ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA
Advertisements

Kelahiran Rasulullah SAW Oleh: H. Zaenal Asyikin, Lc.
Selamat Datang Wahai Tamu Yang Mulia
MENGGAPAI KEBERKAHAN RAMADHAN
AL QUR’AN Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang etos kerja
Khazanah C.i.n.t.a Yang Sebenarnya
Amanah dalam Perspektif Sunnah
KEUTAMAAN MEMBACA AL-QURAN
KEUTAMAAN MEMBACA AL QUR’AN
MENGELUARKAN HARTA DI LUAR ZAKAT
BAB V Oleh: Muhamad Fatoni,M.Pd.I. PUASA ITU MILIK ALLAH حَدَّثَنَا الأَعْمَشُ عَنْ أَبِى صَالِحٍ عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى.
BAB VI Oleh: Muhamad Fatoni,M.Pd.I. KEWAJIBAN ZAKAT عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits
Kendala dan Penyakit di jalan dakwah. عن ثَوْبَانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم -: يُوشِكُ الأُمَمُ أَنْ تَدَاعَى عَلَيْكُمْ كَمَا.
STRATEGI SUKSES MEMULAI BISNIS SESUAI SYARIAH
Pembagian Hadis Oleh: Nur Kholis, M.Ag. H. Thonthowi, S.Ag.
Adapun Hak Allah atas hambanya ialah agar mereka menyembahnya dan tidak menyekutukannya dengan sesuatu apa pun.
Akhlak Terpuji.
Qur’anic Campus. Mengapa Qur’anic Campus? Andalan Untuk Membangun Peradaban Keselamatan Dunia dan Akhirat.
BAB VII KONSEP SEDEKAH MENURUT ISLAM
ULUMUL QUR’AN MATERI 2 H. Anas Alhifni, S.EI
OLEH: MUHAMAD FATONI,M.Pd.I BAB III. Allah Menilai Hati Manusia عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم : ' إن الله لا ينظر إلى صوركم.
Pengertian Dasar hukum Prinsip Zakat
ZAKAT PENGERTIAN ZAKAT Secara Bahasa (lughat), berarti : tumbuh; berkembang dan berkah (HR. At-Tirmidzi) atau dapat pula berarti membersihkan atau.
Kelompok 10 Motivasi Belajar dan Mengajarkan al-Qur’an
HADITS KEDUAPULUH LIMA
Akhlaq Kepada Allah.
IMAN KEPADA QADHA dan QADAR
Model Pengelolaan Kekayaan Alam dan Energi Dalam Islam
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ قَالَ حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ قَالَ أَخْبَرَنِي يُونُسُ بْنُ يَزِيدَ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ حَدَّثَنِي.
MENELADANI RASUL.
Fiqih Kelas VIII Semester 2
AL-MUTA’ALI المتعالي Al-Muta’ali berarti Maha Tinggi
TALAK DALAM KEADAAN EMOSI
MENUNTUT ILMU Pengertian Menuntut Ilmu
HUKUM MEMINTA-MINTA FATWA TARJIH.
MA’RIFATUSY SYAHADATAIN
BAB VII KONSEP SEDEKAH MENURUT ISLAM
MINGGU KETUJUH : PROSEDUR KEHAKIMAN DAN KESELAMATAN
HadiTH Tiga Serangkai KURSUS BIMBINGAN UGAMA (KBU)
Perkara yang akan dipelajari:
PERTEMUAN KE-3 Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum.
Pertemuan Ke-3.
ZAKAT Selamat Mengikuti بسم الله الرحمن الرحيم IZMU HR PUTRA
CARA MEMBELANJAKAN BARANG EKONOMI
Zakat الزَّكَاةُ Presented by: Khairul Anwar NIM
BAGAIMANAKAH ISLAM MENGATUR EKONOMI?
ESENSI PUASA DARI SUDUT PANDANG HADITS
BAB 8 PUASA.
Amalan Setelah Melahirkan
BERBISNIS SECARA SYAR’I…
EKONOMI SYARIAH OLEH : NAMAPRODINIM AFTON WALLADYFPK BINTANG JATI PAMUNGKASFEB NINIK AMBARWATIFPK RACCA BIANAFKH
Menuntut Ilmu dan Menghargai waktu
EKONOMI MIKRO SYARIAH PERAN ZAKAT DALAM KELUARGA
ZAKAT.
ISLAM DAN LINGKUNGAN HIDUP
AGAMA ISLAM DISUSUN OLEH : ANGGI LESTARI KELAS: X KEPERAWATAN 6
Pertemuan Ke-3.
Zakat By. Sinergi Foundation.
PENDIDIKAN ISLAM HADITH RASULULLAH S.A.W. TINGKATAN SATU.
Oleh : Dr. Octaria Saputra SABAR dan BERSYUKUR.
ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH
Kelas Bimbingan Dewasa
IMAM FASIH FATWA TARJIH 2004.
Perekonomian Dalam Islam “Jual Beli”. JUAL BELI Pengertian dan Hukum Jual Beli Rukun dan Syarat Jual Beli Macam-macam Jual Beli Bentuk-Bentuk Jual Beli.
Setiap umat manusia, baik laki-laki maupun perempuan, wajib untuk menuntut ilmu, menuntut ilmu harus dilakukan dengan penuh semangat dan tidak boleh dengan.
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
Esensi Puasa dari sudut pandang Hadits Ust H. Abdurrahman Makatita, Lc MA Materi Kajian Islam Ramadhan (KISRA) Hari-2.
FIQH ZAKAT Materi : Ruang Lingkup Zakat. Indikator hasil belajar Mendeskripsikan pengertian zakat Menerangkan dasar hukum kewajiban zakat Menjelaskan.
Toleransi, Kerukunan dan Menghindari Tindak Kekerasan Kelompok 1.
Transcript presentasi:

ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH

KEUTAMAAN MEMBERI DI JALAN ALLAH

فَأَمَّا مَنْ أَعْطَى وَاتَّقَى، وَصَدَّقَ بالحُسْنَى، فَسَنُيَسِّرُهُ لِلْيُسْرَى " الليل: 5 – 7 لن تَنَالوا البِرَّ حتى تُنِفقُوا مِمَّا تُحِبُّون وما تُنفِقُوا مِن شيءٍ فَإنَّ الله بِهِ عَلِيمٌ " آل عمران:92 إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ ” البقرة:271 وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ فَلِأَنْفُسِكُمْ وَمَا تُنْفِقُونَ إِلَّا ابْتِغَاءَ وَجْهِ اللَّهِ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ خَيْرٍ يُوَفَّ إِلَيْكُمْ وَأَنْتُمْ لَا تُظْلَمُونَ (272)

وعن عبد الله بن مسعودٍ رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لا حسد إلا في اثنتين: رجلٌ آتاه الله مالاً، فسلطه على هلكته في الحق، ورجلٌ آتاه الله حكمةً فهو يقضي بها ويعلمها متفقٌ عليه وتقدم شرحه قريباً. (متفق عليه) وعن ابن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: لا حسد إلا في اثنتين: رجلٌ آتاه الله القرآن، فهو يقوم به آناء الليل وآناء النهار، ورجلٌ آتاه الله مالاً، فهو ينفقه آناء الليل وآناء النهار متفقٌ عليه. الآناء: الساعات. (متفق عليه)

BERSEDEKAH DARI HASIL USAHA YANG BAIK

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيثَ مِنْهُ تُنْفِقُونَ وَلَسْتُمْ بِآخِذِيهِ إِلَّا أَنْ تُغْمِضُوا فِيهِ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ (البقرة:267) عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ :قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ تَصَدَّقَ بِعَدْلِ تَمْرَةٍ مِنْ كَسْبٍ طَيِّبٍ وَلَا يَقْبَلُ اللَّهُ إِلَّا الطَّيِّبَ وَإِنَّ اللَّهَ يَتَقَبَّلُهَا بِيَمِينِهِ ثُمَّ يُرَبِّيهَا لِصَاحِبِهِ كَمَا يُرَبِّي أَحَدُكُمْ فَلُوَّهُ حَتَّى تَكُونَ مِثْلَ الْجَبَلِ

YANG DITANYAKAN TERHADAP HARTA KITA

عَنْ أَبِي بَرْزَةَ الْأَسْلَمِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ عُمُرِهِ فِيمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ عِلْمِهِ فِيمَ فَعَلَ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَ أَنْفَقَهُ وَعَنْ جِسْمِهِ فِيمَ أَبْلَاهُ (رواه الترمذي, قَالَ هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ) “Dari Abu Barzah al-Aslami, dia berkata: Rasulullah saw bersabda, “Akan tetap tegak kedua kaki seorang hamba kelak di hari kiamat, hingga ditanya tentang umurnya, dia habiskan untuk apa, tentang ilmunya untuk apa diamalkan, tentang hartanya, dari mana ia peroleh dan diinfakkan untuk apa, dan tentang jasadnya dia gunakan untuk apa”.[HR. Imam Tirmidziy]

