PERANAN PENYULUH AGAMA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MAKNA 4 PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
Advertisements

MEMBANGUN ETOS KERJA UNIVERSITAS PAKUAN Bogor, Nopember 2013
PANCASILA SEBAGAI TATA NILAI HIDUP BANGSA INDONESIA
Berkelas.
GLOBALISASI.
BELA NEGARA Pengertian Bela Negara
KEPALA BIRO BINA MENTAL SETDA PROVINSI JAWA TENGAH
Assalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
strategi pembelajaran pkN
Anggota kelompok : Heri Fatkhurrokhim Sri Mila Lestari Danik Lestari
KERUKUNAN INTEREN & ANTAR UMAT BERAGAMA
FILSAFAT PANCASILA ( PANCASILA NILAI DASAR FUNDAMENTAL )
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL
Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional
Asas Kewarganegaraan Setiap negara mempunyai kebebasan dan kewenangan untuk menentukan asas kewarganegaraan. Dalam asas kewarganegaraan dikenal dua pedoman.
Strategi yang diterapkan Negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan dengan bingkai Bhinneka.
MAKNA LIMA SILA DALAM PANCASILA
Filsafat Pancasila Bambang Tri Purwanto.
Oleh PENEGAKKAN HUKUM TERKAIT PEMELIHARAAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
NASIONALISME Oleh Fajar Iswahyudi.
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
36 Butir Pedoman Penghayatan & Pengamalan Pancasila
MANUSIA, KERAGAMAN DAN KESETARAAN
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN “Bela Negara “
Wawasan nusantara (Lecture 6 & 7)
PANCASILA Sebagai Alat Pemersatu Bangsa
Wawasan nusantara (Lecture 5 & 6)
SEMINAR DAN LOKAKARYA NASIONAL “BELA NEGARA” “GRAND DESIGN KURIKULUM BELA NEGARA DAN RANCANGAN IMPLEMENTASINYA” TEGUH SOEDARTO Surabaya, 1 Oktober 2016.
DIKLAT PRAJABATAN GOLONGAN I DAN II Oleh Fajar Iswahyudi
Latar Belakang, Konsep, Implementasi dan Tantangan
NILAI DAN PRINSIP Nilai-nilai 1945
GEOSTRATEGI INDONESIA
NAMA KELOMPOK : Okti Panca Istihanah Ola Desilia Puji Ananda
NILAI DAN PRINSIP Nilai-nilai 1945
BAB V INTEGRASI NASIONAL DALAM BINGKAI BHINEKA TUNGGAL IKA
AKTUALISASI PANCASILA DALAM BIDANG POLITIK
4 PILAR KEHIDUPAN SEBAGAI LANDASAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
Ketahanan nasional Geostrategi Indonesia  Pelaksanaan Geopolitik dalam negara Suatu cara atau pendekatan dalam memanfaatkan kondisi lingkungan Ketahanan.
BERBAGAI ANCAMAN TERHADAP KEUTUHAN NKRI
Pancasila Sebagai Etika Politik (2)
2. Pengaruh Aspek Politik
Nilai-Nilai Karakter Anak di Indonesia
Wawasan nusantara (Lecture 5 & 6)
Pancasila Sebagai Sumber Nilai Dan Paradigma Pembangunan
Wawasan nusantara (Lecture 5 & 6)
Pancasila Sebagai Etika Politik (2)
DISUSUN OLEH : RAHAYU SETIYANINGSIH
PENDIDIKAN PANCASILA BAB. X. Petumbuhan Faham Kebangsaan
MANUSIA KERAGAMAN dan KESETARAAN.
PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN by DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA
KONSEPSI DAN PERAN KETAHANAN NASIONAL INDONESIA
Dosen ; Tatik Rohmawati, S.IP.,M.Si.
NILAI-NILAI SILA PANCASILA.
WAWASAN KEBANGSAAN DALAM KERANGKA RKRI NEXT.
Dosen ; Tatik Rohmawati, S.IP.,M.Si.
Nilai persatuan dalam bermasyarakat dan bernegara
MAKNA 4 PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA NICO GARA Disajikan pada Seminar Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Manado, 8 September 2012.
Indonesia, 225 Juta penduduk, > 500 grup etnik, 17
Workshop Pengawasan Novotel Hotel Jakarta, Mei 2017 Oleh : H. MAMAN SAEPULLOH, S.Sos., M.Si Inspektur Wilayah II, Inspektorat Jenderal Kementerian Agama.
PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. INDONESIA MASA KINI PANCASILA MASA GITU DISUSUNO L E H : 1. DISUSUNO L E H :
KEBIJAKAN KEMENTERIAN AGAMA DALAM RANGKA PENINGKATAN KERUKUNAN BERAGAMA Oleh: Drs. H. Marjanis, M.Pd. (Kepala Kankemenag Kabupaten Pasaman Barat) Disampaikan.
Pendidikan Kewarganegaraan
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN by DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
ADALAH SUATU KONDISI AMAN TENTRAM & DAMAI DLM KEHIDUPAN BERBANGSA & BENEGARA DI MASYARAKAT ADALAH KELOMPOK MASY YG TDK.
BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK KOTA BANDUNG. JUMLAH PENDUDUK 237 JUTA JIWA (BPS 2010) DAN SEKARANG JUTA JIWA 700 BAHASA DAERAH 1128 SUKU BANGSA.
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Oleh DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
WAWASAN NUSANTARA Latar Belakang, Konsep, Implementasi dan Tantangan.
Kasus penyimpangan pancasila sila pertama Disusun oleh: Adi Prasetyo (K ) Agung Nugroho (K ) Alvian Novitasari (K ) Andysty Andryaningrum.
Transcript presentasi:

