KERUKUNAN INTEREN & ANTAR UMAT BERAGAMA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MAKNA 4 PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
Advertisements

GLOBALISASI.
BELA NEGARA Pengertian Bela Negara
KEPALA BIRO BINA MENTAL SETDA PROVINSI JAWA TENGAH
Assalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
PERANAN PENYULUH AGAMA
Anggota kelompok : Heri Fatkhurrokhim Sri Mila Lestari Danik Lestari
Ideologi Indonesia PANCASILA Ahmad Mukhlish F. Kelas :8B.
FILSAFAT PANCASILA ( PANCASILA NILAI DASAR FUNDAMENTAL )
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL
Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional
Strategi yang diterapkan Negara Indonesia dalam menyelesaikan ancaman terhadap negara dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan dengan bingkai Bhinneka.
MAKNA LIMA SILA DALAM PANCASILA
MAKNA SILA-SILA PANCASILA
Filsafat Pancasila Bambang Tri Purwanto.
Politik Luar Negeri Indonesia
Merajut Manusia dan Masyarakat Berdasarkan Pancasila
Asal Usul Istilah Pancasila
Oleh PENEGAKKAN HUKUM TERKAIT PEMELIHARAAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
NASIONALISME Oleh Fajar Iswahyudi.
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
36 Butir Pedoman Penghayatan & Pengamalan Pancasila
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN “Bela Negara “
Wawasan nusantara (Lecture 6 & 7)
PANCASILA Sebagai Alat Pemersatu Bangsa
Wawasan nusantara (Lecture 5 & 6)
DIKLAT PRAJABATAN GOLONGAN I DAN II Oleh Fajar Iswahyudi
Latar Belakang, Konsep, Implementasi dan Tantangan
NILAI DAN PRINSIP Nilai-nilai 1945
Ketahanan Nasional Mahendra P. Utama.
NAMA KELOMPOK : Okti Panca Istihanah Ola Desilia Puji Ananda
NILAI DAN PRINSIP Nilai-nilai 1945
BAB V INTEGRASI NASIONAL DALAM BINGKAI BHINEKA TUNGGAL IKA
AKTUALISASI PANCASILA DALAM BIDANG POLITIK
4 PILAR KEHIDUPAN SEBAGAI LANDASAN BERBANGSA DAN BERNEGARA
Ketahanan nasional Geostrategi Indonesia  Pelaksanaan Geopolitik dalam negara Suatu cara atau pendekatan dalam memanfaatkan kondisi lingkungan Ketahanan.
Pancasila dan Implementasinya
Pancasila Sebagai Etika Politik (2)
2. Pengaruh Aspek Politik
Pancasila dan Implementasinya
Ancaman di Bidang Sosial Budaya
Wawasan nusantara (Lecture 5 & 6)
Pancasila Sebagai Sumber Nilai Dan Paradigma Pembangunan
Wawasan nusantara (Lecture 5 & 6)
Pancasila Sebagai Etika Politik (2)
Pancasila dan Implementasinya
DISUSUN OLEH : RAHAYU SETIYANINGSIH
PENDIDIKAN PANCASILA BAB. X. Petumbuhan Faham Kebangsaan
Anang Zubaidy Universitas Islam Indonesia 2013
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN by DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA
Dosen ; Tatik Rohmawati, S.IP.,M.Si.
Teori konstitusi.
NILAI-NILAI SILA PANCASILA.
Dosen ; Tatik Rohmawati, S.IP.,M.Si.
Nilai persatuan dalam bermasyarakat dan bernegara
Pancasila dan Implementasinya
MAKNA 4 PILAR KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA NICO GARA Disajikan pada Seminar Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Manado, 8 September 2012.
Indonesia, 225 Juta penduduk, > 500 grup etnik, 17
Workshop Pengawasan Novotel Hotel Jakarta, Mei 2017 Oleh : H. MAMAN SAEPULLOH, S.Sos., M.Si Inspektur Wilayah II, Inspektorat Jenderal Kementerian Agama.
PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. INDONESIA MASA KINI PANCASILA MASA GITU DISUSUNO L E H : 1. DISUSUNO L E H :
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Oleh DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
Di Susun Oleh : SUWARDI, M. Pd
Pendidikan Kewarganegaraan
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN by DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
ADALAH SUATU KONDISI AMAN TENTRAM & DAMAI DLM KEHIDUPAN BERBANGSA & BENEGARA DI MASYARAKAT ADALAH KELOMPOK MASY YG TDK.
BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK KOTA BANDUNG. JUMLAH PENDUDUK 237 JUTA JIWA (BPS 2010) DAN SEKARANG JUTA JIWA 700 BAHASA DAERAH 1128 SUKU BANGSA.
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN Oleh DANIEL ARNOP HUTAPEA, S
WAWASAN NUSANTARA Latar Belakang, Konsep, Implementasi dan Tantangan.
Kasus penyimpangan pancasila sila pertama Disusun oleh: Adi Prasetyo (K ) Agung Nugroho (K ) Alvian Novitasari (K ) Andysty Andryaningrum.
Transcript presentasi:

