Modul 1- Review Java.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
TURUNAN/ DIFERENSIAL.
Advertisements

Pemrograman Terstruktur
Pencarian ( Searching)
Modul 5: Constructor, Overloading, inheritance, Polymorphism
Pengendalian Proses : Seleksi (Conditional)
TUGAS Buatlah program menghitung luas persegi panjang!
Menempatkan Pointer Q 6.3 & 7.3 NESTED LOOP.
Malang,22 November 2012
Dasar Pemrograman Komputer
Minggu V Gerlan A. Manu, ST.,MKom - Algoritma Pemrograman I 1.
Silahkan Salin Jawaban Anda DiKertas Sertakan : NIM. : Nama. : Kelas
Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST.
WEEK 6 Teknik Elektro – UIN SGD Bandung PERULANGAN - LOOPING.
PERTEMUAN 6 Algoritma Presented by : Sity Aisyah, M.Kom
Modul 6: Abstract Class, abstract method
Flow Control & Exception Handling
M.K. Pemrograman Web (AK )
Luas Daerah ( Integral ).
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
Struktur Data & Algoritma Suryana Setiawan, Ruli Manurung & Ade Azurat (acknowledgments: Denny) ‏ 1 Fasilkom UI SUR – HMM – AAFasilkom UI - IKI20100/ IKI80110P.
FUNGSI MATEMATIKA DISKRIT K- 6 Universitas Indonesia
Pemrograman Terstruktur
KONTROL ALUR EKSEKUSI PROGRAM
1 OOAD Classes. 2 Diagram Kelas Diagram kelas digunakan untuk: Memodelkan vocabulary sistem: menggambarkan abstraksi-abstraksi yang terdapat pada sistem.
Dasar Pemrograman ARRAY/LARIK.
Pertemuan 8 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
Inheritance (Pewarisan)
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 DPK Issa Arwani, S.kom, M.sc.
WISNU HENDRO MARTONO,M.Sc
Abstract Class.
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
Diberikan pada Kuliah Sela Teknik Informatika - Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2011.
Struktur Data & Algoritma Suryana Setiawan, Ruli Manurung & Ade Azurat (acknowledgments: Denny) ‏ 1 Fasilkom UI SUR – HMM – AAFasilkom UI - IKI20100/ IKI80110P.
Struktur Kontrol Pemilihan
Struktur kontrol.
IKI 20100: Struktur Data & Algoritma Ruli Manurung & Ade Azurat (acknowledgments: Denny, Suryana Setiawan) 1 Fasilkom UI Ruli Manurung & Ade AzuratFasilkom.
03 Elemen Dasar Bahasa Java
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
POLYMORPHISM, ABSTRACT CLASS DAN INTERFACE
INTRODUCTION TO C++ Prepared by: Edi, SKom, MKM.
Inheritance dan Kata Kunci static
Pertemuan 2 SINTAKS BAHASA, TIPE DATA, DAN OPERATOR
Objek-Oriented Programming (OOP)
POLYMORPHISM, ABSTRACT CLASS DAN INTERFACE
Struktur Kontrol Pemilihan
Pertemuan 5 Tipe Data, Operator, Tata Bahasa
Struktur Seleksi (Percabangan)
Struktur Kontrol Keputusan
PERCABANGAN & PERULANGAN DALAM JAVA
Pemrograman Berorientasi Objek
PERCABANGAN Siti Mukaromah, S.Kom.
Identifier, Keyword, dan Tipe data
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Algoritma & Pemrograman 3
As’ad Djamalilleil Elemen Dasar Java As’ad Djamalilleil
Review Materi Java Fundamental
Matakuliah : M0864/Programming I
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pendahuluan PBO.
Inheritance.
INHERITANCE SUSSI.
Flow Control & Exception Handling
Pewarisan (Inheritance)
Konsep Bahasa Pemrograman I Operator
Struktur Kontrol Pemilihan
Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pengenalan Pemrograman 1
Pemrograman Berorientasi Objek
Struktur Kontrol Pemilihan Struktur kontrol pemilihan adalah pernyataan dari Java yang mengijinkan user untukmemilih dan mengeksekusi blok kode spesifik.
Transcript presentasi:

