Yola Efelyona Mulyartha Program Studi DIV Komputer Multimedia

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Prinsip Perancangan Multimedia
Advertisements

PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU
SKRIPSI.
Pengantar Content Pertemuan 1.
RUBIK DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN TENTANG CARA MENYELESAIKAN for further detail, please visit
HURUF JEPANG DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN AKSARA-AKSARA DASAR for further detail, please visit
METAMORFOSIS PADA HEWAN KATAK DAN KUPU-KUPU DENGAN PEMBUATAN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN TENTANG for further detail, please visit
ANAK USIA TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA APLIKASI CD INTERAKTIF MELUKIS DAN MEWARNAI UNTUK for further detail, please visit
APLIKASI MULTIMEDIA AUTISME DENGAN MENGGUNAKAN Desi Fuspitasari Saiz
SIDANG PENULISAN TUGAS AKHIR Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Ilmu Astronomi Berbasiskan Komputer Cerdas dan Interaktif Menggunakan Python dan.
PEMBUATAN CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN UNTUK ANAK-ANAK Surya Mada Sibero, for further detail, please visit
Menggunakan Macromedia Director MX 2004 Dan Adobe Photoshop 7
PEMBUATAN CD INTERAKTIF BAHASA INGGRIS DASAR UNTUK
APLKASI CD INTERAKTIF PENGENALAN BUAH-BUAHAN DAN Gumpar Tri Caesar
PEMBUATAN Andrie. Fitriansyah for further detail, please visit
PERMAINAN MENYUSUN PUZZLE DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8
PI. Manajemen Informatika, Direktorat Program Diploma Tiga Manajemen Cara belajar Modifikasi Motor Matic Lowrider for further detail, please visit
Produksi Multimedia (KMN 504)
Menggunakan Macromedia Flash MX Pembuatan CD Interaktif Untuk Mengenal
Oleh : DAPIT MELIJANA NIM :
APLIKASI MULTIMEDIA MENGENAI INFO MUSIK KELOMPOK “BAD Sunny
APLIKASI TUTORIAL MEMBUAT BERBAGAI MACAM EFEK PADA Yudo Arif Wibowo
PEMBUATAN CD INTERAKTIF UNTUK MENGENAL BERHITUNG, BUAH Maria Luciana Daniel for further detail, please visit
MODUL for further detail, please visit
Menguasai Dasar Animasi Stop Motion
Storyboard.
PRINSIP–PRINSIP Perkembangan
APA ITU SISTEM OPERASI ??? Sistem Operasi adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat.
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
M2. Produksi konten Multimedia 1
MEDIUM AUDIO.
CD Interaktif Panduan Membuat Slide Presentasi Yang Menarik Untuk Guru
APLIKASI PEMBELAJARAN Afrian Wigi Prayisno
GAME PEMBUATAN for further detail, please visit
ABSTRAKSI for further detail, please visit
DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH PENGENALAN ANGKA DALAM BAHASA INDONESIA DAN INGGRIS for further detail, please visit
APLIKASI PENGENALAN HEWAN, BUAH DAN BENDA UNTUK ANAK TINA KURNIASIH,
GAME PEMBUATAN for further detail, please visit
Pemanfaatan TIK Dalam Pembelajaran
Tugas Ujian Akhir (Portfolio)
PERSEPSI PERTEMUAN 9.
PEMBUATAN CD INTERAKTIF PENGENALAN HURUF DAN ANGKA Riri Ananda Putri
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
DENGAN MACROMEDIA FLASH MX APLIKASI INTERAKTIF “MANDARIN UNTUK ANAK”
KELAS 1 MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX 2004  PEMBUATAN  APLIKASI  CD  INTERAKTIF  MATEMATIKA  UNTUK  SD  for further detail, please visit
KAPITA SELEKTA HASIL-HASIL PENELITIAN PAUD “MEMBAHAS JURNAL NASIONAL”
MEDIA PEMBELAJARAN By: Durinda Puspasari.
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR
KOMUNIKASI ANTAR PERSONAL
for further detail, please visit
PEMBUATAN CD INTERAKTIF MENGENAL ANGKA DALAM BAHASA Catur Wibisono,
Judul 3 Judul : Gelombang Mekanik Slide :
Pengertian Strategi Pembelajaran pkn Dick dan carey mengatakan “strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu materi pembelajaran yang akan digunakan.
MENGENAL DAN MELAYANI ABK
MEDIA AUDIO Disusun Oleh: Angga Fabrian Hidayat Febrika Suci Andriani
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
ADAM MUKHARIL BACHTIAR S.Kom., M.T.
PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI GAME BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 3-7 TAHUN BERBASIS FLASH MULTIMEDIA DI TK BINDA ASUH NANDA Maya Andriati PROGRAM.
PENGENALAN KONSEP IMK.
PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI IV DUREN KARAWANG) Disusun oleh : Melfin Richard Sakul.
Roy Andika Sinulingga for further detail, please visit
for further detail, please visit
PPG DALAM JABATAN Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF STORYBOARD.
Transcript presentasi:

PEMBUATAN CD PEMBELAJARAN INTERAKTIF ANAK PENDERITA GANGGUAN SPEKTRUM AUTISME BERJUDUL FIRST STEP Yola Efelyona Mulyartha Program Studi DIV Komputer Multimedia STIKOM Surabaya E-Mail : felynzz@yahoo.com

Latar Belakang Autisme adalah istilah yang berkaitan dengan anak yang menderita kesulitan berkomunikasi dan menumbuhkan empati seperti anak-anak normal lainnya. Autisme memiliki tingkat-tingkat keparahan yang berbeda-beda antara satu individu dengan individu lainnya, dan istilah “spektrum autisme” digunakan untuk mendeskripsikan tingkat keparahan tersebut. Anak-anak penderita autisme sulit melakukan interaksi sosial pada usia dini karena kurangnya kemampuan pragmatis mereka, yang merupakan langkah awal dalam berkomunikasi. Banyak orangtua merasa kesulitan karena telah melakukan banyak metode pengajaran dan pengobatan medis namun tidak memberikan hasil. Kemungkinan kegagalan tersebut terjadi karena orangtua terlalu memaksakan pembelajaran sehingga anak menjadi menolak semua informasi yang diberikan. Dalam penelitian berjudul Pembuatan CD Pembelajaran Interaktif Anak Penderita Gangguan Spektrum Autisme Berjudul First Step diangkat topik mengenai pembuatan sistem pembelajaran yang digunakan yaitu interaktif yang dikemas dalam bentuk Compact Disk (CD). Pembelajaran interaktif memiliki tingkat fleksibilitas tinggi dalam pembelajarannya, karena pembelajaran dapat dilakukan kapan saja, dengan jumlah materi yang sangat luas, Anak autis cenderung kesulitan untuk menerima pembelajaran yang memaksa banyak hal untuk diterima, oleh karena itu pembelajaran dibuat dalam bentuk permainan yang memerlukan interaksi. Kata First Step yang digunakan sebagai judul berarti suatu langkah awal yang dilakukan anak autis beserta keluarga, dan pembimbing untuk bersama-sama berperan aktif dalam proses pembelajaran anak autis tentang kehidupan sosial disekitarnya. Penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dimaksudkan agar CD pembelajaran interkatif ini dapat diterima oleh dunia internasional.

Autisme Autisme adalah suatu penyakit yang menyerang bagian otak kecil yang memproduksi hormon. hal ini menyebabkan ketidakseimbangan neurotransmitter serotoniin. Akibatnya transmisi pesan dari satu neuron ke neuron lain terhambat. Indra persepsi penyandang autis berfungsi dengan baik namun rangsangan yang ditangkap tidak dapat diproses dengan baik, hal ini menyebabkan anak autis tidak dapat menyimpulkan informasi dari satu konteks ke konteks lainnya (Phil Christie, Elizabeth Newson, Wendy Prevezer, Susie Chandler, 2011). Autisme didiagnosis menggunakan parameter triad of impairments yaitu tiga area kesulitan belajar dan berkomunikasi seorang anak yang tampak dalam perkembangan anak tersebut sebelum berusia tiga tahun. Ketiga area kesulitan itu meliputi: 1. Kesulitan dalam berbahasa dan berkomunikasi. 2. Kesulitan dalam interaksi sosial dan pemahaman terhadap sekitarnya. 3. Kurangnya fleksibilitas dalam berpikir dan bertingkah laku.

Metode Pendekatan Efektif Anak Penderita Autisme Autisme tidak dapat disembuhkan namun dapat diterapi. Secara umum anak-anak dengan gangguan perkembangan ini minimal memerlukan terapi intesif awal selama 2 tahun. Untuk setiap anak, metode yang diperlukan tentu berbeda satu sama lain (Phil Christie, Elizabeth Newson, Wendy Prevezer, Susie Chandler, 2011). Berikut akan dijelaskan beberapa metode yang dapat dilakukan: 1. Permainan Interaktif 2. Membuat Kerangka Komunikasi 3. Permainan Awal Dari Struktur 4. Mengajarkan Menunjuk 5. Memahami Bahasa