PERANAN PENYULUH AGAMA MENCIPTAKAN KERUKUNAN ATAR UMAT BERAGAMA Samarinda nopember 2012 Drs.H.Hasan Aidil M.Si

www.dadangsolihin.com 2

www.dadangsolihin.com 3

www.dadangsolihin.com 4

www.dadangsolihin.com 5

PENGERTIAN HARMONIS UMAT BERAGAMA KERUKUNAN ADALAH KELOMPOK MASY YG TDK DPT DIPISAHKAN DR KEHADIRAN & PERK. AGAMA’S BESAR, ISLAM, KRISTEN, KATOLIK, HINDU, BUDDHA ADALAH SUATU KONDISI AMAN TENTRAM & DAMAI DLM KEHIDUPAN BERBANGSA & BENEGARA DI MASYARAKAT ADALAH KEHIDUPAN YG NYAMAN PENUH TENGGANG RASA DI DLM MASY. DLM BERBGSA & BERNEGARA

Bagaimana Mewujudkan Kerukunan: Intern dan Antar Bagaimana mengembangkan dasar-dasar kebijakan pembinaan agama agar terwujud kerukunan internumat beragama ? Bagaimana mengembangkan prinsip dasar kehidupan bersama dalam mewujudkan kerukunan antarumat beragama?

BUDAYA ROHANI SEPERTI APA?: Inter Memberi peluang berkembangnya nilai-nilai konstitusionalisme dalam arti bahwa ajaran agama yang pelajari memiliki referen yang jelas, sehingga segala bentuk, fungsi, maknanya dapat dipahami secara sistematik.

BUDAYA ROHANI SEPERTI APA? Antar Masyarakat Timur, tidak mungkin melepaskan diri dari kondisi obyektif bahwa ia dibentuk dan dibesarkan oleh prinsip kehidupan komunal dan budaya rohani yang bersifat bersama.

BUDAYA ROHANI SEPERTI APA? Tidak terjebak dalam ‘fundamentalisme’ dan ekslusifisme.

BUDAYA ROHANI SEPERTI APA? Pengembangan budaya rohani hendaknya terus mendorong berfungsinya kebudayaan daerah di mana agama itu dianut.

KETAHANAN NASIONAL ADALAH KONDISI DINAMIS YG MELIPUTI SEGENAP ASPEK KEHDP. NASIONAL YG ULET & TANGGUH SEHINGGA MAMPU MENGEMBANGKAN KEKUATAN NASIONAL DALAM RANGKA MENGHADAPI ANCAMAN, GANGGUAN, TANTANGAN DAN HAMBATAN BAIK DR LUAR MAUPUN DR DALAM DEMI KELANGSUNGAN HIDUP BANGSA DAN NEGARA.

ERA GLOBALISASI

GLOBALISASI “Globalisasi”? Secara bergurau, tetapi tepat sasaran, seorang Malaysia menjelaskan di internet tentang “globalisasi” sebagai “meninggalnya Lady Di” dari Inggris. ???? : Diana, seorang putri Inggris, ketika sedang berpacaran dengan seorang pemuda Mesir, meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil di Prancis. Mobilnya buatan Jerman, dengan mesin buatan Belanda. Sopirnya seorang Swedia yang sedang mabuk setelah minum wiski buatan Skotlandia. Mereka dibuntuti para Paparazi dari Italia yang menggunakan mobil buatan Jepang. Para korban dibantu para dokter Amerika, dengan menggunakan obat buatan Brazil. E-mail ini dikirim kepada pembaca oleh seorang Malaysia, dengan menggunakan teknologi Bill Gates yang dicuri dari orang Jepang. Anda sendiri dapat menerima e-mail ini dengan menggunakan produk buatan IBM, dengan monitor buatan Korea dan cip buatan Taiwan, yang diassembling di Singapura oleh para buruh dari Bangladesh, dimuat ke truk yang dikemudikan seorang India, untuk dikirimkan ke Indonesia, dan dijual kepada Anda oleh seorang pedagang China. Globalisasi = kemitraan & mutu

Kristen/Katolik: 2 Milyar jiwa Islam : 1,3 Milyar jiwa Hindu : 900 Juta jiwa Jumlah pemeluk Agama di Dunia BUDDHA : 360 Juta jiwa Sikh : 23 Juta jiwa Yahudi : 14 Juta jiwa Lain-lain : 525 Juta jiwa Belum Beragama : 850 Juta jiwa Sumber Majalah TIME Edisi 10 Maret 2003

