PENGANTAR STUDI ISLAM APA ITU PENGANTAR STUDI ISLAM (PSI)? KENAPA HARUS BELAJAR PSI? UNTUK APA BELAJAR PSI? APA YG DIBAHASA DALAM PERKULIAHAN INI?
PERUBAHAN NAMA SEJAK AWAL PENGANTAR ILMU AGAMA ISLAM (1974) DIRASAH ISLAMIAH (1988) METODOLOGI STUDI ISLAM (1995)
SEJARAH PERKULIAHAN PSI PERKULIAHAN PSI PERTAMA KALI DIBERIKAN BAGI MAHASISWA IAIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA SEJAK TAHUN 1974. PADA AWALNYA, MATA KULIAH INI DIBERI NAMA PENGANTAR ILMU AGAMA ISLAM. PENGGAGAS PERTAMA PERKULIAHAN INI ADALAH PROF. Dr. HARUN NASUTION YG KETIKA ITU MENJADI REKTOR IAIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
PERUBAHAN NAMA DARI METODOLOGI STUDI ISLAM MENJADI PENGANTAR STUDI ISLAM DISEBABKAN TERUTAMA KARENA KERAGAMAN PEMAHAMAN UNGKAPAN METODOLOGI STUDI ISLAM. ADA YG MENGEMBANGKANNYA KE ARAH METODOLOGI PENELITIAN AGAMA PERUBAHAN INI TERJADI SECARA TIDAK SERENTAK ANTAR SEMUA JURUSAN DAN PROGRAM STUDI YG ADA DI UIN/IAIN
PENGANTAR STUDI ISLAM 2011 4 SKS/ 2SEMESTER
LATAR BELAKANG PERKULIAHAN PSI PERKULIAHAN PSI BAGI MAHASISWA IAIN/UIN DILATAR BELAKANGI OLEH PENILAIAN TERHADAP REALITA PENGAJARAN AGAMA ISLAM YG DIPANDANG KURANG TEPAT UNTUK PENGEMBANGAN SIKAP2 POSITIF BAGI KEHIDUPAN UMAT ISLAM MODEREN YANG RASIONAL, TERBUKA, TOLERAN, DAN DINAMIS.
PENGAJARAN AGAMA ISLAM PENDIDIKAN UMAT LEBIH DITUJUKAN PADA “PERSIAPAN” AKHIRAT DIBANDING “KEPERLUAN” HIDUP DUNIA MATERI PENGAJARAN AGAMA ISLAM TERBATAS HANYA PADA ASPEK2 FIKIH, ILMU TAUHID, TAFSIR, DAN HADIS YANG DIBERIKAN JUGA HANYA MENURUT SATU MADZHAB TERTENTU, BAIK PADA TINGKAT DASAR MAUPUN PADA TINGKAT LANJUT
KONDISI UMAT ISLAM UMAT ISLAM MENGALAMI KEMUNDURAN DAN KETERTINGGALAN DALAM PERCATURAN GLOBAL DI BERBAGAI BIDANG TELAH TERJADI SALAH PENGERTIAN TENTANG HAKIKAT ISLAM SEHINGGA TIMBUL KESAN BAHWA ISLAM ITU BERSIFAT SEMPIT, KAKU/STATIS, TIDAK SESUAI DENGAN ALAM MODERN. .
KONDISI UMAT ISLAM DI DALAM MASYARAKAT ISLAM BERKEMBANG PANDANGAN DIKOTOMIS YANG MEMISAHKAN ANTARA DUNIA DAN AKHIRAT, ANTARA URUSAN AGAMA DAN BUKAN AGAMA URUSAN DUNIA TAK MENDAPAT PERHATIAN YG SEMESTINYA DAN PENDIDIKAN UMAT ISLAM HANYA TERTUJU PADA PENDIDIKAN KEAGAMAAN, BUKAN PENDIDIKAN AGAMA SIKAP INTOLERAN, JANGANKAN DENGAN PENGANUT AGAMA LAIN TAPI JUGA DENGAN SESAMA MUSLIM.
KONDISI UMAT ISLAM UMAT ISLAM TIDAK SIAP MENERIMA PERBEDAAN (TERMASUK PERBEDAAN PENDAPAT/MADZHAB YG MERUPAKAN SUATU KENISCAYAAN YG TAK DAPAT DIELAKKAN) PADAHAL, ISLAM ITU BERSIFAT DINAMIS SERTA MULTI DIMENSI DAN MULTI TAFSIR.