KERUKUNAN INTEREN & ANTAR UMAT BERAGAMA DEPAG BONTANG. UPAYA PENINGKATAN KERUKUNAN INTEREN & ANTAR UMAT BERAGAMA DALAM MEWUJUDKAN KETAHANAN NASIONAL Drs.H.Hasan Aidil M.Si Bontang, April 2009

www.dadangsolihin.com 2

www.dadangsolihin.com 3

www.dadangsolihin.com 4

www.dadangsolihin.com 5

PENGERTIAN HARMONIS UMAT BERAGAMA KERUKUNAN ADALAH KELOMPOK MASY YG TDK DPT DIPISAHKAN DR KEHADIRAN & PERK. AGAMA’S BESAR, ISLAM, KRISTEN, KATOLIK, HINDU, BUDDHA ADALAH SUATU KONDISI AMAN TENTRAM & DAMAI DLM KEHIDUPAN BERBANGSA & BENEGARA DI MASYARAKAT ADALAH KEHIDUPAN YG NYAMAN PENUH TENGGANG RASA DI DLM MASY. DLM BERBGSA & BERNEGARA

Bagaimana Mewujudkan Kerukunan: Intern dan Antar Bagaimana mengembangkan dasar-dasar kebijakan pembinaan agama agar terwujud kerukunan internumat beragama ? Bagaimana mengembangkan prinsip dasar kehidupan bersama dalam mewujudkan kerukunan antarumat beragama?

BUDAYA ROHANI SEPERTI APA?: Inter Memberi peluang berkembangnya nilai-nilai konstitusionalisme dalam arti bahwa ajaran agama yang pelajari memiliki referen yang jelas, sehingga segala bentuk, fungsi, maknanya dapat dipahami secara sistematik.

BUDAYA ROHANI SEPERTI APA? Antar Masyarakat Timur, tidak mungkin melepaskan diri dari kondisi obyektif bahwa ia dibentuk dan dibesarkan oleh prinsip kehidupan komunal dan budaya rohani yang bersifat bersama.

BUDAYA ROHANI SEPERTI APA? Tidak terjebak dalam ‘fundamentalisme’ dan ekslusifisme.

BUDAYA ROHANI SEPERTI APA? Pengembangan budaya rohani hendaknya terus mendorong berfungsinya kebudayaan daerah di mana agama itu dianut.

KETAHANAN NASIONAL ADALAH KONDISI DINAMIS YG MELIPUTI SEGENAP ASPEK KEHDP. NASIONAL YG ULET & TANGGUH SEHINGGA MAMPU MENGEMBANGKAN KEKUATAN NASIONAL DALAM RANGKA MENGHADAPI ANCAMAN, GANGGUAN, TANTANGAN DAN HAMBATAN BAIK DR LUAR MAUPUN DR DALAM DEMI KELANGSUNGAN HIDUP BANGSA DAN NEGARA.