Kristen/Ktolik : 2 Milyar jiwa Hindu : 900 Juta jiwa Sumber Majalah TIME Edisi 10 Maret 2003 RUSIA Eropa RRC USA TURKI ASIA Jazirah Arab INDIA INA Srilanka Brazil AUSTRALIA Argentina Kristen/Ktolik : 2 Milyar jiwa Hindu : 900 Juta jiwa Yahudi : 14 Juta jiwa BUDDHA : 360 Juta jiwa Lain-lain : 525 Juta jiwa Islam : 1,3 Milyar jiwa Sikh : 23 Juta jiwa Belum Beragama : 850 Juta jiwa

Islam : 87,2 % Kristen : 6 % Jumlah pemeluk Agama di Indonesia Katolik: 3,6 % Hindu : 1,8 % Buddha : 1 % LAINNYA : 0,3 % Sumber BPS

Sumber DEPAG Bontang TH. 2009 Islam : 143.064 = 88,667% Kristen : 15.128 = 9,3759 % Jumlah pemeluk Agama di Bontang Katolik: 2.670 = 1,6548 % Hindu : 342 = 0,212 % Buddha : 116 = 0,0719 % LAINNYA : 29 = 0,018 % Sumber DEPAG Bontang TH. 2009

JUMLAH PENDUDUK KOTA BONTANG 2003 NO SUKU JUMLAH % 1 BUGIS 45.553 38,93% 2 JAWA 40.913 34.96% 3 BANJAR 6.793 5.80% 4 TORAJA 4.657 3.98% 5 KUTAI 3.820 3.26% 6 BATAK 3.029 2.58% 7 SUNDA 113 0,09% 8 DLL 12.124 10,36% 117.002 100% DUDA 525 Orang JANDA 1064 Orang JUMLAH PENDUDUK KOTA BONTANG SESUAI SUKU TAHUN 2010 SULAWESI 73.600 44.36% 63.300 38.16% 8.420 3.62% 20.580 13.86% 165.900

PERKEMBANGAN LINGK. GLOBAL 1. ERA PASAR BEBAS 2. NEGARA’S MAJU AMBIL PENGARUH THD NEGARA’S BERKEMBANG DGN DUKUNGAN IMF 3. ISU-ISU GLOBAL : a. DEMOKRATISASI b. LINGK. HIDUP c. HAM d. KETERBUKAAN e. TERORISME 4. PERTENTANGAN IDEOLOGI TDK LAGI MENJADI SUMBER KONFLIK UTAMA. NAMUN TERHADAP KECENDERUNGAN AGAMA MENJADI SUMBER KECURIGAAN. 5. PERKEMBANGAN ILPENGTEK SEMAKIN CEPAT SHG SEOLAH’S NEGARA DI DUNIA INI SUDAH TANPA BATAS. 6. KEAMANAN NEGARA DPT TERGANGGU KARENA BENTUK KEJAHATAN SEMAKIN BERAGAM

PERKEMBANGAN LINGK. NASIONAL A. IDEOLOGI SEMUA PIHAK MENYIKAPI BHW PANCASILA SBG IDEOLOGI NEGARA HARUS TETAP DIPERTAHANKAN. SITUASI POLITIK DALAM NEGERI CUKUP STABIL NAMUN ADA BEBERAPA PARTAI POLITIK YANG TDK MENGGUNAKAN PANCASILA SBG AZAS DLM KEHIDUPANNYA KOMUNISME MASIH MENJADI BAHAYA LATEN BAGI BANGSA INDONESIA

B. POLITIK 1) ASPIRASI BARU DLM KEHIDUPAN POLITIK TLH MUNCUL YAKNI : a. GOLONGAN YG INGIN MEMPERTAHANKAN STATUS QUO. b. GOLONGAN YG INGIN MEMANFAATKAN REFORMASI. c. GOLONGAN YG MURNI MENGHENDAKI REFORMASI TOTAL DIPERKIRAKAN AKAN ADA KENAIKAN SUASANA POLITIK MENJELANG PEMILU 2009 TIMBUL WACANA TNI/POLRI DI TAHUN 2009 DIBERI KESEMPATAN UNTUK MENGGUNAKAN HAK PILIHNYA “NYOBLOS LANGSUNG”.

C. SOSIAL EKONOMI 1) KRISIS EKONOMI DI NEGARA KITA MASIH BLM ADA TANDA-TANDA DPT DIPULIHKAN. DIHARAPKAN SEKTOR PENDIDIKAN AKAN SEMAKIN BAIK DENGAN DISETUJUINYA ANGGARAN PENDIDIKAN DARI APBN HINGGA 20 %. 3) STABILITAS POLITIK DAN KEAMANAN MENJADI KENDALA PULIHNYA EKONOMI INDONESIA. 4) ANGKA KEMISKINAN MENCAPAI ANGKA 40 JUTA ORANG PELAYANAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT MISKIN MASIH MINIM. WABAH “FLU BURUNG” MENJADI ANCAMAN YG MEMBAHAYAKAN MANUSIA. HIV DAN AIDS PERLU DIWASPADAI

