KERAGAMAN BUDAYA Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MAKNA 4 PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
Advertisements

3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan.
Kuliah ke 4 Kwn Identitas Nasional.
Materi dan Pembelajaran PKn SD Modul 2
Sosialisasi KTSP PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 NOMOR 23 TAHUN 2006Tentang STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN (SKL) DEPARTEMEN PENDIDIKAN.
VISI Pembangunan Pemberdayaan Perempuan
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 Tentang
By : Diyana Rahmawati Pend. Sosiologi dan Antropologi.
Created by : Dewi Mulyasari F, S.Pd NIP
SCHEIN (1992): Oleh para antropolog budaya digunakan untuk menunjuk pada kebiasaan-kebiasaan yang dikembangkan oleh masyarakat sepanjang sejarah mereka.
Filsafat Pancasila.
BAB II IDENTITAS NASIONAL.
Sosialisasi KTSP PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 NOMOR 23 TAHUN 2006Tentang STANDAR KOMPETENSI KELULUSAN (SKL) DEPARTEMEN PENDIDIKAN.
Strategi yang diterapkan Negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan dengan bingkai Bhinneka.
Kepribadian = Cara khas seseorang berpikir, merasa, dan berperilaku. ( Haviland 1999:404 ) = Susunan unsur akal dan jiwa yg. menentukan perilaku/tindakan.
Lola Sarjayanti
Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
Dampak Perubahan Sosial
36 Butir Pedoman Penghayatan & Pengamalan Pancasila
KEPALA KANTOR KESBANGPOL
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Konsumen
Budaya Politik di Indonesia
Pengantar Ilmu Sosial Budaya Dasar
Kehidupan Sosial & Permasalahannya
Kehidupan Sosial & Permasalahannya
NILAI DAN PRINSIP Nilai-nilai 1945
NILAI DAN PRINSIP Nilai-nilai 1945
BAB 6 Keragaman dalam Bhinneka Tunggal Ika
IBD, IAD, ISD (MASALAH INDIVIDU, KELUARGA DAN MASYARAKAT)
AKTUALISASI PANCASILA DALAM BIDANG POLITIK
4 PILAR KEHIDUPAN SEBAGAI LANDASAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
Konsepsi Psikologi tentang Manusia
Keragaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia
DASAR Komunikasi merupakan bagian yang essensial buat pertumbuhan kepribadian manusia seperti disebutkan oleh Ashley Montagu dan Jhonson. Komunikasi.
SISTEM EKONOMI Pertemuan 4.
SKL SD/MI/SDLB/ Paket A
MANUSIA SEBAGAI MAHLUK BUDAYA
SKL SMPLB Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesui dengan tahap perkembangan remaja. Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Menunjukkan sikap.
Keragaman Suku Bangsa dan Budaya
Antropologi Hukum tentang Asal Mula Kehidupan
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK INDIVIDU, SOSIAL, DAN BUDAYA
Aspek sosial budaya yang berhubungan dengan kesehatan
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
DISUSUN OLEH : RAHAYU SETIYANINGSIH
PENDIDIKAN PANCASILA BAB. X. Petumbuhan Faham Kebangsaan
MANUSIA KERAGAMAN dan KESETARAAN.
KELOMPOK 3 NURLI JUMIATIN RISMAWATI DWIKA NOR RINA YULIA MAWADDAH
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL NOMOR 23 TAHUN 2006 Tentang
Empat Teori Psikologi Tentang Manusia
PENGANTAR PERANAN HUKUM DALAM EKONOMI
IDENTITAS NASIONAL MASYARAKAT MADANI
Welcome to the gate of Sociology
Masyarakat, Norma dan Hukum
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
IDENTITAS NASIONAL KELOMPOK 2 Ayu Asmira (G )
Nilai Kemanusiaan sebagai dasar pengembangan ilmu
Manusia Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia.
NILAI-NILAI SILA PANCASILA.
Nilai persatuan dalam bermasyarakat dan bernegara
MAKNA 4 PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA NICO GARA Disajikan pada Seminar Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Manado, 8 September 2012.
ILMU BUDAYA DASAR Oleh : Rakhma Diana Bastomi, SEI, MM
PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN
Pendidikan Kewarganegaraan
Pertemuan 2 DINAMIKA KEBUDAYAAN
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Konsumen
HUBUNGAN MANUSIA – KEBUDAYAAN
MASYARAKAT PEDESAAN DAN PERKOTAAN
PKn yang berhasil menumbuhkan sikap mental : bersifat cerdas,
PROFIL DESA Materi Kuliah Sosiologi Pedesaan dan Perkotaan
MASYARAKAT PEDESAAN DAN PERKOTAAN
Transcript presentasi:

KERAGAMAN BUDAYA Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh BUDYA LOKAL BUDAYA ASING DAN KEBUDAYAAN NASIONAL Oleh: IKA UAMYA YASINTA S.Pd

SUKU BANGSA BAB I PENDAHULUAN SUKU BANGSA ADALAH SUATU GOLONGAN MANUSIA YANG TERIKAT OLEH KESADARAN DAN IDENTITAS AKAN KESATUAN KEBUDAYAAN

KEBUDAYAAN LOKAL KEBUDAYAAN LOKAL ADALAH MEREKA YANG MENGELOMPOKKAN DIRI DALAM SUKU BANGSA-SUKU BANGSA ARTINYA KEBUDAYAAN YANG DIMILIKI DAN YANG DIAKUI MASYARAKAT SUKU BANGSA SETEMPAT

