Pemrograman Visual Tipe Data dan Operator
Macam-macam tipe data Tipe Bilangan Bulat > 1,4,40,100 Tipe bilangan real > 1.50,3.234,1.9999 Tipe Boolean > True, False Tipe Karakter > A, B, X, y Tipe String > Nama, ardian Array > A[1], var[100] Record > penggabungan bebrapa variabel Kelas dan Object > record procedure & func Tipe Subjangkauan > 1..5, 10..100; Tipe Terbilang > type huruf= ‘A’..’Z’ Tipe Himpunan > type karakt = set of char Varian > tipe data ‘bunglon’ Pointer > var A : ^integer
Tipe Bilangan Bulat - Menyatakan bilangan tanpa desimal. Byte, Word, Integer, Cardinal, LongInt, Shortint, SmallInt. Byte > o – 255 Integer > -2147483648 - 2147483648 Pendeklarasian Variabel Integer Var a : integer; b,c : longint;
Contoh Bil. Bulat Buat project Baru File > New Application Simpan pekerjaan anda File > save all U_bil_bulat.pas & P_bil_bulat.dpr Ubah properti Caption dari form1 dengan “Aplikasi Bilangan Bulat” Tambahkan 1 Komponen Label, 4 komponen Edit Button.Gambar Klik 2 kali Button, Ketikkan kode berikut : kode Jalankan Applikasi anda
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject); var x, y, z: integer; begin { Menyimpan bilangan pada Editl dan Edit2 masing-masing pada x dan y } x := StrToInt (Edit1.Text); y := StrToInt (Edit2.Text); { Menjumlahkan x dan y kemudian meletakkan hasilnya pada Edit3 } z := x+y; Edit3.Text := IntToStr(z); { Mengalikan x dan y kemudian meletakkan hasilnya pada Edit4 } z := x*y; Edit4.Text := IntToStr(z); end; back
Gambar back
Tipe Bilangan real - Bilangan desimal. Real, Single, double, Extended, Comp, Currency real > 2.9 * 10-39 .. 1.7 * 1038 Extended > 3.4 * 10-4932 .. 1.1 *.104932 Contoh Pendeklarasian Konstanta Var a : real; b,c : extended;
Contoh Bilangan Real Buat project Baru File > New Application Simpan pekerjaan anda File > save all U_bil_real.pas & P_bil_real.dpr Ubah properti Caption dari form1 dengan “Aplikasi Bilangan Real” Tambahkan 1 Komponen Label, 4 komponen Edit Button.Gambar Klik 2 kali Button, Ketikkan kode berikut : kode Jalankan Applikasi anda
procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject); var x, y, z: real; begin { Menyimpan bilangan pada Editl dan Edit2 masing-masing pada x dan y } x := StrToInt (Edit1.Text); y := StrToInt (Edit2.Text); { Menjumlahkan x dan y kemudian meletakkan hasilnya pada Edit3 } z := x+y; Edit3.Text := IntToStr(z); { Mengalikan x dan y kemudian meletakkan hasilnya pada Edit4 } z := x*y; Edit4.Text := IntToStr(z); end; back
Gambar Real back
Tipe Boolean - Tipe bertipe boolean adalah tipe yang hanya dapat bernilai benar atau salah . Boolean, ByteBool, WordBool, LongBool Boolean > I byte LongBool > 4 Byte Contoh Pendeklarasian Konstanta Var a : boolean;
Tipe Karakter - Tipe karakter digunakan untuk menyimpan satu huruf data alfanumeris, seperti ‘A’, ‘Z’,’@', ‘$', dsb . Contoh Pendeklarasian Konstanta Var a : char;
Penulisan Pemberian nilai pada variabel bertipe karakter Menuliskan karakter di dalam tanda petik tunggal contoh : Ch := ‘A’; 2. Menuliskan tanda # diikuti dengan nomor ASCII dari karakter yang ingin Anda tuliskan contoh : Ch := #65;{sama artinya dengan ch := ‘A’ } 3. Mengkonversikan nomor ASCII ke karakter menggunakan fungsi chr Ch := chr(65);{Sama artinya dengan ch := ‘A’;}
Tipe String - Tipe string digunakan untuk menyimpan data yang berupa untaian karakter, seperti ‘Borland', ‘Pemrograman’ dsb . Contoh Pendeklarasian Konstanta Var a,b : string; begin a:=‘Visual’; b:=‘Delphi’; xxxxx
Tipe Array - Array adalah kumpulan variabel yang bertipe sama. Contoh: membuat delapan variabel bertipe integer Tanpa array : var a1, a2, a3, a4, a5, a6, a7, a8 : integer; Dengan Array var a: array[1..8] of integer; sama artinya dengan a[1], a[2], a[3], a[4], a[5], a[6], a[7], dan a[8]. - sebuah variable tunggal yang dipakai untuk sekumpulan data
Contoh Array Buat project Baru File > New Application Simpan pekerjaan anda File > save all unit u_array project p_array Ubah properti Caption dari form1 dengan “Aplikasi Array” Tambahkan 1 Komponen Label, 1 komponen Edit, 1 Button dan 1 List Box. Pada Listbox tambahahkan beberapa angka didalamnya dengan cara klik […] pada properties items Ubah Caption sehingga tampak seperti gambar Klik 2 kali Button “proses”, Ketikkan kode berikut Jalankan Applikasi anda
Gambar Array back
Kode Array procedure TForm1.Button1Click(Sender: TObject); Var A : array[0..100] of integer; i : integer; j : integer; begin for i := 0 to Listbox1.Items.Count -1 do A[i] := StrToInt (ListBox1.Items[i]); J := 0; for i := 0 to ListBox1.Items.Count - 1 do J := J + A[i]; Edit1.Text := InttoStr (j); end; end.