Pendidikan Anak Autisme Catherine Maurice seorang penulis buku terkenal berjudul Let Me Hear Your Voice: A Family's Triumph Over Autism membuat kurikulum pendidikan anak autisme. Berikut dibawah ini pedoman kurikulum awal sebagai topik pembahasan yang berhubungan dengan subjek yaitu anak autisme usia 5-6 tahun. 1. Kemampuan Mengikuti Tugas 2. Kemampuan Bahasa Pemahaman (Reseptif) 3. Kemampuan Bahasa Pengungkapan (Ekspresif) 4. Kemampuan Pre-Akademik

Pra Produksi Tahap pra produksi meliputi penentuan ide dan konsep, sinopsis, storyboard, desain karakter, desain background, desain tombol, tipografi, audio dan alur rancang aplikasi

Ide dan Konsep Ide awal pembuatan CD pembelajaran interaktif ini didasari keprihatinan terhadap dunia pendidikan anak yang memiliki kebutuhan khusus (autisme). Anak penderita autisme kesulitan menerima pembelajaran tentang komunikasi sosial sehingga anak mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan lingkungan sehari-hari. Ide tersebut kemudian dikembangkan menjadi sebuah pembelajaran yang interaktif, yaitu memerlukan interaksi antara user (anak penderita autisme dan pendamping) dengan program multimedia interaktif.

Sinopsis CD pembelajaran interaktif untuk anak penderita gangguan spektrum autisme berjudul First Step berisikan tentang pelajaran paling dasar tentang kehidupan. Ada 6 bahasan yaitu hewan, burung, bunga, buah, kendaraan dan makanan. Disisipkan juga 2 buah game kecerdasan yaitu tebak suara hewan dan mencari perbedaan.

Storyboard Storyboard dibuat untuk memandu penyusunan tata letak desain interface dan efek tambahan (animasi).

Desain Karakter Konsep desain karakter dibuat lebih ke arah animasi kartun yaitu dengan proporsi anatomi tubuh lebih kecil, ekspresi yang lebih nampak seperti dalam animasi kartun.

Desain Backgound Desain background disesuaikan dengan desain karakter yang mengarah ke animasi kartun.

Desain Tombol Tombol dibuat berukuran besar dan ada efek animasi.

Tipografi Font yang digunakan adalah Cooper Black yang memiliki legibility yang baik.

Audio Audio yang digunakan berasal dari perekaman narasi dan perekaman musik.

Alur Rancang Aplikasi

Produksi Tahap produksi meliputi kebutuhan perangkat dan action script yang digunakan.

Kebutuhan Perangkat PC 486/66 MHZ or faster processor Microsoft Windows 3.x, 95, 98, ME, XP, VISTA, or 7 8 MB RAM 50 MB hard disk space 1x CD-ROM drive 8 bit soundcard

Action Script Script button next page Script tebak suara   if (angka == 2) { on (release){ stop(); suara.attachSound("burung"); loadMovieNum("buah.swf",0); angka = 1; } nilai = 0; if (angka == 3) { jawaban1 = "anjing"; suara.attachSound("gajah"); Script mencari perbedaan jawaban2 = "burung"; jawaban3 = "gajah"; if (angka == 4) { jumlah = 4; jawaban4 = "kucing"; suara.attachSound("kucing"); i=1, i=2, i=3, i=4 jawaban5 = "harimau"; for (i=1; i<=4; i++) { lanjut_btn.onPress = function() { if (angka == 5) { _root["lingkaran"+i]._alpha = 0; if (jawaban_user == _root["jawaban"+angka]) { suara.attachSound("harimau"); _root["lingkaran"+i].onPress = function() { nilai += 1; if (this._currentframe == 1) { suara.start(0, 1); jumlah--; angka += 1; this._alpha = 100; if (angka>5) { this.gotoAndStop(2); gotoAndStop(2); Script hasil tebak suara }; jawaban_user = ""; mainkan_suara(); reset_btn.onPress = function() { benar = "Correct : "+nilai; play_btn.onPress = function() { salah = "Wrong : "+(5-nilai); _root["lingkaran"+i].gotoAndStop(1); ulangi_btn.onPress = function() { gotoAndPlay(1); function mainkan_suara() { no_soal = "Question "+angka; };  suara = new Sound(); if (angka == 1) { suara.attachSound("anjing");

Pasca Produksi pasca produksi meliputi penyatuan hasil rekaman menjadi narasi dan musik menjadi sound yang utuh.

Penyatuan Audio Tahap pasca produksi meliputi penyatuan hasil rekaman menjadi narasi dan musik menjadi sound yang utuh. Penyatuan Audio Melalui Action Script Penerapan audio melalui Action Script di implementasikan pada efek suara untuk elemen interface seperti tombol dan teks untuk narasi. Penyatuan Audio Melalui Timeline Penerapan audio dengan menggabungkan bersama timeline diimplementasikan ke musik background.

Publikasi Tahap publikasi meliputi pembuatan desain cover CD, desain CD dan poster.