OLEH DR. H. SYAR’I SUMIN, M.A

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MAKNA 4 PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
Advertisements

WAWASAN BUDI LUHUR Oleh: Tim Dosen.
KODE KEHORMATAN PRAMUKA
KONSEPSI DEMOKRASI DAN PRAKTIKNYA DI INDONESIA
PANCASILA 10 PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA PENGANTAR
ETOS KERJA DAN ENTERPRENEURSHIP
Frida Chairunisa.  Prinsip 1 orang Jepang : Kalau orang lain bisa mengerjakan sayapun bisa mengerjakannya  Prinsip 1 orang Indonesia : Kalau orang lain.
SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL DAN EKONOMI YANG BERMORAL
KONSEPSI Demokrasi dan Demokrasi di Indonesia
PENGAMBILAM KEPUTUSAN DALAM KELUARGA MENURUT BUDAYA MINANGKABAU Oleh : Dra. Silvia Rosa, M. Hum Ketua Jurusan Sastra Daerah Minangkabau FS-UA.
Etika & Moral dalam Pembelajaran
PENTINGNYA PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
Randai sebagai konsep teater
Anggota kelompok : Heri Fatkhurrokhim Sri Mila Lestari Danik Lestari
PEMBUDAYAAN PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
FILSAFAT PANCASILA ( PANCASILA NILAI DASAR FUNDAMENTAL )
DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB AKADEMIK
PENDIDIKAN KARAKTER Universitas Negeri Yogyakarta Oleh:
Keadilan ialah kelayakan dari sebuah tindakan (Aristoteles).
Penanaman dan Penerapan Nilai-nilai Moral
PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP
ISSUE ETIK DAN MORAL DALAM PELAYANAN KEBIDANAN
ETIKA PROFESI KEGURUAN
KOMUNIKASI MENURUT BUDAYA ALAM MINANGKABAU
Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
Asal Usul Istilah Pancasila
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
36 Butir Pedoman Penghayatan & Pengamalan Pancasila
ETIKA KEPERAWATAN YUNIAR MANSYE SOELI.
ETIKA BERPERILAKU POLRI SEBAGAI PENGGERAK REVOLUSI MENTAL DAN
ETIKA KESEHATAN MASYARAKAT
DI PERGURUAN TINGGI DALAM KONTEKS
BUDAYA ORGANISASI dan Etika Organisasi
Dapat mengetahui dan menyebutkan kode kehormatan pramuka penggalang
UPACARA SEBAGAI ALAT PENDIDIKAN
AKTUALISASI PANCASILA DALAM BIDANG POLITIK
BUDAYA ORGANISASI dan Etika Organisasi
4 PILAR KEHIDUPAN SEBAGAI LANDASAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS BRAWIJAYA Nomor : 328/PER/2011
MENGEMBANGKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI
PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK
Kode Etik Profesi Hukum (Materi 9)
BUDAYA ORGANISASI dan Etika Organisasi
KONSEPSI Demokrasi dan Demokrasi di Indonesia
PANCASILA DAN IMPLEMENTASINYA
DISUSUN OLEH : RAHAYU SETIYANINGSIH
NILAI PERSONAL DAN NILAI LUHUR PROFESI DALAM PELAYANAN KEBIDANAN
ETIKA.
Etika, Moral, dan Akhlak Oleh : Kelompok 5
POLITIK LOKAL ORANG MINANGKABAU
ETIKA PROFESI : * ETIKA TENTANG PROFESI
Masyarakat, Norma dan Hukum
PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA
BUDAYA DAN ETIKA ORGANISASI (Pertemuan ke-13)
NILAI-NILAI SILA PANCASILA.
Kelompok Anggota kelompok : Intan Febriyanti Winoto A
Sistem Sosial dan Budaya Masyarakat Minangkabau
UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SIDOARJO Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Study Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan.
Organisasi dan Kode Etik Profesi
MAKNA 4 PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA NICO GARA Disajikan pada Seminar Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Manado, 8 September 2012.
ETIKA KEILMUAN – S2 Komunikasi (Dedi S)
BUDAYA ORGANISASI dan Etika Organisasi
1 Disampaikan Pada : Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah SMK Muhammadiyah Palu Palu, Juli 2018 ETIKA PERGAULAN DAN KOMUNIKASI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. INDONESIA MASA KINI PANCASILA MASA GITU DISUSUNO L E H : 1. DISUSUNO L E H :
& Tim Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
Kelompok Anggota kelompok : Intan Febriyanti Winoto A
SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
Delapan fungsi keluarga Oleh: Dra. T. Yuli Kristiyanti  Picture diambil dari google 1.
ETIKA KEPERAWATAN YUNIAR MANSYE SOELI. DEFINISI Keperawatan merupakan salah satu profesi yang bergerak pada bidang kesejahteraan manusia yaitu dengan.
Transcript presentasi:

OLEH DR. H. SYAR’I SUMIN, M.A ADAT BASANDI SYARAK- SYARAK BASANDI KITABULLAH (ABS-SBK) DALAM MENUNTUN PROFESI KEDOKTERAN OLEH DR. H. SYAR’I SUMIN, M.A

PENGANTAR DITUNTUT UNTUK MEMAHAMI NILAI-NILAI YANG BERLAKU DALAM MASYARAKAT SEHINGGA BERKENAN & DITERIMA DALAM MASYARAKAT DI LINGKUNGAN MANA BERADA & LEBIH MUDAH MEMAINKAN PERANNYA DALAM MELAKSANAKAN PROFESI

PENGENALAN ABS-SBK DIHARAPKAN DAPAT MEMBENTUK & MEWARNAI PRILAKU PARA DOKTER DALAM BERKARYA & MENGABDI DI TEMPAT LAIN, APALAGI DI RANAH MINANG

DENGAN MENGERTI ENTITAS BUDAYA SETEMPAT AKAN TIMBUL PENGHARGAAN DENGAN MENGERTI ENTITAS BUDAYA SETEMPAT AKAN TIMBUL PENGHARGAAN. DENGAN SALING MENGHARGAI AKAN MEMUDAHKAN KOMUNIKASI, AKHIRNYA MUDAH BERBUAT & BERPERAN.

SASARAN & TUJUAN MEMOTIVASI MAHASISWA UNTUK MEMAHAMI SEGALA TINDAKAN MORAL, ETIKA, HUKUM & AGAMA DLM PELAKSANAAN PROFESI TERUTAMA TENTANG KEBIJAKAN KESEHATAN & NILAI YANG DIYAKINI PASIEN

TUJUAN UMUM MEMAHAMI ETIKA KEDOKTERAN KHUSUSNYA, KESEHATAN UMUMNYA MEMPRAKTEKKANNYA DLM PELAKSANAAN PROFESI KELAK MEMPUNYAI KARAKTER PROFESI YG TERPUJI

HAKIKAT AJARAN ADAT MINANG KABAU RASO PARISO MALU SOPAN IMAN / AKIDAH

5 MACAM ISI CARANO SEBAGAI CERMINAN AMK SADAH SIRIAH PINANG GAMBIE TAMBAKAU

8 MACAM UKUA JANGKO DI DALAM AMK NAK LURUIH RANTANGKAN TALI NAK TINGGI NAIAKKAN BUDI NAK HALUIH BASO JO BASI NAK ELOK LAPANGKAN HATI

NAK TAGUAH PAHAM DIKUNCI NAK MULIE TAPATI JANJI NAK LABO BUEKLAH RUGI NAK KAYO KUEK MANCARI

6 SYARAT MENJAGA PRESTASI & PRESTISE SERTA MARTABAT INGEK & JAGO PADO ADAT BAILMU BAMAKRIFAT, BAPAHAM BAKAYAKINAN & TAWAKAL PADO ALLAH

MURAH & MAHA DALAM LAKU, SARATO BAPARANGAI BAPATUTAN KAYO & MISKIN PADO HATI & KABANARAN SABA & RIDHO IMEK JO JIMEK BAHATI-HATI, LUNAK LAMBUIK BAKATO-KATO

PENERAPAN ABS-SBK BUDI PEKERTI DALAM PERGAULAN HIDUP SEHARI-HARI BAJALAN BANANTUO BALAYIE BANAKHODO NAN TUO DIHORMATI NAN KETEK DISAYANGI SAMO GADANG AJAK BAKAWAN

SALAH KA MANUSIA MINTA MAAF SALAH KA TUHAN MINTA TAUBAT DIMANA LANGIT DIJUNJUNG DISANA BUMI DIPIJAK DIMANA SUMUR DIGALI DISANA AIR DISAUK

