering 4 BIDANG-BIDANG KAJIAN ENJINERING AeronauticalAgriculturalBiomedicalChemicalCivilComputerElectricalIndustrialMechanicalNavalPetroleumSystem
KULIAH 10 - Enjineering 5 AERONAUTICAL/AEROSPACE ENGINEER Bidang pengetahuan: Aerodynamics Fluid mechanics Structure Control system Heat transfer Hydraulics, dll. penerbangan dan eksplorasi angkasa. Kegiatan: bekerja dalam tim dalam hal penerbangan dan eksplorasi angkasa. Organisasi: American Institute of Aeronautics dan Astronautics Publikasi: Aerospace America, AIAA Bulletin, Aerospace Database, Student Journal
KULIAH 10 - Enjineering 6 AGRICULTUR ENGINEER Populer pada daerah agraris Berkembang sesuai dengan perkembangan populasi dunia dan kebutuhan akan makanan bidang pangan Memegang peranan penting dalam aplikasi teknologi dan pengetahuan dalam bidang pangan Bidang pengetahuan: hydrology, soil mechanics, heat transfer, combustion, climatology, biology, chemistry, dll. Bekerja sama dengan ahli biologi, kimia, ekologi
KULIAH 10 - Enjineering 7 BIOMEDICAL ENGINEER Kegiatan: teknik-teknik modern pengobatan pengaplikasian teknik-teknik modern pengobatan kesehatan manusia berhubungan kesehatan manusia mempelajari tubuh manusia Membutuhkan keahlian dan pengetahuan biologi, psikologi, kimia untuk memproduksi instrumen medis, implants, assistive appliances, dll. Organisasi: Biomedical Engineering Society Publikasi: BMES Bulletin, Annals of Biomedical Engineering
KULIAH 10 - Enjineering 8 CHEMICAL ENGINEER prinsip kimiasistem manufaktur dan sistem produksi Mengaplikasikan prinsip kimia dalam mendisain sistem manufaktur dan sistem produksi Menerapkan reaksi dan proses-proses kimia dalam skala besar dengan ongkos yang efektif Dipakai dalam banyak industri: minyak, plastik, kosmetik, elektronik, makanan, farmasi, dll. Organisasi: American Institute of Chemical Engineers Publikasi: AIChE Journal, Chemical Engineering Progress, Biotechnology Progress, dll.
KULIAH 10 - Enjineering 9 CIVIL ENGINEER disain dan konstruksi infrastruktur Kegiatan: disain dan konstruksi infrastruktur Jalan Jembatan Sistem transportasi Bangunan dll. Organisasi: American Society of Civil Engineers Publikasi: ASCE News, Civil Engineering Magazine, dll.
KULIAH 10 - Enjineering 10 COMPUTER ENGINEER hardware, software, dan komunikasi digital Berhubungan dengan berbagai hardware, software, dan komunikasi digital prinsip dasar engineering dan teknik komputer Mengaplikasikan prinsip dasar engineering dan teknik komputer dalam mendisain komputer, jaringan, sistem perangkat lunak, dll. Computer scientist lebih berorientasi matematik daripada computer engineer Organisasi: Association for Computing Machinary Publikasi: The ACM digital library, Computer System, dll.
KULIAH 10 - Enjineering 11 ELECTICAL ENGINEER penggunaan dan pengontrolan elektrik Elektro adalah disiplin ilmu yang luas yang berhubungan dengan penggunaan dan pengontrolan elektrik Berhubungan dengan teknologi komputer, mikroelektrik, komunikasi data, radio, televisi, laser, fiber optic, sistem imaging, dll. Organisasi: The Institute of Electrical and Electronics Engineers Publikasi: IIE Spectrum, Energy Conversion, Intelegent System,dll.
KULIAH 10 - Enjineering 12 INDUSTRIAL ENGINEER total life cycle of a product Mempelajari total life cycle of a product perusahaan Dekat dengan segala aspek dalam perusahaan yaitu untuk memaksimasi output dengan minimasi ongkos. Keterampilan yang dibutuhkan untuk pengembangan produk, memproses material, optimisasi, teori antrian, teknik produksi, permesinan, metode fabrikasi, dan ekonomi teknik. Organisasi: Institute of Industrial Engineers Publikasi: IIE Solution, IIE Transaction, Industrial Management, The Engineering Economist, dll.
