1 Desain. 2 What is design ? Design (n) : Invensi atau pengaturan suatu bentuk, komponen, atau rincian sesuatu yang sesuai dengan rencana (plan). Aktivitas.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by.
Advertisements

TURUNAN/ DIFERENSIAL.
The Product and the Process CHAPTER 2 The Process Software engineering: a practitioner’s approach / Roger S. Pressman.—5th ed.
CHAPTER 7 Pengembangan Sistem
S0012 Pengantar Ilmu Teknik Sipil Pertemuan 2
KU1287 PENGANTAR TEKNOLOGI INDUSTRI Kuliah 11: Disain FakultasTeknologi Industri Institut Teknologi Bandung 2009.
BAB - 1 MANAJEMEN OPERASI by
Perth Chart & Critical Path Method
©Ayi Purbasari, S.T., /2008 Materi 3 Kuliah IT-505 PSBO ©Ayi Purbasari, S.T., /2008.
SOAL ESSAY KELAS XI IPS.
Pengimplementasi Sistem
Konsep Dasar Penelitian
Interaksi Manusia dan Komputer
Oleh : Handy Wicaksono, ST
Kuliah ke-3 MATERI SURVEI.
Keputusan Penetapan Harga dan Manajemen Biaya
SISTEM DAN PEMODELAN Sistem Pemodelan.
13 KOMPONEN DIAGRAM UML & PROSES MODEL WATERFALL
ENGINEERING [Enjinering].

PENGORGANISASIAN PROYEK SISTEM
PROJECT MANAGEMENT MANPRO-M10: RISIKO DALAM PROYEK SISTEM am/page : 1 of 17 RISIKO DALAM PROYEK SISTEM SESI : 10 BY ARISM,SKOM,MMSI.
Luas Daerah ( Integral ).
Aspek Pemasaran.
PERILAKU-ORGANISASI / AN / FISIP / herwanparwiyanto
LANGKAH-LANGKAH melaksanakan SURVEI CONTOH
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN KOMPETITIF
KONSEP TEKNOLOGI esain 2014.
DK 116 KONSEP TEKNOLOGI DEsain.
Physics 111: Lecture 7, Pg 1 Physics 111: Lecture 7 Today’s Agenda l Friction çApakah gesekan itu? çBagaimana kita mengidentifikasi gesekan? çModel-model.
These courseware materials are to be used in conjunction with Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 6/e and are provided with permission by.
Copy Right 2005Bab 2 Hal 1 Sistem Informasi Manajemen Bab 2 Teknologi Informasi Dalam Perdagangan Jaringan Elektronik (E-Commerce)
Information Systems, Organizations, and Strategy
Manajemen Produksi dan Operasi
Analisis Kebutuhan dan Spesifikasi Perangkat Lunak
Managing Software Requirements (manajemen kebutuhan perangkat lunak)
ORGANISASI YANGEFEKTIF, BERKEMBANG DAN MAPAN
METODE PENCARIAN HEURISTIK
Cabang Engineering & Jalur Karir Bagi Engineer
Pengantar Sistem Produksi
Manajemen Proyek.
WISNU HENDRO MARTONO,M.Sc
©Ian Sommerville 2004Software Engineering, 7th edition. Chapter 1 Slide 1 Review Software Engineering.
INFINITIVE CLAUSES Infinitive clause is TO (untuk) that is put before original verb, if the words are preceded by: The other verbs To be Examples: Saya.
WaterfallPrototyping RAD Incremental Prototyping Pendekatan SDLC.
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
1 Pertemuan 12 Pengkodean & Implementasi Matakuliah: T0234 / Sistem Informasi Geografis Tahun: 2005 Versi: 01/revisi 1.
a.k.a structural testing WHITE BOX TESTING clear box testing
SIKLUS PRODUKSI BAB 6 PERTEMUAN 11.
EVOLUSI DAN PENGERTIAN TEKNOLOGI
Spesifikasi Produk Teknik Industri Universitas Komputer Indonesia.
Rekayasa Perangkat Lunak
PENGAMBILAN KEPUTUSAN, SISTEM DAN DUKUNGANNYA
Chapter 2: Rekayasa Web We define it this way:
SARTIKA NISUMANTI, ST., MT
KOMUNIKASI DATA Materi Pertemuan 2.
Rekayasa Perangkat Lunak Pendahuluan
CA113 Pengantar Manajemen Bisnis
Software Engineering Rekayasa Perangkat Lunak
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Sosial Marketing k.
The Example Of BAD WEBSITE and GOOD WEBSITE
Sosial Marketing k tentang : Ide.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
KONSEP TEKNOLOGI esain 2013.
CA113 Pengantar Manajemen Bisnis
Manajemen Proyek Pengantar
OSKAR JUDIANTO SSn., MM., MDs. FAKULTAS DESAIN dan INDUSTRI KREATIF
CA113 Pengantar Manajemen Bisnis
Sistem Informasi Manufaktur/ SIMA Eka Yuniar. SAP 1. Pengertian Sistem 2. Pengertian Informasi 3. Pengertian Sistem Informasi 4. Pengertian Manufaktur.
Transcript presentasi:

1 Desain

2 What is design ? Design (n) : Invensi atau pengaturan suatu bentuk, komponen, atau rincian sesuatu yang sesuai dengan rencana (plan). Aktivitas yang menghasilkan sintesa sesuatu untuk memenuhi keinginan (need). Konteks enjinering: aplikasi pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill) tertentu, untuk menghasilkan sesuatu yang memenuhi keinginan dalam bentuk set spesifikasi.

