KEBUDAYAAN ISLAM Konsep Kebudayaan Dalam Islam

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENINGGALAN – PENINGGALAN SEJARAH BERCORAK ISLAM
Advertisements

SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Masa kebangkitan kembali hukum islam
MASALAH KEBUDAYAAN.
KHILAFAH ABBASYIAH (132 H/750 M-656 H/1258 M)
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH DAN SAHABAT
PENGANTAR STUDI ISLAM APA ITU PENGANTAR STUDI ISLAM (PSI)?
KONSEF KETUHANAN DALAM ISLAM
KEBUDAYAAN ISLAM Oleh : Muhammad Hambali, SHI, M.E.I
HOME DEMOKRASI DLM ISLAM
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
ISLAM ?.
Wahyu tuhan, teks dan ijtihad akal manusia; aspek ushul dan Furu’ dalam Islam Muhlisin.
Budi: Akal, piran, paham, pendapat,ikhtisar, perasaan
Anggota : 1.Puspa Nurmawati Novita Selfiani Muhammad Yusuf efendi Galang Septi Bayu A Vicka Nandhya R
Kerangka Dasar Ajaran Islam
Hukum Islam dan kontribusi Umat islam Indonesia
PEMIKIRAN FILSAFAT IBNU MISKAWAIH
Anggota Kelompok 2 Asmawati Ike Atmaja Wati Radda Mutia Y. Riski Novita N. Amanda F.P.
Perkembangan Pemikiran Islam
Fungsi Wahyu dan Akal dalam Memahami Akidah
Materi Pertemuan 12 Sejarah Hukum Islam III
ALIRAN TEOLOGI ISLAM MASA MODERN
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
Pendidikan Agama Islam
PERTEMUAN KETIGABELAS
Bab 7 Kebudayaan Islam.
S K I Konsep Kebudayaan Islam Nilai-Nilai Islam Dalam Budaya Indonesia
BUDAYA DALAM ISLAM NURHASAN, S. Ag, M. Ag.
RUANG LINGKUP AJARAN ISLAM AKIDAH (TAUHID)
Assalamu'alaikum ETIKA, MORAL DAN AKHLAQ Oleh: Nurhasan, M. Ag Hmmm…..
I. Arti dan Ruang lingkup agama Islam
BAB II IMAN DAN TAQWA.
Pertemuan ke-3.
Tokoh-tokoh Pembaharuan
Oleh : WALDI NOPRIANSYAH
DINASTI ABBASIYAH KEPEMIMPINAN DAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN.
Islam Normatif dan Historis
Kebudayaan Minggu 4.
SEJARAH DAKWAH RASULULLAH SAW PERIODE MADINAH
Pembaharuan dalam Islam
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(IBD) ILMU BUDAYA DASAR Kian Amboro, M.Pd.
KEBUDAYAAN DAN PERADABAN ISLAM Dr. Hardiwinoto, SE., M.Si.
Tugas Pendidikan Agama Islam
SEJARAH ISLAM APA YANG DIMAKSUD DENGAN SEJARAH?
Konsep Kebudayaan Dalam Islam
KEBUDAYAAN ISLAM.
MASA KEJAYAAN ISLAM YANG DINANTIKAN KEMBALI Periodesasi Sejarah Islam Kemajuan Islam pada Periode Klasik Tokoh-tokoh Kejayaan Islam Menelaah Perkembangan.
MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
MASYARAKAT MADANI DAN KESEJAHTERAAN UMUM
PEMBAHARUAN DALAM ISLAM (TAJDID)
MANUSIA DAN PERADABAN Disusun oleh : Kelompok II Elfiana Ibrahim Wica Nurkasih Nur Asia M Sari Putri Kadevi Wira Amaz Gahari Pascal Adventra.
ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, DAN SENI DALAM ISLAM
MANUSIA, KEBUDAYAAN, DAN PERADABAN
KELOMPOK 8 Metodelogi Studi Islam “Islam Sebagai Produk Budaya”
MAYA INDAH .S IKHWANUL MUSLIMIN.
Ali Rohmad – 2015 M - Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI)
Kelompok 2 Anne Dylan Deinar Jethro Revaldo Vincent
ThemeGallery PowerTemplate
Assalamualaikum Wr. Wb. Assalamualaikum Wr. Wb..
PENGANTAR KONSELING LINTAS AGAMA DAN BUDAYA
Peradaban dan Islamisasi Ilmu
Sejarah & Tamadun Islam
BAB 1 : UMAT ISLAM DAN DUNIA ISLAM
EVALUASI HARIAN I MATERI: LAMBANG MUHAMMADIYAH&ORTOMNYA, PEMURNIAN&PEMBAHARUAN DI DUNIA MUSLIM, DAKWAH ISLAM DI NUSANTARA, SEJARAH MUHAMMADIYAH.
BAB 6 : SEBAB KEJATUHAN UMAT ISLAM DAN GERAKAN REFORMASI
 Filsafat menurut bahasa ialah Filsafat (dari bahasaYunani φιλοσοφία, philosophia, secara harfiah bermakna "pecinta kebijaksanaan" )adalah kajian masalah.
Transcript presentasi:

KEBUDAYAAN ISLAM Konsep Kebudayaan Dalam Islam FIRNAWIDA,M.Pd.I

Kebudayaan adalah hasil olah akal, budi, cipta rasa, karsa, dan karya manusia. Kebudayaan merupakan manifestasi dari aktivitas manusia dalam menjawab tantangan atau eksistensi hidupnya. Kebudayaan merupakan ciri khas manusia dan yang membedakannya dengan makhluk lain. Kebudayaan Islam merupakan hasil olah akal, budi, cipta rasa, karsa, dan karya manusia yang berlandaskan pada nilai-nilai tauhid (dasar keimanan yang benar) Kebudayaan yang telah terseleksi oleh nilai-nilia kemanusiaan yang universal (bersifat halus, indah, dan benar)berkembang menjadi PERADABAN Ajaran Islam itu berfungsi untuk membimbing manusia dalam mengembangkan budayanya agar menjadi beradab / berperadaban Islam.