KULIAH 10 - Enjineering 13 MECHANICAL ENGINEER struktur fisik dari semua peralatan Mendisain dan membangun struktur fisik dari semua peralatan (mulai dari mobil, sepeda, mesin, turbin, pembangkit, dll.) Organisasi: American society of mechanical engineers Publikasi: Mechanical Engineering, ASME News, Heat Transfer, Biomechanical Engineering, Mechatonics, dll.
KULIAH 10 - Enjineering 14 MULTI DISIPIN ilmu dasar yang hampir sama Seorang enjiner memiliki ilmu dasar yang hampir sama dengan bidang teknik yang lain dan sedikit banyak mengerti ilmu keteknikan yang lain tidak dapat bekerja sendiri Seorang enjiner tidak dapat bekerja sendiri, melainkan bekerja sama dengan berbagai bidang kajian lainnya (teknik dan non teknik) berkomunikasi dan mengkoordinasikan Seorang enjiner harus dapat berkomunikasi dan mengkoordinasikan bidang ilmu yang lainnya koordinator sentralperekat Dalam tim seorang enjiner bertindak sebagai koordinator sentral dan berperan sebagai perekat yang mengikat keseluruhan kegiatan proyek
KULIAH 10 - Enjineering 15 MULTI DISIPIN
KULIAH 10 - Enjineering 16 KETERAMPILAN desain Peran enjiner: desain desain teknis, teoritis praktis.organisasi komunikasi Untuk dapat sukses dalam mendesain seorang enjiner harus memiliki kompetensi dalam teknis, teoritis dan praktis. Selain itu juga dapat mengorganisasi dan berkomunikasi dengan baik. Pengetahuan (knowledge) Experiences (pengalaman) Intuition
KULIAH 10 - Enjineering 17 KNOWLEDGE Menggambarkan fakta, prinsip sains, alat-alat matematik yang digunakan oleh seorang enjiner untuk menentukan strategi, menganalisa sistem, dan meramalkan suatu hasil. multi disiplin Enjiner bekerja dalam bidang multi disiplin yang membutuhkan banyak pengetahuan dasar yang subjeknya berbeda Contoh: Sarjana Mesin dan Komputer mempelajari sirkuit listrik, Sarjana Teknik Industri mempelajari pemrograman komputer. Pengetahuan pendidikan formal, pelatihan-pelatiha dan juga lifetime study and exploration Pengetahuan didapat dari pendidikan formal, pelatihan-pelatiha dan juga lifetime study and exploration Pengetahuan juga didapat dari merakit mainan, membuat model permainan sederhana, membuat program game, merancang webpages, mengutak-atik radio, sepeda, komputer dll.
KULIAH 10 - Enjineering 18 KARAKTERISTIK BERFIKIR FILSAFAT ILMU. Spekulasi Buah pikiran yang dapat diandalkan Ilmu
KULIAH 10 - Enjineering 19 SARANA BERPIKIR ILMIAH alat yang membantu Sarana berfikir ilmiah adalah alat yang membantu dalam berbagai langkah yang harus ditempuh: Bahasa Penalaran Matematika dan Statistika Bahasa Bahasa (ilmiah) berfungsi sebagai alat komunikasi dan integrasi. Komunikasi ilmiah bersifat jelas, obyektif dan akurat Penalaran Penalaran : proses berfikir dalam menarik kesimpulan Ciri penalaran: Mempunyai pola pikir (logika) tertentu dan analitik
KULIAH 10 - Enjineering 20 SARANA BERPIKIR ILMIAH Logika: Logika: cara penarikan kesimpulan; pengkajian untuk berfikir secara valid Intuisi: Intuisi: tidak memiliki pola pikir tertentu dan tidak analitik Maslow merupakan peak experience Nizsche merupakan intelegensia paling tinggi Matematika merupakan Bahasa yang melambangkan serangkaian makna dari pernyataan yang disampaikan. Lambang matematika bersifat artifisial dan baru berarti setelah diberikan makna pada lambang tersebut