3 What is design ? Beberapa contoh keinginan (needs): Lemari pendingin untuk makanan. Speda untuk alat transportasi. Keyboard untuk mengirim data ke komputer. Knalpot untuk meredam suara mesin. Objek desain: Peralatan, mesin, rangkaian, bangunan, mekanisme, struktur, software, proses manufaktur. Sistem teknis lainnya.

4 What is design ? Yang melakukan desain: Setiap individu. Teknisi atau non-teknisi. Enjiner. Objek desain yang berupa produk dan peralatan, tidak berarti hanya objek nyata (tangible), tetapi juga: struktur, sistem, prosedur, atau software.

5 Perbedaan desain dan analisis Analisis: Jika hanya terdapat satu jawab atas persoalan. Merupakan rangkuman. Contoh: Pengolahan data yang digunakan untuk menguji teori. Desain: Jika terdapat lebih dari satu solusi. Jika memerlukan keputusan yang kreatif, melakukan: pemilihan, pengujian, iterasi, dan evaluasi. Desain memerlukan analisis, dan melibatkan minimum satu elemen analisis tersebut.

6 Perbedaan desain dan analisis Contoh: Stasiun cuaca. Mengambil data cuaca, mengirimkan lewat internet, dan melakukan ramalan cuaca adalah analisis. Membangun stasiun cuaca adalah kegiatan desain.

7 Perbedaan desain dan analisis Contoh: Medieval catapult. Mendapatkan lintasan projektil pada sumbu x-y. Menggunakan Hk. Newton, F=m.a. Melibatkan keputusan: Target yg. mana? Menentukan parameter yg. akan digunakan: Berapa Vo dan sudut yg. akan digunakan. Persoalan melibatkan lebih dari satu solusi. Persoalan hanya berupa analisis.

8 Perbedaan desain dan analisis Contoh: Medieval catapult. Bagaimana membuat katapel tersebut merupakan persoalan desain. Dapat dibuat dengan lebih dari satu cara. Perlu memilih metode terbaik. Perlu menentukan material untuk strukturnya. Perlu menentukan: tali, gantungan keranjang, penyimpan energi. Seberapa besar ukuran, digeser atau menggunakan roda. Memerlukan eksperimen, analisis, pengujian, evaluasi, dan revisi.

9 Perbedaan desain dan reproduksi Desain melibatkan kreasi peralatan atau produk untuk memenuhi keperluan atau spesifikasi tertentu. Analisis adalah proses yang menggunakan matematika atau tools lainnya untuk mendapatkan jawaban atas persoalan tertentu. Reproduksi: Proses kreasi ulang sesuatu yang telah didesain. Melibatkan replikasi penuh atau revisi minor dimana hasilnya sudah diketahui.

10 Perbedaan desain dan reproduksi Contoh reproduksi: Membuat rangkaian osilator dari buku elektronik, dan mengganti nilai resistor untuk frekuensi tertentu. Menanami halaman oleh tanaman yang dibeli. Pentingnya reproduksi: Sebagai inti manufaktur. Memerlukan keterampilan dan tools tertentu yang berbeda dengan desain.

11 Good design vs Bad Design

12 DESIGN CYCLE

13 Good engineer Listen to new ideas with an open mind Consider a variety of solution methodologies before choosing a design approach Does not consider a project complete at the first sign of success, but insists on testing and retesting Is never content to arrive at a set of design parameters solely by trial and error Uses phrases such as, “I need to understand why,” and “Let consider all possibilities”

14 Bad Engineers Thinks he has all the answer; seldom listens to the ideas of others Has tunnel vision; pursues with intensity only the first design approach that comes to mind Ships the product out the door without thorough testing Uses phrases such as, ”good enough” and “ I don’t understand why it won’t work, so-and-so did it this way” Equates pure trial and error with engineering design

15 Contoh proses desain Merancang dan membuat kendaraan kecil yang dapat mendaki dengan tenaga sendiri, berhenti di puncaknya, menuruni bukit.

16 Desain kasar, sketsa awal Energi. Penggerak. Mekanisme kerja. Konstruksi. Material. Lainnya ?

17 Konstruksi Ukuran rangka & roda. Roda penggerak. Lainnya ? Energi & Penggerak: Jenis, power, ukuran motor listrik.