d. SOSIAL BUDAYA KESENJANGAN SOSIAL SEMAKIN LEBAR DAN INI ADALAH WARISAN MASA LALU YG TDK KUNJUNG TERATASI. MUNCULNYA SIKAP EMOSIONAL MASY. UTK MEMUSUHI MASY. LAINNYAYG BERBEDA RAS DAN AGAMA. SECARA UMUM KONDISI SOSIAL CENDERUNG SEMAKIN BURUK DGN SEMAKIN BANYAKNYA PENGANGGURAN DAN PHK SERTA PUTUS SEKOLAH DI LINGKUNGAN MASYARAKAT KITA. PERMASALAHAN KOMULATIF KETENAGA KERJAAN MULAI DARI UMRS/D JAM SOSTEK AKAN TETAP AKTUAL DGN SEGALA IMPLIKASINYA. KEKUATAN MORAL BANGSA YAKNI PARA ULAMA, DAN DUNIA KAMPUS DAN PARA PAKAR AKAN TETAP MENJADI SUMBER KONTROL TERHADAP PEMERINTAH APABILA TIMBUL KKN. PELAKSANAAN PENEGAKAN HUKUM DAN RASA KEADILAN MASYARAKATAKAN SELALU DITUNTUT. ADANYA BERBAGAI BENCANA YANG MELANDA NEGARA KITA SEPERTI DI ACEH, NIAS, JOGYAKARTA, LUMPUR PANAS LAPINDO YG MENAMBAH PENDERITAAN BAGI MASYARAKAT YG MENGALAMINYA.

e. KEAMANAN SITUASI KEAMANAN DI 8 KOTA BESAR DIRASAKAN MENINGKAT UTAMNYA PADA KEJAHATAN KEKERASAN, PENGANIYAAN, PEMBUNUHAN, MAIN HAKIM SENDIRI DAN KEJAHATAN SUSILA SERTA NARKOTIKA MENJALARNYA PENYAKIT AIDS DAN PENYALAHGUNAAN OBAT TERLARANG NARKOTIKA SEMAKIN MENGKHAWATIRKAN KONFLIK ANTAR ETNIS DAN ANTAR AGAMA MASIH LATEN TEROR BOM MASIH MUNGKIN AKAN TERJADI LAGI

PANCASILA 1. KETUHANAN YANG MAHA ESA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB PERSATUAN INDONESIA KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN /PERWAKILAN KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA

KETUHANAN YANG MAHA ESA ARTINYA ADALAH BAHWA KITA SBG BANGSA INDONESIA PERCAYA DAN BERTAQWA KPD. TUHAN YANG MAHA ESA SBG PENCIPTA ALAM SEMESTA DGN SEGALA ISINYA. DLM PASAL 29 UUD’45 DIKATAKAN : ~ NEGARA BERDASAR ATAS KETUHANAN YANG MAHA ESA. SILA PERTAMA ~ NEGARA MENJAMIN KEMERDEKAAN KPD SETIAP PENDUDUK UTK MEMELUK AGAMANYA MASING’S DAN UTK BER- IBADAT MENURUT AGAMANYA DAN KEPERCAYAANNYA ITU. KETUHANAN YANG MAHA ESA ~ MENGEMBANGKAN SIFAT SALING MENGHOTMATI ANTAR PEMELUK YG BERBEDA- BEDA. ~ AGAMA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP TUHAN YME ADALAH MASALAH YANG MENYANGKUT HUBUNGAN PRIBADI MANUSIA DGN TUHAN YME. ~ MENGEMBANGKAN SIKAP SALING MENGHORMATI KEBEBASAN MENJALANKAN IBADAH SESUAI DGN AGAMA DAN KEPERCAYAAN MASING’S. ~ MENGEMBANGKAN KERUKUNAN DI ANTARA SESAMA UMAT YANG BERBEDA-BEDA.

SILA KE DUA KEMANUSIAAN YG ADIL DAN BERADAB MENGAKUI DAN MEMPERLAKUKAN MANUSIA SESUAI DGN HARKAT DAN MARTABATNYA SBG MAHLUK TUHAN. MENGAKUI ADANYA KESAMAAN DERAJAT, PERSAMAAN HAK DAN KEWAJIBAN TANPA MEMBEDAKAN SUKU, AGAMA, RAS DAN KEDUDUKAN, SERTA JENIS KELAMIN. SILA KE DUA MENGEMBANGKAN SIFAT SALING MENCINTAI SESAMA MANUSIA. KEMANUSIAAN YG ADIL MENGEMBANGKAN SIFAT TENGGANG RASA. DAN BERADAB MENGEMBANGKAN SIFAT TIDAK SEMENA’S TERHADAP ORANG LAIN. BERANI MEMBELA KEBENARAN DAN KEADILAN. MENJUNJUNG TINGGI NILAI KEMANUSIAAN.