ERA GLOBALISASI

GLOBALISASI “Globalisasi”? Secara bergurau, tetapi tepat sasaran, seorang Malaysia menjelaskan di internet tentang “globalisasi” sebagai “meninggalnya Lady Di” dari Inggris. ???? : Diana, seorang putri Inggris, ketika sedang berpacaran dengan seorang pemuda Mesir, meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil di Prancis. Mobilnya buatan Jerman, dengan mesin buatan Belanda. Sopirnya seorang Swedia yang sedang mabuk setelah minum wiski buatan Skotlandia. Mereka dibuntuti para Paparazi dari Italia yang menggunakan mobil buatan Jepang. Para korban dibantu para dokter Amerika, dengan menggunakan obat buatan Brazil. E-mail ini dikirim kepada pembaca oleh seorang Malaysia, dengan menggunakan teknologi Bill Gates yang dicuri dari orang Jepang. Anda sendiri dapat menerima e-mail ini dengan menggunakan produk buatan IBM, dengan monitor buatan Korea dan cip buatan Taiwan, yang diassembling di Singapura oleh para buruh dari Bangladesh, dimuat ke truk yang dikemudikan seorang India, untuk dikirimkan ke Indonesia, dan dijual kepada Anda oleh seorang pedagang China. Globalisasi = kemitraan & mutu

Kristen/Katolik: 2 Milyar jiwa Islam : 1,3 Milyar jiwa Hindu : 900 Juta jiwa Jumlah pemeluk Agama di Dunia BUDDHA : 360 Juta jiwa Sikh : 23 Juta jiwa Yahudi : 14 Juta jiwa Lain-lain : 525 Juta jiwa Belum Beragama : 850 Juta jiwa Sumber Majalah TIME Edisi 10 Maret 2003

Kristen/Ktolik : 2 Milyar jiwa Hindu : 900 Juta jiwa Sumber Majalah TIME Edisi 10 Maret 2003 RUSIA Eropa RRC USA TURKI ASIA Jazirah Arab INDIA INA Srilanka Brazil AUSTRALIA Argentina Kristen/Ktolik : 2 Milyar jiwa Hindu : 900 Juta jiwa Yahudi : 14 Juta jiwa BUDDHA : 360 Juta jiwa Lain-lain : 525 Juta jiwa Islam : 1,3 Milyar jiwa Sikh : 23 Juta jiwa Belum Beragama : 850 Juta jiwa

Islam : 87,2 % Kristen : 6 % Jumlah pemeluk Agama di Indonesia Katolik: 3,6 % Hindu : 1,8 % Buddha : 1 % LAINNYA : 0,3 % Sumber BPS

Islam : Kristen : Jumlah pemeluk Agama di Bontang Katolik: Hindu : Buddha : LAINNYA : Sumber DEPAG Bontang

PERKEMBANGAN LINGK. GLOBAL 1. ERA PASAR BEBAS 2. NEGARA’S MAJU AMBIL PENGARUH THD NEGARA’S BERKEMBANG DGN DUKUNGAN IMF 3. ISU-ISU GLOBAL : a. DEMOKRATISASI b. LINGK. HIDUP c. HAM d. KETERBUKAAN e. TERORISME 4. PERTENTANGAN IDEOLOGI TDK LAGI MENJADI SUMBER KONFLIK UTAMA. NAMUN TERHADAP KECENDERUNGAN AGAMA MENJADI SUMBER KECURIGAAN. 5. PERKEMBANGAN ILPENGTEK SEMAKIN CEPAT SHG SEOLAH’S NEGARA DI DUNIA INI SUDAH TANPA BATAS. 6. KEAMANAN NEGARA DPT TERGANGGU KARENA BENTUK KEJAHATAN SEMAKIN BERAGAM

