HUBUNGAN AGAMA POLITIK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PETA ORIENTASI POLITIK INDONESIA
Advertisements

Tugas Akhir Pancasila ANTISIPASI MUNCULNYA PAHAM SEKULARISME DALAM PRAKTEK KETATANEGARAAN DI INDONESIA ( Bp. Mujiana M,Si) Irfan Dwi Yulianto
WARGA NEGARA DAN PARTISIPASI POLITIK
BEM Se-UNS Kawal Pemilu 2014 Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta Kabinet Pertanian Mandiri.
Pendidikan Pancasila Dosen: Drs.Mudjiyana, M.Si
Hasil Diskusi Definisi Otonomi Daerah
PANCASILA 12 DEMOKRASI DALAM KETATANEGARAAN REPUBLIK INDONESIA
Sejarah Peradaban Islam Indonesia (2)
By Chandra Pelaksanaan Demokrasi Di Indonesia Sejak Orde Lama, Orde Baru, Dan Reformasi By Chandra Setiawan.
SOP 212 Sistem Politik Indonesia
KONSEP AGAMA DAN NEGARA
Analisis Negara di Indonesia: Islam dan Negara
MASALAH POLITIK DI ERA REFORMASI INDONESIA
Dinamika Sistem Politik Indonesia
ANTISIPASI SEKULARISME TERHADAP KETATANEGARAAN INDONESIA
Pemilih Pemula: Pemilih Cerdas Memilih Untuk Indonesia
Hakikat PKn.
AYU RIZKIE W Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012) PERAN AMERIKA SERIKAT DALAM MEMPROMOSIKAN DEMOKRASI DI DUNIA INTERNASIONAL.
PASIRIA HARTATI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Nama Dosen : Bpk Mujiyono
KOALISI MERAH PUTIH VS INDONESIA HEBAT
MEMBUAT MEDIA PENGAJARAN
Pelaksanaan Demokrasi Era Reformasi
MEMBUAT MEDIA PENGAJARAN
Mengenal Gerakan Mahasiswa
ANALISIS REKAPITULASI HASIL SEMENTARA PILEG 2014
ANALISIS REKAPITULASI HASIL SEMENTARA PILEG 2014 TESSA ESCADINHA ILMU ADMINISTRASI NEGARA B.
PENYUSUN : METTA MARINA KHAZA MUHAMAD RANGGA K MOCHAMMAD RAUF.W
BUDAYA DEMOKRASI STANDAR KOMPETENSI :
Demokrasi liberal 1950 – Prestasi Politik . Kemelut politik
PARTAI POLITIK Ahmad Nasher.
Pelaksanaan Demokrasi di Inonesia
Aktor-aktor Yang Terlibat dalam
Media Massa dan Demokratisasi
OLEH: ULYA FUHAIDAH, S.HUM, MSI
Penguatan Posisi Tawar Rakyat dalam Pemilu
PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN
Bedah Karya Buku Sederhana
DEMOKRASI ANTARA TEORI DAN PELAKSANAANNYA
PERAN POLITIK MUHAMMADIYAH
Perubahan Sosial & Dinamika Pemerintahan
SISTEM POLITIK dan DINAMIKA KETATANEGARAAN RI
KEANGGOTAAN DAN BASIS DUKUNGAN PARTAI
SISTEM PEMILU.
REFLEKSI 20 TH GERAKAN DAKWAH KAMPUS, CORAK DAN KONTRIBUSINYA
BIROKRASI DAN POLITIK ABDUL HAKIM FIA UB.
Desentralisasi dan Demokratisasi di Daerah
LEMBAGA KEPARTAIAN DAN ORGANISASI KEMASYARAKATAN
assalamu’alaikum wr.wb
PENGERTIAN PARADIGMA Definisi paradigma
Sejarah Dan Perkembangan Kekuatan Politik di Indonesia K2
Demokrasi.
MENGENAL KONSEP DASAR DAN SEJARAH HAM
Demokrasi dan Pendidikan Demokrasi
Pelaksanaan Pemilu Di Indonesia
SEJARAH PERKEMBANGAN POLITIK LOKAL DI INDONESIA (part 2)
Budaya demokrasi menuju masyarakat madani
Negara, Demokrasi Dan Dinamika Kekuatan Politik Masa Reformasi
MULTIPARTAI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETAHANAN NASIONAL
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Oleh DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
Partai Politik di Indonesia
ANALISIS REKAPITULASI HASIL SEMENTARA PILEG 2014
Teori Kekuasaan dan Kewenangan
Dinamika Demokratisasi di Indonesia
Militer dan Budaya Politik Indonesia
CIVIL SOCIETY DAN INTEGRASI DALAM KONTEKS DEMOKRASI
Pendidikan Kewarganegaraan BAB 4
PARTAI POLITIK Aryani Yeni Eko Wati. Pengertian Partai Politik (3) Berdasarkan UU No. 2 tahun 2008 ttg Partai Politik pasal 1 (ayat 1) : Organisasi yang.
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Oleh DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
Di susun oleh: Diding Suhendi NPM:  Isitilah “demokrasi” berasal dari Yunani Kuno yang diutarakan di Athena kuno pada abad ke-5 SM. Negara.
Transcript presentasi:

HUBUNGAN AGAMA POLITIK &

ORDE BARU Indonesia bukan negara sekuler dan bukan negara teokrasi Pengelolaan pemerintahan tidak didasarkan pada agama tertentu Indonesia tidak memisahkan secara tajam antara agama dan negara (separation of religion and state) Pada titik tertentu relasi antara negara dan agama ada titik singgug (Departemen Agama, Pengakuan 5 agama)

Latar belakang elit peguasa “PRIYAYI ABANGAN” Kecenderungan sekulerisasi dengan pelarangan asas partai pada agama tertentu, harus berasaskan Pancasila) Agama tidak dijadikan sebagai fakta politik melainkan sebagai fakta kultural Latar belakang elit peguasa “PRIYAYI ABANGAN”

PASCA ORBA Politik aliran (1950-an) muncul kembali (resurgence) Ditandai dengan munculnya parpol-parpol yang berbasis agama (Demokratisasi) Konstruksi negara demokrasi liberal pada dasarnya merupakan bagian dari proses modernisasi (Apter,1965)—pemisahan antara negara dan agama Illiberal democracy jika ada titik singgung anatara negara dan agama di negara demokrasi liberal

Golkar PDI PKP/I PKPB PDI P PNBK PPP PBR KEBANGKITAN PARTAI BERBASIS AGAMA PPP Partai Persatuan PBR Golkar PKP/I PKPB PDI PDI P PNBK

Cliford Geertz (1960)—politik aliran (santri, abangan, priyayi) Santri: Masyumi, NU Abangan: PNI dan PKI Parpol-parpol bercorak Islam: PPP, PKB, PAN, PBB, PK (S), PSII, Partai Masyumi

Pembagian Partai berdasarkan cara pandang memahami relasi Islam dan Politik (Greg Fealy) Formalist Islamic Parties (PPP,PBB,PKS) Pluralist Islamic Parties (PKB,PAN) Lebih rinci lagi: Pluralist Islamic Parties (PKB, PAN) Moderate Formalist Islamic (PPP) Radical Formalist Islamic Parties (PKS, PBB)

Adanya modernisasi ternyata agama dan politik tidak berjalan linier Adanya modernisasi ternyata agama dan politik tidak berjalan linier. Modernisasi tidak berarti adanya penanggalan agama di dalam kehidupan seseorang maupun kelompok. Di negara barat (sekuler) peran agama masih cukup penting dan belakangan munculnya konservatisme dalam beragama. Peter L Berger (1960’an penganut sekularisasi)----secularization theory is essentially mistaken.