Prinsip Bhineka Tunggal Ika Persatuan ~ PERSATUAN DARI KATA SATU YG BERARTI UTUH, TIDAK PECAH PERSATUAN MENGANDUNG PENGERTIAN DISATUKAN. Indonesia ~ ADALAH SUATU NEGARA KITA DALAM PENGERTIAN GEOGRAFIS DAN BANGSA. PENGERTIAN GEOGRAFIS ADALAH MEM- BENTANG DARI 950 – 1410 BUJUR TIMUR DAN 60 LINTANG UTARA S/D 110 LINTANG SELATAN. SEDANGKAN INDONESIA DLM PENGERTIAN BANGSA ADALAH BANGSA YG SCR POLITIS HIDUP DLM WILAYAH KITA. SILA KE TIGA PERSATUAN INDONESIA Prinsip Bhineka Tunggal Ika INILAH PRINSIP YG MENGHARUSKAN KITA UTK MENGAKUI BAHWA INDONESIA, BAIK SUKU, BAHASA, AGAMA, ADAT, KEBIASAAN DAN LAIN’SNYA SANGAT BERBHINEKA YG MEWAJIBKAN KITA UNTUK TETAP BERSATU UTUH.

KERAKYATAN YG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DASAR MUFAKAT, KERAKYATAN ATAU DEMOKRASI MENUNJUKAN BAHWA NEGARA INDONESIA MENGANUT PAHAM DEMOKRASI. PAHAM DEMOKRASI BERARTI BAHWA KEKUASAAN TERTINGGI (KEDAULATAN) UTK MENGATUR NEGARA DAN RAKYAT BANYAK BERADA DI TANGAN SELURUH RAKYAT DAN DILAKUKAN SEPENUHNYA OLEH MPR. SILA KE EMPAT KERAKYATAN YG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN MENGUTAMAKAN MUSYAWARAH DLM MENGAMBIL KEPUTUSAN UNTUK KEPENTINGAN BERSAMA SECARA KEKELUARGAAN. MENGHORMATI DAN MENJUNJUNG TINGGI SETIAP KEPUTUSAN YG DICAPAI SBG HSL MUSYAWARAH.

SILA KE LIMA KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA MENGEMBANGKAN SIKAP SUASANA KEKELUARGAAN DAN KEGOTONG ROYONGAN. MENGEMBANGKAN SIKAP ADIL THD SESAMA DAN SELALU MENG- HORMATI HAK ORANG LAIN. SILA KE LIMA SUKA MEMBERIKAN PERTOLONGAN KEPADA ORANG LAIN. KEADILAN SOSIAL SUKA MELAKUKAN KEGIATAN DLM RANGKA MEWUJUDKAN KEMAJUAN YG MERATA DAN KEADILAN SOSIAL. BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA MENJAGA KESEIMBANGAN ANTARA HAK DAN KEWAJIBAN.

WASPADAI RADIKALISME NARK BA TERORISME

BENTUK-BENTUK RADIKALISME AGAMA RADIKALISME MUNCUL KARENA KETIDAKTAHUAN AKAN AJARAN AGAMA YG SEBENARNYA RADIKALISME MUNCUL KARENA SEMANGAT BERLEBIHAN DLM MENGAMALKAN AJARAN AGAMA BENTUK-BENTUK RADIKALISME AGAMA RADIKALISME MUNCUL KARENA KELIRU MENILAI PRILAKU UMAT BERAGAMA RADIKALISME MUNCUL KARENA ADANYA PENGARUH DARI LUAR NEGERI

PERMASALAHAN YG DIHADAPI KEHIDUPAN YG HARMONIS DI DLM MASYR MASIH PERLUKITA WUJUDKAN SBG AKIBAT DR MUNCULNYA KETEGANGAN SOSIAL YG SERING MELAHIRKAN KONFLIK INTERN & ANTAR UMAT BERAGAMA KONFLIK INI MULANYA DISEBABKAN OLEH KEPENTINGAN SOSIAL & KETDK ADILAN EKONOMI YG KADANG’S DIMANFATKAN SBG SENTIMEN AGAMA PERMASALAHAN YG DIHADAPI KITA MAKLUMI TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT YG MASIH RENDAH & PENEGAK HUKUMNYA KURANG MENYENTUH RASA KEADILAN TETAPI KITA BERSYUKUR MEMILIKI TATANAN KEHIDUPAN NASIONAL YG HARMONIS PENUH KEARIFAN & KITA MEMILIKI ADAT ISTIADAT YG MAMPU MJD WADAH KOMUNIKASI & KONSULTASI LINTAS AGAMA DAN SUKU BANGSA DEMI KEUTUHAN NKRI & TANNAS BGSA KITA

ADALAH SUATU PAHAM YANG KELIRU DAN EKSTRIM DI BIDANG PENGAMALAN AJARAN GAMA RADIKALISME AGAMA PERLU DIWASPADAI KARENA DAPAT MENJADI SALAH SATU PENYEBAB TERJADINYA PERSELISIHAN DIANTARA KOMPONEN BANGSA YG DAPAT MERUSAK SENDI-SENDI KEHIDUPAN BERSAMA.