Modul 1- Review Java

Tujuan Di akhir pertemuan, diharapkan mahasiswa memahami : Percabangan Perulangan Array Enkapsulasi : kelas, objek, & konstruktor Pewarisan : overriding method, abstract class, & interface Rekursif

Percabangan Digunakan untuk menyelesaikan persoalan yang mengandung unsur seleksi bersyarat Contoh : memilih jalan di persimpangan, memilih salah satu dari 5 pilihan, dll

Formula Percabangan Cara membuat percabangan di Java : if if – else if – else bersarang switch operator percabangan percabangan dalam percabangan percabangan dalam perulangan

Rumus if - else if - else if (ekspresi boolean) //kondisi 1 //aksi-benar else //kondisi sebaliknya //aksi sebaliknya

Rumus switch switch (ekspresi) { case nilai-ekspresi-1 : aksi-1; break; case nilai-ekspresi-2 : aksi-2; break; case nilai-ekspresi-3 : aksi-3; break; default : aksi-default; }

Contoh Percabangan a. Membuat fungsi isPositif yang mengembalikan boolean. Tujuan fungsi adalah memeriksa sebuah bilangan apakah bilangan positif atau bukan. Jika positif kembalikan TRUE, dan FALSE jika sebaliknya

Contoh Percabangan (2) b. Membuat fungsi isVokal yang mengembalikan boolean. Tujuan fungsi adalah memeriksa sebuah karakter apakah termasuk vokal atau konsonan. Jika vokal kembalikan TRUE, dan FALSE jika bukan vokal.

Perulangan Digunakan untuk menjalankan secara berulang sebuah proses.

Formula Perulangan for while do-while Kombinasi antara perulangan dan percabangan

Rumus Umum Tentukan kondisi awal Tentukan kondisi akhir Tentukan syarat perulangan

Rumus : for for (kond_awal;kond_akhir;syarat_perulangan) { //aksi yang diulang }

Rumus : while //kondisi awal while (kond_akhir) { //aksi yang diulang //syarat_perulangan }

Rumus : do-while //kondisi awal do { //aksi yang diulang //syarat_perulangan } while (kond_akhir);

Contoh Perulangan Menuliskan isi sebuah array of integer {2,4,6,8,10,12,14,16,18,20} ke layar secara terbalik Membaca 10 inputan karakter dari user dan disimpan ke array

Class & Object Enkapsulasi adalah bagaimana membuat atribut sebuah kelas hanya bisa dimodifikasi oleh kelas itu sendiri  menjadikan atribut sbg private Interaksi antar kelas hanya dilakukan dengan pemanggilan method (message)

Contoh Class Class Animal

Pewarisan Pewarisan adalah cara membuat kelas baru dari kelas yang sudah terdefinisi. Kegunaan : reusable code Tidak ada multiple inheritance Keyword : extends

Contoh Pewarisan Animal Atribut : - weight Method : - sound Tiger - type Method : - walk Fish Atribut : - name Method : - swim

Kelas Abstrak Kelas yang mengandung abstract method Dapat memiliki variabel Diwariskan menggunakan kata kunci extends

Interface Struktur mirip kelas yang hanya berisi abstract method dan dapat memiliki konstanta Diwariskan menggunakan kata kunci implements Sebuah kelas dapat mewarisi 1 superclass dan mengimplementasikan >=1 interface

Contoh Interface Interface ActionListener yang digunakan untuk membuat event handling. Kelas yang mengimplementasikan ActionListener harus meng-override method ActionPerformed.

Rekursif Adalah fungsi yang memanggil dirinya sendiri Semua fungsi rekursif pasti memiliki fungsi iteratif Pembagian : rekursif langsung & rekursif tidak langsung

Formula Rekursif Persoalan yang dapat dipecahkan dengan algoritma rekursif berciri sbb : Kasus kompleks dapat disederhanakan menjadi kasus yang lebih sederhana Kasus yang paling sederhana dapat langsung dipecahkan Rumus : if (kasus_paling_sederhana) //sbg basis //segera diselesaikan else //melakukan proses rekursif dg kasus yang //lebih sederhana

Contoh Rekursif public static long factorial(int n){ if (n=1) { return 1; } return n*factorial(n-1);