Oleh : Oktavian Lantang.  Algorism ( bahasa arab...menghitung)  Algorist (orang yg menghitung angka arab)  Al-Khuwarizmi...Algorism...Algorithm diserap.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Dosen : Rinci Kembang Hapsari, S.Si
Advertisements

Teknologi Informasi ~ Komputasi dan Pemrograman ~ Oleh : Tim Hibah Pengajaran Mata Kuliah Teknologi Informasi Jurusan Matematika Pertemuan 9.
Oleh : Tim Hibah Pengajaran Mata Kuliah Teknologi Informasi Jurusan Matematika Pertemuan 9.
All sections to appear here
Algortima dan Pemrograman
Pengantar Teknologi Informasi
Pengenalan Algoritma dan Pemrograman
Introduction to Algorithm and Programming
Pengenalan Algoritma dan Pemrograman
PENGANTAR ALGORITMA PUTRA PRIMA NAUFAL, S.ST masputra.net.
ALGORITMA & PEMROGRAMAN
Algoritma dan Pemrograman
PENGANTAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
Perangkat Lunak Software. Perangkat Lunak merupakan sekumpulan aturan yang digunakan untuk menjalankan perangkat keras terdiri dari kumpulan istruksi.
Pengantar Algoritma dan pemograman
PERKEMBANGAN BAHASA KOMPUTER
Dasar Pemrograman Pendahuluan.
By Adnan Purwanto, S.Kom.  Langkah-langkah yang kita lakukan dalam memberikan instruksi kepada komputer untuk memecahkan masalah  Manusia harus menggunakan.
SOFTWARE.
Algoritma Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman
Dasar Algoritma dan Pemrograman
Rifky Kurniawan, S.Kom, MTI
Pemrograman Dasar Kelas X.
KELOMPOK 02 ALOGARITMA PEMOGRAMAN TAHUN AJARAN
ALGORITMA PEMROGRAMAN 1C (KONSEP BAHASA PEMROGRAMAN)
Algoritma dan Pemrograman 1
PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN
PENGANTAR TEKNIK KOMPILASI
Teknik Kompilasi “Translator”
Pengantar Teknologi Informasi (Teori)
Bahasa Pemprograman Dasar
BAB 1 BAHASA PEMROGRAMAN
Pendahuluan TEE 2103 Algoritma dan Pemrograman Dosen: Abdillah, MIT
Pemrograman Prosedural
Pendahuluan TEE 2103 Algoritma dan Pemrograman Dosen: Abdillah, MIT
BAHASA PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Komputasi dan Pemrograman
Algoritma merupakan pondasi yang harus dikuasai mahasiswa yang ingin menyelesaikan masalah secara terstruktur, efektif, dan efisien, khususnya untuk.
BAHASA PEMROGRAMAN.
Algortima dan Pemrograman
Dasar Pemrograman Dan Bahasa Pemrograman
PENGANTAR ALGORITMA DAN LOGIKA
Pengenalan Bahasa Pemrograman
SOFTWARE.
Pengantar.
Teknik Kompilasi “Translator”
Introduction to Algorithm and Programming
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
Introduction to Algorithm and Programming
Dasar-dasar Pemrograman
Pengantar Algoritma dan pemograman
Algoritma & Pemrograman 1
Dasar-Dasar Pemrograman
Lecturer Note II Turbo Pascal & Pemrograman
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
PEMROGRAMAN I Semester I 2017/2018
Introduction of algoritm and programming
Pengantar Teknologi Informasi
Pengantar Pemrograman
Pengantar Teknologi Informasi
Introduction to Algorithm and Programming
Dasar Pemrograman Dan Bahasa Pemrograman
Pengantar Teknologi Informasi
Pengantar Pemrograman
Pengantar teknologi informasi
Pengantar Pemrograman
Dasar Pemrograman Pengenalan Nurul Anisa Sri Winarsih, M. CS
Pengantar Teknologi Informasi
Transcript presentasi:

Oleh : Oktavian Lantang

 Algorism ( bahasa arab...menghitung)  Algorist (orang yg menghitung angka arab)  Al-Khuwarizmi...Algorism...Algorithm diserap dalam bahasa Indonesia sebagai algoritma.

 Algoritma adalah : Langkah – langkah logis untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis dan logis

Aksi :  Kejadian yang terjadi pada selang waktu terbatas (dimulai saat T0 dan berakhir pada saat T1)  Menghasilkan efek netto yang terdefinisi dengan baik dan direncanakan Contoh mengupas kentang dapat dijelaskan :  Ambil kantong kentang dari rak  Ambil panci dari almari  Kupas kentang  Kembalikan kantong kentang ke rak

 Ibu Tati mengupas kentang untuk mempersiapkan makan malam..(luas ruang lingkupnya)  Karena ruang lingkup luas, maka harus didefinisikan keadaan awal dan efek netto yang direncanakan ( Initial State dan Final State)  Initial State (keadaan awal) : T0 kentang sudah ada dikantong kentang, dan ditaruh di rak dapur dimana ibu Tati akan mengupasnya  Final State (keadaan akhir) : T1 kentang dalam keadaan terkupas di panci, siap untuk dimasak dan kantong kertasnya harus dikembalikan ke rak lagi.