LANGKAH'S YG PERLU DIAMBIL KERJASAMA KELEMBAGAAN BAIK INTERNAL MAUPUN EXTERNAL DITINGKATKAN LANGKAH'S YG PERLU DIAMBIL KERJASAMA DIBIDANG SOSIAL DAN BUDAYA MASING’S PEMUKA AGAMA MAMPU MENATA HATINYA UNTUK HIDUP PENUH TOLERANSI DIANTARA KITA SBG BANGSA YG MAJEMUK PEKAN KEGIATAN BERSAMA PEMUDA DLM PENDALAMAN NILAI’S AGAMA MENGINVENTARISIR DAN PENDATAAN KEMBALI ALIRAN’S AGAMA YG ADA BIMBINGAN DAN PENYULUHAN KEAGAMAAN TERHADAP MASYARAKAT DI DAERAH YG TELAH TERJADI KONFLIK

KEGIATAN YG TERUS DILAKSANAKAN PEMBENTUKAN FORUM SOLIDARITAS TOKOH’S UMAT BERAGAMA KEGIATAN YG TERUS DILAKSANAKAN MEMBERI FASILITAS KEPADA BADAN MUSYAWARAH UMAT BERAGAMA DI DAERAH’S BIMBINGAN KONSELING BAGI KORBAN PASCA KERUSUHAN DAN KONFLIK SOISAL PEMBINAAN JARINGAN KERJASAMA ANTAR UMAT BERAGAMA SOSIALISASI PENDIDIKAN BERWAWASAN MULTIKULTURAL BAGI GURU’S SKB MENAG DAN MENDAGRI NO. 8 DAN NO. 9 TH 2006 SERTA PEMBERDAYAAN FKUB

MENCEGAH SEDINI MUNGKIN TERJADINYA GESEKAN ANTAR UMAT BERAGAMA WADAH KONSULTASI DAN DIALOG UMAT BERAGAMA KWI PHDI MUI PGI WALUBI MENCEGAH SEDINI MUNGKIN TERJADINYA GESEKAN ANTAR UMAT BERAGAMA KEP MENAG NO. 35 TH 1980 DIBENTUK FORUM KOMUNIKASI ANTAR UMAT BERAGAMA, GUNA MEMBICARAKAN TANGGUNG JAWAB BERSAMA SBG WARGA NEGARA KHUSUSNYA PIMPINAN UMAT BERAGAMA UNTUK TETAP MENJAGA KESATUAN DAN PERSATUAN BANGSA

KONDISI UMAT BERAGAMA YANG DIHARAPKAN FASILITASI DIALOG KOMUNIKASI SOSIALISASI 1. Terdidik 2. Bermoral 3. Toleran 4. Sejahtera 10. Hidup Bermanfaat bagi orang lain 5. Paham Nilai2 Agama 6. Dpt dipercaya 7. Patuh hukum agama 8. Patuh hukum Negara 9. Cinta tanah air Pancasila UUD'45 Wawasan Nasional Adat Istiadat HARMONIS RUKUN TANNAS KETELADANAN PARTISIPASI KOORDINASI EDUKASI

Petuah Klasik, Tapi Tetap Asyik Busana kekayaan adalah keramahan, Busana orang kuat adalah ucapan halus, Busana pengetahuan adalah kedamaian, Busana orang yang belajar buku-buku suci adalah kerendahan hati, Busana tapa tidak lekas marah, Busana orang besar adalah sifat pemaaf, Keindahan Budi Bakti adalah tidak mencela agama orang lain

FASILITASI PEMERINTAH HARUS MAMPU SEBAGAI FASILITATOR DAN SIAP SECARA NETRAL DLM MENGHADAPI PERBEDAAN YG MENGARAH KEPD KONFLIK HORISONTAL YG LEBIH BESAR.

EDUKASI DILAKSANAKAN MELALUI PROSES PEMBELAJARAN, PELATIHAN DAN BIMBINGAN, DAN KETRAMPILAN YG DPT MEMBERIKAN PENGERTIAN & PEMAHAMAN TTG ARTI PENTINGNYA KITA SBG BANGSA YG MAJEMUK BERBHINEKA TUNGGAL IKA, TOLERAN DAN HARMONIS DLM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT BERBANGSA DAN BERNEGARA

SOSIALISASI PEMAHAMAN & PENGERTIAN YG DIMILIKI OLEH PARA TOKOH UMAT BERAGAMA TERHDP ARTI PENTINGNYA KERUKUNAN BAGI BANGSA INDONESIA HARUS SECARA BERLANJUT DAN TERUS MENERUS DI SOSIALISASIKAN KEPADA UMAT YG ADA DITINGKAT BAWAH AGAR TERJALIN TOLERANSI YG TINGGI DLM SAMA-SAMA MEMBANGUN NKRI YG KITA CINTAI

KOMUNIKASI MEDIA KOMUNIKASI BISA DIGUNAKAN SBG SARANA UNTUK MEREDAM KETEGANGAN YG TERJADI DI LIGK. UMAT BERAGAMA DISINI PERLU DISUSUN BAHASA YG DPT MENDINGINKAN KEMARAHAN UMAT BERAGAMA DI LAPANGAN DISINI DISAMPAIKAN PENTINGNYA KEBERSAMAAN DEMI KEUTUHAN NEGARA DAN BANGSA