KULIAH 10 - Enjineering 21 SARANA BERPIKIR ILMIAH Matematika merupakan Bersifat kuantitatif yang memiliki daya predikitif dan kontrol (eksak dan akurat) yang tinggi deduktif Sarana berfikir deduktif Memiliki kegunaan praktis Statistika: induktif; Statistika: cara berfikir induktif; pengujian hipotesis
KULIAH 10 - Enjineering 22 BASIC KNOWLEDGE AND TOOL (SCIENCE) Basic knowledge: Logic Creativity Tool: Analysis Synthesis Process: Scientific Research
KULIAH 10 - Enjineering 23 ENGINEERING Prime objective: use the knowledge to design and develops usable devices, structure and processes for better human life Design Process Identification of Need, Problem Definition, Search, Constraint, Criteria, Alternative Solution, Analysis, Decision, Specification, Communication
KULIAH 10 - Enjineering 24 BASIC KNOWLEDGE & TOOL (ENGINEERING) Basic knowledge: Mathematics Natural Sciences Tool: Analysis Synthesis Process: Applied Research Design
KULIAH 10 - Enjineering 25 BASIC ENGINEERING PROCESS Problem (Incl.Outcomes) Decision (Best Alternative) Synthesis of Alternative Solution Analysis (Incld. Expectation) Symptom/Need Solution, System or Method
KULIAH 10 - Enjineering 26 PROBLEM Difference Expectation Reality Objective Achievement
KULIAH 10 - Enjineering 27 CHARACTERISRIC OF ENGINEER Solve Problem Analyze Design System: CreativityAnalysisSynthesis
KULIAH 10 - Enjineering 28 ENGINEERING FUNCTION Research Development Design Production & Testing Construction Operation
KULIAH 10 - Enjineering 29 EXPERIENCE Pengalaman Pengalaman didapat dari segala metode, prosedur, teknik, dan segala hal yang pernah dilakukan untuk menyelesaikan masalah. pengalaman melakukan kesalahan Belajar juga didapat dari pengalaman melakukan kesalahan Benturan dengan realitaspengalaman yang baik untuk belajar menghadapi hambatan-hambatan pada situasi nyata Benturan dengan realitas merupakan pengalaman yang baik untuk belajar menghadapi hambatan-hambatan pada situasi nyata
KULIAH 10 - Enjineering 30 INTUITION elemen penting Intuisi merupakan elemen penting bagi enjiner apa yang bolehapa yang tidak boleh dilakukan Merupakan insting tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan dalam memecahkan suatu masalah Perencanaan, analisis dan pengujian tetap memegang peranan yang sangat penting, tetapi intusi dapat membantu dalam memutuskan jika terdapat banyak pilihan pengalaman yang panjang Intuisi biasanya lahir dari pengalaman yang panjang
KULIAH 10 - Enjineering 31 TUGAS 9 strukturbeban tinggi Rancanglah suatu struktur, yang mampu menahan beban dengan ketinggian yang maksimum. Ketentuan rancangan: Material menggunakan karton manila, tidak melebihi ΒΌ lembar. Konstruksi struktur tidak menggunakan lem/perekat, ataupun material lain.Ketentuan: Tugas individu. Sketsa rancangan, rumus yang digunakan, proses perhitungan, serta pernyataan performansi yang dicapai dikerjakan pada kertas ukuran A4.
KULIAH 10 - Enjineering 32 TUGAS 9 Ketentuan: Xcell Proses perhitungan menggunakan Xcell dan di print sebagai bagian dari tugas. jam 12:00 Tata Usaha Dikumpulkan pada hari Rabu sebelum kuliah minggu depan, paling lambat jam 12:00 di Tata Usaha Fakultas Teknologi IndustriPenilaian: Beban dan tinggi yang dihasilkan, dengan penggunaan material yang sesedikit mungkin. Keruntutan penjelasan, dan kerapihan penampilan. Ketidaksamaan dari bentuk struktur yang dipilih, makin banyak yang sama makin kecil nilainya. Jumlah halaman dari tugas, makin sedikit makin baik.