 Kejadian : urut-urutan dari beberapa aksi yang terjadi secara berurutan.  Efek kumulatif dari semua aksi yang terjadi menjadi efek netto dari kejadian  Penggolongan suatu kejadian menjadi aksi adalah relatif tergantung dari sudut pandang.

 Bagaimana cara pandang kita terhadap penyelesaian masalah pemrograman  Ada banyak cara untuk menyelesaikan suatu masalah, sehingga ada banyak paradigma yang ada

Terdiri dari :  paradigma prosedural  paradigma fungsional  paradigma deklaratif  paradigma objek

 Memandang penyelesaian masalah sebagai hasil dari serangkaian langkah yang menyelesaikan sub masalah  Contoh : Pascal, C, dll.  Merupakan paradigma biasanya lebih dekat dengan mekanisme eksekusi mesin (secara hardware, komputer bekerja secara sekuensial/berurutan)  Menggunakan langkah-langkah yang berurutan yang disebut sebagai suatu Algoritma

 Memandang penyelesaian masalah sebagai komposisi dan aplikasi yang memetakan masalah ke jawaban  Contoh : LISP

 Memandang penyelesaian masalah sebagai hasil inferensi terhadap fakta dan aturan yang diberikan  Contoh : prolog

 Memandang penyelesaian masalah sebagai hasil interaksi dari kelas yang membentuk objek

 Komputer bagaikan seorang anak kecil yang “terlalu LUGU”, sehingga semua hal harus diberitahu dari awal  Komputer hanya bisa menjalankan instruksi dalam bahasa mesin  rumit  Solusi : Assembly ( Low Level Language )  masih rumit juga (belum mendekati bahasa manusia)  Solusi : Bahasa Tingkat Tinggi ( High Level Language ), menterjemahkan sintaks penulisan program, jika sintaks benar maka program diterjemahkan ke bahasa mesin

 Interpreter  Menterjemahkan program baris- per-baris  Contoh : PHP  Kompilator  Membaca seluruh baris program kemudian diterjemahkan secara keseluruhan  Contoh : Pascal, C

 Kompilator vs Interpreter  Kompilator + Interpreter  Debugger  Editor, Kompilator, dan IDE  Contoh Kompilator Pascal : FreePascal, Delphi, TPW, TP, Lazarrus

 Interpreter  Pengembangan program lebih cepat (tidak perlu kompilasi)  Kecepatan eksekusi program lebih lambat (setiap kali program perlu dijalankan, interpreter harus bekerja lagi)  Kompilator  Waktu pengembangan relatir lama (perlu kompilasi)  Progam dapat langsung dieksekusi dengan cepat (karena sudah dalam bahasa mesin)

 Ada bahasa yang dikompilasi, namun tidak dalam bahasa mesin (bahasa perantara)  Lalu diinterpretasi oleh suatu interpreter untuk menjalankanya  Sebagian pekerjaan interpreter (validasi program sudah dilakukan oleh Kompilator, sehingga interpreter hanya perlu mengeksekusi program saja  Contoh : Java, C#, VB.Net

 Proses untuk menemukan kesalahan program

 Editor : program yang mampu menerima teks dari manusia, dan menyimpannya ke dalam bentuk digital yang dimengerti oleh komputer  Editor saat ini memungkinkan adanya proses koreksi terhadap sintaks program  Bentuk kode program yang kita masukkan ini disebut : source code  Editor dan kompilator merupakan dua program yang terpisah dan berbeda

 Adalah program yang menggabungkan fungsi editor dan kompilator (atau ada juga +Debugger) dalam satu paket  Contoh : Turbo Pascal, Turbo C, PHP Editor, Eclipse, Netbeans, Java Studio

 Gabungan editor, kompilator/interpreter, debugger visual programming  Contoh : Delphi, Visual Studio, Delphi for PHP, dll.

 Melakukan generate source program dari suatu DESAIN  Desain bisa berupa :  ERD  UML  Reverse Engineering secara langsung dari Database  Contoh :  ERD & DB  PHP Maker, PHP Code Generator, ASP Maker, JSP Maker, MS Access, dll.  UML  Jbuilder, NetBeans, Rational Rose, Model Maker, Java Studio, dll.