Penguatan Partai Politik Islam di Indonesia (Bahtiar Efendy)----an indicator that for (many) muslims---an perhaps for (many) others political practitioners as well---islam can fungtion as a political resource. Islam tidak saja dipahami sebagai sebuah nilai-nilai yang diperjuangkan di arena politik. Islam juga berfungsi sebagai instrumen untuk memperjuangkan dan mempertahankan kekuasaan. Sejak 1980-an muncul gerakan Islam di perkotaan yang berpusat di masjid-masjid kampus.

Islamisasi kultural---pengaruh revolusi Iran 1979 Islamisasi kultural---pengaruh revolusi Iran 1979. Pemahaman bahwa sebuah kekuatan politik berbasis pada agama bisa menjadi alternatif yang efektif (Zachariy Abuza). Gerakan ini merupakan fondasi cepat merebaknya partai-partai Islam pasca Soeharto. Gerakan ini menguat sebagai alternatif untuk menghindari represivitas. Orde Baru runtuh gerakan ini cepat menjadi partai-partai politik atau minimal memberi dukungan bagi munculnya partai-partai yang ebrcorak Islam. NU-PKB, MU—PAN.

Pemilu 1999 dan 2004 masih dimenangkan oleh partai yang berbasis nasionalis. Pemilu 1999—PDI Perjuangan (33,7%), PKB (12,6%), PPP (10,7%) . Pemilu 2004---Partai Golkar (21,6%). Penyebab: pergulatan dalam penggunaan simbol-simbol budaya (agama) di dalam politik masih terbatas pada kelompok masyarakat tertentu (elit). Sedangkan pemilih bisa membedakan wilayah politik dan agama tidak harus satu.

Ya Tidak DI/NII JI MMI FPI FKAWJ/LJ HTI Sumber: Fealy (2004:107) Kelompok Syariah Komprehensif Negara Islam Khalifah Demokrasi DI/NII Ya Tidak JI MMI FPI FKAWJ/LJ HTI Sumber: Fealy (2004:107)

PARADOK DEMOKRASI Jonathan Fox (2006) terdapat relasi antara negara dan agama di 152 negara, bahwa relasi tersebut mengalami penguatan pada 1990-2002 John L Eposito dan John O Voll (1996) di negara-negara berpenduduk muslim, penggunaan simbol-simbol agama di dalam politik berkaitan dengan upaya untuk menjatuhkan pemerintahan yang otoriter dan bercorak sekuler, dengan demikian GERAKAN ITU BERKEMBANG SEIRING TUNTUTAN DEMOKRASI.

FREED ZAKARIA (2003:17) : a political system market not only by free an fair election but also by the rule of law, separation of power, and the protection basic liberties of speech, asembly, religion, and property Pemimpin/politisi jika mengabaikan nilai-nilai dasar di dalam kebebasan yang seharusnya dijunjung tinggi di dalam berdemorkasi di dalam menjalankan pemerintahan (illeberal democracy)

Demokrasi bukan sekedar angka (memperoleh dukungan terbanyak) tetapi bagaimana penghargaan terhadap nilai-nilai dasar yang ada di dalamnya. Adanya paradoks semacam itu terjadi karena makna demokrasi telah direduksikan semata-mata sebagai instrumen untuk merebut dan mempertahankan kekuasaan PKS memiliki 2 agenda 1. agenda publik (membangun pemerintahan bersih, baik, anti korupsi) 2. agenda privat ( membangu Islam puritan dan penerapan syariah).

Bahtiar Effendy (2001:109) Islam tidak kompatibel dengan demokrasi karena adanya cara pandang yang bercorak monolitik terhadap Islam. Ada 2 arus besar pemikiran politik Islam 1. Islam harus menjadi landasan dalam bernegara, menjadi konstitusi (kedaluatan di tangan Tuhan) 2. Islam diletakkan dalam kerangka yang substantif, tidak menuntut secara tegas tentang negara. Cara pandang kedua ini bisa berjalan dengan demokrasi modern. (keadilan, persamaan, partisipasi)