PERKEMBANGAN LINGK. NASIONAL A. IDEOLOGI SEMUA PIHAK MENYIKAPI BHW PANCASILA SBG IDEOLOGI NEGARA HARUS TETAP DIPERTAHANKAN. SITUASI POLITIK DALAM NEGERI CUKUP STABIL NAMUN ADA BEBERAPA PARTAI POLITIK YANG TDK MENGGUNAKAN PANCASILA SBG AZAS DLM KEHIDUPANNYA KOMUNISME MASIH MENJADI BAHAYA LATEN BAGI BANGSA INDONESIA

B. POLITIK 1) ASPIRASI BARU DLM KEHIDUPAN POLITIK TLH MUNCUL YAKNI : a. GOLONGAN YG INGIN MEMPERTAHANKAN STATUS QUO. b. GOLONGAN YG INGIN MEMANFAATKAN REFORMASI. c. GOLONGAN YG MURNI MENGHENDAKI REFORMASI TOTAL DIPERKIRAKAN AKAN ADA KENAIKAN SUASANA POLITIK MENJELANG PEMILU 2009 TIMBUL WACANA TNI/POLRI DI TAHUN 2009 DIBERI KESEMPATAN UNTUK MENGGUNAKAN HAK PILIHNYA “NYOBLOS LANGSUNG”.

C. SOSIAL EKONOMI 1) KRISIS EKONOMI DI NEGARA KITA MASIH BLM ADA TANDA-TANDA DPT DIPULIHKAN. DIHARAPKAN SEKTOR PENDIDIKAN AKAN SEMAKIN BAIK DENGAN DISETUJUINYA ANGGARAN PENDIDIKAN DARI APBN HINGGA 20 %. 3) STABILITAS POLITIK DAN KEAMANAN MENJADI KENDALA PULIHNYA EKONOMI INDONESIA. 4) ANGKA KEMISKINAN MENCAPAI ANGKA 40 JUTA ORANG PELAYANAN KESEHATAN BAGI MASYARAKAT MISKIN MASIH MINIM. WABAH “FLU BURUNG” MENJADI ANCAMAN YG MEMBAHAYAKAN MANUSIA. HIV DAN AIDS PERLU DIWASPADAI

d. SOSIAL BUDAYA KESENJANGAN SOSIAL SEMAKIN LEBAR DAN INI ADALAH WARISAN MASA LALU YG TDK KUNJUNG TERATASI. MUNCULNYA SIKAP EMOSIONAL MASY. UTK MEMUSUHI MASY. LAINNYAYG BERBEDA RAS DAN AGAMA. SECARA UMUM KONDISI SOSIAL CENDERUNG SEMAKIN BURUK DGN SEMAKIN BANYAKNYA PENGANGGURAN DAN PHK SERTA PUTUS SEKOLAH DI LINGKUNGAN MASYARAKAT KITA. PERMASALAHAN KOMULATIF KETENAGA KERJAAN MULAI DARI UMRS/D JAM SOSTEK AKAN TETAP AKTUAL DGN SEGALA IMPLIKASINYA. KEKUATAN MORAL BANGSA YAKNI PARA ULAMA, DAN DUNIA KAMPUS DAN PARA PAKAR AKAN TETAP MENJADI SUMBER KONTROL TERHADAP PEMERINTAH APABILA TIMBUL KKN. PELAKSANAAN PENEGAKAN HUKUM DAN RASA KEADILAN MASYARAKATAKAN SELALU DITUNTUT. ADANYA BERBAGAI BENCANA YANG MELANDA NEGARA KITA SEPERTI DI ACEH, NIAS, JOGYAKARTA, LUMPUR PANAS LAPINDO YG MENAMBAH PENDERITAAN BAGI MASYARAKAT YG MENGALAMINYA.

