Broadcast Programming

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Jenis Program Televisi
Advertisements

Sarah Agya Estika Rizka Yunita.
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
PENYESUAIAN DIRI REMAJA
Pendidikan Anak Usia PRA SEKOLAH
Bermain dan Kreativitas Anak Usia Dini
KEPRAMUKAAN MERUPAKAN
Broadcast Programming
Broadcast Programming
Broadcast Programming
Komunikasi Organisasi
Broadcast Programming
METODE MELATIH TEKNIK DAN TAKTIK SEPAKBOLA
Broadcast Programming
Penyimpangan Motivasi
TANTANGAN DALAM HAL ETIKA DAN KEAMANAN
Strategi dan taktik dalam sepak bola
Penulisan Skenario Film dan Televisi
PENERIMAAN DIRI REMAJA PENYANDANG TUNADAKSA
PASCA PRODUKSI TOPIK 2 PROGRAM ACARA TELEVISI DAN DRAMA TELEVISI
PERSIAPAN WAWANCARA DI STUDIO & DI LAPANGAN
CYBER COMPETITION Robotic.
Fajar Ari Nugroho. Adalah metode melatih audien menghadapi masalah pribadi/kelompok melalui pemecahan bersama.
“K O N F L I K“ DEFINISI : Suatu proses yang mulai bila satu fihak merasakan bahwa suatu pihak lain telah mempengaruhi secara negatif atau akan segera.
TM 12 Event Pameran, Fair dan Festival
PENYESUAIAN DIRI REMAJA
PENGEMBANGAN KETERAMPILAN
ETIKA BISNIS purwati.
Manajemen Programming
PASCA PRODUKSI TOPIK 2 PROGRAM ACARA TELEVISI DAN DRAMA TELEVISI
KECERDASAN KINESTETIK
Chapter 7. Requirements Negotiation
TV Entertainment.
DESIGN PELATIHAN.
Komunikasi Organisasi
MODEL PERMAINAN AKUATIK BAGI ANAK USIA DINI
Strategi Kreatif Program Televisi
PERTEMUAN 12 Oleh. Amida Yusriana.
PROSES KOMUNIKASI PERTEMUAN 11.
Konsep dan lingkungan pemasaran
Teori Permainan Istilah “games” atau permainan berhubungan erat dengan kondisi pertentangan bisnis yang meliputi suatu periode tertentu.
Konsep CBSA.
MODEL PEMBELAJARAN MIKRO
MENGAJAR UNTUK MEWUJUDKAN TUJUAN IPS
BY LESSON STUDY BY
Perilaku Konsumen Proses Pengambilan Keputusan
FILSAFAT PENDIDIKAN MATERIALISME
Dasar-Dasar Penyiaran
Divisi Keamanan PJ: Arkasha.
A. Dian Savitri,S.Psi,M.Si,Psikolog
Pendekatan Ketrampilan Proses
HARRY STACK SULLIVAN.
Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran TK/PAUD
HAKIKAT BELAJAR & PEMBELAJARAN
“K O N F L I K“ DEFINISI : Suatu proses yang mulai bila satu fihak merasakan bahwa suatu pihak lain telah mempengaruhi secara negatif atau akan segera.
TAHAPAN PELAKSANAAN PRODUKSI ACARA TELEVISI
PRODUKSI ACARA TELEVISI
MODEL ANTRIAN (Waiting Lines)
TELEVISI DAN PERKEMBANGANNYA Kelompok 3
Apa yang kita pelajari di bab ini?. Mengapa Implementasi Strategi itu Penting??
Bermain dan Kreativitas Anak Usia Dini
PERSIAPAN CREW DAN ALAT
KARAKTER DAN FUNGSI BERITA TELEVISI
Produksi berita televisi Pertemuan 4
Muhammad Irawan saputra, S.I.kom., M.I.kom
PEMBELAJARAN BERBASIS BIMBINGAN
Narrative Strategies.
Bermain Peran (Role Play)
MANAJEMEN REDAKSI DAN ALUR PRODUKSI BERITA TV
MOTIVASI ATLET KLETUS MARSELNUS GABHE, S.Pd., M.Pd.
Transcript presentasi:

Broadcast Programming RUBIYANTO, MM

Permainan (game show) Merupakan suatu bentuk program yang melibatkan sejumlah orang baik secara individu ataupun kelompok (tim) yang saling bersaing untuk mendapatkan sesuatu. Menjawab pertanyaan dan atau memenangkan suatu bentuk permainan, yang dirancang dengan melibatkan audien. Salah satu produksi acara tv yang paling mudah dibuat, biaya relatif rendah namun dapat menjadi acara tv yang sangat digemari. RUBIYANTO, MM

Jenis program permainan QUIZ SHOW merupakan suatu bentuk program permainan yang paling sederhana di mana sejumlah peserta saling bersaing untuk menjawab sejumlah pertanyaan dengan menekankan kemampuan intelektual. peserta yang dilibatakan umumnya orang biasa ataau anggota masyarakat namun terkadang juga diikuti oleh selebritis. RUBIYANTO, MM

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam quiz : Rundown (pembagian segmen & durasi) set dekor n properti presenter peserta (jumlah, wardrobe, syarat dsb) music score & sound effect penonton lighting aturan quiz klimaks dan anti klimaks RUBIYANTO, MM

contoh : X-File (Trans TV), Fear Factor KETANGKASAN peserta dalam permainan ini harus menunjukkan kemampuan fisik atau ketangkasannya untuk melewati suatu halangan atau rintangan atau melakukan suatu permainan yang membutuhkan perhitungan dan strategi. Permainan ini terkadang juga menguji pengetahuan umum peserta. Selain hal-hal yang harus diperhatikan seperti pada acara Quiz, juga diperlukan kematangan faktor keamanan peserta (safety regulation). contoh : X-File (Trans TV), Fear Factor RUBIYANTO, MM

Pada dasarnya reality show tetap merupakan permainan (game). Sesuai dengan namanya, maka program ini mencoba menyajikan suatu situasi seperti konflik, persaingan, atau hubungan berdasarkan realitas yang sebenarnya. Jadi menyajikan situasi sebagaimana apa adanya (riil). Pada dasarnya reality show tetap merupakan permainan (game). RUBIYANTO, MM

Tingkat realitas yang disajikan dalam program reality show ini bermacam-macam. Mulai dari yang betul-betul realistis misalnya hidden camera hingga yang terlalu banyak rekayasa namun tetap menggunakan nama reality show. RUBIYANTO, MM

Beberapa bentuk Reality Show : Hidden Camera merupakan program yang paling realitis yang menunjukkan sitausi yang dihadapi seseorang secara apa adanya. kamera ditempatkan secara tersembunyi yang mengamati gerak-gerik atau tingkah laku subyek yang berada di tengah siatuasi yang sudah dipersiapkan sebelumnya (direkayasa). contoh : Jebakan Batman, H2C RUBIYANTO, MM

Competition Show program ini melibatkan beberapa orang yang saling bersaing dalam kompetisi yang berlangsung selama beberapa hari atau minggu untuk memenangkan perlombaan, permainan (game), atau pertanyaan. setiap peserta akan tersingkir satu per satu melalui pemungutan auara (voting), baik oleh peserta sendiri ataupun audien. Pemenangnya adalah peserta yang paling akhir bertahan. contoh : Indonesian Idol, Penghuni Terakhir RUBIYANTO, MM

Relationship Show seorang kontestan harus memilih satu orang dari sejumlah orang yang berminat untuk menjadi pasangannya. para peminat harus bersaing untuk merebut perhatian kontestan agar tidak tersingkir dari permainan. Pada setiap episode ada satu peminat yang harus disingkirkan. contoh : Joe Millionaire (RCTI) RUBIYANTO, MM

Fly on the Wall program yang memperlihatkan kehidupan sehari-hari dari seseorang (biasanya orang terkenal) mulai kegiatan pribadi hingga aktivitas profesionalnya. dalam hal ini, kamera membuntuti kemana saja orang bersangkutan pergi. contoh : ngulik RUBIYANTO, MM

Mistik program yang terkait dengan hal-hal supranatural, menyajikan tayangan yang terkait dengan dunia gaib, paranormal, klenik, praktik spiritual magis, mistik dan lain-lain. program mistik merupakan program yang paling diragukan realitasnya. apakah peserta betul-betul melihat makhluk halus atau tidak, dan apakah penampakkan betul-betul ada atau tidak. contoh : Gentayangan, Dunia Lain, Pemburu Hantu RUBIYANTO, MM