ISLAM BERSIFAT MULTI DIMENSI & MULTI TAFSIR ADA ASPEK HUKUM, SEJARAH, POLITIK, KEBUDAYAAN, FILSAFAT, PENDIDIKAN, EKONOMI, SPRITUIL DAN MORAL, DLL. ADA BEBERAPA MADZHAB PADA SETIAP ASPEK & DIMENSINYA SEMUA MADZHAB ADALAH HASIL PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN ISLAM OLEH UMATNYA
IAIN INGIN MENGHASILKAN: ULAMA-ULAMA KLASIK YANG BERCIRIKAN ANTARA LAIN: BERSIKAP RASIONAL BERPANDANGAN LUAS, BERBUDI LUHUR, PENGETAHUANNYA TIDAK HANYA TERBATAS PADA ILMU2 AGAMA
RAPAT KERJA PARA REKTOR IAIN SE- INDONESIA PADA BULAN AGUSTUS 1973 MENETAPKAN BAHWA PENGANTAR ILMU AGAMA ISLAM MENJADI MATA KULIAH KOMPONEN INSTITUT YANG WAJIB DIAMBIL OLEH SETIAP MAHASISWA IAIN APAPUN FAKULTAS DAN JURUSANNYA.
DI DALAM PIAI, ISLAM DIPERKENALKAN TIDAK HANYA BAGAIMANA SEHARUSNYA, TETAPI JUGA BAGAIMANA ADANYA DALAM PERJALANAN SEJARAH PENGAJARAN ISLAM TIDAK HANYA SECARA TEKSTUAL, TETAPI JUGA SECARA KONTEKSTUAL MAHASISWA DIDORONG UNTUK MEMAHAMI APA YANG TERJADI DENGAN ISLAM SEPANJANG SEJARAHNYA
LANGKAH INI DILAKUKAN UNTUK: MENYADARKAN MAHASISWA BAHWA ISLAM BETUL-BETUL TELAH MENGANTARKAN MANUSIA KEPADA PERADABAN YANG MAJU DAN BERMARTABAT MENGINGATKAN BAHWA ISLAM YANG DIPRAKTIKKAN UMATNYA BELUM TENTU SEJALAN DENGAN AJARAN ISLAM ITU SENDIRI
MENGINGATKAN BAHWA UNSUR BUDAYA BANYAK MEMPENGARUHI PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN AJARAN ISLAM MENUMBUHKAN SEMANGAT SALING PENGERTIAN DI ANTARA UMAT AGAR TERBINA SILATURRAHIM, MESKI DALAM KERAGAMAN
SILAKAN ANDA YAKIN DENGAN APA YANG ANDA PERCAYA SEPANJANG ANDA PUNYA DALIL/ARGUMENTASI YANG CUKUP HORMATI PULA ORANG LAIN YANG PUNYA PENDAPAT BERBEDA ANDA BOLEH MENILAI, TAPI JANGAN MENGHAKIMI ORANG LAIN APALAGI MENCACI MAKI DAN MENYERANG DENGAN TINDAKAN YG TIDAK WAJAR
PENGANTAR STUDI ISLAM SUATU STUDI PENGANTAR UNTUK MEMAHAMI ISLAM SECARA LUAS DAN LENGKAP DENGAN MEMBAHAS DASAR-DASAR AJARAN ISLAM SERTA CARA ATAU POLA PEMAHAMAN AJARAN ISLAM YANG BERKEMBANG DI KALANGAN UMAT ISLAM
OBJEK KAJIAN MSI HAKIKAT AGAMA DAN KEBERAGAMAAN KEBUTUHAN MANUSIA AKAN AGAMA HAKIKAT ISLAM DAN DASAR2 ISLAM POLA-POLA PEMAHAMAN ISLAM (FUQAHA`- SUFI – FILOSOF –MUTAKALLIM, DLL.) SECARA RINCI LIHAT SILABUS & SAP
TUJUAN PERKULIAHAN MSI MEMBENTUK SARJANA MUSLIM YANG MEMILIKI AKIDAH YANG BENAR DAN KOKOH SERTA MEMILIKI WAWASAN YANG LUAS DAN SIKAP YANG LUWES
AKIDAH YANG BENAR KARENA DIDASARKAN ATAS PENGETAHUAN AKIDAH YANG KOKOH KARENA DIDASARKAN ATAS PILIHAN SENDIRI WAWASAN YANG LUAS KARENA PENGETAHUAN YANG UTUH DAN LENGKAP SIKAP YANG LUWES KARENA MENYADARI KETERBATASAN MANUSIAWI
APA YANG DIKATAKAN AGAMA? CARI DEFINISI SERTA CONTOHNYA! TUGAS MINGGU DEPAN APA YANG DIKATAKAN AGAMA? CARI DEFINISI SERTA CONTOHNYA! BEDAKAN ANTARA AGAMA & KEBERAGAMAAN! DI MANA LETAK AGAMA, DAN DI MANA PULA KEBERAGAMAAN? APAKAH MANUSIA PERLU AGAMA? KENAPA?
SAMPAI BERTEMU MINGGU DEPAN SEKIAN SAMPAI BERTEMU MINGGU DEPAN IN-SYA`ALLAH