PENGERTIAN ZAKAT, INFAQ, DAN SHADAQAH

DEFINISI ZAKAT SECARA LITERAL An Namaa’ (tumbuh), dan ath Thahaarah (suci). [Imam asy-Syaukani, Nailul Authar, juz 2/158]. An Namaa' (tumbuh), ath Thaharah (suci), dan al Barakah (keberkahan). [Sayyid Saabiq, Fiqh Sunnah, juz 1/318]. DEFINISI ZAKAT

Zakat adalah menyerahkan sebagian harta yang sudah sampai nishab kepada kaum fakir dan lain sebagainya, tanpa ada halangan syar'iy (maani' syar'iyy) yang menghalangi harta itu untuk berpindah kepadanya. [Imam Syaukani, Nail al-Authar, juz 2/158]. Dengan kata lain, zakat adalah istilah untuk menyebut harta yang menjadi hak Allah swt yang diserahkan manusia kepada kaum fakir. [Sayyid Saabiq, Fiqh al-Sunnah, juz 2/318] DEFINISI SYAR’IY

Fardlu (wajib) atas kaum Muslim yang telah memenuhi syarat-syarat sahnya. Zakat juga termasuk salah satu rukun Islam. Siapa saja yang menolak pensyariatan zakat, maka ia dihukumi kaafir (murtad) dari Islam. [Imam Syaukani, Nail al-Authar, juz 2/158] Sanksi penolak zakat adalah diperangi. Negara berkewajiban menarik zakat dari orang yang enggan membayarnya. HUKUM & SANKSI

Menurut istilah infaq bermakna sharf al-maal ila al-haajah (mengalihkan harta untuk suatu kebutuhan) (Imam Jurjaniy, At Ta’riifaat, juz 1/12] Secara bahasa infaq bisa juga bermakna pengalihan harta yang berhukum wajib (zakat dan nafkah) maupun berhukum sunnah. Lihat At Taubah:34, Kata al-infaaq disebut dalam Surat Al Israa’ (17):100 DEFINISI INFAQ

Menurut istilah, shadaqah bermakna al-’athiyah tabtaghiy bihaa al-matsubah min al-Allah (pemberian yang ditujukan untuk mendapatkan pahala dari Allah) (Imam Jurjaniy, At Ta’riifaat, juz 1/43) Secara bahasa shadaqah bisa juga bermakna pemberian wajib (zakat) maupun sunnah. DEFINISI SHADAQAH

عَنْ سَعِيدٍ الطَّائِيِّ أَبِي الْبَخْتَرِيِّ أَنَّهُ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو كَبْشَةَ الْأَنَّمَارِيُّ أَنَّهُ سَمِعَ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ ثَلَاثَةٌ أُقْسِمُ عَلَيْهِنَّ وَأُحَدِّثُكُمْ حَدِيثًا فَاحْفَظُوهُ قَالَ مَا نَقَصَ مَالُ عَبْدٍ مِنْ صَدَقَةٍ وَلَا ظُلِمَ عَبْدٌ مَظْلَمَةً فَصَبَرَ عَلَيْهَا إِلَّا زَادَهُ اللَّهُ عِزًّا وَلَا فَتَحَ عَبْدٌ بَابَ مَسْأَلَةٍ إِلَّا فَتَحَ اللَّهُ عَلَيْهِ بَابَ فَقْرٍ Dari Sa’id al-Tha`iy Abi al-Bakhtariy, sesungguhnya ia berkata, “Telah meriwayatkan kepadaku Abu Kasybah al-Anmariy, bahwasanya ia mendengar Rasulullah saw bersabda ada tiga hal “Aku bersumpah atasnya, dan aku akan memberitahu suatu ucapan kepada kalian, maka jagalah ucapan itu”. Beliau bersabda, “Tidak akan berkurang harta seorang hamba karena sedekah, dan tidaklah seorang hamba yang didzalimi kemudian ia bersabar, kecuali Allah akan menambah kemuliannya, dan tidak seorang hamba yang membuka pintu memilnta-minta, kecuali Allah akan membukakan untuknya pintu kemiskinan”. [HR. Imam Tirmidziy]

JADIKAN MUDAH MEMBERI SEBAGAI SIFAT DIRI