KOORDINASI BERSAMA-SAMA MEMELIHARA KERUKUNAN TOKOH MASYARAKAT TOKOH AGAMA TOKOH ADAT PEMERINTAH TOKOH PEMUDA APARAT KEAMANAN MAHASISWA BERSAMA-SAMA MEMELIHARA KERUKUNAN

KETELADANAN KETELADANAN DARI PARA PEMIMPIN BAIK FORMAL MAUPUN INFORMAL DARI ASPEK : TUTUR KATA, GAYA HIDUP, PRILAKU MORAL, KESEDERHANAAN, TOLERANSI, KEBERSAMAAN DAPAT MENJADI CONTOH BAGI MASYARAKAT

PARTISIPASI HARUS AKTIF DALAM MENINGKATKAN KERUKUNAN HARUS AKTIF MENCEGAH TERJADINYA KONFLIK BERLATAR BELAKANG AGAMA

REGULASI PERSIAPKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DLM UPAYA PENINGKATKAN KERUKUNAN HIDUP UMAT BERAGAMA GUNA MEWUJUDKAN KEHARMONISAN HIDUP BERBANGSA DAN BERNEGARA

DIALOG GUNAKAN DGN BAIK DIALOG PARA TOKOH DAN PIMPINAN FORMAL & INFORMAL DLM BERBAGAI KESEMPATAN UTK BERTEMU & BERSILATURAHMI UNTUK MENGHINDARI KECURIGAAN DAN PRASANGKA BURUK ANTARA MEREKA

SEPULUH TANTANGAN ABAD – 21 ( Robert B. Tucker ) KECEPAT-AN (SPEED) JAMINAN MUTU (QUALITY CONTROL) KENYAMANAN (CONVI-NIENCE) TEKNOLOGI SEBAGAI ANDALAN (TECHNO AGE) GELOM-BANG GENERASI (AGEWAVE) TANTANGAN ABAD 21 PELAYANAN PELANGGAN (CUSTUMER SERVICE) PILIHAN (CHOICE) PERTAMBAHAN NILAI (VALUE ADDED) RAGAM GAYA HIDUP (LIFE STYLE) KOMPETI-SI HARGA (DISCOUN-TING)

PEMBINAAN MANUSIA SEUTUHNYA PERILAKU NILAI-NILAI SIKAP-SIKAP GAYA/STYLE GAYA/STYLE SIKAP-SIKAP NILAI-NILAI KEPRIBADIAN KONSEP DIRI PERILAKU KEPRIBADIAN

PONDASI KOMPETENSI PROFESI 1. PENGETAHUAN MEMAHAMI APA YANG HARUS DI PERBUAT LENGKAP DENGAN ALASANNYA “WHAT & WHY” 2. MOTOFASI ADALAH HASRAT UNTUK MELAKUKAN TINDAKAN TERTENTU SEBAGAI PENDORONG BAGI KEYAKINAN 3. LATIHAN MENCOBA MEMPRAKTEKAN ATAU MENGEKSPRISKAN SEBAGAI OPERASINALISASI DAN KEYAKINAN UNTUK DAPAT MENERAPKAN PENGETAHUAN DAN MOTOFASIDALAM KEHIDUPAN NYATA

3 PERSONAL POWER MEMILIKI VISI MISI MENGAJAR (BERFUNGSI SEBAGAI RAMBU-RAMBU PENGATUR BAGI GURU DALAM MENGHADAPI SISWA DAN SELALU MEMUNCULKAN PARADIGMA BARU BERDASARKAN PRINSIP DAN NILAI-NILAI) KEPEMIMPINAN PRIBADI (MEMILIKI KUALITAS IMTAK POLA PIKIR, PROSES PENGAJARAN, KUALITAS HASIL PENGAJARAN DAN KUALITAAS KETELADANAN) PENFGELOLAAN DIRI (MENJADI PRIBADI EFEKTIF, PRO AKTIF , CERMAT MENYUSUN RENCANA )

4 PRILAKU PENYULUH 1. PENYULUH KRISIS YANG MENJADIKAN SEMUA PEKERJAAN DALAM KATAGORI PENTING DAN GENTING, SEMUA INGIN DILAKUKAN / SOK SIBUK 2. PENYULUH EFEKTIF YANG MENJADIKAN SEMUA PEKERJAAN DALAM KATEGORI PENTING DAN TIDAK GENTING PEKERJAANYA DIRANCAN SESUAI VISI MISI 3. PENYULUH KORBAN KEADAAN TIDAK PENTING TETAPI GENTING, TEROMBANG ABING DAN FRUSTASI 4. PENYULUH BINGUNG TIDAK PENTING DAN TIDAK GENTING, HIDUPNYA HANYA UNTUK KESENANGAN, MENYIANYIAKAN WAKTU

3 FAKTOR PENGEMBANGAN PERILAKU PENYULUH MENTALITAS (BERSIKAP JUJUR, MEYAKINI NILAI-NILAI MEMEGANG TEGUH KOMITMEN) MORALITAS (MEMILIKI NILAI, NORMA, PRINSIP HIDUP DAN EMPATI TERHADAP LINGKUNGAN) SPRITUALITAS (YANG TERKAIT DENGAN NILAI-NILAI DAN KEYAKINAN TERHADAP KEKUATAN DI LUAR DIRINYA / TRANSCENDENTAL)

