Grafika Komputer (TIZ10)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Advertisements

Komputer di bidang seni
Kategori Desain Grafis
Teknologi Informasi dan Komputasi Multimedia
GRAFIKA KOMPUTER BAB 1 . PENGANTAR.
Daniel Richard Andriessen S1 Sistem Komputer
LOGO “ Add your company slogan ” Siswo Wardoyo, S.T., M.Eng. Siswo WardoyoJurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNTIRTA2011/2012- Genap
Element Multimedia Eri Prasetyo.
Animasi.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Konsep dasar Pengolahan citra digital
Grafika Komputer 3 sks.
FAKTOR MANUSIA.
GRAFIKA KOMPUTER (TIN 3221)
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
APLIKASI PENAJAMAN CITRA DENGAN MENGGUNAKAN Farrell Jake,
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
Oleh: Dr. Ir. Abdul Madjid Rohim, MS JURUSAN TANAH FAKULTAS PERTANIAN
Visualisasi INFORMASI
Ida Bagus Surya Dharma,S.Kom
VISION.
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Pengenalan Grafika Komputer
Interaksi Manusia dengan Komputer
19 Januari 2011 Grafika komputer.
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
KONSEP USER INTERFACE.
Mata kuliah Komputer Grafik ( Grafika Computer ) 3 SKS
Pengantar Komputer Grafik
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Pertemuan 1 Introduction
APLIKASI GRAFIKA KOMPUTER
TEKNIK ANTARMUKA.
KONSEP INTERFACE
SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Part 1 PENGENALAN GRAFIKA.
Pendahuluan.
URAIAN DAN TUJUAN MATA AJAR
PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
Grafika Komputer Edy Santoso, S.Si., M.Kom
PERANCANGAN ANTARMUKA (Design Interface) – part 1
Grafika Komputer Pengenalan Grafika Komputer &
Dasar Pemrosesan Citra Digital
Pengantar Grafika Komputer
GRAFIKA KOMPUTER PENDAHULUAN
Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom
Grafika Komputer - Pengantar
Grafika komputer 29 Mei 2012.
GRAFIKA KOMPUTER DAN INFORMASI VISUAL
KOMPUTER GRAFIK unindra
Grafika komputer 1.
IMK.
Pengantar Komputer Grafis MK. Komputer Grafis
Pengantar dan Konsep Realisme Grafik Komputer
CS3204 Pengolahan Citra - UAS
Teknologi Informasi Teknologi Informasi  Teknologi Komputer dan
TEKNIK ANTARMUKA MULAI Ahmad Bahauddin Najah Nim
Pendahuluan.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
PENGENALAN CITRA DIGITAL
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
PENGANTAR GRAFIK KOMPUTER DAN OLAH CITRA
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
EDITING DAN KOMPUTER GRAFIS Pendahuluan. Komputer Grafis S uatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra. Model berasal dari beberapa.
Element Multimedia Eri Prasetyo.
Transcript presentasi:

Grafika Komputer (TIZ10) Pendahuluan

Definisi Grafika Komputer Grafika komputer adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari bagaimana menghasilkan suatu gambar menggunakan komputer. Dalam grafika komputer akan dibahas teknik-teknik menghasilkan gambar.

dari Wikipedia Grafika komputer (Inggris: Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

Ruang Lingkup Grafika Komputer Pemodelan - Penciptaan Manipulasi Gambar Penyimpanan dari objek geometris Rendering – menampilkan efek cahaya Animasi Image

Perbandingan Grafika Komputer dengan Pengolahan Citra Orientasi : vektor Menggunakan model 2D/3D untuk mendapatkan hasil realistik Cenderung mempelajari konsep dan implementasi metode untuk pembangkitan citra/animasi (2D/3D) Mendeskripsikan objek dengan primitif dasar grafis untuk membentuk citra 2D/3D Pengolahan Citra Orientasi: pixel Mengolah data citra untuk mendapatkan interpretasi gambar 2D/3D Titik berat pada memanipulasi citra sesuai dengan keperluan user Memproses citra digital untuk menghasilkan deskripsi objek pada citra

Aplikasi grafika komputer Antarmuka pengguna (Graphical User Interface - GUI) Peta (Cartography) Kesehatan Perancangan objek (Computer Aided Design - CAD) Sistem multimedia Presentasi grafik Presentasi saintifik Pemrosesan citra Simulasi

Sistem Grafika Komputer Input data dan diproses menjadi informasi dan disajikan dalam bentuk gambar pada komputer Sistem Pasif  tidak ada interaksi operator dengan komputer. Data di sajikan dalam bentuk gambar Sistem interaktif  operator dapat mengendalikan segala aspek gambar yang terlihat dinamis (bentuk, ukuran, warna)

Cara pandang terhadap gambar di layar pada sistem interaktif Motion Dynamic: cara pandang terhadap suatu objek yang bergerak dengan kita sebagai pengamat dalam keadaan diam Bebas bergerak di sekeliling objek Update dynamic: perubahan sifat dari objek yang sedang di amati  dalam bentuk bentuk, warna dsb. Contoh: simulasi tabrakan dua mobil yg berjalan dg kecepatan yg bisa dibuat bervariasi

Tugas 1 Carilah contoh 3 bidang penerapan Grafika Komputer (selain untuk GUI)