PERTEMUAN 2 Variabel, Ekspresi, Operator, dan Flow Control

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Universitas Muhammadiyah Malang Fakultas Teknik Jurusan Teknik Informatika Semester Genap Nur hayatin, S.ST.
Advertisements

Selection (pemilihan) As’ad Djamalilleil
Flow Control & Exception Handling
Struktur Kondisi dan Perulangan
Pemrograman JAVA (TIB09)
PHP (2) Pemrograman Internet.
Struktur Kontrol.
Struktur Kontrol #2 Perulangan
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
Java array.
Flow Control & Exception Handling
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Pernyataan Kontrol By Serd17 & A. AKRAM N. R..
Nandang Hermanto PK2 Pertemuan 3. Perulangan Pernyataan while Pernyataan do..while Pernyataan for.
Pengenalan Pemrograman 1 Versi 2.0 Struktur kontrol.
III. STRUKTUR KONTROL.
Flow Control & Looping Pertemuan 4 Pemrograman Berbasis Obyek Oleh Tita Karlita.
PELATIHAN JAVA FUNDAMENTAL
Diberikan pada Kuliah Sela Teknik Informatika - Universitas Muhammadiyah Malang Tahun 2011.
Struktur Data & Algoritma Suryana Setiawan, Ruli Manurung & Ade Azurat (acknowledgments: Denny) ‏ 1 Fasilkom UI SUR – HMM – AAFasilkom UI - IKI20100/ IKI80110P.
Struktur Kontrol Pemilihan
Struktur kontrol ∞ kondisi. ∞ if-else ,
Tenia Wahyuningrum.  Struktur kontrol pengulangan Digunakan untuk menjalankan satu atau beberapa pernyataan sebanyak beberapa kali.  Tipe: Pengulangan-while.
Tenia Wahyuningrum.  Struktur kontrol pengulangan Digunakan untuk menjalankan satu atau beberapa pernyataan sebanyak beberapa kali.  Tipe: Pengulangan-while.
Operator Fungsi Logika Perulangan
Variabel, Ekspresi, Operator dan Flow Control
Struktur kontrol.
PERNYATAAN PERULANGAN
IKI 20100: Struktur Data & Algoritma Ruli Manurung & Ade Azurat (acknowledgments: Denny, Suryana Setiawan) 1 Fasilkom UI Ruli Manurung & Ade AzuratFasilkom.
03 Elemen Dasar Bahasa Java
IT210 – Pemrograman Visual Ramos Somya.  Variabel adalah tempat untuk menyimpan data yang memiliki suatu tipe data.  Variabel ini akan ditempatkan dalam.
Bahasa Pemrograman IF CASE dan Perulangan
PHP.
Struktur Kontrol Struktur kontrol if Struktur kontrol if-else
MODUL 3 PERULANGAN PERCABANGAN ARRAY
Transfer of control (pemindahan langkah)
Statement Control (if dan switch)
Pemrograman Visual I Outline: Proses Pengulangan/Looping
Objek-Oriented Programming (OOP)
Pemprograman Berorientasi Objek
Pemrograman Visual I Outline: Kondisi dan Aksi Selection Statement
STRUKTUR KONTROL.
Struktur Kontrol Pemilihan
Outline: Tipe data Variabel dan Konstanta Enumerasi Ekspresi Operator
Pengambilan Keputusan dan Pengulangan Proses
INPUT DATA, PERCABANGAN & PERULANGAN DENGAN JAVA
Struktur Kontrol Keputusan
PERCABANGAN & PERULANGAN DALAM JAVA
BAB 4 Flow Control & Looping
Perulangan / Looping / Repetisi PEMROGRAMAN DASAR
PERCABANGAN Siti Mukaromah, S.Kom.
Pemrograman Web Lanjut “Pertemuan ke-3”
Percabangan dan Perulangan.
Algoritma & Pemrograman 3
Remainder Senin depan mulai UTS Praktikum
Latihan #0 Dengan menggunakan pernyataan looping WHILE dan jumlah instruksi sesedikit mungkin, tuliskan cuplikan program (bukan program lengkap, hanya.
Latihan & Studi Kasus Perulangan / Looping PEMROGRAMAN DASAR
JAVA FUNDAMENTAL.
Selection (pemilihan)
JAVA FUNDAMENTAL.
Percabangan/Penyeleksian Kondisi
Flow Control & Exception Handling
PHP.
PEMrograman web database
Pernyataan Kondisional, Perulangan dan Jump
Konsep Bahasa Pemrograman I Operator
Struktur Kontrol Pemilihan
Pemrograman Berorientasi Objek
Struktur Kontrol Pemilihan Struktur kontrol pemilihan adalah pernyataan dari Java yang mengijinkan user untukmemilih dan mengeksekusi blok kode spesifik.
DPH1C4 Pemrograman berorientasi Obyek
Transcript presentasi:

PERTEMUAN 2 Variabel, Ekspresi, Operator, dan Flow Control PRAK. PEMROGRAMAN VISUAL

Variabel tempat untuk menyimpan data yang memiliki suatu tipe data ATURANNYA ???