e. KEAMANAN SITUASI KEAMANAN DI 8 KOTA BESAR DIRASAKAN MENINGKAT UTAMNYA PADA KEJAHATAN KEKERASAN, PENGANIYAAN, PEMBUNUHAN, MAIN HAKIM SENDIRI DAN KEJAHATAN SUSILA SERTA NARKOTIKA MENJALARNYA PENYAKIT AIDS DAN PENYALAHGUNAAN OBAT TERLARANG NARKOTIKA SEMAKIN MENGKHAWATIRKAN KONFLIK ANTAR ETNIS DAN ANTAR AGAMA MASIH LATEN TEROR BOM MASIH MUNGKIN AKAN TERJADI LAGI

PANCASILA 1. KETUHANAN YANG MAHA ESA KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB PERSATUAN INDONESIA KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN /PERWAKILAN KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA

KETUHANAN YANG MAHA ESA ARTINYA ADALAH BAHWA KITA SBG BANGSA INDONESIA PERCAYA DAN BERTAQWA KPD. TUHAN YANG MAHA ESA SBG PENCIPTA ALAM SEMESTA DGN SEGALA ISINYA. DLM PASAL 29 UUD’45 DIKATAKAN : ~ NEGARA BERDASAR ATAS KETUHANAN YANG MAHA ESA. SILA PERTAMA ~ NEGARA MENJAMIN KEMERDEKAAN KPD SETIAP PENDUDUK UTK MEMELUK AGAMANYA MASING’S DAN UTK BER- IBADAT MENURUT AGAMANYA DAN KEPERCAYAANNYA ITU. KETUHANAN YANG MAHA ESA ~ MENGEMBANGKAN SIFAT SALING MENGHOTMATI ANTAR PEMELUK YG BERBEDA- BEDA. ~ AGAMA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP TUHAN YME ADALAH MASALAH YANG MENYANGKUT HUBUNGAN PRIBADI MANUSIA DGN TUHAN YME. ~ MENGEMBANGKAN SIKAP SALING MENGHORMATI KEBEBASAN MENJALANKAN IBADAH SESUAI DGN AGAMA DAN KEPERCAYAAN MASING’S. ~ MENGEMBANGKAN KERUKUNAN DI ANTARA SESAMA UMAT YANG BERBEDA-BEDA.

SILA KE DUA KEMANUSIAAN YG ADIL DAN BERADAB MENGAKUI DAN MEMPERLAKUKAN MANUSIA SESUAI DGN HARKAT DAN MARTABATNYA SBG MAHLUK TUHAN. MENGAKUI ADANYA KESAMAAN DERAJAT, PERSAMAAN HAK DAN KEWAJIBAN TANPA MEMBEDAKAN SUKU, AGAMA, RAS DAN KEDUDUKAN, SERTA JENIS KELAMIN. SILA KE DUA MENGEMBANGKAN SIFAT SALING MENCINTAI SESAMA MANUSIA. KEMANUSIAAN YG ADIL MENGEMBANGKAN SIFAT TENGGANG RASA. DAN BERADAB MENGEMBANGKAN SIFAT TIDAK SEMENA’S TERHADAP ORANG LAIN. BERANI MEMBELA KEBENARAN DAN KEADILAN. MENJUNJUNG TINGGI NILAI KEMANUSIAAN.