Tipe Record - menggabungkan beberapa variabel yang tipenya tidak harus sama . Pendeklarasian Type Mahasiswa = record Nama : string; Nilai : Integer; End; Var Ardian : Mahasiswa; wawan : Mahasiswa;
Tipe Subjangkauan - mendeklarasikan tipe yang berada pada jangkauan tertentu. contoh Type jam = 1..12 mendeklarasikan tipe jam yang memiliki jangkauan dari 1 sampai dengan 12
Tipe Terbilang - tipe terbilang memberi nama pada beberapa nilai tertentu. contoh Type TipeHari = (Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu,); memberi nilai 0 dengan nama Minggu, 1 dengan nama Senin, 2 dengan nama Selasa, dst. var hari : TipeHari; Hari := Minggu; Hari := Senin;
Tipe Himpunan - Tipe himpunan digunakan untuk menyimpan kumpulan nilai . Contoh Type HimKarakter = set of char; Var Vokal : HimKarakter; Vokal := [‘A’,’I’,’U’,’E’,’O’];
Tipe Varian - Tipe data varian adalah tipe data yang dapat menampung tipe-tipe data yang lain, misalkan integer, real, sting dsb . Contoh Var A : Varian; A := 123; A := 123,456 A := “Pemrograman Visual dengan Delphi’
Tipe Pointer - Pointer adalah variabel yang menunjuk lokasi memori tertentu - Pendeklarasian pointer dilakukan dengan cara yang hampir sama dengan pendeklarasian variabel biasa, bedanya Anda harus menambahkan tanda ^ di depan tipe pointer contoh Var A1 : ^integer;
Operator Operator Pemberian Nilai Contoh: A := 100; B := “Pemrogaman Visual”; Operator Aritmetik 1. Aritmetik tunggal (+) dan (-) 2. Aritmatik Biner (+),(-),(*),(/),(div),(mod) Contoh: A := 100; B := 200; c := a*b;
Operator Operator Pemanipulasi Bit Not,and,or Logika And Or 1
Operator Operator Bolean Not,and,or Logika And Or True False
Operator Operator Operasi + Union - Selisih * Intersection in Operator Pembanding =,<>,<,>,>=.<= Operator Himpunan Operator Operasi + Union - Selisih * Intersection in Anggota dari
Operator Operator Himpunan Contoh : A := [‘A’, ‘B’, ‘C’, ‘D’, ‘E’]; B := [‘D’, ‘E’, ‘F’, ‘G’, ‘H’]; C := A + B; // Anggota C=[‘A’,‘B’,‘C’,‘D’,‘E’,‘F’,‘G’,‘H’] D := A – B; // Anggota D=[‘A’,’B’,’C’] E := A * B; // Anggota E=[‘D’,’E’] F := ‘B’ in A // Hasilnya true karena ‘B’ anggota A
= <> < > <= >= in is Operator Operator String Operator yang digunakan pada operan string adalah penggabungan A := ‘Pemrograman’ + ‘ Visual’; // A := ‘Pemrograman Visual’; Derajat Operator Operator Derajad @ not Tertinggi * / div mod as and shl shr + - or xor = <> < > <= >= in is Terendah
Latihan Buatlah Apikasi seperti pada gambar Label2 Label1 Label3 Edit2 Button1 Edit4 Edit5 Label4 Label5
Tips Membuat kode(Listing Program) Meletakkan kode misal : Button1 – OnClick (pada Object Inspector, pilih Button1, Pada Tab Event pilih OnClick, kemudia klick 2x. Klick 2x disini Kode ditulis disini Pilih Button1
Tips Membuat kode(Listing Program) 2. Mendeklarasikan Type atau Variabel yang digunakan misal : var a, b, c, d, e := real; 3. Menuliskan listing program anda. misal : begin a := StrToFloat (Edit1.Text); xxxxxxxxxxxxx