Sejarah Intelektual Umat Islam Menurut Harun Nasution, sejarah intelektual umat Islam dapat dikelompokkan dalam 3 masa, yaitu: Masa klasik (tahun 650-1250 M), bidang fiqh melahirkan: Imam Madzhab empat, bidang filsafat muncul: Al-Kindi, A-Razi, Al-Farabi, Ibnu Miskawaih, Ibnu Sina, Ibnu Bajah, Ibnu Rusyd, dll. Masa pertengahan (tahun 1250-1800M). Sejarah pemikiran Islam mengalami kemunduran akibat terjebak dalam mempertentangkan akal dan wahyu, dunia dengan akhirat, iman dengan ilmu, dll. Masa modern (tahun 1800-sekarang). Munculnya para pemikir yang ingin mengentas umat Islam dari ketertinggalan, antara lain: Muhammad Bin Abdul Wahab, Jamaluddin al-Afghani, Muhammad Abduh, Rasyid Ridha, Muhammad Iqbal, Syeikh Waliyullah, Sayyid Akhmad Khan, dll.

Nilai-nilai Islam dalam budaya Indonesia Banyak digunakannya nama-nama Islam dan istilah-istilah Islam/Arab dalam kehidupan masyarakat. Terciptanya adat istiadat yang bernuansa Islam (pengucapan salam, basmalah, tahlilan, kenduren, peringatan hari-hari besar Islam, dll.) Lahirnya kesenian-kesenian yang bercorak Islam (Qasidah, rebana, gambus, hadrah, dll) Terciptanya bangunan-bangunan yang arsitekturnya bercorakkan Islam (masjid, rumah, istana/keraton, gapura, batu nisan, dll.) Berkembangnya busana muslim/muslimah.

Masjid sebagai pusat peradaban Islam Pada masa nabi masjid difungsikan sebagai pusat peradaban Islam, dalam arti dijadikan sebagai sarana atau tempat untuk melakukan berbagai aktivitas atau pembinaan yang dapat meningkatkan kualitas, harkat, martabat, kesejahteraan, dan posisi umat Islam dalam kehidupan. Artinya masjid benar-benar difungsikan secara luas, tidak semata-mata difungsikan sebagai tempat sholat berjamaah atau ibadah ritual lainnya saja. Hal itu setidaknya disebabkan: Masjid merupakan bangunan yang pertama kali dibangun oleh nabi, masjid menjadi tempat berkumpul yang paling efektif/sering, adanya perintah untuk memakmurkan masjid, serta adanya perintah untuk membangunnya

Pungsi masjid pd masa nabi Tempat menyucikan jiwa kaum muslimin dengan majelis ta’lim bimbingan kerohanian Tempat mengajarkan Al-Qur’an, dan Al-Hikmah Tempat bermusyawarah dalam menyelesaikan persoalan kaum muslimin Tempat membina sikap dasar kaum muslimin dalam berinteraksi dengan non muslim atau suku bangsa lain. Tempat meningkatkan kesejahteraan umat (penanganan Baitul Mal) Masjid menjadi simbol persatuan umat Islam

Lanjutan Sejarah juga mencatat, bahwa negeri- negeri islam menjadi pusat kebudayaan dan ilmu pengetahuan. Makkah menjadi pusat ibadah bagi kaum muslimin dalam melaksanakan ibadah Haji, sedangkan Baghdad pernah menjadi pusat ilmu pengetahuan, tempat cendekiawan muslim berkumpul dari segenap penjuru untuk menambah ilmu pengetahuan mereka, yang akan mereka sebarluaskan ke negeri mereka masing-masing.

Sejarah juga mencatat, bahwa negeri- negeri islam menjadi pusat kebudayaan dan ilmu pengetahuan. Makkah menjadi pusat ibadah bagi kaum muslimin dalam melaksanakan ibadah Haji, sedangkan Baghdad pernah menjadi pusat ilmu pengetahuan, tempat cendekiawan muslim berkumpul dari segenap penjuru untuk menambah ilmu pengetahuan mereka, yang akan mereka sebarluaskan ke negeri mereka masing-masing.

PERADABAN ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN Peradaban Islam adalah terjemahan dari bahasa arab al-Hadharah al-Islamiyah. Kata ini sering juga diterjemahkankedalam bahasa Indonesia dengan Kebudayaan Islam. Kebudayaan dalam bahasa arab adalah al-Tsaqafah. Di Indonesia sebagaimana juga di Arab dan di Barat , masih banyak yang mensinonimkan dua kata kebudayaan ( Arab: al-Tsaqafah, Inggris: Culture ) dan Peradaban ( Arab: Hadharah, Inggris: Civilization ). Dalam perkembangan ilmu Antropologi sekarang , kedua istilah itu dibedakan

SEKIAN WASSALAMU’ALAIKUM WR.WB