Prinsip Bhineka Tunggal Ika Persatuan ~ PERSATUAN DARI KATA SATU YG BERARTI UTUH, TIDAK PECAH PERSATUAN MENGANDUNG PENGERTIAN DISATUKAN. Indonesia ~ ADALAH SUATU NEGARA KITA DALAM PENGERTIAN GEOGRAFIS DAN BANGSA. PENGERTIAN GEOGRAFIS ADALAH MEM- BENTANG DARI 950 – 1410 BUJUR TIMUR DAN 60 LINTANG UTARA S/D 110 LINTANG SELATAN. SEDANGKAN INDONESIA DLM PENGERTIAN BANGSA ADALAH BANGSA YG SCR POLITIS HIDUP DLM WILAYAH KITA. SILA KE TIGA PERSATUAN INDONESIA Prinsip Bhineka Tunggal Ika INILAH PRINSIP YG MENGHARUSKAN KITA UTK MENGAKUI BAHWA INDONESIA, BAIK SUKU, BAHASA, AGAMA, ADAT, KEBIASAAN DAN LAIN’SNYA SANGAT BERBHINEKA YG MEWAJIBKAN KITA UNTUK TETAP BERSATU UTUH.

KERAKYATAN YG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DASAR MUFAKAT, KERAKYATAN ATAU DEMOKRASI MENUNJUKAN BAHWA NEGARA INDONESIA MENGANUT PAHAM DEMOKRASI. PAHAM DEMOKRASI BERARTI BAHWA KEKUASAAN TERTINGGI (KEDAULATAN) UTK MENGATUR NEGARA DAN RAKYAT BANYAK BERADA DI TANGAN SELURUH RAKYAT DAN DILAKUKAN SEPENUHNYA OLEH MPR. SILA KE EMPAT KERAKYATAN YG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN MENGUTAMAKAN MUSYAWARAH DLM MENGAMBIL KEPUTUSAN UNTUK KEPENTINGAN BERSAMA SECARA KEKELUARGAAN. MENGHORMATI DAN MENJUNJUNG TINGGI SETIAP KEPUTUSAN YG DICAPAI SBG HSL MUSYAWARAH.

SILA KE LIMA KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA MENGEMBANGKAN SIKAP SUASANA KEKELUARGAAN DAN KEGOTONG ROYONGAN. MENGEMBANGKAN SIKAP ADIL THD SESAMA DAN SELALU MENG- HORMATI HAK ORANG LAIN. SILA KE LIMA SUKA MEMBERIKAN PERTOLONGAN KEPADA ORANG LAIN. KEADILAN SOSIAL SUKA MELAKUKAN KEGIATAN DLM RANGKA MEWUJUDKAN KEMAJUAN YG MERATA DAN KEADILAN SOSIAL. BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA MENJAGA KESEIMBANGAN ANTARA HAK DAN KEWAJIBAN.

WASPADAI RADIKALISME NARK BA TERORISME

BENTUK-BENTUK RADIKALISME AGAMA RADIKALISME MUNCUL KARENA KETIDAKTAHUAN AKAN AJARAN AGAMA YG SEBENARNYA RADIKALISME MUNCUL KARENA SEMANGAT BERLEBIHAN DLM MENGAMALKAN AJARAN AGAMA BENTUK-BENTUK RADIKALISME AGAMA RADIKALISME MUNCUL KARENA KELIRU MENILAI PRILAKU UMAT BERAGAMA RADIKALISME MUNCUL KARENA ADANYA PENGARUH DARI LUAR NEGERI

PERMASALAHAN YG DIHADAPI KEHIDUPAN YG HARMONIS DI DLM MASYR MASIH PERLUKITA WUJUDKAN SBG AKIBAT DR MUNCULNYA KETEGANGAN SOSIAL YG SERING MELAHIRKAN KONFLIK INTERN & ANTAR UMAT BERAGAMA KONFLIK INI MULANYA DISEBABKAN OLEH KEPENTINGAN SOSIAL & KETDK ADILAN EKONOMI YG KADANG’S DIMANFATKAN SBG SENTIMEN AGAMA PERMASALAHAN YG DIHADAPI KITA MAKLUMI TINGKAT PENDIDIKAN MASYARAKAT YG MASIH RENDAH & PENEGAK HUKUMNYA KURANG MENYENTUH RASA KEADILAN TETAPI KITA BERSYUKUR MEMILIKI TATANAN KEHIDUPAN NASIONAL YG HARMONIS PENUH KEARIFAN & KITA MEMILIKI ADAT ISTIADAT YG MAMPU MJD WADAH KOMUNIKASI & KONSULTASI LINTAS AGAMA DAN SUKU BANGSA DEMI KEUTUHAN NKRI & TANNAS BGSA KITA