KARAKTER KARAKTERISTIK LAHUT NASUT OLAH HATI OLAH PIKIR NAFSU EMOSI SPIRITUAL POTENSI MANUSIA OLAH HATI OLAH PIKIR OLAH OTAK OLAH RAGA NAFSU EMOSI RASIO LAHUT NASUT KARAKTER

MULTIPLE INTELEGENCE KECERDASAN LINGUISTIK KECERDASAN MATEMATIK KECERDASAN MUSIK/SENI KECERDASAN VISUAL KECERDASAN NATURALIS KECERDASAN INTER PERSONAL KECERDASAN INTRA PERSONAL

4 KUADRAN SEORANG PENYULUH DALAM MENGEMBANGKAN PROVESI PENYULUH PEKERJA MENYUKAI KEMAPANAN SENANG DENGAN PEKERJAAN RUTINITAS DAN TIDAK ADA KEINGINAN UNTUK BERUBAH PENYULUH PROFESIONAL MENYUKAI TANTANGAN SENANG DENGAN PEKERJAAN MANDIRI SENANG BERPINDAH TEMPAT DDENGAN PEKERJAAN YANG SAMA PENYULUH PEMILIK (EXSPERT) MAMPU MENGENDALIKAN SISTEM DAN JADI PEMILIK LEMBAGA,PEMODAL, PIMPINQN YAYASAN DAN PENGAMBIL KEPUTUSAN SENANG DENGAN PERAN PENGENDALI / PIMPINAN PENYULUH PERANCANG PEMBUAT SISTEM PERANCANG MASA DEPAN BERSIFAAT INNOVATIF PADA IDE-IDE PERUBAHAN

4 POTRET KEPRIBADIAN DASAR JADILAH PENYULUH SANGUINIS SOSOK SANGUINIS SANGAT HANGAT MENYUKAI HAL-HAL FISIK SEPERTI MEENYENTUH, MEMELUK, MENCIUM, MENGELUS JADILAH PENYULUH KOLERIS PEKERJA SECARA KONSISTEN TERHADAP KERJAAN, JIKA ASIK LUPA UNTUK BERISTIRAHAT JADILAH PENYULUH PHLEGMATIS KEBUTUHAN EMOSIONAL, PENGHORMATAN DAN PERASAAN HARGA DIRI, SIFATNYA PENDIAM DAN BERPUAS DIRI. JADILAH PENYULUH YANG MELANKOLIS SUKA MENGORGANISASI DENGAN BAIK, PEKA TERHADAP PERASAAN PESERTA DIDIKNYA, MEMPUNYAI KREATIFITAS YANG MENDALAM

5 TINGKAT KESADARAN BELAJAR 1. UNCONCIOUS IN COMPETENCE (TIDAK MENYADARI KETIDAK MAMPUAN) 2. CONSCIOUS IN COMPETENCE(MENYADARI KETIDAKMAMPUAN DIRI) 3. CONSCIOUS COMPETENCE (MAMPU MELAKUKAN SESUATU DENGAN SADAR) 4. UNCONCIOUS COMPETENCE (MAMPU MELAKUKAN SESUATU DENGAN TIDAK SADAR) 5. CONCIOUS OFUNCONSIOUS COMPETENCE (MENYADARI KEMAMPUAN YG SELAMA INI TIDAK DI SADARI)

LANGKAH-LANGKAH YAKIN KITA MEMILIKI KEUNGGULAN MENGEKSPLORE YANG KITA MILIKI (KARAKTER ATAU KEBIASAAN YANG DAPAT MEMBUAT KITA UNGGUL) MEMANFAATKAN HAL-HAL UNIK YANG KITAMILIKI UNTUK MENCAPAI TUJUAN CONTOHNYA: TIERI HENRY PEMAIN ARSENAL DAN BARCELONA (PRANCIS JUARA DUNIA 1988 & 2000) DIMOTIFASI OLEH KAPTEN ARSENAL TONI ADAMS DENGAN MEMBANDINGKAN STRIKER SEBELUMNYA IAN WRIGHT

ISLAMI MANUSIA BUDAYA BANGNEG SEHAT ALAM LINGKUNGAN BERSIH PENGABDIAN QS. Al Baqarah Ayat 30 - 34 SEHAT ALAM LINGKUNGAN BERSIH QS. Al Mu’min ayat 64 PENGABDIAN ALLAH HUB ALLAH IMTAQ HARAPAN QS. Ali Imran ayat 60 SELARAS AGAMA HUB MAN QS. Al Maidah ayat 1- 3 SERASI QS. Az Zukhruf ayat 43 QS. Al Hujurat ayat 10 & 13 QS. Ali Imran ayat 103 SEIMBANG QS. An Nisa ayat 59 HAYAWAN HUB ALAM NABATI QS. Arruum ayat 41

HILANGKAN PRASANGKA BURUK YANG DAPAT MEMICU KONFLIK

Sekian dan Terima kasih