BUDI PEKERTI DALAM KEHIDUPAN BERKELUARGA “KEMENAKAN BARAJO KA MAMAK MAMAK BARAJO KA PANGHULU PANGHULU BARAJO KA MUFAKAT MUFAKAT BARAJO KA NAN BANA NAN BANA BADIRI SANDIRINYO”

SOPAN SANTUN DALAM BERMASYARAKAT “BATANYO LAPEH ARAK, BARUNDIANG SUDAH MAKAN”

RASO JO PARISO “NAK TAU JO PADEH LADO NAK TAU JO ASIN GARAM MANGAUIK SAHABIH GAUANG MAMAKAN SAHABIH RASO ELOK DEK URANG KATUJU DI AWAK DI SINAN BARU DIJALANKAN”

BUDI JO AKA “HIDUIK BARAKA, MATI BARIMAN, BAUKUA BAJANGKO”

KATO NAN 4 TUNGGANAI NAN 4 1. NINIAK MAMAK 2. ALIM ULAMA 3. CADIAK PANDAI 4. BUNDO KANDUANG

ADAIK NAN 4 ADAIK NAN SABANA ADAIK ADAIK NAN DIADATKAN ADAIK NAN TARADAIK ADAIK ISTIADAIK

WANITA / IBU NAN 4 PADUSI BATINO INDUAK-INDUAK PEREMPUAN

KEKELUARGAAN & KEKERABATAN “ANAK DIPANGKU KAMANAKAN DIBIMBIANG URANG KAMPUANG DIPATENGGANGKAN”

SAKAIN SABAJU, SALAUAK SANASI, SABANTA SAKALANG, SALAPIAK SAKATIDURAN TITIAK SAMO DITAMPUANG MALELEH SAMO DIPALIK SAKETEK SAMO DIPAMINYAK BANYAK SAMO DIPAMANDI”

BAKORONG BAKAMPUANG “ ”

BA-BUNDO KANDUANG “LIMPAPEH RUMAH NAN GADANG SUMARAK DI DALAM KAMPUANG HIASAN DALAM NAGARI KOK HIDUIK TAMPEK BANASA KOK MATI TAMPEK BANIAT”

“ KAUNDUANG-UNDUANG KA MADINAH KA PAYUANG PANJI KA SARUGO CAHAYO RUMAH SALENDANG DUNIE ”

SIFAT-SIFAT ORANG MINANG HUBUNGAN INDIVIDU & KELOMPOK “SUKU YANG TIDAK BISA DIANJAK, MALU YANG TIDAK BISA DIBAGI”

SIFAT PRIBADI MINANG a. HIDUIK BARAKA MATI BARIMAN BAUKUA BAJANGKO b. BASO BASI – MALU JO SOPAN c. TENGGANG RASO d. SETIA / LOYAL

e. ADIL f. HEMAT – CERMAT g. WASPADA (SIAGA) h. BERANI KARENA BENAR i. ARIF, BIJAKSANA, TANGGAP & SABAR j. RAJIN k. RENDAH HATI

CITA-CITA MASYARAKAT MINANG LANDASAN (SENDI) PRASARANA  INDIVIDU BERBUDI LUHUR SARANA  MASYARAKAT NAN SAKATO TUJUAN

LANDASAN (SENDI) AGAMA ISLAM ADAT NAN BASANDI SYARAK ILMU PENGETAHUAN YANG BERTUMPU PADA AKAL & NAQAL

PRASARANA  INDIVIDU BERBUDI LUHUR HIDUIK BAKIRO BAUKUA BAJANGKO BABARIH BABALABEH 2. BASO BASI MALU JO SOPAN 3. TENGGANG RASO

SETIA (LOYAL) ADIL HEMAT & CERMAT WASPADA BERANI KARENA BENAR ARIF BIJAKSANA RAJIN RENDAH HATI

SARANA  MASYARAKAT NAN SAKATO SAIYO SAKATO  “ALUE – PATUIK”  MUFAKAT 2. SAHINO SAMALU “RASO–PARISO”  MANUNGGAL 3. ANGGO TANGGO  DISIPLIN 4. SAPIKUA SAJINJIANG  GOTONG ROYONG  KERJA SAMA

TUJUAN MASYARAKAT AMAN DAMAI MAKMUR CERIA BERKAH BUMI SANANG PADI MANJADI TARANAK BAKAMBANG BIAK BALDATUN TAIYIBATUN WAROBBUN GAFFUUR

TERIMA KASIH