ADALAH SUATU PAHAM YANG KELIRU DAN EKSTRIM DI BIDANG PENGAMALAN AJARAN GAMA RADIKALISME AGAMA PERLU DIWASPADAI KARENA DAPAT MENJADI SALAH SATU PENYEBAB TERJADINYA PERSELISIHAN DIANTARA KOMPONEN BANGSA YG DAPAT MERUSAK SENDI-SENDI KEHIDUPAN BERSAMA.

LANGKAH'S YG PERLU DIAMBIL KERJASAMA KELEMBAGAAN BAIK INTERNAL MAUPUN EXTERNAL DITINGKATKAN LANGKAH'S YG PERLU DIAMBIL KERJASAMA DIBIDANG SOSIAL DAN BUDAYA MASING’S PEMUKA AGAMA MAMPU MENATA HATINYA UNTUK HIDUP PENUH TOLERANSI DIANTARA KITA SBG BANGSA YG MAJEMUK PEKAN KEGIATAN BERSAMA PEMUDA DLM PENDALAMAN NILAI’S AGAMA MENGINVENTARISIR DAN PENDATAAN KEMBALI ALIRAN’S AGAMA YG ADA BIMBINGAN DAN PENYULUHAN KEAGAMAAN TERHADAP MASYARAKAT DI DAERAH YG TELAH TERJADI KONFLIK

KEGIATAN YG TERUS DILAKSANAKAN PEMBENTUKAN FORUM SOLIDARITAS TOKOH’S UMAT BERAGAMA KEGIATAN YG TERUS DILAKSANAKAN MEMBERI FASILITAS KEPADA BADAN MUSYAWARAH UMAT BERAGAMA DI DAERAH’S BIMBINGAN KONSELING BAGI KORBAN PASCA KERUSUHAN DAN KONFLIK SOISAL PEMBINAAN JARINGAN KERJASAMA ANTAR UMAT BERAGAMA SOSIALISASI PENDIDIKAN BERWAWASAN MULTIKULTURAL BAGI GURU’S SKB MENAG DAN MENDAGRI NO. 8 DAN NO. 9 TH 2006 SERTA PEMBERDAYAAN FKUB

MENCEGAH SEDINI MUNGKIN TERJADINYA GESEKAN ANTAR UMAT BERAGAMA WADAH KONSULTASI DAN DIALOG UMAT BERAGAMA KWI PHDI MUI PGI WALUBI MENCEGAH SEDINI MUNGKIN TERJADINYA GESEKAN ANTAR UMAT BERAGAMA KEP MENAG NO. 35 TH 1980 DIBENTUK FORUM KOMUNIKASI ANTAR UMAT BERAGAMA, GUNA MEMBICARAKAN TANGGUNG JAWAB BERSAMA SBG WARGA NEGARA KHUSUSNYA PIMPINAN UMAT BERAGAMA UNTUK TETAP MENJAGA KESATUAN DAN PERSATUAN BANGSA

KONDISI UMAT BERAGAMA YANG DIHARAPKAN FASILITASI DIALOG KOMUNIKASI SOSIALISASI 1. Terdidik 2. Bermoral 3. Toleran 4. Sejahtera 10. Hidup Bermanfaat bagi orang lain 5. Paham Nilai2 Agama 6. Dpt dipercaya 7. Patuh hukum agama 8. Patuh hukum Negara 9. Cinta tanah air Pancasila UUD'45 Wawasan Nasional Adat Istiadat HARMONIS RUKUN TANNAS KETELADANAN PARTISIPASI KOORDINASI EDUKASI