KEBUDAYAAAN NASIONAL KEBUDAYAAN NASIONAL BERMAKNA SEBAGAI SEBUTAN UNTUK MENGIDENTIFIKASI KEBUDAYAAN YANG MENJADI MILIK SELURUH MASYARAKAT SUATU NEGARA YANG LEBIH BERNUANSA HOMOGEN

KEBUDAYAAN ASING KEBUDAYAAN ASING ADALAH KEBUDAYAAN DAN KEBIASAAN MASYARAKAT YANG BERASAL DARI KEBIASAAN DAN KEBUAYAAN MASYARAKAT INDONESIA

KEBUDAYAAN MERUPAKAN SEBUAH TATANAN HIDUPYANG DIBAGI MENJADI 4 SEKTOR MENURUT ATURAN PERGAULANNYA (RAHARDJO, 2007) SEKTOR NEGARA YANG MEMILIKI ALAT PEMAKSA DAN MONOPOLI KEKERASAN BERDASAR HUKUM PASAR YANG MERUPAKAN MEKANISME MENCARI NAFKAH MELALUI PRODUKSI DAN PERTUKARAN YANG BERKEADILAN BAGI SETIAP ORANG SEKTOR MASYARAKAT SIPIL YANG DIDASARKAN KEPADA KESUKARELAAN DAM TOLONG MENOLONG WILAYAH KEHIDUPAN PRIMODIAL DI TINGKAT INDIVIDU DAN KEKELUARGAAN YANG BERSIFAT PRIVASI

MEKANISME KEBUDAYAAN MERUPAKAN INTERAKSI ANTARA 4 UNSUR DALAM SUATU KEGIATAN PEMBANGUNAN ANTHROPOS ETHNOS TECHNE OIKOS

ANTHROPOS ANTHROPOS ADALAH MANUSIA SEBAGAI INDIVIDU YANG MERUPAKAN SUBJEK DAN SEKTOR SENTRAL YANG SEKALIGUS SUMBERKEGIATAN MAUPUN TUJUAN PEMBANGUNAN ITU SENDIRI

ETHNOS ETHNOS ADALAH KOMUNITAS ATAU KELOMPOK MANUSIA YANG BERARTI BAHWA PEMBANGUNAN MERUPAKAN BENTUK HUBUNGAN INTERAKSI ANTARA SESAMA MANUSIA SEBAGAI KELUARGA BESAR YANG BERNAMA MASYARAKAT

TECHNE TECHNE ADALAH ALAT UNTUK MENGOLAH ALAM DAN MASYARAKAT MERUPAKAN BAGIAN DARI BENDA KEBUDAYAAN YANG BERSUMBER DARI MANUSIA SEBAGAI MAHKLUK YANG BERMAIN (HOMO LUDEN) ATAU MAKHLUK YANG YANG MEMBUAT DAN MEMAKAI ALAT (A TOOL MAKING AND USING ANIMAL )

D. OIKOS OIKOS ADALAH UNIVERSUMKOSMIS ATAU RUANGHIDUPDAN YANG TERDEKAT TERSEBUT JUGA LINGKUNGAN HIDUP ATAU EKOLOGI

MANUSIA TERDIRI DARI EMPAT ELEMEN (RAHARDJO, 2007) NAFSU SUFIYAH EGO (NAFSU LAWWAMAH) NAFSU MUTMAINAH (NAFSU ILAHI)

ID ID ADALAH DORONGAN –DORONGAN ATAU INSTING JASMANIAH YANG MEMBERI KEKUATAN UNTUKHIDUP SEBAGAI MANUSIA BASARIAH ATAU MANUSIA JASMANIAH.

NAFSU SUFIYAH NAFSU SUFIYAH ADALAH NAFSU YANG MELAHIRKAN CINTA, SIMPATI DAN EMPATI KEPADA MANUSIA YANG LAIN

EGO EGO ADALAH BAGIAN KEPRIBADIAN MANUSIA YANG KRITIS KARENA EGO ADALAH BAGIAN KEPRIBADIAN YANG BERFIKIR ATAU RASIONAL

NAFSU MUTMAINAH NAFSU MUTMAINAH ADALAH BAGIAN DARI KEPRIBADIAN YANG MENAMPUNG NILAI – NILAI LUHUR YANG DIAJARKAN OLEH KELUARGA DAN MASYARAKAT

KECENDERUNGAN PENYIMPANGAN DALAM KEBUDAYAAN REIFIKASI MANIPULASI FRAGMENTASI INDIVIDUALISASI

REIFIKASI KECENDERUNGAN UNTUK MEWUJUDKAN SEGALA KEBUDAYAAN BENTUK-BENTUK, ANGKA-ANGKA ATAU KUANTITAS DAN BENTUKLAHIRIAH

MANIPULASI KEGIATAN YANG MENYALAH GUNAKAN PROSES DAN BARANG KEBUDAYAAN UNTU K KEPENTINGAN YANG RENDAH

FRAGMENTASI GEJALA PENYEKATAN YANG TAMPAK DARI AKIBAT SPESIALISASI , PROFESIONALISASI DALAM KEGIATAN-KEGIATAN ORANG-ORANG BADAN KELOMPOK-KELOMPOK MASYARAKAT

INDIVIDUALISASI KECENDERUNGAN MEMECAH MASYARAKAT MENJADI INDIVIDU–INDIVIDU YANG DIKEMUDIKAN OLEH KEPENTINGAN PRIBADI YANG SEMPIT

WASSALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUH TERIMA KASIH WASSALAMU’ALAIKUM WAROHMATULLOHI WABAROKATUH