Nama Variabel nama variabel : (tentukan benar/salah) nomorInduk : 2bil : _static : string : total#pembelian : _total_memori : @PUBLIC : nama_Siswa :

Konvensi Penamaan Variabel Notasi Pascal Misal: NamaSiswa Notasi Camel Misal: namaSiswa Notasi Hungarian Misal: strNamaSiswa

??? Kategori Variabel Pengelompokan variabel pada C# dibagi menjadi : Variabel static Variabel instance Variabel lokal ???

x merupakan variabel static bertipe int y adalah instance variabel bertipe int z adalah array yang memiliki elemen bertipe int dan name adalah sebuah variabel lokal

Parameter value paramater ouput parameter keyword: out reference parameter keyword: ref

a merupakan parameter value, b merupakan parameter output c merupakan parameter reference Parameter value dan parameter reference sebelum dikirimkan kedalam suatu method harus diberikan suatu nilai, sedangkan parameter output tidak perlu diberikan nilai, namun parameter output ini harus diberikan nilai sebelum keluar dari method tersebut.

Assigment / Pemberian Nilai Variabel Eror: Use of unassigned local variable 'x' Maka nilai x harus diberi nilai dulu sebelum dipakai. Mis: int x=0;

Ekspresi Ekspresi terbentuk dari rangkaian operator dan operand

Flow Control Flow control memungkinkan program menentukan kode mana yang akan dijalankan berdasarkan kondisi-kondisi tertentu.

Kondisi dan Aksi Kondisi adalah bagian dari flow control yang menentukan bagian mana dari program yang akan dijalankan selanjutnya. Kondisi bernilai boolean (true/false), dan diapit dalam tanda kurung, seperti contoh berikut: (hari == “Minggu”) Nilai kondisi harus selalu bertipe boolean

Aksi merupakan satu atau sekumpulan perintah yang akan dijalankan bila kondisinya terpenuhi.

Selection Statement Selection statement digunakan untuk menentukan bagian mana dari program yang akan dieksekusi selanjutnya. C# menyediakan dua jenis selection statement, yaitu if dan switch statement.

if If statement digunakan untuk mengeksekusi kode program jika kondisi tertentu terpenuhi. Misalnya dalam hal melakukan operasi pembagian, program harus memeriksa terlebih dahulu apakah pembagi bernilai 0 atau tidak agar tidak terjadi runtime error.

If-else Pada statement ini, selain menentukan langkah apa yang harus dilakukan jika suatu kondisi terpenuhi, juga ditentukan langkah apa yang dilakukan kalau kondisi tersebut TIDAK terpenuhi.

switch Seringkali dalam program kita ingin melakukan pengecekan untuk beberapa kemungkinan nilai dari suatu variable. Bila ini dilakukan dengan menggunakan if, bentuknya akan seperti berikut:

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah : Variabel yang dicek bisa bernilai angka atau string. Keyword break harus digunakan untuk setiap case. Dalam C, break tidak wajib digunakan. Bagian default dari switch berfungsi sepert else dalam if, artinya jika tidak ada kecocokan dalam case-case lainnya, maka bagian dalam case default yang akan dieksekusi. Bagian ini sebaiknya dibiasakan untuk diisi.

Iteration Statement Dalam C# ada empat iteration statement yang dapat digunakan, yaitu: while, do, for, dan foreach.

while While statement berguna untuk melakukan perulangan selama kondisi bernilai true. Karena pengecekan kondisinya dilakukan diawal maka ada kemungkinan blok loop tidak akan dijalankan sama sekali.

do Pada perulangan menggunakan do pengengecekan dilakukan pada akhir dari blok loop sehingga blok loop akan dijalankan minimal satu kali.

for

contoh static void Main(string[] args) { int i = 0; do if (i%2==0) Console.WriteLine("Angka genap: " + i); } i += 1; while (i<10); Console.ReadLine();

jump Statement Jump statement digunakan untuk memindahkan kontrol eksekusi dari suatu bagian ke bagian lain dalam program. Contoh: goto, continue, break, dan return

break Statement ini digunakan untuk “melompat” keluar dari while, for, dan switch statement.

continue Statement continue ini berfungsi untuk melanjutkan eksekusi program ke iterasi berikutnya dengan “melompati” statement-statement berikutnya dalam blok loop.

goto

return perintah return digunakan untuk mengembalikan kontrol eksekusi ke pemanggil.

Contoh return class Program { public static void FungsiB() Console.WriteLine("FungsiB"); Console.WriteLine("Akan menjalankan return …"); return; } public static void FungsiA() Console.WriteLine("FungsiA"); Console.WriteLine("Akan memanggil FungsiB"); FungsiB(); Console.WriteLine("Melanjutkan perintah FungsiA berikutnya"); static void Main(string[] args) { FungsiA(); Console.ReadLine(); }

throw Penggunaan throw ini berkaitan dengan penanganan error (try statement) dalam C#. Throw digunakan untuk membangkitkan exception dalam program.

END