Petuah Klasik, Tapi Tetap Asyik Busana kekayaan adalah keramahan, Busana orang kuat adalah ucapan halus, Busana pengetahuan adalah kedamaian, Busana orang yang belajar buku-buku suci adalah kerendahan hati, Busana tapa tidak lekas marah, Busana orang besar adalah sifat pemaaf, Keindahan Budi Bakti adalah tidak mencela agama orang lain

FASILITASI PEMERINTAH HARUS MAMPU SEBAGAI FASILITATOR DAN SIAP SECARA NETRAL DLM MENGHADAPI PERBEDAAN YG MENGARAH KEPD KONFLIK HORISONTAL YG LEBIH BESAR.

EDUKASI DILAKSANAKAN MELALUI PROSES PEMBELAJARAN, PELATIHAN DAN BIMBINGAN, DAN KETRAMPILAN YG DPT MEMBERIKAN PENGERTIAN & PEMAHAMAN TTG ARTI PENTINGNYA KITA SBG BANGSA YG MAJEMUK BERBHINEKA TUNGGAL IKA, TOLERAN DAN HARMONIS DLM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT BERBANGSA DAN BERNEGARA

SOSIALISASI PEMAHAMAN & PENGERTIAN YG DIMILIKI OLEH PARA TOKOH UMAT BERAGAMA TERHDP ARTI PENTINGNYA KERUKUNAN BAGI BANGSA INDONESIA HARUS SECARA BERLANJUT DAN TERUS MENERUS DI SOSIALISASIKAN KEPADA UMAT YG ADA DITINGKAT BAWAH AGAR TERJALIN TOLERANSI YG TINGGI DLM SAMA-SAMA MEMBANGUN NKRI YG KITA CINTAI

KOMUNIKASI MEDIA KOMUNIKASI BISA DIGUNAKAN SBG SARANA UNTUK MEREDAM KETEGANGAN YG TERJADI DI LIGK. UMAT BERAGAMA DISINI PERLU DISUSUN BAHASA YG DPT MENDINGINKAN KEMARAHAN UMAT BERAGAMA DI LAPANGAN DISINI DISAMPAIKAN PENTINGNYA KEBERSAMAAN DEMI KEUTUHAN NEGARA DAN BANGSA

KOORDINASI BERSAMA-SAMA MEMELIHARA KERUKUNAN TOKOH MASYARAKAT TOKOH AGAMA TOKOH ADAT PEMERINTAH TOKOH PEMUDA APARAT KEAMANAN MAHASISWA BERSAMA-SAMA MEMELIHARA KERUKUNAN

KETELADANAN KETELADANAN DARI PARA PEMIMPIN BAIK FORMAL MAUPUN INFORMAL DARI ASPEK : TUTUR KATA, GAYA HIDUP, PRILAKU MORAL, KESEDERHANAAN, TOLERANSI, KEBERSAMAAN DAPAT MENJADI CONTOH BAGI MASYARAKAT

PARTISIPASI HARUS AKTIF DALAM MENINGKATKAN KERUKUNAN HARUS AKTIF MENCEGAH TERJADINYA KONFLIK BERLATAR BELAKANG AGAMA

REGULASI PERSIAPKAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN DLM UPAYA PENINGKATKAN KERUKUNAN HIDUP UMAT BERAGAMA GUNA MEWUJUDKAN KEHARMONISAN HIDUP BERBANGSA DAN BERNEGARA

DIALOG GUNAKAN DGN BAIK DIALOG PARA TOKOH DAN PIMPINAN FORMAL & INFORMAL DLM BERBAGAI KESEMPATAN UTK BERTEMU & BERSILATURAHMI UNTUK MENGHINDARI KECURIGAAN DAN PRASANGKA BURUK ANTARA MEREKA

HILANGKAN PRASANGKA BURUK YANG DAPAT MEMICU KONFLIK

Sekian dan Terima kasih